Connect with us

Militer

Tinjau Pameran Alutsista TNI, Jokowi: Sebuah Bentuk Transparansi Kepada Publik

Published

on

JurnalJakarta — Ada yang berbeda pada peringatan ke-76 Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2021. Selain digelar upacara di halaman Istana Merdeka, Selasa, 5 Oktober 2021, juga dipamerkan sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik negara di jalan sekitar Istana Kepresidenan, Jakarta.

Usai memimpin jalannya upacara, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin berkesempatan meninjau pameran alutsista tersebut. Dengan mengendarai golf car, keempatnya menuju Jalan Medan Merdeka Utara yang terletak persis di depan Istana Merdeka, Jakarta.

“Dalam rangka hari ulang tahun TNI yang ke-76, kita memamerkan alutsista kita dan ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini,” ujar Kepala Negara dalam keterangannya usai peninjauan pameran alutsista.

Presiden berharap dengan digelarnya pameran alutsista tersebut, masyarakat bisa lebih mengetahui alutsista apa saja yang dimiliki oleh TNI, terutama peralatan yang jarang diketahui seperti peluncur roket Astros atau Artillery Saturation Rocket System.

“Kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu bahwa kita misalnya telah memiliki Astros. Astros ini sebanyak 56, ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km, dan yang lain-lainnya nanti tolong ditanyakan ke Panglima TNI, KSAD, KSAL, atau KSAU. Inilah yang kita miliki dan ini adalah pembelian-pembelian baru. Misalnya kalau yang ini Astros baru saja di 2014 kita membeli ini. Jadi kelihatan sekali barangnya masih barang-barang baru semuanya,” jelas Presiden.

Baca Juga : Pimpin HUT Ke-76 TNI, Presiden RI: TNI Menjadi Penjaga Utama Kedaulatan Bangsa

Selain ASTROS, beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yaitu 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Militer

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS Sulap Lahan Kosong Menjadi Kolam Ikan

Published

on

By

Jayawijaya, Jurnaljakarta com – Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS yang beberapa bulan ke depan akan berakhir masa tugasnya, tidak membuat para personel Satgas mengendorkan kegiatan pembinaan teritorialnya.

Di masa akhir penugasannya, Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS semakin gencar dalam melakukan kegiatan pembinaan teritorial kepada warga diantaranya dengan melaksanakan karya bakti berupa mengelola lahan kosong menjadi kolam ikan yang berada di lingkungan Pesantren Al-Istiqomah, Distrik Walesi, Kab. Jayawijaya, Papua, Kamis (20/01/2022).

Kegiatan yang dimulai dari pembersihan lahan dan pembuatan kolam tersebut dipimpin langsung oleh Dansatgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi. “Kami sengaja membuat kolam ikan ini karena kami melihat di wilayah Walesi ini air sangat melimpah, sehingga sangat cocok untuk memelihara ikan dan berharap ini sebagai kenang-kenangan kepada warga terutama para santri,” ujarnya.

“Selain itu ini bukti dari wujud kepedulian personel Satgas kepada warga dimana bertugas, selain membuat kolam kami juga sekaligus mengisinya dengan bibit ikan mas dan mujahir yang pada waktunya dapat dimanfaatkan atau dikomsumsi oleh para santri,” tambah Dansatgas.

“Kami sadari di wilayah pegunungan ini ikan sangat langka dan mahal harganya sehingga kami berharap dengan adanya kolam beserta ikan ini nantinya bisa meningkatkan gizi dari para santri,” tutup Dansatgas.

Disaat menyerahkan kolam dan penebaran bibit ikan tersebut, Bapak Syamsudin salah satu Pengurus Pesantren Al-Istiqomah mewakili para pengurus dan guru menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS  yang telah bersusah payah untuk mengubah lahan kosong yang penuh rumput menjadi kolam ikan.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih yang tak terhingga dan apresiasi kepada seluruh personel Satgas terutama pak Dedy selaku Dansatgas dan personelnya yang ada di Walesi ini. Sudah banyak yang kami terima dari Satgas ini namun kami belum bisa membalasnya,” ucapnya.

“Kami hanya berdoa semoga diakhir masa penugasan ini seluruh personel Satgas selalu diberi kesehatan dan keselamatan sampai selesai melaksanakan tugas dengan sukses, dan pemberian kolam sebagi kenang-kenangan ini akan kami jaga dan kami rawat,” ujar Pak Syamsudin.(Red)

Continue Reading

Militer

Satgas Yonif 126/KC Bantu Mengobati Masyarakat Yang Sakit Malaria Di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Published

on

By

Keerom, Jurnaljakarta.com –  Atas perhatian Dansatgas kepada seluruh personel Satgas Yonif 126/KC jangan tanggung-tanggung membantu masyarakat dalam kesulitanya.

Dari atensi Dansatgas, Personel Kesehatan Pos Batom Satgas Yonif 126/KC mendatangi salah satu warga yang terkena penyakit Malaria Tersiana  untuk memberikan perawatan langsung ke rumah warga tersebut yang berada di Kampung Batom II, Distrik Batom, Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han. dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (21/01/2022).

Sementara itu, Bintara Kesehatan Sertu Nurhadi Sucipto  juga bertindak cepat dalam penanganannya kepada istri dari Bapak Jimmy Kalaka.

“Namun tidak hanya mengobati tetapi Ba Kes Pos Batom tetap mengontrol perkembangan kesembuhnnya dengan mendatangi Ibu Olivia setiap 5 jam sekali saat mengganti Infus,” tegas Nurhadi.

Mendapat pengobatan dari personel Pos, Bapak Jimmy Kalaka begitu terharu dan mengucapkan terima kasih kepada Pos Batom Satgas Yonif 126/KC. “Terima kasih abang-abang Satgas atas perhatiannya kepada keluarga kami, semoga kebaikan personel Pos selama ini mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Kuasa, Aamiiin,” ucapnya. (Red)

Continue Reading

Militer

Satgas Yonif 126/KC Berikan Pembekalan Ilmu Kesehatan Kepada Siswa-Siswi Perbatasan Papua

Published

on

By

Keerom, Jurnaljakarta com –  Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Pos Somografi memberikan pembekalan ilmu kesehatan kepada Siswa SD YPPK Akarinda Kampung Somografi, Distrik Web, Kabupaten Keerom.

Sebagai bagian dari program kerja Satgas yaitu memberikan bantuan pengajaran ke sekolah-sekolah di perbatasan Papua, pembekalan kesehatan ini sangat penting untuk disampaikan agar masyarakat perbatasan Papua semakin peduli dengan masalah kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han. dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (20/01/2022).

Bintara Kesehatan Serda Wawan Hermawan, sebagai pelaksana kegiatan di lapangan, membagi kegiatan dalam dua metode yaitu Teori dan Praktik. Untuk teori secara garis besar membekali tentang pengetahuan bagaimana melaksanakan pola hidup sehat dalam kondisi Pandemi Covid-19 sedangkan materi praktik meliputi bagaimana cara mendiagnosa suatu penyakit baik melalui pengamatan kondisi umum pasien maupun pemeriksaan dengan menggunakan alat seperti tensimeter, stetoskop, mikroskop maupun alat bantu kesehatan lainnya yang tersedia.

“Kami memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada siswa-siswi disini meskipun dengan keterbatasan namun kami berharap ini menjadi bekal pengetahuan yang berharga bagi mereka kelak,” ungkap Dansatgas.

Sementara itu Bapak Allo Yawalka S.PD. selaku Kepala Sekolah mewakili seluruh guru SD YPPK Akarinda sangat senang dan mengucapkan terima kepada seluruh personel Satgas Yonif 126/KC khususnya Pos Somografi yang sudah secara ikhlas dan penuh dengan semangat memberikan bekal pengetahuan tentang kesehatan kepada anak didik mereka. (Red)

Continue Reading
Advertisement

Populer