Connect with us

Militer

SPKKL Sambas Bakamla RI Turut Lakukan Upaya Pencegahan Merebaknya COVID-19

Published

on

Sambas, 20 Maret 2020 — Seusai melaksanakan pertemuan melalui video conference dengan Kepala Sub Direktorat Jaringan Kolonel Bakamla Ir. Suhardi, M.T., Kepala Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Sambas Mayor Bakamla Arief Purwantono, S.E., mengintruksikan kepada seluruh personel SPKKL Sambas melakukan upaya pencegahan masuknya penyebaran Corona Virus Diseases (COVID) 19 di lingkungan kantor SPKKL Sambas, Jl. Penjajap Barat, Sambat, Kalimantan Barat, Kamis (19/3/2020).

Hal ini juga dilakukan sebagai respon terhadap himbauan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. yang menekankan kepada seluruh jajarannya yang tersebar di seluruh Indonesia, agar tetap waspada dalam penyebaran COVID-19. Upaya pencegahan harus dilakukan agar personel Bakamla RI/IDNCG tetap dalam kondisi prima, terlebih dalam membantu upaya pemerintah dalam meminmalisir penyebarannya.

Sebagai upaya preventif, SPKKL Sambas mewajibkan setiap personil ataupun tamu melakukan cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menyemprotkan cairan anti septik pada seluruh bagian gedung dan halaman kantor. Selain itu, perawatan berkala terhadap semua peralatan yang ada pada SPKKL Sambas juga terus dilakukan. Pelaksanaan kegiatan ini akan rutin dilaksananakan terkait upaya mencegah merebaknya COVID 19.

Menguatkan hal tersebut, Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menetapkan status Siaga COVID-19 di Provinsi Kalbar. Keputusan ini diambil setelah dikeluarkannya surat edaran tentang kejadian luar biasa (KLB) terkait COVID-19 yang ditujukan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota di Kalbar.

Dalam surat bernomor 440/0863/KESRA-B itu disampaikan tiga poin penting, pertama berdasarkan laporan kasus di Kabupaten/Kota di Kalbar sampai 17 Maret 2020, tercatat 110 Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan 15 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang terdapat di Kota Pontianak sebanyak empat orang, Kabupaten Mempawah sebanyak dua orang, Kabupaten Kayong Utara sebanyak satu orang, Kabupaten Ketapang sebanyak satu orang, Kabupaten Sambas sebanyak dua orang, Kabupaten Bengkayang sebanyak empat orang, dan Kabupaten Landak sebanyak satu orang.

Poin kedua, untuk mengendalikan dan mencegah bertambahnya korban terinfeksi COVID-19 di wilayah Kalbar, bilamana dipandang perlu masing-masing bupati/wali Kota dapat menetapkan status KLB/Tanggap Darurat dengan mengikuti ketentuan yang berlaku.

Militer

“Terimakasih Bapak Panglima TNI”, Satgas Yonif 411 Kostrad Terima Bingkisan Lebaran

Published

on

JurnalJakarta.com, Merauke — Dalam rangka menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1441 H, segenap prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad yang saat ini bertugas di perbatasan Papua, menerima bingkisan lebaran dari Bapak Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Jumat (22/5/2020).

Diungkapkan Dansatgas, segenap prajurit Satgas Pamtas RI-PNG sektor selatan Yonif MR 411/Pdw Kostrad mengucapkan terima kasih kepada Bapak Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto atas pemberian bingkisan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

“Bingkisan dari Bapak Panglima TNI telah kami terima. Dari lubuk hati yang paling dalam, segenap prajurit Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad sangat berterimakasih dan bergembira atas perhatiannya ini,” ucapnya.

Dalam bingkisan Hari Raya Idul Fitri kali ini, personel Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad
yang tersebar di 22 Pos Satgas mendapatkan 450 bingkisan yang dikemas dalam 450 box plastic, yang isinya terdapat 18 item.

Dansatgas mengatakan bahwa bingkisan yang diterima ini, telah didistribusikan kepada personel disetiap Pos Satgas Pamtas yang bertugas di beberapa distrik yaitu Distrik Tanah Miring, Distrik Naukenjerai, Distrik Sota, Distrik Eligobel dan Distrik Ulilin di Kabupaten Merauke pada Rabu (20/5/2020).

“Kami sangat bergembira atas bingkisan ini. Walaupun saat ini jauh dari keluarga dan orang-orang tercinta, namun kami bersyukur dan berterima kasih kepada pimpinan TNI yang memberikan perhatian kepada kami yang sedang bertugas di perbatasan RI-PNG,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang anggota Pos Kout Sota Pratu Ali Ahmad Ri’pai mengatakan, dirinya sangat berterimakasih dan senang atas bingkisan yang diberikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

“Kami semua sangat berterima kasih dan senang menerima bingkisan dari Bapak Panglima TNI, tentunya wujud kepedulian ini  menambah moril dan semangat kami yang sedang bertugas di perbatasan RI-PNG sektor selatan,” ujarnya.

Dirinya berharap, semoga prajurit TNI AD khusus prajurit Kostrad yang sedang bertugas diperbatasan senantiasa mendapatkan lindungan Tuhan Yang Maha Esa ditengah pandemi wabah Covid-19, sehingga selalu dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

Continue Reading

Militer

Lanud Halim Perdanakusuma Serahkan Zakat Fitrah

Published

on

JurnalJakarta.com — Kepala Dinas Personel Kolonel Pnb Zulfikri Arif Purba, S.Sos., mewakili Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma M. Tonny Harjono, S.E., menyerahkan secara simbolis zakat fitrah Prajurit, PNS dan keluarga Lanud Halim Perdanakusuma, dan satuan jajaran kepada Ketua Panitia Zakat, Infaq dan Sadaqoh (ZIS) PNS Wahyudi, S.Ag., 1441 H / 2020 M di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (22/05/2020).

Umat Islam setiap bulan suci Ramadhan selain diwajibkan melaksanakan ibadah puasa juga berkewajiban untuk mengeluarkan zakat yang bertujuan untuk membersihkan jiwa setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan yaitu zakat fitrah.

Terlebih di masa pandemic covid-19, dengan zakat fitrah ini, kita dapat berbagi dengan saudara – saudara kita yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

Dengan tujuan untuk meningkatkan efektifitas serta efisiensi penyaluran kepada golongan yang berhak menerima zakat (mustahik). Kegiatan penyerahan dan penyaluran zakat fitrah Prajurit, PNS, dan keluarga Lanud Halim Perdanakusuma serta satuan jajaran dilaksanakan oleh Panitia Zakat, Infaq, Sodaqoh (ZIS) 1441 H / 2020 M Lanud Halim Perdanakusuma.

Perwira Rohani Islam Lanud Halim Perdanakusuma PNS Wahyudi, S.Ag., selaku Ketua Panitia ZIS 1441 H / 2020 M Lanud Halim Perdanakusuma menyampaikan sejumlah 2.446 Prajurit, PNS dan keluarga Lanud Halim Perdanakusuma serta satuan jajaran yang membayarkan zakat fitrahnya dengan uang senilai makanan pokok yang dikonsumsi (beras) dan telah terkumpul sebesar Rp. 85.680.000., selanjutnya oleh panitia ZIS 1441 H/2020 H diserahkan kepada para tenagan honorer, petugas kebersihan, serta para mustahik sekitar wilayah Lanud Halim Perdanakusuma sessuai ketentuan yang berlaku dengan tetap mengacu kepada protocol kesehatan covid-19.

Continue Reading

Militer

Kasau Terima Laporan Kenaikan Pangkat 6 Pati TNI AU

Published

on

JurnalJakarta.com — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., menerima laporan kenaikan pangkat 6 perwira tinggi (Pati) TNI AU di ruang kerja Kasau, Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (20/5/2020).

Ke-6 Pati yang mendapatkan kenaikan pangkat, masing-masing dari Marsda TNI ke Marsdya TNI yaitu Marsdya TNI Kisenda Wiranatakusumah, M.A. (Kabais TNI), Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S. (Sekjen Kemhan).

Satu Pati mendapatkan kenaikan pangkat dari Marsma TNI ke Marsda TNI yaitu Marsda TNI Tri Suryono (Dankoharmatau), sedangkan Kolonel ke Marsma TNI yaitu Marsma TNI Asmawie Prawiro (Pati Sahli Kasau Bid. Strahan), Marsma TNI Bowo Herutomo (Kadisbtbau), dan Marsma TNI Rayanda Barnas, S.E., M.Sc. (Han) (Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Unhan).

Kenaikan pangkat tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 31/TNI/Tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat ke dan Dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Acara tersebut dihadiri oleh Aspers Kasau Marsda TNI I Nyoman Trisantosa, S.I.P., M.Tr.(Han)

Continue Reading

Populer