Connect with us

Militer

Tingkatkan Sinergitas Antar Kedua Institusi, Ketua KNKT Kunjungi Pushidrosal

Published

on

JurnalJakarta — Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto mengadakan kunjungan kerja ke Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), Kamis (22/09/2021).

Kunjungan Ketua KNKT yang didampingi beberapa staf tersebut diterima langsung oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A,P yang didamping Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin, M.Sc, Aspamkersamtas Danpushidrosal Kolonel Laut (E) Dr. Yanuar Handwiono, M.Sc, serta Kadispeta Kolonal Laut (P) Dr. Oke Dwiyana, M.M. di Anjungan Pushidrosal, Jalan Ancol Timur, Jakarta Utara.

Kunjungan yang berlangsung dalam suasana akrab dan penuh kekeluargaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sinergitas yang positif antara kedua institusi yang selama ini telah terjalin dengan baik. Komandan Pushidrosal menyambut baik kunjungan Ketua KNKT ini sebagai salah satu wujud komunikasi antar kedua institusi yang dapat menjadi landasan interaksi penyelenggaraan fungsi kelembagaan pada tingkat operasional sesuai dengan peran tugas masing-masing.

Kerja sama erat antara KNKT dan Pushidrosal dalam operasi SAR dan mitigasi bencana yang terjadi di perairan Indonesia, seperti operasi SAR jatuhnya pesawat Lion AIR JT-610 di pearairan Karawang dan SAR jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu beberapa waktu yang lalu telah menunjukkan jalinan interaksi positif antara KNKT dan Pushidrosal. Akan tetapi kedua kepala Lembaga Nasional tersebut, sepakat bahwa sumberdaya kedua pihak memiliki peluang untuk dikembangkan dalam meningkatkan profesionalisme personel melalui pertukaran pengetahuan dan pelatihan maupun peningkatan interoperabilitas antar Lembaga dalam penanganan suatu kejadian atau kedaruratan.

Pada akhir kunjungan kerjanya, Ketua KNKT berkesempatan melihat dari dekat penjelasan tentang Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC) yang dikembangkan oleh Pushidrosal, berupa sistem informasi hidrografi spasial yang dikembangkan untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan layanan informasi berupa peta navigasi pelayaran serta informasi lainnya bagi kepentingan keselamatan navigasi pelayaran dan aktifitas kemaritiman lainnya untuk pembangunan nasional secara akurat dan mutakhir untuk berbagai kepentingan lainnya diluar kepentingan keselamatan navigasi pelayaran. Seperti perencanaan tata ruang pesisir, konservasi lingkungan laut, pariwisata dan perlindungan lingkungan hidup, delimitasi batas maritim antar negara dan lain sebagainya.

Militer

Sasar Pelajar SMP dan SMA, TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi di Subang

Published

on

 

Jurnaljakarta.com – Sebagai salah satu upaya menyukseskan target vaksinasi secara nasional, TNI AL secara terus menerus menggencarkan serbuan vaksinasi Covid-19 dengan memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki.

Kali ini, TNI AL menggelar serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim Desa Pusakaratu Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat yang kegiatannya dipusatkan di Kantor Kecamatan Pusakanagara, Kamis (14/10/2021).

Serbuan Vaksinasi dengan pelaksana lapangan Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) ini menyasar pada pelajar SMP dan SMA di wilayah tersebut berkaitan dengan telah berlakunya Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

TNI AL menyiapkan 1500 dosis vaksin jenis Sinovac dan mengerahkan tenaga kesehatan sebanyak 18 orang dari Pushidrosal dan 4 orang dari Kolinlamil dengan didukung 20 tenaga kesehatan dari Puskesmas Pusaka Negara, serta 20 warga setempat.

Serbuan Vaksinasi ini sesuai dengan perintah Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M berkaitan dimulainya proses pembelajaran tatap muka siswa sekolah saat ini, jajaran TNI AL menjadikan pelajar sekolah sebagai target sasaran serbuan vaksinasi untuk memberi ketenangan agar dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan nyaman.

Selain difokuskan untuk pelajar SMP dan SMA, serbuan vaksinasi tersebut juga melayani masyarakat sekitar untuk mendapatkan vaksin. Hal ini bertujuan untuk mendukung percepatan penanganan covid-19 di wilayah Pusaka Ratu, Kecamatan Pusaka Negara, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Serbuan vaksinasi ini disertai dengan pemberian bingkisan tali asih dari Indonesia sehat kepada masyarakat setempat.(vny)

Continue Reading

Militer

Libatkan 9 Pesawat F-16, Dua Kepala Staf Angkatan Udara Gelar “Meet In The Air” RSAF-TNI AU

Published

on

 

Jurnaljakarta.com – Pekanbaru, Dispenau. Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P dan Kepala Staf Angkatan Udara Singapura (CAF RSAF), Major General Kelvin Khong Boon Leong mengadakan pertemuan di udara (Meet In The Air) menggunakan 9 pesawat tempur F-16 dari kedua angkatan udara, Selasa (12/10/2021).

Pada “Meet In The Air” ini, TNI AU melibatkan 4 pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, sementara RSAF melibatkan 5 pesawat tempur F-16 dari Squadron 143 Tengah Air Force Base, Singapura. Kesembilan pesawat tempur tersebut, melaksanakan terbang formasi dari pangkalan udara masing-masing menuju tempat pertemuan di training area Lanud Roesmin Nurjadin.

Pada pertemuan di udara tersebut, dari kokpit pesawat F-16, Kasau menyapa CAF RSAF dan menyampaikan ungkapan rasa senang dapat bertemu di udara menggunakan pesawat tempur F-16 kedua angkatan udara. Ungkapan Kasau tersebut disambut langsung oleh CAF RSAF dengan ungkapan yang sama.

“Selamat pagi pak Fadjar, Kami juga senang dapat berjumpa dan memperingati peringatan ke 40 ini dengan terbang bersama pada hari ini,” ujar Major General Kelvin Khong Boon Leong dari kokpit pesawat F-16.

“40 tahun merupakan suatu pertanda bahwa hubungan angkatan udara kita sangat erat yang dapat ditunjukan kepada dunia,” sahut Kasau.

Pada dialog di udara tersebut, kedua pimpinan angkatan udara tersebut sepakat, momen terbang bersama ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan dapat dijadikan contoh untuk generasi muda dalam memahami satu sama lain, dan akan mempererat hubungan antara kedua ungkatan udara.

Pada saat pertemuan di udara tersebut, 4 pesawat F-16 TNI AU dengan call sign Rydder flight dan 5 pesawat F-16 RSAF dengan call sign Rejoice flight bergabung di udara membentuk formasi mata panah “arrowhead formation” pada ketinggian 10.000 Feet di atas permukaan air laut.

Pada saat “Arrowhead Formation” pesawat kedua Kepala Staf Angkatan Udara bergantian menjadi flight leader. Setelah itu, melaksanakan foto dengan latar Ikon kedua negara, yaitu Marina Bay Sands (Singapura) dan Jembatan Balerang Batam (Indonesia) pada ketinggian 1.000 feet.

Meet In The Air dan Terbang formasi 9 pesawat tempur F-16 ini merupakan rangkaian pelaksanaan latihan bersama Indopura XXI/21, sekaligus mengawali peringatan ke-40 tahun hubungan bilateral antara RSAF dan TNI AU

Setelah melaksanakan meet in the air dan terbang formasi, seluruh pesawat tempur F-16 kembali ke pangkalan udara masing-masing yang dilanjutkan dengan acara peringatan ke-40 tahun hubungan bilateral RSAF-TNI AU secara virtual.

Elang Indopura XXI/21 antara RSAF-TNI AU merupakan latihan bersama rutin yang disepakati oleh kedua angkatan udara dengan tujuan meningkatkan kemampuan para penerbang tempur dalam melaksanakan taktik pertempuran di udara. Selain itu, latihan bersama yang dimulai sejak tahun 1980 ini, juga bertujuan melatih kemampuan skadron udara tempur kedua negara dalam melaksanakan operasi bersama di masa yang akan datang, serta meningkatkan kerjasama dan mempererat hubungan bilateral antara RSAF dengan TNI AU.(vny)

Continue Reading

Militer

Sinergi Amankan Perairan Natuna, Bakamla Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Natuna

Published

on

 

Jurnaljakarta.com-Natuna, (Bakamla RI). Bertepatan dengan hari jadi Pemerintah Kabupaten Natuna ke-22 pada tanggal 12 Oktober 2021. Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna sepakat melaksanakan kerja sama.  Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya penandatanganan nota kesepahaman antara Bakamla dengan Pemkab Natuna.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., menandatangani Nota Kesepahaman dengan Bupati Natuna Wan Siswandi. Di mana, kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan terpisah (desk to desk).  Kepala Bakamla di Mabes Bakamla RI, sedangkan Bupati Natuna disaksikan oleh Sestama Bakamla Laksda TNI S. Irawan melaksanakan penandatanganan di Kantor Bupati Natuna.

Nota kesepahaman yang ditandatangani ini berisikan tentang sinergitas dalam upaya peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna.

Pasalnya, sinergi ini merupakan bentuk keseriusan Bakamla dalam upaya mengembangkan dan membangun kekuatan melalui Sistem Peringatan Dini (SPD) dibeberapa titik strategis di wilayah Indonesia khususnya Kabupaten Natuna.

Meskipun secara De Jure Pemkab Natuna tidak memiliki kewenangan di laut, namun peran strategis Pemkab Natuna dalam mendukung penyiapan lahan serta pengakomodasian pemenuhan ruang untuk Bakamla merupakan dukungan yang sangat signifikan.

“Saya yakin, dengan adanya kerja sama dan sinergitas ini akan tercipta kolaborasi yang harmonis dalam memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan Natuna. Selain itu, juga peningkatan kapasitas masyarakat pesisir untuk ikut berpartisipasi dalam keamanan dan keselamatan di laut,” ujar Laksda TNI S. Irawan membacakan sambutan Kepala Bakamla RI.

Lebih lanjut Laksda TNI S. Irawan menjelaskan, ruang lingkup kerja sama yang ditandatangani meliputi, pertama, penyediaan fasilitas infrastruktur berupa lahan dan atau bangunan/kantor serta fasilitas lain untuk mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna. Kedua, pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana untuk mendukung kelancaran kegiatan peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna.

Ketiga, pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan pelaksanaan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna. Keempat, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang keamanan dan keselamatan laut. Dan Kelima, pertukaran informasi di bidang keamanan dan keselamatan laut.

Ditempat yang sama Bupati Natuna mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian hibah barang milik daerah ini merupakan langkah yang sangat tepat guna menyelaraskan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan sesuai perundang-undangan. “Besar harapan lahan yang kami hibahkan dapat segera dibangun dan mohon saat perekrutan pegawai Bakamla dapatnya untuk prioritaskan putra daerah natuna,” imbuh Wan Siswandi.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Barang Milik Daerah yang ditanda tangani antara Bupati Natuna Wan Siswandi dan Sestama Bakamla Laksda TNI S. Irawan. Kemudian, penandatanganan Berita Acara Serah Terima Aset Milik Pemerintah Kabupaten Natuna antara Kepala Biro Sapras Laksma Bakamla Supriatno, M.Tr.(Han) dan Bupati Natuna Wan Siswandi.

Momen terikatnya kerja sama ini, turut dihadiri oleh jajaran petinggi dari Bakamla RI, antara lain Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto, S. Sos., M. Si (Han)., Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Sandy M. Latief, Direktur Latihan Laksma Bakamla Bambang Irawan, S.E., M. Tr. Opsla., serta beberapa jajaran pejabat Pemkab Natuna.(vny)

Continue Reading
Advertisement

Populer