Connect with us

Militer

Satgas Pamtas Yonif 126/KC Ajak Warga Sulap Tanah Adat Jadi Lahan Produktif Di Perbatasan RI-PNG

Published

on

Keerom, Jurnaljakarta.com – Dalam rangka meningkatkan produktifitas lahan tidur agar memiliki hasil bumi yang dibutuhkan masyarakat, Pos Somografi Satgas Pamtas Yonif 126/KC mengajak masyarakat untuk gotong royong membersihkan tanah adat menjadi lahan siap untuk perkebunan jagung dan lahan padi darat di Kampung Somografi, Distrik Web, Kab. Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (07/01/2022).

Dansatgas menjelaskan bahwa kegiatan gotong royong ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, serta menciptakan lingkungan rapi, indah, dan menghasilkan dengan mengubah lahan tidur tanah adat menjadi lahan perkebunan masyarakat yang produktif.

“Ini merupakan salah satu bentuk nyata bakti TNI dengan masyarakat dan juga sebagai wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat, sehingga diharapkan nantinya dapat terwujud sinergitas yang solid dari kegiatan ini dan secara bersama-sama kita dapat mengangkat perekonomian masyarakat dari hasil perkebunan di wilayah perbatasan ini,” ucap Dansatgas.

Di tempat terpisah Wadan Pos Somografi Satgas Pamtas Yonif 126/KC Sertu Alvinus Saragih mengatakan dalam kegiatan gotong royong membuka lahan perkebunan ini bukan hanya Prajurit Satgas TNI saja yang bekerja membersihkan lahan, akan tetapi terlihat pula masyarakat Kampung Somografi yang juga ikut berpartisispasi membersihkan ilalang dan memotong rumput di lahan tersebut yang sudah lama tidak dibersihkan.

“Sasaran dari kerja bhakti atau gotong-royong ini adalah memotong rerumputan dan ilalang di area tanah adat tersebut untuk di sulap menjadi lahan perkebunan yang produktif, pemotongan rumput dan pembersihan ilalang ini dilaksanakan mulai dari sektor kiri jalan masuk perkampungan, membersihkan saluran-saluran air yang terhambat, membakar rumput-rumput yang sudah dipotong dan kering agar lahan tersebut terlihat lebih siap untuk di tanami bibit Jagung dan padi darat,” pungkas Alvianus.

Alvianus berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menambah kedekatan dan hubungan baik antara Satgas TNI Yonif 126/KC dengan masyarakat setempat. “Kami juga sangat mengapresiasi semangat gotong royong warga di sini, yang dengan sangat antusias secara swadaya membawa alat masing-masing dari rumah untuk melaksanakan gotong royong pembersihan lahan di kampungnya,” tutup Alvian.

Sejalan dengan itu, salah satu warga kampung dan Kepala Kampung Somografi Bapak Lukas Tomb menyampaikan rasa terima kasihnya dan bangga atas apa yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Somografi yang dengan tulus dan ikhlas mengajak dan membantu warga Kampung Somografi untuk membuka lahan tidur di tanah adat menjadi lahan perkebunan masyarakat yang produktif.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak TNI yang dengan tulus dan ikhlas mengajak dan membantu warga kami untuk bersama-sama membersihkan lahan yang awalnya seperti padang rumput menjadi lahan yang bersih dan siap untuk dijadikan lahan perkebunan masyarakat, yang nantinya diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat,” ucap Lukas.(Red)

Militer

Satgas Yonif 126/KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan

Published

on

By

Keerom, Jurnaljakarta.com – Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC membantu proses pemakaman salah satu warga meninggal dunia karena sakit di Kampung Sach, Distrik Waris, Kab. Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (22/01/2022).

Sebagai ungkapan turut berdukacita, personel Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti Pos Kalilapar membantu proses pemakaman dan berbagi sembako kepada keluarga yang berduka untuk meringankan beban.

Cristian Ibe (33) salah satu keluarga almarhum, merasa terharu atas kepedulian personel Satgas kepada keluarganya.

“Atas nama keluarga almarhum, saya mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kebaikan personel Satgas Yonif 126/KC yang telah turut serta membantu acara pemakaman dan berbagi sembako kepada keluarga kami,” ujarnya. (Red)

Continue Reading

Militer

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS Sulap Lahan Kosong Menjadi Kolam Ikan

Published

on

By

Jayawijaya, Jurnaljakarta com – Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS yang beberapa bulan ke depan akan berakhir masa tugasnya, tidak membuat para personel Satgas mengendorkan kegiatan pembinaan teritorialnya.

Di masa akhir penugasannya, Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS semakin gencar dalam melakukan kegiatan pembinaan teritorial kepada warga diantaranya dengan melaksanakan karya bakti berupa mengelola lahan kosong menjadi kolam ikan yang berada di lingkungan Pesantren Al-Istiqomah, Distrik Walesi, Kab. Jayawijaya, Papua, Kamis (20/01/2022).

Kegiatan yang dimulai dari pembersihan lahan dan pembuatan kolam tersebut dipimpin langsung oleh Dansatgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi. “Kami sengaja membuat kolam ikan ini karena kami melihat di wilayah Walesi ini air sangat melimpah, sehingga sangat cocok untuk memelihara ikan dan berharap ini sebagai kenang-kenangan kepada warga terutama para santri,” ujarnya.

“Selain itu ini bukti dari wujud kepedulian personel Satgas kepada warga dimana bertugas, selain membuat kolam kami juga sekaligus mengisinya dengan bibit ikan mas dan mujahir yang pada waktunya dapat dimanfaatkan atau dikomsumsi oleh para santri,” tambah Dansatgas.

“Kami sadari di wilayah pegunungan ini ikan sangat langka dan mahal harganya sehingga kami berharap dengan adanya kolam beserta ikan ini nantinya bisa meningkatkan gizi dari para santri,” tutup Dansatgas.

Disaat menyerahkan kolam dan penebaran bibit ikan tersebut, Bapak Syamsudin salah satu Pengurus Pesantren Al-Istiqomah mewakili para pengurus dan guru menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS  yang telah bersusah payah untuk mengubah lahan kosong yang penuh rumput menjadi kolam ikan.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih yang tak terhingga dan apresiasi kepada seluruh personel Satgas terutama pak Dedy selaku Dansatgas dan personelnya yang ada di Walesi ini. Sudah banyak yang kami terima dari Satgas ini namun kami belum bisa membalasnya,” ucapnya.

“Kami hanya berdoa semoga diakhir masa penugasan ini seluruh personel Satgas selalu diberi kesehatan dan keselamatan sampai selesai melaksanakan tugas dengan sukses, dan pemberian kolam sebagi kenang-kenangan ini akan kami jaga dan kami rawat,” ujar Pak Syamsudin.(Red)

Continue Reading

Militer

Satgas Yonif 126/KC Bantu Mengobati Masyarakat Yang Sakit Malaria Di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Published

on

By

Keerom, Jurnaljakarta.com –  Atas perhatian Dansatgas kepada seluruh personel Satgas Yonif 126/KC jangan tanggung-tanggung membantu masyarakat dalam kesulitanya.

Dari atensi Dansatgas, Personel Kesehatan Pos Batom Satgas Yonif 126/KC mendatangi salah satu warga yang terkena penyakit Malaria Tersiana  untuk memberikan perawatan langsung ke rumah warga tersebut yang berada di Kampung Batom II, Distrik Batom, Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han. dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (21/01/2022).

Sementara itu, Bintara Kesehatan Sertu Nurhadi Sucipto  juga bertindak cepat dalam penanganannya kepada istri dari Bapak Jimmy Kalaka.

“Namun tidak hanya mengobati tetapi Ba Kes Pos Batom tetap mengontrol perkembangan kesembuhnnya dengan mendatangi Ibu Olivia setiap 5 jam sekali saat mengganti Infus,” tegas Nurhadi.

Mendapat pengobatan dari personel Pos, Bapak Jimmy Kalaka begitu terharu dan mengucapkan terima kasih kepada Pos Batom Satgas Yonif 126/KC. “Terima kasih abang-abang Satgas atas perhatiannya kepada keluarga kami, semoga kebaikan personel Pos selama ini mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Kuasa, Aamiiin,” ucapnya. (Red)

Continue Reading
Advertisement

Populer