Connect with us

Militer

Water Container Bombing, Inovasi Baru TNI AU Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Published

on

JurnalJakarta.com — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyaksikan uji dinamis pengeboman air menggunakan bola-bola fiber dari kabin pesawat C130 Hercules yang merupakan inovasi terbaru dari Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Udara (Dislitbangau) Water Container Bombing (WCB) di Pangkalan Udara (Lanud) Suryadarma, Kalijati, Subang, Jumat (17/1/2020.

Kegiatan uji dinamis WCB di Lanud Sdm ini juga dihadiri Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo beserta staf untuk memastikan inovasi TNI AU dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan bisa efektif digunakan jika diperlukan di kemudian hari.

Kepada para jurnalis yang hadir Kasau mengatakan sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan Dislitbangau untuk membantu BNPB dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif dan inovasi dari Dislitbangau yang penelitiannya sudah dilakukan sejak lama dan lintas institusi. Hari ini kita dapat melihat efektivitas dari sistem baru ini dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan. Ke depan, kami akan mengembangkan bahan bola yang ramah lingkungan, mudah terurai, dan bisa dilipat sebelum diisi air sehingga mudah untuk diangkut ke Pekanbaru atau Pontianak jika dibutuhkan,” ujar Kasau.

Sementara itu, Kepala BNPB sangat terkesan dengan uji dinamis WCB yang dilakukan oleh TNI AU di Lanud Suryadarma karena efektif mengenai sasaran dan mampu membasahi area yang lebih luas dibandingkan dengan metode yang lain. Bahkan ke depan akan dikombinasikan dengan upaya penghijauan dengan mengisi bola-bola air tersebut dengan bibit tanaman yang mudah tumbuh di lahan apa pun.

“Metode WCB yang dikembangkan oleh TNI AU ini begitu efektif dan dapat digunakan untuk pencegahan sekaligus penanggulangan kebakaran hutan dan lahan karena daya angkut yang lebih besar dan air tidak ada yang terbuang serta terserap oleh tanah. Saya juga bersyukur karena TNI AU juga dalam beberapa minggu terakhir ini telah berperan besar dalam mencegah terjadinya intensitas curah hujan ekstrem di ibukota dan sekitarnya seperti yang diprediksi oleh BMKG dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) bekerja sama dengan BPPT,” kata Kepala BNPB.

Sesuai perintah Presiden Joko Widodo untuk mengutamakan langkah-langkah pencegahan daripada penanggulangan, baik kebakaran hutan dan lahan maupun banjir, WBC ini dianggap efektif untuk membasahi lahan gambut hingga kedalaman tertentu sehingga senantiasa lembah dan tidak mudah terbakar. Sementara untuk pencegahan banjir dapat dilakukan TMC sebelum intensitas curah hujan tinggi.

Setiap sortie penerbangan Hercules WBC, mampu mengangkut 76 bola air yang berisi masing-masing 113 liter sehingga jumlah air yang mampu dicurahkan mencapai 8.588 liter.

Turut hadir pada kegiatan uji dinamis ini, Irjenau, Asops Kasau, Pangkoopsau I dan II, Dankorharmatau, Marsda TNI (Purn) Abdul Muis dan Marsda TNI (Purn) Bonar Hutagaol dari BNPB, para Kepala Dinas terkait Mabesau, dan pejabat Lanud Suryadarma Subang.

Militer

Asah Kemampuan, Kosekhanudnas I Latihan Menembak

Published

on

JurnalJakarta.com — Melaksanakan Program Kerja (Progja) Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) I, hari ini Rabu (8/7/2020), seluruh pejabat dan anggota Kosekhanudnas I melaksanakan latihan menembak bertempat di lapangan tembak Wing I Paskhasau, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Adapun latihan menembak dengan menggunakan 2 (dua) jenis senjata yaitu laras pendek (pistol) dan laras panjang, dilaksanakan rutin tiap semester bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, kecakapan dan keterampilan dalam menembak sebagai bagian dari profesionalisme prajurit TNI.

Bekerjasama dengan Seksi Senjata Dislog Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, pelaksanaan latihan menembak dijalanka ndengan mengedepankan protokol kesehatan.

Dilaksanakan dalam 2 gelombang untuk mencegah kepadatan jumlah peserta tembak, latihan menembak kali ini dilaksanakan dalam 2 waktu yaitu untuk gelombang I pelaksanaannya hari ini tanggal 8 Juli 2020 dangelombang II pelaksanaannya tanggal 9 Juli 2020.

Anggota militer Bintara dan Tamtama Kosekhanudnas I melaksanakan latihan menembak dengan sikap duduk di LapanganTembak Wing I Paskhasau, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Panglima Kosekhanudnas I, Marsma TNI Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., menyampaikan penekanan melalui Asisten Intel (Asintel) Kosekhanudnas I saat mengambil Apel Pagi, agar seluruh anggota memperhatikan keselamatan dan keamanan diri dan orang lain selama melaksanakan latihan menembak, dan jangan lupa berdoa.

Kasubsiamo Sisen DislogLanud Halim Perdanakusuma, Mayor Tek Ruswandi selaku pengawas latihan menembak Kosekhanudnas I menjelaskan secara detil aturan pelaksanaan latihan menembak anggota Kosekhanudnas I sesuai dengan pembagiannya, yaitu menembak menggunakan pistol bagi para Perwira dan Bintara Wanita Angkatan Udara (Wara), sedang laras panjang bagi anggota militerpria Bintara dan Tamtama.

Sementara Kepala Kesehatan (Kakes) Kosekhanudnas I, dr. Jely Winner menyampaikan tentang protokol kesehatan bagi diri pribadi juga peralatan yang digunakan untuk latihan menembak.

Menggunakan pistol jenis Tampoglio SPS Sig Sauer Glock 19, para penembak pistol mendapatkan 13 butir peluru dalam setiap sesi menembak dengan peruntukan 3 butir peluru sebagai percobaan, dan 10 butir sebagai penilaian.

Pada kelompok menembak laras panjang, masing-masing anggota mendapatkan 23 butir peluru dengan peruntukan 3 butir peluru sebagai perkenaan percobaan dan 20 butir peluru sebagai penilaian yang dilaksanakan dengan 2 sikap yaitu sikap tiarap dan sikap duduk.

Continue Reading

Militer

Danlanud Halim Pimpin Serah Terima Dua Jabatan

Published

on

By

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., M.D.S., memimpin upacara serah terima dua jabatan di Hanggar Skadron Udara 31 Wing Udara I Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (30/6/2020).

Dua jabatan yang diserahterimakan yaitu Komandan Skadron Udara 31 dari Letkol Pnb Puguh Yulianto kepada Letkol Pnb Yulius Marvien Aryaka, M.Sc., serta Komandan Satuan Polisi Militer dari Letkol Pom Andi Sultan Ilyas, S.H., EDSDS. PSC., kepada Letkol Pom Edi Cahyadi.

Dalam kesempatan ini Danlanud menyampaikan ucapan terimakasih kepada pejabat lama atas pelaksanaan tugas selama ini serta ucapan selamat bertugas kepada pejabat baru sebagai Dansatpomau dan Komandan Skadron Udara 31 di Lanud Halim Perdanakusuma.

“Pertahankan prestasi, semangat, sikap, loyalitas dan integritas baik umtuk satuan maupun diri sendiri, serta bekerjalah dengan niat yang baik dan berdoa dengan iklas,” pesan Danlanud.

Upacara serah terima jabatan sendiri dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah selama masa pandemi Covid-19, diantaranya dengan tidak melibatkan terlalu banyak orang, wajib menggunakan masker serta selalu menjaga jarak.

Letkol Pnb Yulius Marvien Aryaka, M.Sc, lulusan AAU 2001 sebelumnya menjabat sebagai Kasiujiprofesi Lambangja Koopsau I, sedangkan Letkol Pnb Puguh Yulianto, alumnus AAU 2000, selanjutnya akan menjabat sebagai Danskadtar III Wingtar AAU.

Sementara itu Letkol Pom Edi Cahyadi, alumnus AAU tahun 2000, sebelumnya menjabat sebagai Dansatprov Denma Mabesau, kemudian Letkol Pom Andi Sultan Ilyas, S.H., EDSDS. PSC., yang merupakan alumnus AAU tahun 1999 selanjutnya akan bertugas sebagai Pabandya Jiandik Sjiandik Ditjianbang di Akademi TNI.

Seiring dengan serah terima dua jabatan ini, turut pula diserahterimakan jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 06-2/D.I Satpom Lanud Halim Perdanakusuma dari Ny. Andi Sultan Ilyas kepada Ny. Edi Cahyadi dan Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 03-2/ D.I Skadron Udara 31 dari Ny. Puguh Yulianto kepada Ny. Yulius Marvien Aryaka.

Continue Reading

Militer

Pangkosekhanudnas I : Kebiasaan Akan Membangun Karakter

Published

on

JurnalJakarta.com — Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) I, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., mengambil Apel Pagi anggota Kosekhanudnas I, bertempat di lapangan upacara Makosekhanudnas I, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Diikuti seluruh Asisten dan para pejabat juga anggota militer dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kosekhanudnas I, Apel Pagi gabungan dilaksanakan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dengan menjaga jarak (social distancing).

Pangkosekhanudnas I yang hari ini mendapatkan anugerah kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Marsekal Pertama, dalam amanatnya mengajak seluruh anggota Kosekhanudnas I untuk selalu berdoa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Laksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, tumbuhkan rasa syukur dalam hati atas semua yang kita peroleh, maka semua tugas yang harus kita laksanakan tidaklah terasa berat, namun sebaliknya akan terasa ringan, ungkap Marsma TNI Meka Yudanto.”

Kembali mengingatkan kepada seluruh anggota, Pangkosekhanudnas I memetik sepenggal motivasi dari seorang Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher, “perhatikan apa yang dijadikan kebiasan setiap hari, akan membentuk karakter yang pada akhirnya menjadi takdir kita.”

Mengakhiri amanat, Pangkosekhanudnas I, Marsma TNI Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., menyampaikan harapan kepada seluruh anggota Kosekhanudnas I untuk dapat bekerjasama dan mendukung tugas yang diemban Kosekhanudnas I, sebagai pengabdian kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Pangkosekhanudnas I mendapat kejutan tumpeng nasi kuning dari para Asisten Kosekhanudnas I, sebagai ucapan selamat atas kenaikan pangkat yang diterima Pangkosekhanudnas I.

Continue Reading

Populer