Connect with us

Nasional

Yusril Gugat Putusan KPU Labuhanbatu ke PTUN Terkait Kejanggalan pada Penetapan Bupati Terpilih

Published

on

JurnalJakarta — Pengacara Yusril Ihza Mahendra bakal menggugat putusan KPU Labuhanbatu, Sumatera Utara, ke PTUN terkait penetapan pasangan Erik Adtrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar sebagai bupati dan wakil bupati Labuhanbatu terpilih.

Dalam hal ini, Yusril bertindak sebagai kuasa hukum pasangan Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar.

Menurut Yusril, keputusan KPU tersebut tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Karena itu, Yusril akan menempuh langkah hukum atas penetapan yang dilakukan KPU Labuhanbatu tersebut.

Yusril menyebut, alasan diajukan Permohonan Pembatalan terhadap Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu Nomor: 64/PL.02.6-Kpt/1210/KPU-Kab/IV/2021 adalah terkait dugaan praktik kecurangan dan atau pelanggaran yang merugikan perolehan suara kliennya secara signifikan dan menguntungkan perolehan suara pasangan calon lain.

“Untuk saat ini telah terkumpul bukti-bukti kecurangan di 7 TPS dari 9 TPS yang telah diperintahkan sebelumnya oleh Mahkamah Konstitusi untuk dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU),” ujar Yusril saat menggelar konferensi pers secara daring, Senin (3/5/2021).

Yusril menerangkan, terkait dengan perkembangan di lapangan didapati bahwa KPU Labuhanbatu pada tanggal 2 Mei 2021 melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020.

“Bahwa terkait permasalahan ini juga kami selaku kuasa hukum Paslon Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T. dan Faizal Amri Siregar, S.T. pada tanggal 30 April 2021 telah bersurat kepada KPU Labuhanbatu yang pada intinya meminta KPU Kabupaten Labuhanbatu untuk menunda rapat untuk memutuskan Paslon pemenang mengingat permohonan perselisihan sudah didaftarkan di Mahkamah Konstitusi,” terang Yusril.

“Penundaan ini menurut hemat kami sangat beralasan sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan kepastian hukum dalam AUPB, agar tidak terjadi pertentangan antara Keputusan KPU Kabupaten Labuhanbatu dengan Putusan Mahkamah Konstitusi nantinya,” imbuhnya.

Kuasa hukum lainnya, Adria Indra Cahyadi menambahkan, pihaknya hingga saat ini belum mengetahui akan seperti apa Putusan Mahkamah Konstitusi nantinya. Bisa saja menolak permohonan Paslon Andi Suhaimi Dalimunthe dan Faizal Amri Siregar, namun bisa pula mengabulkannya.

“Kalau permohonan ditolak Mahkamah Konstitusi tentu tidak masalah. Namun bagaimana jika permohonan dikabulkan Mahkamah Konstitusi, sehingga kembali harus dilaksanakan PSU?,” kata Adria.

Pihak kuasa hukum, kata Adria, sependapat dengan pendapat Komisioner KPU Dr. Hasyim Asy’ari, yaitu sama-sama mengakui adanya permasalahan dan kevakuman hukum terkait jîka hasil PSU dipersoalkan kembali oleh salah satu pihak ke Mahkamah Konstitusi.

“Apakah prosedurnya kembali lagi ke awal, atau ada prosedur baru dalam menyelesaikan hasil PSU yang dipermasalahkan tersebut? Jawaban atas pertanyaan ini maslh multi tafslr karena peraturan perundang-undangan yang mengaturnya tidak ada yang spesifik,” imbuhnya. (Bgs)

Militer

Koopsau II Bantu Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Published

on

JurnalJakarta — Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., membagikan bantuan sosial berupa paket sembako untuk tenaga medis, honorer dan warga sekitar Makoopsau II yang terdampak pandemi Covid-19 di GSG Suryadi Suryadarma, Kamis (27/07/2021).

Bantuan diserahkan untuk mengurangi beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19, yang hingga saat ini belum berakhir dan sangat berpengaruh terhadap terhadap perekonomian masyarakat.

Bantuan disalurkan secara simbolis kepada masing-masing perwakilan seusai upacara peringatan ke-74 Hari Bakti TNI Angkatan Udara. Bantuan berupa sembako tersebut merupakan kerjasama antara Koopsau II, Bank BRI, dan Bank Mandiri.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoopsau II menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank BRI dan Mandiri, yang telah berkontribusi dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“ini adalah wujud dari kepedulian kita semua terhadap masyarakat disekitar kita”, ujar Pangkoopsau II.

“Saat ini, 74 tahun TNI Angkatan Udara mengenang hari bakti, pahlawan TNI Angkatan Udara mengajarkan kepada kami semua, bagaimana berbakti kepada bangsa dan negara”, lanjut Pangkoopsau II.

“Disaat-saat menghadapi pendemi seperti saat ini, kita semua lagi memfokuskan penanganan Covid-19, seperti kita lihat bersama saat ini juga sedang berlangsung vaksinasi massal, yang ditujukan kepada masyarakat disekitar kita, termasuk bantuan sembako ini”, pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pimpinan Bank BRI Cabang Tamalanrea Ibu Sufiana Kadir, Regional CEO Bank Mandiri Region 10/Sulawesi dan Maluku Bapak M. Asidiq Iswara, dan para pejabat Makoopsau II.

Continue Reading

Militer

Pangkoopsau II Ikuti Upacara Peringatan Ke-74 Hari Bakti TNI AU Secara Virtual

Published

on

JurnalJakarta — Upacara peringatan ke-74 Hari Bakti TNI Angkatan Udara tahun ini dilaksanakan secara berbeda. Kali ini dilaksanakan virtual dan terpusat dari GSG IG Dewanto, Denma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., Kamis (29/07/2021)

Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribow, S.I.P., mengikuti upacara peringatan ke-74 Hari Bakti TNI Angkatan Udara di Lobi Makoopsau II, Makassar, Sulawesi Selatan. Nampak mendampingi Pangkoopsau II, Kas Koopsau II, Asops Kaskoopsau II, Aspers Kaskoopsau II, dan Asintel Kaskoopsau II.

Pelaksanaan upacara secara virtual tidak lain karena belum meredanya pandemi Covid-19. Meski secara virtual, upacara tetap berlangsung khidmat sekitar 20 menit, diikuti seluruh anggota Makoopsau II melalui live streaming Airmen TV dan Facebook TNI Angkatan Udara diruang masing-masing.

Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Udara menyampaikan bahwa mengenang peristiwa heroik 29 Juli 1947 sangat penting menumbuhkan semangat pengabdian para generasi penerus, dalam perjuangan yang berkelanjutan, guna memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan segenap tumpah darah Indonesia.

Kebutuhan akan pengabdian TNI Angkatan Udara, sambung Kasau, akan menjadi semakin tinggi, mengingat pandemi COVID-19 masih melanda tanah air dan memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia.

Kasau menambahkan, esensi dari peringatan hari bakti, berupa pengabdian tanpa batas dari segenap keluarga besar TNI Angkatan Udara, harus dapat senantiasa terwujud. TNI Angkatan Udara telah dan akan senantiasa memberikan upaya terbaik, guna membantu pemerintah dalam mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Di tengah kondisi sulit ini, lanjut Kasau, TNI Angkatan Udara harus dapat menjadi pelopor dan mengajak masyarakat untuk terus menumbuhkan optimisme sebagai suatu bangsa.

“Dari pandemi ini, kita belajar saling berempati dan turut merasakan kesulitan masyarakat di sekeliling kita. Wabah ini juga mengajarkan kita untuk bersatu dan saling bahu membahu sebagai satu bangsa”, tegasnya.

“Kita harus berjuang dan bangkit bersama, saling mendukung dan saling meringankan beban saudara sebangsa dan setanah air”, tutupnya

Continue Reading

Militer

Peringati Hari Bakti Ke-74, Koopsau II Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi Massal

Published

on

JurnalJakarta — Koopsau II kembali menggelar serbuan vaksinasi massal di Gedung Serba Guna Suryadi Suryadarma, Makoopsau II, Kamis (29/07/2021).

Serbuan vaksin digelar dalam rangka peringatan ke-74 Hari Bakti TNI AU, mentargetkan 400 warga tervaksin. Vaksinasi kali ditujukan kepada masyarakat yang akan vaksin tahap pertama atau kedua, dan anak usia 12 tahun ke atas. Vaksinator yang dilibatkan tenaga medis dari Klinik Denma Makoopsau II.

Aspotdirga Kaskoopsau II Kolonel Pom Muhammad Nur, S. Sos., menjelasakan bahwa Hari ini, kami targetkan 400 warga tervaksin, baik vaksin tahap pertama maupun kedua, termasuk anak-anak usia 12 tahun ke atas. Pelaksanaan vaksinasi massal ini sendiri, kembali digelar bersamaan dengan peringatan ke-74 Hari Bakti TNI AU, yang puncak peringatannya jatuh pada hari ini”, jelasnya.

“Ini adalah kelanjutan dari program pemerintah dalam percepatan herd immunity komunal, dan TNI AU dalam hal ini Koopsau II memiliki tanggung jawab moril untuk membantu masyarakat dalam membentuk imunitas melalui vaksin, khususnya warga masyarakat di wilayah Makassar ini”, lanjutnya.

Kami berharap, dengan semakin banyak warga yang tervaksin, maka upaya kita bersama dalam menciptakan masyarakat yang sehat terbebas dari Covid-19 dapat segera terwujud, sehingga kita dapat beraktivitas normal kembali”, pungkasnya.

Continue Reading
Advertisement

Populer