Connect with us

Militer

Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas Musnahkan Barang Ilegal Asal Malaysia

Published

on

Sanggau, Jurnaljakarta.com – Kerja sama dengan instansi terkait di wilayah perbatasan terus dilaksanakan oleh Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, khususnya dalam mendukung program Pemerintah yaitu mencegah Media Pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina/Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (MH HPHK/OPTK).

Bertempat di halaman Kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Entikong Wilker PPLB Entikong, Kec. Entikong, Kab. Sanggau, Kalbar, Rabu (18/11/2020), Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas bersama Stasiun Karantina Pertanian dan Instansi Terkait melaksanakan pemusnahan barang bukti 5 ekor ayam jenis Filipina dan 3 batang bibit jeruk asal Malaysia yang tidak dilengkapi dokumen resmi.

Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kapuas Letkol Inf Alim Mustofa mengatakan bahwa pemusnahan barang bukti barang ilegal dari Satgas Yonif 642/Kapuas bersama instansi di perbatasan RI-Malaysia (CIQS) pada saat melaksanakan pemeriksaan bersama di PLBN Entikong, Kab. Sanggau.

“Barang bukti ini didapat saat anggota Satgas bersama dari instansi terkait, Custom, Immigration, Quarantine & Security (CIQS) mengamankan pelaku penyelundupan barang ilegal yang masuk ke Indonesia melalui jalur PLBN Entikong di Desa Entikong, Kec. Entikong, Kab. Sanggau, pada tanggal 10 November 2020,” ujarnya.

Kegiatan pemusnahan barang bukti ini dipimpin langsung oleh Kepala SKP Kelas I Entikong Bapak drh. Yongki Wahyu Setiawan, M.H. bersama dengan Dansatgas Yonif 642/Kapuas, dan dihadiri oleh Kapolsek Entikong, Kepala Bea & Cukai Entikong, perwakilan dari Koramil, Imigrasi, BNPP, dan Karantina Kesehatan.

Menurut Dansatgas, kegiatan penyelundupan barang ilegal masih sangat marak terjadi di wilayah perbatasan.  “Saya selalu menekankan ke jajaran saya bahwa agar terus melaksanakan pengawasan yang ketat dan bekerjasama dengan instansi terkait dan masyarakat untuk menekan adanya kegiatan penyelundupan barang ilegal yang melewati jalur sektor PLBN Entikong,” jelasnya.

Militer

Uji Respon Personel, Kosekhanudnas I Latihan Hanud Pasif

Published

on

JurnalJakarta — Gelar latihan Pertahanan Udara (Hanud) “Cakra A-21” Tahun Anggaran 2021,  Pangkosekhanudnas I, Marsma TNI Djoko Tjahjono, S.E., M.M.,  tidak hanya  menguji kemampuan personel dalam mengawaki alutsista di jajarannya, namun juga melatih respon individu dalam menghadapi situasi tak terkendali yang disebabkan serangan pesawat musuh.

Karenanya, Marsma TNI Djoko Tjahjono, S.E., M.M., juga melaksanakan latihan Pertahanan Udara Pasif bagi seluruh personel Kosekhnaudnas I, yang terangkai dalam latihan Hanud “Cakra A-21”.

Disimulasikan, 1(satu)  pesawat  termonitor  Satuan Radar (Satrad) 211 dan MCC Soekarno Hatta yang langsung melakukan pengamatan udara dan mendapati  bahwa pesawat tersebut adalah pesawat musuh.  Bergerak dari arah Timur, pesawat musuh Negara Musang terlihat menuju Makosekhanudnas I.

Mendapat informasi adanya pesawat musuh yang akan menyerang, Pamen Siaga Posek Kosekhanudnas I menghubungi Perwira Jaga Makosekhanudnas I yang selanjutnya melapor kepada Komandan Flightma dan menerima perintah untuk memerintahkan seluruh personel keluar gedung melalui jalur evakuasi, memanggil Pemadam Kebakaran dan meredakan api yang dapat dipadamkan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Selanjutnya seluruh personel Kosekhnaudnas I lari meninggalkan gedung menyelamatkan diri bersembunyi menuju daerah aman sambil membawa dokumen-dokumen penting yang sempat mereka selamatkan.

Namun dalam penyelamatan diri, seorang personel didapati terluka karena runtuhan dan luka bakar akibat ledakan bom pesawat musuh, Beruntung Tim Pemadam Kebakaran segera datang memadamkan api dan membawa keluar personel yang terluka untuk selanjutnya mendapatkan perawatan medis dan dievakuasi ke RSAU Esnawan Antariksa.

Petugas Jaga Makosekhanudnas I yang memeriksa seluruh lokasi yang terkena ledakan bom, melaporkan kepada Komandan Flightma bahwa keadaan sudah aman, dan tidak ditemukan lagi korban lain akibat ledakan, dan  petugas Provost Kosekhanudnas I menutup area ledakan dengan Police Line.

Komandan Flightma segera melapor kepada Pangkosekhanudnas I, yang selanjutnya mendapat perintah untuk mengecek kembali kerugian materiil maupun personel dan melaksanakan investigasi lebih lanjut.

Demikian simulasi latihan Hanud Pasif yang digelar dalam latihan Hanud “Cakra A-21”, untuk meningkatkan keterampilan dan respon setiap personel Kosekhanudnas I dalam menghadapi situasi akibat serangan udara musuh.

Continue Reading

Militer

Pelihara Integritas dan Kedaulatan Wilayah Udara Nasional, Kosekhanudnas I Gelar Latihan Cakra “A-21”

Published

on

JurnalJakarta — Panglima Kosekhanudnas (Pangkosekhanudnas) I, Marsma TNI Djoko Tjahjono., S.E., M. M.,  selaku Direktur Latihan (Dirlat), membuka secara virtual Latihan Pertahanan Udara (Hanud) “Cakra A-21” di ruang Yudha Posek Kosekhanudnas I, Jakarta, Rabu (14/4/2021).

Didampingi Asops selaku Wadirlat dan Aslintel Kosekhanudnas I,  Pangkosekhanudnas I dalam sambutan membuka latihan mengatakan latihan Hanud “Cakra A-21” yang melibatkan kekuatan meliputi personel, alut sista, serta fasilitas dan sarana pendukung, tidak akan  berhasil bila tidak diimbangi dengan kesungguhan hati dari seluruh peserta latihan dalam mengerjakan tugas masing-masing.

Karenanya ditekankan oleh Pangkosekhanudnas I kepada seluruh pelaku latihan untuk melaksanakan latihan dengan baik, mengutamakan faktor keamanan dan memperhatikan weather minimal di wilayah Iswahjudi, Supadio, Halim Perdanakusuma dan daerah latihan lainnya, juga keseriusan dalam berlatih baik unsur TS, Bulsy maupun GCI (Ground Control Interception) agar tujuan latihan Cakra “A-21” dapat tercapai.

Latihan yang akan berlangsung selama 2 hari ini, melibatkan Unsur Satuan Radar, GCI, Tempur Sergap, Unsur Transport, Denhanud 471 Paskhas, Heli SAR, MCC dan Koopsau I beserta jajaran, Latihan “Cakra A-21” TA 2021 ini dimaksudkan untuk menguji kemampuan personel GCI (Ground Control Interception) di Satuan Radar jajaran Kosekhanudnas I dalam pengendalian penyergapan pesawat musuh oleh pesawat Tempur Sergap kawan dalam pengamanan Wilayah Udara oleh Unsur Hanud serta penguasaan protap Operasi Hanud.  Diharapkan pula melalui latihan ini teruji kesiapsiagaaan para penerbang Tempur Sergap dalam menghadapi kondisi kontijensi.

Dalam latihan ini, kesiapsiagaan para penerbang tempur dan ground crew dilatih untuk memiliki kemampuan scramble, kemampuan komunikasi antar Unsur Hanud, dan kemampuan menterjemahkan perintah pimpinan melalui jalur Komando Pengendalian (Kodal) yang telah ditentukan sehingga kegiatan Operasi Pertahanan Udara dapat berjalan sesuai Protap Operasi Hanud.

Diharapkan Pangkosekhanudnas I, seluruh pelaku Latihan “Cakra A-21” baik Hanud Aktif maupun Hanud Pasif, seriuas dalam melaksanakan setiap tahapan latihan  sesuai protap dan skenario dengan memperhatikan keamanan dan keselamatan juga cuaca minimum. (Bgs)

Continue Reading

Militer

Kasau Pimpin Ziarah di TMP Kalibata

Published

on

JurnalJakarta — Untuk mengenang jasa sekaligus mendoakan arwah para pahlawan, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., memimpin ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Ziarah dalam rangka peringatan ke-75 HUT TNI AU ini, diikuti para prajurit TNI AU dan PNS serta Ibu ibu PIA Ardhya Garini. Tampak juga hadir Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo.

Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, peletakan karangan bunga oleh Kasau dan diakhiri tabur bunga bersama di pusara para palawan, khususnya pusara para pejuang dan pahlawan TNI AU.

Turut hadir mendampingi Kasau, Irjenau, para Asisten Kasau, Wadankodiklatau, dan Waasops Kasau.

Continue Reading

Populer