Connect with us

Ekonomi

Semesta Akademi Gandeng Pakar Kreatif Indonesia Hadirkan Enam Program Terbaru

Published

on

Jurnaljakarta com – Semesta Akademi sebagai creative education, berkolaborasi dengan Pakar Kreatif Indonesia hadirkan enam program terbaru dengan mengusung konsep interaktif, Creative EdTech. Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan dinamika industri kreatif dan persaingan antara talenta lokal dengan global.

Steven Koesno selaku Co-Founder & CEO Semesta Akademi mengatakan, Semesta Akademi hadir sejak tahun lalu untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif yang berkelanjutan dengan menghadirkan beragam program pendidikan kreatif terbaru.

Dengan mengusung konsep interaktif, Creative EdTech, Semesta Akademi menggandeng para pakar di Indonesia, seperti Wahana Edukasi (Storytelling & Scriptwriting), Maudy Ayunda (Creative Leadership), Thinking Room (Visual Design & Branding), Desy Bachir (Branding & Marketing Foundations), Agung Hapsah (Creating High Quality Content for Business), dan INFIA (Social Media & Intellectual Property) untuk berkolaborasi menjawab tantangan dinamika industri kreatif dan persaingan antara talenta lokal dengan global,” ucapnya di Artotel Thamrin Jakarta Pusat Selasa (19/1/2022).

Dikatakannya, berdasarkan data dari laporan OPUS Ekonomi Kreatif 2020, subsektor ekraf berkontribusi sebesar Rp1.211 triliun kepada Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Angka tersebut merupakan peningkatan dari tahun 2019 yang berkontribusi sebesar Rp1.105 triliun.

Melihat angka tersebut, menunjukkan bahwa industri kreatif di Indonesia terus berkembang pesat, sehingga perlu didorong lahirnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Pada dasarnya, industri kreatif ini akan menjadi salah satu fondasi perekonomian Indonesia, sehingga perlu dikembangkan secara terus menerus.

Inilah yang kemudian mendorong terbentuknya Semesta Akademi yang dibangun atas 4 pilar, yaitu Creative Fundamentals, Creative Branding & Marketing, Creative Business, dan Creative Media & Entertainment,” kata Steven Koesno.

Lebih lanjut Steven Koesno menegaskan, Semesta Akademi sudah membangun fondasi, berkolaborasi dengan pelaku dan pakar industri serta menyusun program yang memiliki relevansi tinggi dengan target audiens. Kami juga sudah melalui banyak trial and error untuk menemukan formula pembelajaran terbaik yang efektif dan efisien.

“Maka di tahun 2022 ini, kami siap melangkah lebih jauh, membuka pintu seluas-luasnya untuk berkolaborasi, baik dengan talenta kreratif, maupun korporasi,” tegasnya.

Bagi Semesta Akademi, menumbuhkan ekosistem industri kreatif yang berkelanjutan memerlukan sebuah wadah atau platform yang mempertemukan creative talents dengan industry experts agar dapat saling bertukar pengalaman dan pengetahuan mendalam lewat sesi belajar-mengajar yang lebih interaktif.

Konsep ini diterapkan pada format praktisi mengajar langsung partisipan (Live Session with Industry Expert). Tujuannya adalah dalam setiap sesi interaktif ini akan dapat merumuskan inovasi dan solusi yang lebih berkelanjutan untuk ekosistem industri di masa mendatang.

Selain itu tersedia juga format belajar menggunakan video interaktif (On-Demand Interactive Video) di mana para partisipan hanya perlu menyaksikan video untuk belajar intensif.

Semesta Akademi meyakini bahwa pembelajaran kreatif bisa terbentuk karena melibatkan interaksi dan kolaborasi antara anggota komunitas sehingga menciptakan ekosistem suportif dan solid. Mendukung hal tersebut, Semesta Akademi menghadirkan berbagai fitur, seperti Community Based Discussion Centric untuk membangun interaksi ramah dan bonding kuat antara pelaku dan pakar kreatif, Community Learning yang merupakan sesi khusus untuk peserta berdiskusi santai bersama para pakar mengenai materi yang sedang dipelajari atau tantangan yang dihadapi.

Ada juga Daily Tutor Assistance merupakan sesi interaktif harian dengan tutor, dan Weekly Challenge and Project. Berbagai fitur ini bertujuan untuk membangun komunikasi lebih harmonis antara anggota komunitas industri kreatif, bahkan membuka kesempatan kolaborasi profesional di luar Semesta Akademi.

Antusiasme yang tinggi juga diutarakan oleh Gina S Noer selaku kolaborator dalam program Storytelling & Scriptwriting. “Mewakili Wahana Edukasi, saya tidak sabar untuk bertemu dengan talenta-talenta kreatif berbakat, berkolaborasi dengan mereka, serta bertukar ilmu dan pengalaman terutama mengenai bidang Storytelling dan Scriptwriting.

Saya meyakini proses pembelajaran di Semesta Akademi tidak hanya berlangsung satu arah, sehingga pasti banyak insights yang dibutuhkan untuk keberlangsungan industri kreatif ini.
Pada akhirnya, dunia kreatif, termasuk film, tentu membutuhkan lebih banyak fresh minds,” tutur Gina.

“Kami berharap dengan adanya Semesta Akademi dan berbagai program yang kami luncurkan tahun ini akan bisa membantu para pelaku dan calon pelaku kreatif untuk terus mengembangkan diri untuk menjadi talenta yang berkualitas, sehingga pada akhirnya dapat membawa terobosan baru bagi industri kreatif Indonesia dan dunia yang lebih luas,” ungkap Steven sambil menutup sesinya.(Red).

Ekonomi

Perkumpulan Pengusaha Pasar Malam Indonesia (P3MI) Jawa Tengah Siap Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – Belum lama ini pemerintah mengeluarkan kebijakan kelonggaran melakukan aktivitas dan pemakaian masker di area publik.

Hal tersebut merupakan langkah awal memulai transisi dari pandemi ke endemi. Tentunya ini merupakan kabar baik untuk keberlangsungan roda perekonomian khususnya pengusaha kecil atau UMKM di tanah air untuk bangkit, di mana kurang lebih 2 tahun mereka terpuruk.

Ketua Perkumpulan Pengusaha Pasar Malam Indonesia (P3MI) Jawa Tengah, H. Muntohar, SH menyambut baik adanya kebijakan kelonggaran dari pemerintah.

Pria yang juga owner Diana Ria Enterprise menjelaskan, dengan sudah adanya kegiatan pasar malam yang dilaksanakan di beberapa wilayah Indonesia tentunya akan membangkitkan roda perekonomian di daerah.

“Kegiatan pasar malam yang sudah berjalan di beberapa daerah yaitu Kab. Demak, Kab. Kendal, Kab. Semarang, Kab. Wonosobo, Kab. Kebumen sekarang di Kota Solo tepatnya di alun-alun kidul (Alkid), terlebih saat momen Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri sangat jelas terlihat perputaran uang di lokasi. Transaksi jual beli yang berlangsung selama satu bulan tersebut cukup signifikan,” jelasnya melalui keterangan, Sabtu (21/5).

Anggota DPRD Kabupaten Demak dari Fraksi Gerindra ini mengatakan, kegiatan pasar malam ini juga otomatis membuka lapangan kerja bagi masyarakat lokal khususnya lingkungan RW dan RT setempat.

“Seperti pengelolaan parkir, kebersihan serta keamanan saat event berlangsung,” terangnya.

Tak lupa, ia juga menghimbau kepada masyarakat atau pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan ketika berada di event publik.

“Mudah-mudahan Covid-19 segera hilang dan masyarakat kembali bisa menjalani kehidupan yang normal seperti semua,” jelasnya. (Red).

Continue Reading

Ekonomi

Friktion Menghadirkan Manajemen Portofolio Manager untuk Aset Crypto

Published

on

By

Bisnisreview.com — Risiko dalam investasi crypto merupakan hal yang wajar ditemui investor, meski berisiko namun tetap ada cara untuk meminimalisirnya. Salah satunya dengan menggunakan sistem manajemen portofolio yang baik dan berkelanjutan serta tetap menghasilkan.

Sistem ini pun dihadirkan oleh Friktion, yang menghadirkan manajemen portofolio satu atap dan memberikan berbagai hasil yang berkelanjutan dan produk yang dikelola risiko, dengan tujuan akhir untuk melayani setiap tingkat selera risiko yang ada.

“Mengenal Friktion”
Friktion adalah platform manajemen portofolio aset kripto, dibangun untuk bekerja di seluruh siklus pasar. Ini juga merupakan opsi terbesar Solana dan protokol opsi terbesar ketiga di semua jaringan, dengan total nilai lebih dari $100 juta terkunci.

Platform ini dibuat oleh Friktion Labs yang merupakan tim trader kuantitatif dan insinyur kripto dengan latar belakang komoditas, perbendaharaan, produk volatilitas, dan aset kripto. Organisasi ini telah membawa sekelompok trader derivatif dan pembuat pasar di Genesis Trading, Alameda Research, LedgerPrime, QCP Capital, CMS Holdings, Orthogonal Trading, dan GSR.

Baca juga : https://bisnisreview.com/jadi-blockchain-yang-tercepat-techpay-coin-selesaikan-bridge-di-binance-smart-chain/

Produk terkenal di Friktion adalah Volts yang dirancang untuk memudahkan siapa saja untuk berpartisipasi dalam yield farming untuk mendapatkan imbal hasil.

Selain volts, layanan ini juga menyediakan sirkuit manajemen portofolio sesuai permintaan untuk DAO Treasuries, menciptakan kerangka kerja risiko khusus dan Volt yang memberikan perlindungan volatilitas dan pengembalian di pasar yang fluktuatif.

“Produk dari Friktion”
“Volts”
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, produk unggulan dari Friktion adalah volts. Tidak seperti protokol yield farming tradisional yang mengandalkan emisi token, hasil Friktion berasal dari premi opsi. Ini lebih berkelanjutan dalam jangka panjang karena hasil tidak bergantung pada harga token. Agar lebih memahami produk volts dan layanan yang Friction berikan, ada baiknya kamu memahami tentang pasar derivatif secara menyeluruh.

“Volt #01 — Income Generation
Volt ini memungkinkan investor menghasilkan pendapatan melalui covered call overwriting, yang secara historis menghasilkan hasil yang lebih tinggi dalam periode volatilitas. Jadi, dengan berfokus pada menjalankan penjualan covered call yang menentukan harga kedaluwarsa secara algoritma untuk memaksimalkan pengembalian dan meminimalkan kemungkinan call options.

“Volt #2 — Sustainable Stables”
Volt ini memungkinkan investor menghasilkan hasil pada simpanan stablecoin, yang digabungkan secara otomatis setiap minggu seperti volt #1. Ini menggunakan strategi “Cash Secured Put”, yang memiliki profil pembayaran yang mirip dengan “Covered Call”. Di mana trader akan menjual opsi put dan mempertahankan cukup uang untuk membeli aset dasar pada harga kesepakatan yang telah ditentukan.

Baru-baru ini Friktion Labs telah menggalang dana sebesar $$5,5 Juta untuk membawa TradFi ke DeFi.
Dana tersebut akan digunakan untuk membangun Circuit, yang merupakan likuiditas baru dan sistem manajemen portofolio untuk mendorong arus masuk modal jangka panjang dan menghasilkan pengembalian untuk DAO, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Investor dalam peningkatan tersebut antara lain Jump Capital, DeFiance Capital, Pillar, Libertus Capital, Delphi Ventures, Sino Global Capital, Tribe Capital, Castle Island Ventures, Dialectic, Petrock Capital, Solana Capital.
Selain itu, sekelompok trader derivatif dan pembuat pasar dari Genesis Trading, Alameda Research, LedgerPrime, QCP Capital, CMS Holdings, dan lainnya akan bergabung, kata perusahaan itu.(Red)

Continue Reading

Ekonomi

Pastikan Keamanan, DIFX Gunakan Wallet Berasuransi

Published

on

By

Jurnaljakarta com – Menurut Chainalysis jumlah crypto yang dicuri berjumlah $3,2 miliar, ini enam kali lebih banyak dari tahun 2020. Hal ini menunjukan bahwa dunia crypto masih sangat rentan terhadap kejahatan.

Karena itu keamanan menjadi faktor yang sangat penting dalam dunia crypto terutama untuk bursa yang menjadi tempat transaksi aset kripto bagi retail dan institusi.

Kejadian peretasan bursa pun beberapa kali terjadi, yang terbaru adalah pelanggaran keamanan yang menyebabkan BitMart, pertukaran kripto, kehilangan $196 juta dana pengguna.

Peretasan itu terjadi karena peretas bisa memiliki akses ke hot wallet bursa yang digunakan untuk transaksi karena terhubung ke internet.

Jika bursa tidak aman, dan cold wallet terlalu mahal opsi apa yang bisa dipilih pengguna?
Beberapa tahun yang lalu, sebuah perusahaan keamanan, bernama Fireblocks, percaya bahwa pencurian kripto bisa terjadi di mana saja baik di cold atau hot wallet.

Karena itu Fireblocks menggunakan MPC, teknik kriptografi, di samping jaringan otentikasi alamat deposit, mesin kebijakan, dan isolasi perangkat keras tingkat chip untuk melindungi dana pengguna dari ancaman internal dan eksternal.

Polis asuransi Fireblocks mengasuransikan aset pengguna dari peretasan dan serangan siber, kesalahan manusia, bug perangkat lunak, dan penipuan internal.

Melihat keamanan dan kenyamanan yang diberikan, DIFX pun memilih fireblocks sebagai wallet yang digunakan.
Dengan menggunakan Fireblocks MPC Wallet, DIFX memberi penggunanya platform yang ramah pengguna, cepat, dan aman untuk berdagang dan menyimpan aset mereka.

Di DIFX, kripto pengguna sepenuhnya diasuransikan terhadap peretasan, kesalahan, dan bug.
Pengguna juga dapat menikmati peningkatan kecepatan penandatanganan transaksi dan penurunan biaya saat berdagang di berbagai pasar. Karena dompet yang diasuransikan, maka ketika ada peretasan pengguna bisa mendapatkan kompensasi.

Tentang DIFX
DIFX adalah CEX yang menggunakan teknologi blockchain untuk menggabungkan keuangan terpusat. Ini adalah platform yang mudah digunakan untuk pedagang, perusahaan, dan investor baru dan berpengalaman.
DIFX memungkinkan pengguna untuk menominasikan siapa pun dari keluarga, teman, atau orang yang mereka cintai dan memungkinkan mereka untuk melegitimasi klaim mereka atas kematian pengguna utama.
Selain itu, perusahaan berharap dapat meningkatkan penggunaan mata uang digital untuk penyelesaian langsung antara penerima dan pembayar dengan menghilangkan perantara.
Dapatkan informasi terbaru dari DIFX dengan bergabung di grup telegram DIFX Indonesia.

Continue Reading

Populer