Connect with us

Ekonomi

Wahab Afwan: Gotong Royong UMKM Kunci Ketahanan Ekonomi Nasional di Masa Pandemi

Published

on

Di tengah fenomena pelambatan ekonomi dan ancaman resesi akibat pandemi COVID-19 yang belum usai, sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan koperasi kini diharapkan bisa menjadi pilar utama untuk menggerakkan dan menggairahkan ekonomi nasional. Kebijakan dari Presiden Joko Widodo, telah memerintahkan untuk melakukan percepatan pemberian relaksasi dan bantuan likuiditas kepada koperasi dan UMKM agar mereka bangkit kembali menjadi aktor utama penggerak ekonomi nasional.

Bantuan likuiditas untuk sektor koperasi dan UMKM itu senilai total Rp 123,46 triliun yang merupakan bagian dari anggaran program pemulihan ekonomi secara nasional. Selain bantuan likuiditas, anggaran untuk menggerakkan sektor ekonomi kecil dan menengah, juga disalurkan melalui program subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta penempatan dana pemerintah di bank-bank swasta untuk restrukturisasi kredit UMKM dan koperasi.

Menanggapi kebijakan itu, Wahab Afwan, Managing Director Energy+ Indonesia Marketing Communicatin Hub, mengatakan, kebijakan itu telah sesuai dengan yang diharapkan. Menurutnya, Kontribusi sektor UMKM terhadap ekonomi nasional mencapai 60%, dan menyerap sekitar 90% pasar tenaga kerja. Sehingga, kebijakan itu sudah sesuai sasaran. Gotong Royong UMKM merupakan kunci ketahanan ekonomi nasional di masa pandemi seperti sekarang. Kebijakan itu diharapkan bisa menggairahkan kembali usaha di sektor ini, ujar Wahab Afwan di Jakarta (27/7).

Menurut Wahab Afwan, yang juga calon peserta pendidikan Lemhannas RI, dirinya bersama dengan Energy+ Indonesia Marketing Communication Hub, juga akan turut berkontribusi langsung dalam program nasional untuk menggerakan kembali sektor ekonomi UMKM ini. Energy+ akan menyediakan program yang membantu UMKM-UMKM terdampak dengan cara memberikan business solution melalui strategy marketing yang adaptif melalui kolaborasi Hub antar UMKM, dari supply chain sampai dengan sales/marketing dan distribusi produk. Diharapkan dengan adanya kolaborasi Hub antar UMKM ini, bisa mengurangi loss revenue, dan bisa meningkatkan kembali performa dari UMKM tersebut. Sehingga UMKM bisa meningkatkan kembali bisnisnya untuk menopang kebangkitan ekonomi nasional dari sektor UMKM.

Situasi pendemi Covid-19 yang berkepanjangan akan sangat memukul perekonomian nasional, dan banyak yang akan terdampak termasuk UMKM. Oleh karena itu semua elemen harus bergerak cepat dan adaptif, agar bisa bertahan di kondisi apapun. Diharapkan dengan adanya solusi kolaborasi Hub antar UMKM akan membantu ketahanan ekonomi nasional, ujar Wahab Afwan.

Data terhimpun dari berbagai sumber, sektor UMKM di Indonesia saat ini berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Sektor UMKM menyumbangkan hingga Rp 8.573,9 triliun ke PDB Indonesia pada 2018, atau sekitar 57,8% terhadap PDB keseluruhan. Selain itu, sektor UMKM mempekerjakan sebanyak 116.978.631 orang atau 97% dari total tenaga kerja Indonesia. Hingga saat ini, jumlah UMKM di seluruh Indonesia sebanyak 64.194.057 unit usaha atau 99,99% dari total unit usaha di Indonesia. Dengan data ini, bisa diperkirakan betapa besar dan sangat berpengaruhnya sektor UMKM bagi pergerakan ekonomi nasional.

Dengan potensi ekonomi sebesar itu, gotong royong sektor UMKM merupakan solusi dan kunci bagi ketahanan ekonomi nasional. Apalagi di masa pandemi yang kita masih belum tahu sampai kapan akan berakhir. Energy+ juga akan mensupport UMKM untuk masuk kedalam ekosistem digital yang saat ini baru sekitar 12% dari total 64 juta UMKM di Indonesia. Hal ini juga dalam rangka mendukung program presiden Jokowi #BanggaBuatanIndonesia,” tambah Wahab Afwan.

Kebijakan bantuan likuiditas kepada sektor UMKM, kata Wahab Afwan, setidaknya akan dapat mencegah peningkatan tajam angka pengangguran, pemutusan hubungan kerja, dan kemiskinan. Ia berharap kebijakan itu bisa betul-betul menyalurkan bantuan dana tepat kepada sasaran dan tidak sampai dikorupsi. Dengan konsep gotong royong ekonomi nasional, diharapkan semua bisa terlaksana dan terkoordinasi baik, serta tepat sasaran.

Ekonomi

PT. Pertamina Trans Kontinental Siap Jalankan Bisnisnya Dengan Prinsip Operational Excellence

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) di usia yang ke 51 tahun pada 9 September 2020 ini siap menjalankan bisnisnya dengan prinsip Operational Excellence yaitu mengimplementasikan Aspek HSSE (safety) secara penuh pada level tertinggi dan memastikan semua Sarana dan Fasilitas beroperasi dengan kehandalan (reliability) yang tinggi.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan dalam sambutanmya pada HUT PTK ke 51 di Jakarta, Rabu (09/9/2020).

“PTK sebagai Korporasi dengan segmen bisnis operation gain maka untuk bisa sustain dan bertumbuh maka harus menjalankan bisnisnya dengan prinsip Operational Excellence yaitu mengimplementasikan Aspek HSSE (safety) secara penuh pada level tertinggi dan memastikan semua sarana dan fasilitas beroperasi dengan kehandalan (reliability) yang tinggi,” kata Nepos.

Menurut dia, berbagai upaya telah dilakukan dan dukungan management kepada seluruh Pekerja agar dapat memberikan kontribusi untuk merealisasikan peluang-peluang bisnis, melakukan transformasi dan digitalisasi Proses Bisnis. Selain itu, PTK juga melaksanakan upaya efisiensi di seluruh aspek sesuai kewajaran serta meletakkan kepentingan Perusahaan diatas kepentingan pribad

“Untuk meningkatkan Laba Perusahaan pada tahun 2020 ini, PTK telah melakukan penambahan armada kapal sebanyak 155 unit kapal, dengan berbagai jenis, antara lain ; Harbour Tug 3200 HP, Mooring Boat, Clam Shell Grab Dredger, Self Propelled Splid Hopper Barge, RBB Oil Combat, unit RBB Passenger, Fighting Craft, Alumunium Boat, Pilot Boat, Crew Boat dan RBB LDPE Boat,” papar Nepos.

“Disamping upaya tersebut diatas, PTK juga telah membuat berbagai terobosan bisnis dengan berbagai pihak, baik sesama Grup Pertamina maupun diluar Pertamina, diharapkan dengan berbagai upaya tersebut dapat meningkatkan revenue agar target Laba Bersih Perusahaan dapat dicapai,” tambah dia.

Lebih jauh ia mengatakan, berdasarkan laporan Keuangan PTK Audited tahun 2019, PTK mendapatkan Laba Bersih sebesar Rp 295 miliar, atau meningkat 5,7% dari tahun 2018 sebesar Rp 279 miliar. Dan pada bulan Agustus 2020 jumlah armada kapal milik PTK menembus angka 100 unit, meningkat sangat signifikan mencapai 119 unit kapal.

“Dengan melihat semangat kinerja insan PTK baik yang di kantor pusat maupun operasional, management sangat optimis target kita tahun 2020 yang diberikan pemegang saham Laba Bersih sebesar Rp 375 miliar akan tercapai. Namun saya berharap capaian harus diikuti dengan keselamatan kerja tetap terjaga,” paparnya.

Sementara untuk capian Pendapatan PTK tahun 2019 mencapai Rp 2,772 triliun, atau meningkat 31,44% dari Rp 2,109 Triliun pada tahun 2018. “Jumlah aset Perusahaan juga meningkat sebesar 6,3% dari Rpm4,45 triliun pada tahun 2018, menjadi Rp 4,73 triliun pada tahun 2019,” ungkapnya.

Untuk HSSE juga sangat membanggakan, dari 6.271.064 jam kerja pada tahun 2019; fatalitas 0 kejadian dan tumpahan minyak 0 kejadian. Penilaian Kesehatan Perusahaan mendapatkan skor 90,09% (AA), atau dikatagorikan “Sehat”.

“Dan yang tidak kalah penting adalah Penilaian GCG Perusahaan juga mengalami peningkatan sebanyak 6,08 poin dari skor 71,64 pada tahun 2018, menjadi 77,73 dengan katagori “Baik”,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan Launching Branding Transko dan perubahaan Logo AP PTK, yakni Branding Logo Transko. Nantinya setiap kapal Baru PTK sudah diberi Branding Logo “TRANSKO” yang merupakan singkatan dari Trans Kontinental yang berarti “Kapal-kapal PTK siap mengarungi Samudera di seluruh dunia untuk menghantar PTK menuju Perusahaan berskala Global pada Tahun 2026”.

Selain itu, Logo Baru Anak Perusahaan, PTK diantaranya PT Peteka Karya Samudera, PT Peteka Karya Gapura, PT Peteka Karya Tirta dan PT Peteka Karya Jala sudah menggunakan Logo Baru. Logo baru tersebut disesuaikan dengan bisnis Anak Perusahaan, dengan maksud untuk melaksanakan Transformasi dalam segala kegiatan usaha AP PTK.

Sebelumnya, Nepos juga mengapresiasi Tim PC Prove Angguk-Angguk Mantul (AAM) yang berhasil lolos ke Konferensi The International Academic Forum (IAFOR) di Tokyo – Jepang. “Mari kita doakan bersama semoga Tim AAM berhasil mendapatkan hasil yang terbaik untuk mengharumkan nama baik Bangsa Indonesia, dan juga Induk Perusahaan kita PT PERTAMINA (Persero),” ucapnya bangga.

Sementara itu, dengan tetap menerapkan Protocol Kesehatan Covid-19, perayaan ulang tahun PTK ke 51 tahin ini diselenggarakan secara virtual dan live dalam kesederhanaan namun tanpa mengurangi kehikmatan.

Dilanjutkan Nepos ; yang mengatakan bahwa “Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 sangat terasa dirasakan Bangsa Indonesia saat ini. Hampir seluruh sektor kehidupan terhantam pendemik ini.

PT Pertamina Trans Kontinental sebagai anak perusahaan (AP) PT Pertamina (Persero) ikut merasakan dampaknya”.

“Kondisi perekonomian Nasional dan Migas yang kurang menggembirakan sejak 2019 berhasil dilalui Perusahaan dan berhasil meraih beberapa capaian yang sangat membanggakan.

Saya berharap, semangat ini dapat terus kita tingkatkan untuk meraih sukses di tahun 2020,” sambungnya.

Hadir pada acara HUT PTK Ke 51, antara lain Jajaran Dewan Komisaris PTK, Jajaran Direksi PTK, Jajaran Direksi Sub Holding Pertamina International Shipping, para Direktur Anak Perusahaan PTK dan Joint Venture PTK serta seluruh Pekerja PTK Kantor Pusat, Cabang dan para Crew kapal yang mengikuti secara video conference.

Continue Reading

Ekonomi

Ditengah Krisis Ekonomi, NovelMe Sebagai Penyelamat di Kala Pandemi

Published

on

By

Kasus Covid-19 di Indonesia kian hari kian bertambah. Pandemi ini tidak hanya berdampak kepada terganggunya aktivitas masyarakat namun juga berdampak pada perekonomian nasional. Menurut Sri Mulyani, Kuartal II Ekonomi Indonesia -4,3%. Banyaknya perusahaan yang gulung tikar dan merumahkan karyawannya menjadi masalah baru. Banyaknya kepala keluarga yang terkena PHK membuat banyak keluarga mengalami kesulitan ekonomi.

Ditengah pandemi dan krisis ekonomi masih ada harapan. Salah satu sektor usaha yang masih dapat berdiri dengan kokoh ditengah pandemi adalah sektor informasi dan teknologi. NovelMe sebagai salah satu aplikasi mobile tempat penulis Indonesia berkarya dan mencari nafkah menjadi alternatif yang dapat diandalkan dikala krisis seperti saat ini. Siapa pun yang ingin berkarya di NovelMe tidak perlu keluar rumah, bisa mendapatkan penghasilan sampai puluhan juta rupiah hanya bermodalkan gadget dan koneksi internet. NovelMe sebagai platform local Indonesia No.1 terus bekerjasama dengan penulisnya untuk berkontribusi pada prekonomian masyarakat.

“Awalnya menulis di NovelMe hanya ingin mengejar bonus rajin update cerita sebesar Rp400.000 & menyalurkan hobi saja. Namun rencana Tuhan indah, bertepatan dengan tutupnya perusahaan tempat saya bekerja, novel saya masuk top rank di NovelMe, melalui aplikasi ini saya berani ambil keputusan untuk menjadi fulltime writer yang semula hanya angan-angan.” ujar Liemey yang kantor tempatnya bekerja tutup dan akhirnya berani jadi penulis professional di NovelMe karena pendapatan yang besar.

“saya pikir income dengan jumlah yang luar biasa hanya untuk penulis professional, nyatanya salah, saya sudah membuktikan sendiri bahwa penulis amatir seperti saya juga bisa mendapat puluhan juta perbulan, lebih besar dari gaji di kantor” ujar Zizara salah satu penulis NovelMe.

Pada bulan Juli beberapa penulis NovelMe berhasil melakukan penarikan pendapatan sebesar puluhan juta rupiah. Erna Azura memperoleh pendapatan sebesar Rp55.746.334, Liemey memperoleh pendapatan sebesar Rp51.357.738, dan Zizara memperoleh pendapatan sebesar Rp34.835.556. Top 3 Penulis di NovelMe ini sudah membuktikan di NovelMe penulis amatir pun karyanya dapat dihargai.

Di Kompetisi Next Top Writer Season 6 penulis bisa mendapatkan total hadiah utama bulanan Rp28.000.000. Selain itu ada hadiah tambahan sub kompetisi Male Book Arena senilai total Rp11.500.000 dan NTW Innovative senilai total Rp6.500.000 per bulan. Selain itu terdapat hadiah seasonal (per tiga bulan) dengan hadiah utama senilai total Rp32.000.000, hadiah sub kompetisi Male Book Arena senilai total Rp19.000.000 dan NTW Innovative senilai totalRp10.500.000.

NovelMe sedang membuka kesempatan luas bagi kamu yang ingin mendapatkan pendapatan dari menulis novel. NovelMe sedang membuka Kompetisi Next Top Writer Season 6, lomba menulis novel digital dengan total hadiah 250 JUTA RUPIAH!  Berlangsung selama Juli-September 2020. Selain hadiah kompetisi utama kamu juga bisa mendapatkan pendapatan dari penjualan novel berbayar, hadiah dari pembaca dan mendapat bonus jika rajin update cerita. Terdapat tambahan sub kompetisi Male Book Arena yang menjadi ajang penulis laki-laki unjuk karya.

Continue Reading

Ekonomi

Wujudkan Indonesia Lebih Fit, MUFIT Perkenalkan Wajah Baru Dalam Aplikasinya

Published

on

By

MUFIT sebagai perusahaan di bidang wellness berbasis aplikasi dengan bangga memperkenalkan wajah baru di dalam aplikasinya. Peluncuran wajah baru ini dilaksanakan pada hari ulang tahun MUFIT yang jatuh bersamaan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus.

Aplikasi ini diprakarsai oleh Ellen Sim dan Rinaldi yang berlatar belakang pelaku bisnis sekaligus pelatih olahraga, dengan visi menjadi solusi gaya hidup sehat untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih fit melalui upaya-upaya sebagai berikut:
1. Menciptakan layanan dan produk yg siap guna dengan kultur masyarakat (kearifan lokal).
2. Mengedukasi gaya hidup sehat dalam setiap kesempatan.
3. Menciptakan kolaborasi dan lapangan kerja dengan praktisi – praktisi di bidang gaya hidup sehat.
4. Bekerja sama dengan pemerintah dan instansi dalam upaya meningkatkan kesadaran hidup sehat di masyarakat.

Seiring dengan perjalanan misinya, MUFIT banyak dipercaya oleh perusahaan – perusahaan dalam pengelolaan kesehatan karyawan mereka. Sehingga manfaat aplikasi MUFIT dapat dirasakan dari segi individu maupun kelompok.

Dari pengalaman itulah yang menjadi salah satu inspirasi untuk megembangkan wajah baru ini.

Di dalam wajah barunya ini, MUFIT menonjolkan fitur-fitur yang mudah digunakan sebagai pendukung terciptanya gaya hidup sehat masyarakat sehari-hari. Wajah baru MUFIT terlihat di fitur MUTRAIN untuk membantu masyarakat berolahraga dengan menyediakan instruktur sesuai kebutuhan dan kelas olahraga online yang bisa diikuti.

Selain itu, ada juga MUHEALTH untuk membantu masyarakat memantau perubahan berat badan dan komposisi tubuhnya,menghitung kandungan kalori dari makanan yang dikonsumsi, mendapatkan tuntunan berolahraga, dan mengatur pola tidur untuk mendapat kualitasistirahat yang baik. Kesatuan dari variabel tersebut merupakan kunci gaya hidup sehat sehari-hari.

Aplikasi MUFIT melalui fitur MUHEALTH diharapkan dapat berdampak positif melampaui aspek kesehatan, tetapi juga aspek sosial psikologisseperti kepercayaan diri dan produktivitas. Seperti yang disampaikan oleh Founder MUFIT, Ellen Sim.

“Olahraga merupakan cara yang ampuh dalam membangun kepercayaan diri, bukan hanya dilihat dari penurunan berat badan, tetapi dari pembuktian dan perasaan berhasil mencapai target yang kita buat untuk diri kita sendiri.

“Maka dari itu, diharapkan dengan peran dan kontribusi MUFIT melalui fitur aplikasi terbarunya dapat membantu menyehatkan masyarakat Indonesia yang berujung ke pembangunan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik lagi.

Untuk saat ini Aplikasi MUFIT dengan fitur terbarunya sudah dapat diunduh di aplikasi telepon pintar berbasis Android maupun App Store secara gratis. Selain mendapat manfaat fitur gaya hidup sehat, pengguna aplikasi MUFIT juga bisa mendapatkan privilege berupa penawaran menarik seperti diskon dan promo produk dari brand mitra MUFIT.

Continue Reading

Populer