Connect with us

Nasional

Yusril Gugat Putusan KPU Labuhanbatu ke PTUN Terkait Kejanggalan pada Penetapan Bupati Terpilih

Published

on

JurnalJakarta — Pengacara Yusril Ihza Mahendra bakal menggugat putusan KPU Labuhanbatu, Sumatera Utara, ke PTUN terkait penetapan pasangan Erik Adtrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar sebagai bupati dan wakil bupati Labuhanbatu terpilih.

Dalam hal ini, Yusril bertindak sebagai kuasa hukum pasangan Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar.

Menurut Yusril, keputusan KPU tersebut tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Karena itu, Yusril akan menempuh langkah hukum atas penetapan yang dilakukan KPU Labuhanbatu tersebut.

Yusril menyebut, alasan diajukan Permohonan Pembatalan terhadap Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu Nomor: 64/PL.02.6-Kpt/1210/KPU-Kab/IV/2021 adalah terkait dugaan praktik kecurangan dan atau pelanggaran yang merugikan perolehan suara kliennya secara signifikan dan menguntungkan perolehan suara pasangan calon lain.

“Untuk saat ini telah terkumpul bukti-bukti kecurangan di 7 TPS dari 9 TPS yang telah diperintahkan sebelumnya oleh Mahkamah Konstitusi untuk dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU),” ujar Yusril saat menggelar konferensi pers secara daring, Senin (3/5/2021).

Yusril menerangkan, terkait dengan perkembangan di lapangan didapati bahwa KPU Labuhanbatu pada tanggal 2 Mei 2021 melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020.

“Bahwa terkait permasalahan ini juga kami selaku kuasa hukum Paslon Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T. dan Faizal Amri Siregar, S.T. pada tanggal 30 April 2021 telah bersurat kepada KPU Labuhanbatu yang pada intinya meminta KPU Kabupaten Labuhanbatu untuk menunda rapat untuk memutuskan Paslon pemenang mengingat permohonan perselisihan sudah didaftarkan di Mahkamah Konstitusi,” terang Yusril.

“Penundaan ini menurut hemat kami sangat beralasan sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan kepastian hukum dalam AUPB, agar tidak terjadi pertentangan antara Keputusan KPU Kabupaten Labuhanbatu dengan Putusan Mahkamah Konstitusi nantinya,” imbuhnya.

Kuasa hukum lainnya, Adria Indra Cahyadi menambahkan, pihaknya hingga saat ini belum mengetahui akan seperti apa Putusan Mahkamah Konstitusi nantinya. Bisa saja menolak permohonan Paslon Andi Suhaimi Dalimunthe dan Faizal Amri Siregar, namun bisa pula mengabulkannya.

“Kalau permohonan ditolak Mahkamah Konstitusi tentu tidak masalah. Namun bagaimana jika permohonan dikabulkan Mahkamah Konstitusi, sehingga kembali harus dilaksanakan PSU?,” kata Adria.

Pihak kuasa hukum, kata Adria, sependapat dengan pendapat Komisioner KPU Dr. Hasyim Asy’ari, yaitu sama-sama mengakui adanya permasalahan dan kevakuman hukum terkait jîka hasil PSU dipersoalkan kembali oleh salah satu pihak ke Mahkamah Konstitusi.

“Apakah prosedurnya kembali lagi ke awal, atau ada prosedur baru dalam menyelesaikan hasil PSU yang dipermasalahkan tersebut? Jawaban atas pertanyaan ini maslh multi tafslr karena peraturan perundang-undangan yang mengaturnya tidak ada yang spesifik,” imbuhnya. (Bgs)

Militer

Terbatasnya Tenaga Pengajar, Satgas Yonif 126/KC Jadi Guru di Perbatasan

Published

on

By

Keerom, Jurnaljakarta com – Terbatasnya tenaga pendidik di daerah perbatasan Papua, anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC membantu mengajar di SD Kanandega Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Senin (24/01/2022).

“Sebelum berangkat ke perbatasan Papua, kami telah mengumpulkan informasi apa saja yang menjadi kesulitan masyarakat. Salah satunya adalah kurangnya ketersediaan tenaga pengajar di sekolah-sekolah. Sehingga para personel Satgas diberikan pelatihan sebagai tenaga pendidik saat melaksanakan latihan Pratugas. Berbekal pelatihan Tenaga Pendidik tersebut, kami Satgas Yonif 126/KC langsung terjun ke lapangan untuk membantu mengajar,” tutur Dansatgas.

Program Satgas tersebut disambut baik oleh Kepala Sekolah SD Kanandega Ibu Amoy May, S.PD. (50) saat Wadanpos Waris Serda Hayadi Putra berkunjung langsung ke SD Kanandega.

“Saya sangat bangga dan senang Bapak TNI bisa membantu mengajar anak-anak di SDN Inpres Batom,” ujar Amoy. (Red)

Continue Reading

Militer

Berbagi Kasih Terhadap Warga Binaan, Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS Beri Bantuan Sembako, Pakaian Layak Pakai dan Tas Sekolah

Published

on

By

Jayawijaya, Jurnaljakarta com –  Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS tak henti-hentinya menunjukkan wujud kepedulian terhadap warga binaan yang ada diwilayah penugasan masing-masing dengan memberikan bantuan, salah satunya di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Sabtu (22/01/2022).

Letda Chb Adi Catur selaku Danpos Kotis Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS mengatakan bahwa kegiatan pemberian bantuan berupa sembako, pakaian layak pakai dan tas sekolah merupakan wujud perhatian personel Satgas.

“Keberadaan kami di beberapa kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Papua harus dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap para warga, dimana personel Satgas bisa membantu meringankan kesulitan warga binaan,” ungkapnya.

“Kami memberikan bantuan ini berharap warga masyarakat terbantu serta dapat memupuk tali silaturahmi yang selama ini sudah terjaga dengan baik,” tambah Danpos.

Sementara itu, Bapak Natdi Yelipele (38 tahun) yang menerima bantuan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada personel Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS yang datang memberikan bantuan.

“Saya mewakili warga mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan yang abang-abang bawakan buat kami, apa yang abang beri ini sangat kami butuhkan dan nantinya akan kami bagi-bagikan kepada warga yang lainnya,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Komandan Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS, Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi menyampaikan bahwa  tugas personel Satgas bukan hanya menjaga keamanan saja melainkan setiap personel harus peka terhadap kesulitan warga binaannya.

“Saya selalu berpesan kepada seluruh personel Satgas agar bisa merebut hati warga binaannya baik dengan jalan melakukan anjangsana, kerja bakti ataupun seperti sekarang ini dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh warga,” ujar Dansatgas.(Red)

Continue Reading

Militer

Cegah Pengiriman PMI Ilegal, TNI AL Tangkap 6 Orang Di Batam

Published

on

By

Batam, Jurnaljakarta.com – TNI AL Lanal Batam berhasil menggagalkan penyelundupan 5 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) illegal, Jumat (21/1/2022).
Hal tersebut disampaikan oleh Danlanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Maruf yang didampingi Waka Polresta Barelang, AKBP Junoto, S.I.K., Kepala kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam I. Ismoyo dan Kepala UPT BP2MI Kepri Mengiring Hasoloan Sinaga saat menggelar Konferensi Pers terkait peristiwa tersebut di Mako Lanal Batam.Kejadian bermula ketika Lanal Batam menerima informasi tentang laporan masyarakat terkait informasi aktifitas pengiriman PMI yang akan keluar dengan tujuan Malaysia.

Lalu Danlanal Batam segera memerintahkan tim nya untuk melaksanakan penyelidikan di daerah yang diduga menjadi tempat penyelundupan tersebut.

Selanjutnya pada Rabu (19/1), Tim berhasil mendapatkan informasi bahwa diperkirakan calon PMI ilegal akan tiba menggunakan mobil Toyota Calya putih di Pelabuhan Pandan Bahari, Tanjung Uncang, Kota Batam yang merupakan jalur tikus menuju Malaysia.

Ketika mobil yang dicurigai tersebut melintas, segera dihentikan dan diamankan dengan penumpang 5 orang yaitu 4 orang perempuan dan 1 orang laki-laki serta 1 orang sopir. Kemudian ke 6 orang tersebut dibawa dan diserahkan kepada pihak kepolisian untuk diadakan penyelidikan lebih lanjut.

Di tempat terpisah, Pangkoarmada l Laksda TNI Arsyad Abdullah memerintahkan jajarannya untuk melakukan pengembangan sehingga dapat terus mencegah upaya pengiriman PMI secara ilegal melalui jalur tidak resmi. Hal ini merupakan bentuk komitmen TNI AL dalam menegakkan hukum khususnya terkait PMI Ilegal sesuai kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.(Red)

Continue Reading
Advertisement

Populer