Connect with us

Olahraga

Taekwondoin Indonesia, Andi Sultan Raih Peringkat Ketiga di Kejuaraan Dunia

Published

on

JurnalJakarta.com  – Taekwondoin Andi Sultan berhasil meraih posisi ketiga atau berhak meraih medali perunggu diajang Goyang World Taekwondo Poomsae Championship 2022 yang berlangsung di Goyang, Korea 21 – 24 April 2022.

Andi Sultan yang turun di kategori Individual Freestyle Under 17 meraih skor nilai 7.380. Medali emas di kategori ini direbut oleh taekwondoin tuan rumah Korea, JH Lee deng dengan skor 8000 dan medali perak direbut oleh taekwondoin USA dengan skor 7440.

Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Andi Sultan dan secara umum seluruh team yang bertanding di event persiapan menuju Sea Games Hanoi Vietnam. Marciano menyampaikan catatan khususnya karena kejuaraan yang diikuti adalah kejuaraan tingkat dunia.

“Tidak mudah atlet berada di podium tertinggi di kejuaraan level dunia. Namun Taekwondo Indonesia bisa membuktikannya. Semoga ini pertanda baik untuk prestasi taekwondo Indonesia di masa datang,” ujar Marciano.

Marciano juga mengapresiasi kombinasi timnas taekwondo Indonesia yang menurutnya sudah terlihat adanya regenerasi.

Dirinya optimis, di Sea Games nanti taekwondo akan mampu memberikan hasil maksimal dan mencapai target raihan medali yang dibebankan.

“Atlet seperti Andi Sultan harus terus dibina dengan sebaik-baiknya. Ia bukan cuma aset PBTI tapi juga aset bangsa. Oleh karenannya pola dan metode pelatihan serta orientasi dalam mengikuti setiap kejuaraan internasional kedepannya, harus menjadi fokus dari para pelatih. Hal tersebut menurut Marciano terkait dengan strategi masa durasi usia puncak prestasi atlet yang harus bisa dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya,” tegas Marciano yang juga mantan Ketua Umum PBTI itu.

Untuk diketahui bahwa, Andi Sultan yang baru berusia kurang dari 17 tahun sebelumnya adalah juara dunia 2021. Ia berhasil meraih emas di ajang World Taekwondo online Poomsae Open Challenge I dan II untuk kategori freestyle male cadet.

Karena dirinya adalah pemegang medali emas, PBTI mengutus kembali Andi Sultan untuk tampil di ajang bergengsi yang pertama kali diadakan oleh World Taekwondo setelah dua tahun vakum menggelar event Internasional secara offline karena pandemi Covid – 19.

Marciano Norman juga mengapresiasi keberhasilan Timnas taekwondo poomsae beregu putra Indonesia yang terdiri dari Muhammad Rizal, Muhammad Alfi Kusuma dan Muhammad Hafidz yang sehari sebelumnya juga berhasil meraih peringkat ketiga diajang Goyang World Taekwondo Poomsae Championship 2022 ini.

Dan diajang ini, timnas masih mendapat peluang meraih medali melalui Defia Rosmaniar yang akan bertanding hari ini.

Sebelumnya, masih dalam rangkain tour event sebagai bagian dari uji coba persiapan jelang Sea Games, Timnas taekwondo poomsae Indonesia juga berhasil meraih dua keping medali. Masing-masing satu medali perak dan satu medali perunggu di kejuaraan Internasional poomsae Muju Championship 2022.

Medali Perak diraih oleh M Alfi Kusuma dan atlet senior putri Indonesia Defia Rosmaniar yang harus puas meraih medali perunggu.

Sementara itu, Ketua Umum PBTI, Letjen TNI (Purn) H.M Thamrin Marzuki menyatakan, secara keseluruhan timnas yang dipersiapkan ke Sea Games, sejauh ini on the track pada proses pemusatan latihannya.

Dirinya juga puas melihat kinerja para atlet di kejuaraan internasional. Baik yang digelar di Spanyol untuk atlet yang turun di kategori Kyorugi (tarung) maupun atlet yang turun di Korea untuk kategori Poomsae (jurus).

Namun demikian, Ketua Umum meminta atlet dan pelatih harus terus melakukan evaluasi untuk mengejar segala kekurangan yang ada.

Apalagi ini merupakan uji coba terakhir para atlet.
Sesuai dengan keputusan Kemempora, PBTI akan memangkas kembali keikutsertaan atlet di Sea Games Hanoi dan Asian Games Hangzhou, China yang semula disiapkan 17 atlet menjadi hanya kebagian slot 14 atlet untuk SEA Games Hanoi.

Namun demikian, atlet yang tidak tampil karena faktor pengurangan slot tersebut, akan tetap dipersiapkan PBTI untuk event-event internasional lainnya.

Sebab, PBTI akan terus konsisten dengan sistem promosi dan degradsi atlet di pelatnas. (Red).

Olahraga

Sambut HUT Ke 73, Kodam Jaya Gelar Pertandingan Tenis Lapangan Antar Personel Satuan

Published

on

By

Jurnaljakarta com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-73, Kodam Jaya menggelar pertandingan Tenis Lapangan antar personel satuan se-jajaran Kodam Jaya bertempat di Lapangan Tenis Jasdam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan, Jakarta Timur. Jumat (2/12/2022)

Memasuki hari kedua pertandingan Tenis Lapangan jajaran Kodam Jaya, hari ini Irdam Jaya Brigjen TNI Triadi Murwanto, S.E., M.M. berpasangan dengan PNS Jumiat yang bertanding dengan Mayor Inf Yohanes berpasangan dengan Lettu Arm Made. Dalam peraihan nilai sangat ketat dan akhir pertandingan dimenangkan oleh Irdam Jaya Brigjen TNI Triadi Murwanto, S.E., M.M. berpasangan dengan PNS Jumiat.

Kajasdam Jaya Kolonel Inf Wawan Yudha Gunawan, S.I.P mengatakan, “Pertandingan pedana tenis lapangan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-73 Kodam Jaya dilaksanakan kemarin, pada hari Kamis, 1 Desember 2022,”

Selanjutnya pertandingan Tenis Lapangan ini selain memperingati HUT Ke-73 Kodam Jaya juga untuk mempererat hubungan tali persaudaraan antara personel baik atasan dan bawahan serta peningkatan kemampuan personil Kodam Jaya dalam bidang olahraga Tenis Lapangan, tambah Kajasdam Jaya.

Dalam Pertandingan Tenis Lapangan kali ini dilaksanakan membawa nama perorangan bukan pertandingan antara satuan dan pertandingan Tenis Lapangan akan dilaksanakan selama bulan Desember 2022, pungkas Kajasdam Jaya. (Red)

Continue Reading

Olahraga

Asops Kasau Buka Kejurnas Terjun Payung Kasau Cup 2022

Published

on

By

Bogor, Jurnaljakarta.com  – Asisten Operasi Kasau (Asops Kasau) Marsda TNI M. Khairil Lubis membuka secara resmi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Terjun Payung Kasau Cup 2022, di Main Apron Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Kamis (1/12/2022).

Penyelenggaraan Kejurnas bersamaan dengan hari jadi ke-50 tahun, atau ulang tahun emas Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., selaku Ketua Umum PB. Fasi dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Asops Kasau mengatakan, Fasi sebagai induk olahraga terjun payung di Indonesia, bersama dengan TNI AU, akan terus mendorong peningkatan kegiatan terjun payung dan olahraga kedirgantaraan lainnya di tanah air.

“FASI telah bertransformasi menjadi salah satu organisasi olahraga udara terbesar dan terlengkap di Asia, dengan berbagai torehan prestasi yang membanggakan, baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Kasau.

Kasau mengajak seluruh stakeholders dan segenap pecinta kedirgantaraan, agar meningkatkan semangat kedirgantaraan di tanah air.

Kejurnas Kasau Cup 2022 dibagi dalam dua kategori, yaitu antar satuan TNI Angkatan Udara dan terbuka untuk umum yang diikuti oleh peserta dari TNI, Polri, maupun dari kalangan atlet peterjun di tanah air.

Turut hadir pada acara pembukaan, Kapuspotdirga TNI AU selalu Sekjen PB. Fasi, Danlanud Atang Sendjaja, Wadankopasgat, Wadanjen Kopassus, Danpas Gegana, Pejabat Forkopimda Kabupaten Bogor, Pengurus Koni Kab. Bogor, dan Pengurus Fasida Kab. Bogor. (Red)

Continue Reading

Olahraga

Dinilai Sangat Memahami Olah Raga Ini, Agus Salim Sosok Yang Pas Jadi Asprov PSSI

Published

on

By

Jurnaljakarta.com  – Pengusaha muda yang juga CEO PT Oval Advertising, Gunawan Agus Salim, merupakan sosok yang Pas untuk menjadi ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Provinsi DKI Jakarta. Gunawan Agus Salim, dinilai mampu untuk memimpin persepakbolaan Provinsi DKI Jakarta,

“Bang Agus punya kemampuan dalam banyak hal, termasuk dalam memimpin. Dia juga penggemar berat sepakbola dan paham tentang olahraga ini. Jadi, menurut saya, dia cocok untuk memimpin Pengda PSSI Provinsi DKI Jakarta,” kata Wakil Ketua PAN DKI Jakarta, Ical Syamsudin, Selasa (22/11/2022).

Saat ini kata Ical, Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta kosong setelah masa bakti kepengurusan Asprov PSSI DKI Jakarta periode 2017-2022 yang dipimpin Uden Kusuma Wijaya, berakhir pada tanggal 22 Februari 2022 silam dan hingga kini belum ada kongres untuk memilih ketua Asprov yang baru.

Jabatan ketua Asprov PSSI DKI Jakarta sempat diduduki anggota Exco PSSI yang juga mantan manajer Madura United, Haruna Soemitro, dengan posisi sebagai pelaksana tugas (Plt), tetapi Haruna mengundurkan diri pada 17 Oktober lalu.

PSSI DKI Jakarta sempat dijadwalkan akan menggelar kongres luar biasa (KLB) pada tanggal 12 November 2022 lalu, tetapi batal.

Ical mengatakan, kekosongan kepemimpinan di PSSI DKI ini harus segera diakhiri karena kondisi ini dapat mengganggu pembinaan sepakbola di Jakarta. Padahal masyarakat, termasuk dirinya, berharap tim sepakbola DKI Jakarta yang akan dikirim ke PON 21 di Sumut dan Aceh pada tahun 2024, dapat menunjukkan prestasi.

“Karena itu, kita harus selesaikan ini dengan tata cara organisasi yang tepat, seperti statuta Asprov, pembentukan KP (komite pemilihan) dan KBP (komite banding pemilihan), lalu meminta Asprov DKI Jakarta segera melaksanakan pemilihan ketua untuk periode yang baru” tegas Ical.

Gunawan Agus Salim dikenal sebagai pengusaha sukses dengan core bisnis bergerak di bidang periklanan. Dia juga dikenal sebagai pengusaha yang peduli pada kemajuan olahraga di Indonesia. Belum lama ini salah satu unit usahanya menjalin kerja sama sponsorship dengan Klub Persikab Bandung.

“Beliau sangat senang membina sepakbola,” kata Ical.

Ia berharap Agus dapat menjadi salah satu kandidat jika PSSI menggelar KLB, dan terpilih untuk memimpin Asprov PSSI DKI Jakarta periode 2022-2026. (Yud)

Continue Reading
Advertisement

Populer