Connect with us

Militer

Seskoal Laksanakan Bimbingan Teknis Akreditasi Kepada Pengelola Jurnal Maritim Indonesia dan Jurnal Dharma Wiratama

Published

on

Seskoal, 19 Maret 2020, – Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal, Kolonel Laut (P) Suharto, S. H., M.Si. (Han) bertempat di Gedung Soedomo Pusjianmar Seskoal, menerima kedatangan Prof. Dr. Rajab Ritonga, M.Si., Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), yang akan memberikan bimbingan teknis akreditasi Jurnal Maritim Indonesia yang dikelola oleh Pusat Pengkajian Maritim dan Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Keangkatanlautan Dharma Wiratama yang dikelola oleh Direktorat Pengkajian Pengembangan Pendidikan, pada hari Senin (17/3).

Ucapan selamat datang dan terima kasih disampaikan Kapusjianmar kepada Prof Rajab yang telah hadir dan bersedia memberikan bimbingan teknis pengelolaan jurnal agar mendapatkan predikat jurnal nasional terakreditasi.

Jurnal Maritim Indonesia yang dikelola Pusjianmar dapat diakses secara online melalui http://jurnalmaritim.tnial.mil.id sehingga sudah memenuhi persyaratan untuk akreditasi. Akan tetapi masih ada beberapa hal yang perlu di tingkatkan pada Jurnal Maritim Indonesia sehingga diharapkan dapat terindeks ke pengindeks bereputasi nasional di Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. Rajab Ritonga menyampaikan bahwa akreditasi jurnal merupakan salah satu tuntutan bagi setiap jurnal ilmiah agar keberadaannya diakui secara lebih kompetetif dalam bidang kelimuan. Jurnal yang telah terakreditasi, baik oleh Kemenristek dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merupakan representasi dari karya yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah karena telah melalui sebuah proses dan evaluasi serta pengujian panjang sehingga layak untuk dipublikasikan.

“Jurnal yang dapat dikareditasi hanyalah jurnal yang pengelolaannya dalam bentuk elektronik. Selain itu, untuk mendapatkan indeksasi ke pengindeks bereputasi nasional, terbitan berkala ilmiah harus memiliki kriteria tersendiri berkaitan dengan jurnal nasional yang diakui oleh lembaga pengindeks internasional salah satunya adalah terbitan berkala ilmiah harus dapat diakses secara online”, papar Prof. Dr. Rajab Ritonga.

Prof. Dr. Rajab Ritonga juga menyampaikan bahwa pengelola jurnal harus mampu memahami intrumen-instrumen penilaian sebagai dasar penilaian pada proses akredisasi yang terdapat pada Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA). Di antaranya adalah format media (dalam bentuk online); manajemen pengelolaan terbitan, petunjuk penulisan bagi penulis, pengacuan, pengutipan, dan penyusunan daftar pustaka; abstrak dan keyword; manajemen pengelolaan (review), alamat unik artikel, indeks tiap jilid, penyebarluasan dan dampak ilmiah, dan indeksasi dan internasionalisasi.

Seluruh instrumen perlu dipersiapkan agar memperoleh nilai yang maksimal untuk selanjutnya jurnal dapat didaftarkan pada ARJUNA.

Militer

Panglima TNI Pimpin Sertijab Komandan Paspampres

Published

on

By

Jakarta, Jurnaljakarta.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), bertempat di kantor Subden  Denma Mabes TNI, Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2020).

Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Paspampres dari Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., kepada Brigjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si.,  berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 tanggal 18 November 2020.

Selanjutnya Mayjen TNI Maruli Simanjuntak akan menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana, sedangkan Brigjen TNI Agus Subiyanto sebelumnya menjabat sebagai Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana Kodam III Siliwangi.

Pada kesempatan tersebut, sebagai pejabat baru, Brigjen TNI Agus Subiyanto  melakukan penandatanganan pakta integritas dan berita acara serah terima jabatan. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kasum TNI Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc., Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr.(Han), Danpuspom TNI Mayjen TNI Eddy Rate Muis S.H., M.H., dan Kababinkum TNI Laksda TNI Anwar Saadi serta pejabat teras Mabes TNI dan Angkatan.

Continue Reading

Militer

Pangdam Jaya : Terima Kasih Kepada Masyarakat Yang Sudah Memberikan Dukungan Kepada TNI-POLRI

Published

on

By

Jakarta, Jurnaljakarta.com – Pangdam Jaya/ Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., bersama para Pejabat Kodam Jaya berkeliling Makodam Jaya melihat ratusan karangan bunga yang berdatangan dari elemen masyarakat sebagai ucapan terima kasih dan dukungan kepada Pangdam Jaya atas ketegasannya menertibkan baleho HRS dan baleho lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan. Ratusan Karangan Bunga tersebut terpajang mulai jalan Mayjen TNI Sutoyo persis didepan gerbang sampai terpajang di dalam Makodam Jaya, Senin (23/11/2020).

Pangdam Jaya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengirimkan karangan bunga kepadanya, ini dukungan masyarakat yang cinta kedamaian dan ini bukan saja hanya ditujukan kepada Pangdam Jaya namun kepada TNI-POLRI yang selalu bahu membahu dan Solid dalam setiap melaksakan tugas dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban, ucapnya.

Beberapa kali orang nomor satu Kodam Jaya menunjuk beberapa karangan bunga yang bertuliskan “Mari Bersama Jaga Persatuan & Kesatuan, Bravo Pangdam Jaya”, ada lagi yang bertulisan, ” Terima Kasih Pangdam Jaya, TNI Tegas Warga Heppi, Jakarta Tenang Deh,” begitu pula ada karangan bunga yang bertuliskan, ” Hidup Kodam Jaya, Jakarta Aman & Tentram,” serta masih banyak karangan bunga lainnya.

Hari ini Kodam Jaya kebanjiran karangan bunga yang dikirim dari berbagai elemen masyarakat yang semuanya bertulisan dukungan-dukungan, itu suatu yang luar biasa, ditunjukan kepada Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya yang telah melaksanakan tugas di Jakarta ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Continue Reading

Militer

Danpusterad Buka Saresehan Bersama Media Massa TA 2020

Published

on

By

Jakarta, Jurnaljakarta.com – Komandan Pusat Teritorial Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Pusterad) Letjen TNI Wisnoe Prasetja Boedi⁣ secara resmi membuka kegiatan sarasehan bersama media massa di Hotel Horison, Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (18/11/2020).

Kegiatan yang bertujuan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan ini mengusung tema “Pusterad Dengan Media Massa, Bersinergi Membangun Negeri”, dengan menghadirkan Pakar Jurnalistik dari Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Abie Besman, Ketua Dewan Pers Prof Muhammad Nuh dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Prof. Dr. Widodo Muktiyo.

Danpusterad berharap kegiatan ini memperoleh masukan dan saran dalam menyusun strategi penyelenggaraan Pusterad di era modern saat ini. selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI, seeta mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka menuju pembangunan nasional,” harapnya.

Menurutnya, media massa sebagai wahana penyampaian informasi bagi masyarakat, merupakan motor penggerak yang sangat dahsyat bagi negara dalam membangun jati diri dan karakter bangsa.

“Maka dari itu sinergitas antara TNI dengan media massa sangat penting dalam rangka membangun negeri untuk bersama-sama TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI,” tuturnya.

Lebih lanjut Danpusterad, mengatakan, saat ini banyak didapati pemberitaan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, hingga masyarakat salah kaprah dalam menyikapi berita dan menjadi ancaman bagi persatuan dan kesatuan NKRI.

“Pemberitaan yang tepat dan akurat dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat, guna edukasi yang proaktif kepada masyarakat dan membangun karakter bangsa melalui media massa,” lanjutnya.

Ancaman-ancaman lain yang berpotensi memecah persatuan adalah perhelatan pilkada serentak 2020 yang memungkinkan menimbulkan provokasi, agitasi dan propaganda melalui penyebaran berita bohong yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga dapat  mengganggu stabilitas nasional.

Seluruh komponen bangsa wajib mengantisipasi berbagai ancaman. TNI AD didukung media massa memiliki peran vital dalam melaksanakan pembinaan ketahanan masyarakat,” pungkasnya.

Continue Reading

Populer