Connect with us

Nusantara

Semarakkan Pentas Puisi di Hari Pahlawan, SATUPENA: Puisi, Ambil Peran Kemerdekaan

Published

on

JurnalJakarta — Dalam menyemarakkan hari pahlawan, perkumpulan penulis Indonesia SATUPENA menggelar pentas membaca puisi.

Bukan tanpa alasan acara ini digagas secara daring dalam Obrolan Hati Pena #14, pada Minggu sore, 14 November 2021, kemarin. Karena Puisi dan Penyair Berperan Penting di Panggung Sejarah Nasional sejak dahulu.

Puisi dan para penyair tampak punya peran yang penting di panggung sejarah nasional, sejak masa revolusi hingga sekarang. Bahkan, teks Sumpah Pemuda pada 1928 adalah bernafas puisi.

Baca Juga: Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Gelar Lomba Baca Puisi Bertajuk “Terimakasih Guruku”

Estetika romantisme dalam puisi-puisi di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia selalu berbalut dengan estetika heroisme, dengan pesan politik yang sangat kentara.

Bertajuk “Bagimu Negeri, Kunyalakan Puisi: Memperingati Hari Pahlawan,” acara ini menampilkan narasumber seorang dosen, penyair dan penulis, Ahmad Gaus AF yang menarik pembaca puisi, banyak orang top seperti Chappy Hakim (mantan Kepala Staf Angkatan Udara), Prijono Tjiptoherijanto (ekonom senior), Nurliah Nurdin, Edrida Pulungan, Kiki Amelia, Ezralia Harun, dan lain-lain.

Ahmad Gaus menjelaskan bahwa perjuangan Indonesia mencapai kemerdekaan melalui tahapan transformasi. Dulu perjuangan melawan penjajah dipimpin oleh para raja dan bangsawan.

“Tapi pada awal abad 20, perlawanan terhadap penjajah beralih ke kalangan terdidik, cendekiawan, dan sastrawan. Metode perlawanan pun diubah, melawan penjajah dengan senjata intelektual. Di sinilah puisi mengambil peran,” ucap Gaus.

Gaus menambahkan, bahkan ada yang menyebut, Indonesia merdeka karena puisi. “Maksudnya, imajinasi tentang keindonesiaan itu dibentuk oleh frase-frase di dalam puisi, seperti tanah air, ibu pertiwi, tumpah darahku, tanah persada, dan lain-lain.”

“Dulu tidak ada istilah tanah air, ibu pertiwi, tanah tumpah darahku, dan sebagainya. Istilah-istilah itu baru muncul dalam puisi. “Jadi puisi-puisi itu membentuk imajinasi tentang keindonesiaan,” ungkap Gaus.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nusantara

Siap Menangkan Ganjar – Puan, Laskar Ganjar – Puan Se-Maluku Gelar Rakerda dan Terima SK

Published

on

By

Teks foto: Pembagian SK kepada 11 DPC LPG se- Provinsi Maluku dirangkai dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Laskar Ganjar – Puan Provinsi Maluku di Resto Beby Indah Beach di Jln Raya Suli, Tial Pulau Ambon, Minggu (16/1/2022). (Doc).

Jurnaljakarta.com  – DPD Laskar Ganjar – Puan Provinsi Maluku gelar rapat kerja daerah yang diikuti oleh 11 Kota/Kab se-Maluku, Minggu (16/1/22).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD Laskar Ganjar – Puan Provinsi Maluku Nurdin Latupono, SH, MH menerima SK dan 11 DPC se-Provinsi Maluku mendapatkan SK dari DPP Laskar Ganjar Puan.

Nurdin Latupono menuturkan, pihaknya akan konsolidasi bagaimana memenangkan Ganjar – Puan dengan membentuk seluruh PAC di seluruh Provinsi Maluku.

“Insya Allah akhir bulan Januari seluruh PAC kita target sudah bisa terbentuk di seluruh Kabupaten dan Kota di Maluku,” tutur Nurdin kepada redaksi melalui keterangan tertulis, Minggu (16/1).

Untuk pengurus ranting, lanjut dia, dipastikan di Kecamatan Salahuru, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) semua ranting sudah terbentuk dan siap untuk bergerak untuk memenangkan Ganjar – Puan di Pilpres 2024 mendatang.

“Untuk pengurus ranting, Salahuru semua sudah siap dan poskonya berada di Tulehu,” bebernya.

Nurdin menjelaskan, dukungan untuk Ganjar Pranowo dan Puan Maharani dengan terbentuk wadah Laskar Ganjar – Puan di Maluku bukan tidak beralasan, selain track record (rekam jejak) Ganjar sebagai Gubernur Jateng dan beberapa kali menjadi anggota DPR yang dinilai cukup baik, begitu juga Puan.

“Karena kami dilatarbelakangi oleh kondisi kenyataan yang sebenarnya karena Ganjar – Puan kami kedepankan. Dari hasil survei juga rakyat menginginkan Ganjar – Puan Capres 2024,” jelasnya.

Nurdin menambahkan, Rakerda yang digelar dalam membahas program kerja dalam mendukung Ganjar – Puan di Pilpres, juga memberikan pesan untuk Partai.

“Kalau terkait (Diusung Parpol) itu kewenangan partai, kami tidak bisa bicara sampai di situ. Namun, jelas kami memberikan pesan ke partai bahwa masyarakat, hari ini menginginkan adanya Ganjar – Puan,” pungkasnya.

Sementara Ketua Dewan Pembina, H Mochtar Mohamad dalam arahannya mengatakan, maksud dan tujuan Rakerda ini adalah, konsolidasi organisasi dan mendengarkan masukan DPC – DPC didalam memperkokoh Pasangan Ganjar – Puan di tengah rakyat.

M2, panggilan akrab Mochtar Mohamad juga minta jadwal Konsolidasi Organisasi Laskar Ganjar – Puan ini di bulan Januari tuntas DPC, bulan Februari tuntas PAC bulan Maret tuntas Ranting.

Laskar Ganjar – Puan hadir karena menangkap gelombang keinginan rakyat yang ingin berpartisipasi politik dalam pilpres 2024 untuk kemenangan Pasangan Ganjar – Puan.

“Rakyat melihat hanya Kader Ideologi dan Biologi Bung Karno lah yang mampu memimpin Bangsa ini ke arah sesuai Pemikiran Proklamator Bung Karno dan hanya Ganjar – Puan lah yang dianggap mampu menerima estafet kepemimpinan Pemerintah Jokowi karena dalam satu partai diusung PDI Perjuangan,” ujarnya kepada wartawan melalui pesan whatshap, Senin (17/1).

Dalam Rakerda ini juga, para Perempuan Maluku mendeklarasikan Kesetaraan Gender dalam berbangsa dan bernegara, mereka minta bahwa peran Perempuan diberikan porsi yang sama dengan para lelaki dalam Pemerintahan.

Di Maluku menganggap bahwa, kemunculan mbak Puan dalam Pilpres ini menjadi solusi kesetaraan tersebut. Warga Maluku rindu sosok pemimpin seperti Bung Karno.

“Kisah yang mereka utarakan tentang Bung Karno yang memberi nama kota Masohi yang artinya Gotong – Royong. Warga Maluku mengidamkan cucu Bung Karno memimpin bangsa ini,” tandasnya.

Diketahui, DPD Laskar Ganjar – Puan Provinsi Maluku adalah Provinsi yang ke 2 melaksanakan Rakerda setelah DPD Jabar dari 23 Propinsi yang sudah terbentuk. (Red).

Continue Reading

Nusantara

Jabar Bangkit untuk Indonesia Berdikari

Published

on

By

Bandung, Jurnaljakarta com  – Kebangkitan Indonesia harus diawali dari kemenangan Ganjar – Puan di Jawa Barat.

Hal tersebut dikemukakan Dewan Pembina Laskar Ganjar Puan (LGP), H. Mochtar Mohamad saat memberikan arahan di Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Laskar Ganjar Puan Jawa Barat, di Apartemen Grand Kosambi, Sabtu (8/1/22).

Mochtar Mohamad menjelaskan, kita semua tahu bahwa di Bandung ini pada 4 juli 1927 Bung Karno melahirkan Partai Nasional Indonesia (PNI) yang sekarang PDI Perjuangan.

INDONESIA BERDIKARI sesuai konsep Trisakti Bung Karno, mampu dijalankan oleh Kader Ideologi Bung Karno yakni pasangan Ganjar – Puan.

“Kami sepakat dan percaya Ganjar – Puan mampu menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelasnya.

Ia memaparkan, Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Laskar Ganjar – Puan Jawa Barat di ikuti 27 Kota / Kab DPC se-Jawa Barat dengan
maksud dan tujuan Rakerda ini dilaksanakan adalah untuk Konsolidasi organisasi dan sekaligus penyerahan SK DPC Laskar Ganjar – Puan seJawa Barat.

Dalam laporan masing-masing Ketua Cabang, ada beberapa daerah sudah selesai Konsolidasi organisasi pada tingkat Kecamatan PAC bahkan ada juga sampai tingkat Kelurahan.

Padahal time skedul yang diberikan tahapannya adalah Januari 2022 rampung Pengurus DPC 15 orang, Febuari 2022 rampung Pengurus Kecamatan PAC 10 orang dan Maret rampung Pengurus Ranting Kelurahan/Desa 10 orang.

“Terbentuknya pengurus lengkap dan sudah ber SK. Ini membuktikan bahwa tingkat penerimaan di masyarakat pasangan Ganjar – Puan sangat luar biasa bahkan seragam pun secara gotong – royong buat sendiri,” terangnya.

Dalam kesempatan ini juga, sambung dia, pengurus dibagi kalender dan kaos dan bendera Laskar Ganjar – Puan untuk dibagikan di daerahnya. (Red).

Continue Reading

Nusantara

TNI AU Serius Dalami Dugaan Oknum Prajurit TNI AU Bantu kirim TMI Ilegal

Published

on

By

Jurnaljakarta com – Menanggapi keterangan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) tentang adanya dugaan keterlibatan prajurit TNI AU dalam pengiriman Tenaga Migran Indonesia (TMI) Ilegal ke Malaysia, TNI AU tengah serius mendalami hal tersebut.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos, mengatakan, saat ini TNI AU masih terus melakukan pendalaman secara serius terkait informasi dari BP2MI.

“Sesuai instruksi pimpinan TNI AU, kami masih melakukan pendalaman dengan berkoordinasi dengan semua stake holder, untuk menggali dan mengembangkan informasi lebih lanjut agar masalahnya lebih jelas,” kata Kadispenau.

Kadispenau menambahkan, bila dalam perkembangannya terbukti memang ada oknum prajurit TNI AU yang terlibat dalam proses pengiriman TMI ilegal, maka dipastikan TNI AU akan memberikan sanksi hukum tegas sesuai aturan yang berlaku.

Sebagaimana diketahui, bahwa beberapa hari lalu, tersiar kabar, tenggelamnya kapal boat yang membawa puluhan TMI ilegal di perairan Johor Malaysia. Insiden tersebut mengakibatkan puluhan jiwa meninggal, dan puluhan lainya belum ditemukan. Sementara belasan TMI lainnya dapat diselamatkan.(Red)

Continue Reading
Advertisement

Populer