Connect with us

Militer

Satgas P4GN TNI AU Gelar Pemeriksaan Urine dan Sosialisasi Bahaya Narkoba di Lanud Rsn, Pekanbaru

Published

on

JurnalJakarta — Satuan tugas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika TNI Angkatan Udara (Satgas P4GN TNI AU) melaksanakan pemeriksaan urine dan sosialisasi bahaya narkoba di Gedung Edi Harjoko, Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn), Pekanbaru, Kamis (23/9/2021)

Kegiatan yang diikuti oleh sejumlah personel Lanud Rsn ini, dipimpin oleh Kolonel Sus Zia Fahrizal selaku Ketua Tim Satuan Tugas (Katim Satgas)

Pada kesempatan tersebut, Katim Satgas membacakan sambutan tertulis Danpuspomau selaku Dansatgas P4GN TNI AU, Marsma TNI Danang Sulistyanto.

Disampaikannya, Satgas P4GN TNI AU bertugas melakukan tindakan pre-emtive dan preventif, serta represif terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkotika di lingkungan TNI AU. Penjabaran tugas tersebut, dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, diantaranya pencegahan, pemberantasan dan juga penyajian data, sehingga tercipta kondisi TNI AU yang bebas dari penyalahgunaan dan peredaran narkotika.

Pemeriksaan urine dipimpin langsung Kolonel Sus Agus Suprapto, S.H., M.Si., dengan hasil tidak ditemukan indikasi penyalaggunaan narkoba. Dansatgas P4GN TNI AU, menegaskan bahwa pemeriksaan urine merupakan salah satu bentuk “early warning” terhadap kemungkinan terjadinya penyalahgunaan narkotika.

Adapun pelaksanaan sosialisasi, disebutkan Dansatgas, bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang narkotika dan akibat yang ditimbulkannya, baik dari aspek hukum, kesehatan, maupun aspek pembinaan mental personel TNI AU.

Dansatgas P4GN TNI AU berharap, kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan personel TNI AU, tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampak yang ditimbulkannya, sekaligus mengetahui tata cara membentengi diri dari bahaya penyalahgunaan narkotika tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Danlanud Rsn, Marsma TNI Andi Koestoro, S.E dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Kadisops, Kolonel Pnb Adhi Safrul Akbar, menegaskan komitmen seluruh satuan jajarannya, dalam memberantas narkotika, termasuk menindak tegas setiap personel yang terlibat dalam penyalahgunaan narkotika tersebut.

Pada sesi sosialisasi, tim satgas P4GN TNI AU menyampaikan sejumlah materi ceramah, terdiri dari Proses Penanganan Tindak Pidana Narkotika di Lingkungan TNI AU yang dipaparkan oleh Kolonel Pom Agung Satya Wibowo. Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dari Sisi Kesehatan oleh Letkol Kes Tri Cahyo Kukuh, S. Kep.

Selain itu, juga disampaikan Aspek Hukum Penyalahgunaan Narkotika yang dipaparkan oleh Letkol Sus Suharmoko, S.H., M.H., serta materi bidang Pencegahan Pembinaan Mental oleh Letkol Sus Ahmad Mediansyah, M.Ag,.

Seluruh rangkaian kegiatan Tim Satgas P4GN TNI AU di Lanud Rsn ini, diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19!secara ketat.

Militer

Libatkan 9 Pesawat F-16, Dua Kepala Staf Angkatan Udara Gelar “Meet In The Air” RSAF-TNI AU

Published

on

 

Jurnaljakarta.com – Pekanbaru, Dispenau. Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P dan Kepala Staf Angkatan Udara Singapura (CAF RSAF), Major General Kelvin Khong Boon Leong mengadakan pertemuan di udara (Meet In The Air) menggunakan 9 pesawat tempur F-16 dari kedua angkatan udara, Selasa (12/10/2021).

Pada “Meet In The Air” ini, TNI AU melibatkan 4 pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, sementara RSAF melibatkan 5 pesawat tempur F-16 dari Squadron 143 Tengah Air Force Base, Singapura. Kesembilan pesawat tempur tersebut, melaksanakan terbang formasi dari pangkalan udara masing-masing menuju tempat pertemuan di training area Lanud Roesmin Nurjadin.

Pada pertemuan di udara tersebut, dari kokpit pesawat F-16, Kasau menyapa CAF RSAF dan menyampaikan ungkapan rasa senang dapat bertemu di udara menggunakan pesawat tempur F-16 kedua angkatan udara. Ungkapan Kasau tersebut disambut langsung oleh CAF RSAF dengan ungkapan yang sama.

“Selamat pagi pak Fadjar, Kami juga senang dapat berjumpa dan memperingati peringatan ke 40 ini dengan terbang bersama pada hari ini,” ujar Major General Kelvin Khong Boon Leong dari kokpit pesawat F-16.

“40 tahun merupakan suatu pertanda bahwa hubungan angkatan udara kita sangat erat yang dapat ditunjukan kepada dunia,” sahut Kasau.

Pada dialog di udara tersebut, kedua pimpinan angkatan udara tersebut sepakat, momen terbang bersama ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan dapat dijadikan contoh untuk generasi muda dalam memahami satu sama lain, dan akan mempererat hubungan antara kedua ungkatan udara.

Pada saat pertemuan di udara tersebut, 4 pesawat F-16 TNI AU dengan call sign Rydder flight dan 5 pesawat F-16 RSAF dengan call sign Rejoice flight bergabung di udara membentuk formasi mata panah “arrowhead formation” pada ketinggian 10.000 Feet di atas permukaan air laut.

Pada saat “Arrowhead Formation” pesawat kedua Kepala Staf Angkatan Udara bergantian menjadi flight leader. Setelah itu, melaksanakan foto dengan latar Ikon kedua negara, yaitu Marina Bay Sands (Singapura) dan Jembatan Balerang Batam (Indonesia) pada ketinggian 1.000 feet.

Meet In The Air dan Terbang formasi 9 pesawat tempur F-16 ini merupakan rangkaian pelaksanaan latihan bersama Indopura XXI/21, sekaligus mengawali peringatan ke-40 tahun hubungan bilateral antara RSAF dan TNI AU

Setelah melaksanakan meet in the air dan terbang formasi, seluruh pesawat tempur F-16 kembali ke pangkalan udara masing-masing yang dilanjutkan dengan acara peringatan ke-40 tahun hubungan bilateral RSAF-TNI AU secara virtual.

Elang Indopura XXI/21 antara RSAF-TNI AU merupakan latihan bersama rutin yang disepakati oleh kedua angkatan udara dengan tujuan meningkatkan kemampuan para penerbang tempur dalam melaksanakan taktik pertempuran di udara. Selain itu, latihan bersama yang dimulai sejak tahun 1980 ini, juga bertujuan melatih kemampuan skadron udara tempur kedua negara dalam melaksanakan operasi bersama di masa yang akan datang, serta meningkatkan kerjasama dan mempererat hubungan bilateral antara RSAF dengan TNI AU.(vny)

Continue Reading

Militer

Sinergi Amankan Perairan Natuna, Bakamla Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Natuna

Published

on

 

Jurnaljakarta.com-Natuna, (Bakamla RI). Bertepatan dengan hari jadi Pemerintah Kabupaten Natuna ke-22 pada tanggal 12 Oktober 2021. Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna sepakat melaksanakan kerja sama.  Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya penandatanganan nota kesepahaman antara Bakamla dengan Pemkab Natuna.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., menandatangani Nota Kesepahaman dengan Bupati Natuna Wan Siswandi. Di mana, kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan terpisah (desk to desk).  Kepala Bakamla di Mabes Bakamla RI, sedangkan Bupati Natuna disaksikan oleh Sestama Bakamla Laksda TNI S. Irawan melaksanakan penandatanganan di Kantor Bupati Natuna.

Nota kesepahaman yang ditandatangani ini berisikan tentang sinergitas dalam upaya peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna.

Pasalnya, sinergi ini merupakan bentuk keseriusan Bakamla dalam upaya mengembangkan dan membangun kekuatan melalui Sistem Peringatan Dini (SPD) dibeberapa titik strategis di wilayah Indonesia khususnya Kabupaten Natuna.

Meskipun secara De Jure Pemkab Natuna tidak memiliki kewenangan di laut, namun peran strategis Pemkab Natuna dalam mendukung penyiapan lahan serta pengakomodasian pemenuhan ruang untuk Bakamla merupakan dukungan yang sangat signifikan.

“Saya yakin, dengan adanya kerja sama dan sinergitas ini akan tercipta kolaborasi yang harmonis dalam memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan Natuna. Selain itu, juga peningkatan kapasitas masyarakat pesisir untuk ikut berpartisipasi dalam keamanan dan keselamatan di laut,” ujar Laksda TNI S. Irawan membacakan sambutan Kepala Bakamla RI.

Lebih lanjut Laksda TNI S. Irawan menjelaskan, ruang lingkup kerja sama yang ditandatangani meliputi, pertama, penyediaan fasilitas infrastruktur berupa lahan dan atau bangunan/kantor serta fasilitas lain untuk mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna. Kedua, pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana untuk mendukung kelancaran kegiatan peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna.

Ketiga, pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan pelaksanaan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna. Keempat, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang keamanan dan keselamatan laut. Dan Kelima, pertukaran informasi di bidang keamanan dan keselamatan laut.

Ditempat yang sama Bupati Natuna mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian hibah barang milik daerah ini merupakan langkah yang sangat tepat guna menyelaraskan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan sesuai perundang-undangan. “Besar harapan lahan yang kami hibahkan dapat segera dibangun dan mohon saat perekrutan pegawai Bakamla dapatnya untuk prioritaskan putra daerah natuna,” imbuh Wan Siswandi.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Barang Milik Daerah yang ditanda tangani antara Bupati Natuna Wan Siswandi dan Sestama Bakamla Laksda TNI S. Irawan. Kemudian, penandatanganan Berita Acara Serah Terima Aset Milik Pemerintah Kabupaten Natuna antara Kepala Biro Sapras Laksma Bakamla Supriatno, M.Tr.(Han) dan Bupati Natuna Wan Siswandi.

Momen terikatnya kerja sama ini, turut dihadiri oleh jajaran petinggi dari Bakamla RI, antara lain Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto, S. Sos., M. Si (Han)., Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Sandy M. Latief, Direktur Latihan Laksma Bakamla Bambang Irawan, S.E., M. Tr. Opsla., serta beberapa jajaran pejabat Pemkab Natuna.(vny)

Continue Reading

Militer

Laksanakan Ibadah Minggu, Satgas Yonif RK 751/VJS Bersama Koramil Beri Bantuan Sembako

Published

on

 

Jurnaljakarta.com-(Papua) Tingkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sudah menjadi kewajiban seluruh umat, demikian juga yang dilakukan oleh Satgas Yonif RK 751/VJS yang sedang melaksanakan Pamrahwan di wilayah Distrik Kanggime, Kabupaten Tolikara, Papua.

Dipimpin langsung oleh Letda Inf Totok selaku Danpos Satgas  beserta seluruh personel pos yang beragama Nasrani dan anggota Koramil Kanggime ikut dalam ibadah mingguan, gabungan dari 4 dewan dan 16 Gereja Kristen yang ada di wilayah Distrik Kanggime, Minggu (10/10/2021).

Kegiatan ibadah yang berjalan dengan hikmat tersebut dipimpin oleh Bapak Pendeta  Demius Wenda, yang menyampaikan firman-firman Tuhan kepada jemaat agar selalu tetap berada dijalan Tuhan.

“Kita semua harus terus memuliakan nama Tuhan dengan jalan ibadah, kalau kita jauh dari Tuhan kita akan tersesat tidak punya tujuan hidup dan Tuhan tidak akan memberi jalan yang benar, karena itu kita tidak boleh jauh dari Tuhan,” ujar Bapak Pendeta.

Kegiatan ibadah ramai dihadiri dari beberapa jemaat gereja. Letda Inf Totok selaku Danpos merasa bangga bisa bergabung dan diberi kesempatan oleh seluruh jemaat untuk memberikan sambutan.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Pendeta, Klasis dan juga seluruh jemaat ibadah gabungan yang telah memberi kesempatan untuk saya menyampaikan kata sambutan,  tidak banyak yang ingin saya sampaikan,” ucap Letda Inf Totok

“Saya mewakili rekan-rekan dari Pos Satgas Yonif RK 751/VJS dan personel Koramil meminta agar kita selaku umat Tuhan harus terus saling mengasihi agar tercipta hubungan yang harmonis antara masyarakat dan pihak keamanan yang ada di Distrik Kanggime ini,” ujar Danpos.

“Dan kami saat ini ada membawa sedikit sembako untuk nantinya dibagi kepada jemaat, semoga dapat membantu kepada saudara-saudaraku yang sangat membutuhkan,” tambah Danpos.

Menanggapi sambutan Danpos,  Bapak Pendeta Demius Wenda memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kehadiran serta bantuan sembako dari Pos 751 dan Koramil.

“Saya mewakili jemaat mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak keamanan dalam hal ini Pos 751 dan Koramil yang ada di Kanggime ini telah banyak membantu masyarakat,  bantuan yang diberikan akan kami bagikan kepada jemaat yang memang sangat membutuhkan,” kata Bapak Pendeta.

“Saya berdoa semoga selama bapak-bapak melaksanakan tugas pengamanan di wilayah ini selalu dilindungi Tuhan dan keluarga yang ditinggalkan selalu dalam keadaan sehat,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi, S.I.P menyampaikan rasa bangga terhadap personel Pos Kanggime yang bisa bersama-sama melaksanakan  ibadah gabungan serta diberi kesempatan untuk memberikan sambutan didepan seluruh jemaat dari 16 gereja yang ada di wilayah tersebut.

“Semoga keberadaan personel Satgas Yonif RK 751/VJS yang saat ini sedang melaksanakan Pamrahwan selalu dapat membantu kesulitan rakyat disekelilingnya serta dicintai rakyat,” harapnya. (Pen Satgas Yonif RK 751/VJS).(vny)

Continue Reading
Advertisement

Populer