Connect with us

Militer

Satgas Kodim Yonif Raider 613/Rja Evakuasi Ibu Melahirkan di Kampung Pagaleme Kab. Puncak Jaya

Published

on

Puncak Jaya, jurnaljakarta.com – Sesuai pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa tujuan membentuk pemerintahan negara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Untuk mewujudkan tujuan tersebut dilakukan melalui pembangunan nasional secara merata diberbagai bidang baik pada aspek kesejahteraan maupun aspek keamanan.

Penyelenggaraan pemerintahan di daerah memiliki esensi mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas desentralisasi, dekonsentrasi  dan tugas perbantuan, diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan, pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat untuk peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, dan keadilan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tugas bantuan TNI kepada pemerintahan di daerah melalui strategi penguatan peran, tugas dan fungsi perbantuan kepada pemerintahan di daerah oleh TNI, optimasi penggunaan sarana, alat dan kemampuan TNI, dan penguatan kemitraan strategis pemerintahan di daerah.

Yonif Raider 613/Rja dalam melaksanakan tugas sebagai Satgas Kodim di Papua bukan hanya menjaga dan mengamankan wilayah Negara Republik Indonesia, tetapi juga mengerahkan segala kemampuan untuk memberikan yang terbaik pada masyarakat Kab. Puncak Jaya Papua.

Dalam rangka tugas perbantuan tersebut, Satgas Kodim Yonif Raider 613/Rja melaksanakan kegiatan bantuan evakuasi masyarakat Kampung Pagaleme atas nama Ibu Diktera Wonda yang melahirkan putrinya dan evakuasi pasca melahirkan di rumahnya Kampung Pagaleme, Selasa (4/1/2022).

Kondisi Diktera Wonda pasca melahirkan putrinya dengan selamat namun plasenta tidak berhasil keluar, Satgas Kodim Yonif Raider 613/Rja mendapat laporan dari masyarakat Pagaleme langsung memerintahkan tim medis yang dipimpin oleh Lettu Ckm dr. Faisal beserta tim yang bergerak cepat menuju kediaman Diktera Wonda di Kampung Pagaleme, Distrik Mulia, Kab. Puncak Jaya.

Ketika tiba di lokasi, Lettu Ckm dr. Faisal, Dokter Satgas Kodim Yonif Raider 613/Rja melaksanakan anamnesis dan pemeriksaan fisik kondisi Ibu Dikitera Wonda, melihat kondisi yang cukup kritis kemudian Dokter Satgas berinisiatif mengevakuasi Ibu Diktera Wonda beserta bayi perempuannya ke RSUD Kota Mulia Kab. Puncak Jaya. Melalui proses yang cukup menegangkan, akhirnya Ibu Diktera Wonda beserta bayi perempuannya berhasil terselamatkan dan kondisi keduanya (ibu dan bayi) dalam keadaan sehat.

“Apa yang dilakukan Satgas merupakan implementasi dari komitmen kami sejak awal penugasan, yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan di daerah operasi,” ujar Dansatgas Yonif Raider 613/Rja Letkol Inf Priyo Handoyo.

Sementara Agus Yoman suami Ibu Diktera Wonda menyampaikan rasa syukur dan ucapan banyak terimakasih atas bantuan Satgas Yonif Raider 613/Rja yang telah membantu menyelamatkan istri dan anaknya. “Saya mewakili keluarga, mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah membantu menyelamatkan istri dan anak saya,” ungkapnya.

Guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Satgas Kodim Yonif Raider 613/Rja yang bertugas di Distrik Mulia, Kab. Puncak Jaya, Papua, juga turut serta membantu pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah Kab. Puncak Jaya. (Red)

Militer

Pangdam : Patuh, Taat dan Loyal Itu Modal Dasar Prajurit

Published

on

By

Ambon, Jurnaljakarta.com –  Untuk pertama kalinya, Pangdam XVI/Pattimura mengunjungi Yonif  Raider 733/Masariku di Waiheru, Ambon, Selasa (18/01/2022) yang didampingi oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XVI/ Pattimura, Ny. Selly Richard Tampubolon.

Pada kunjungan kerjanya, Pangdam menyampaikan rasa syukur dapat bersilaturahmi ke Yonif 733 yang dahulu sempat bersama Pangdam pada masanya mengemban misi di Papua dalam satuan tugas. “Saya berbahagia karena diberikan kesempatan bisa menginjakkan kaki di Batalyon yang penuh sejarah. Baik sejarah penugasan yang cukup panjang maupun sejarah prestasi, baik di dalam maupun luar negeri. Dulu tahun 1997 saya bertugas di Timika, Papua, saya bersama Batalyon 733/Masariku. Ada kebanggaan,” kenang Pangdam.

Pangdam juga memberikan motivasi dan semangat kepada para prajurit, untuk terus melakukan yang terbaik dan menjaga kehormatan satuan. “Tidak semua orang bisa bergabung kedalam Batalyon Raider, karena Batalyon Raider merupakan salah satu Batalyon elit, dia disiapkan dengan latihan tertentu dengan dibekali perlengkapan khusus, dituntut memiliki kemampuan diatas rata- rata,” kata Pangdam disambut tepuk tangan para prajurit.

Lebih lanjut Pangdam memberi nasehat kepada para prajurit beserta istri. “Kalau bapak-bapaknya tugas, saya harap ibu-ibunya terus bangun komunikasi yang baik dengan bapak-bapaknya. Jaga kehormatan keluarga, jaga kehormatan suami. Harus kompak dan guyub, jaga nama baik organisasi, jaga nama baik keluarga. Kepada seluruh prajurit agar pegang teguh jati diri prajurit, jaga selalu etika militer, patuh, taat dan loyalitas karena itu adalah modal dasar seorang prajurit,” kata Pangdam.

Selain berpesan kepada para prajurit dan istri, Pangdam juga menekankan tentang nilai seorang komandan dan prajurit yang saling berkaitan. “Tampilan prajurit adalah tampilan komandannya. Itulah nilai seorang komandannya. Kalau pangkalannya bersih, prajuritnya penampilannya baik, semangat, disiplin, kemanapun engkau ditugaskan maka engkau akan jadi batalyon-batalyon pemenang, bukan batalyon kalahan atau pecundang,” ujarnya.

Pangdam berharap prajurit-prajurit Kodam XVI/Pattimura, menjadi “Pelindung dan Perekat Bangsa” untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan dimanapun mereka ditugaskan.

Setelah dari Mako Yonif Raider 733/Masariku, Pangdam kemudian meninjau Pos Koramil Waiheru Satgas Kodim Maluku dari Batalyon Arhanud 11/WBY yang sedang melaksanakan operasi perbantuan kepada pemerintah daerah guna mewujudkan stabilitas keamanan dan menjamin kepentingan NKRI di wilayah Maluku.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Pangdam menekankan setiap prajurit harus dapat beradaptasi, melarut dan menyatu dengan masyarakat di sekitar lingkungan tugas.  “Hargai budaya setempat dan laksanakan komuniksi sosial yang baik dan kreatif sehingga melahirkan kebersamaan serta kemanunggal dengan rakyat, guna terpelihara dan tercapainya situasi aman, kondusif serta kesejahteraan bagi masyarakat Maluku,” imbuh Pangdam.

Di sisi lain, untuk menjamin kelancaran dan keberhasilan satgas,  Kodam siap mensupport Satgas Kodim Maluku tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Pangdam didampingi oleh Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya beserta Ibu, Irdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Dwi Darmadi S.Sos. beserta Ibu, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran, Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw dan Ibu, para Asisten, para Dansat Kabalak serta Komandan Kodim 1504/Ambon.(Red)

Continue Reading

Militer

Danrem 174 Merauke Gelar Farewell Gowes Dandenzipur-11/MA

Published

on

By

Merauke, Jurnaljakarta.com –  Sesuai sesanti Korem 174/Anim Ti  Waninggap  “Kami Saudara Yang Baik”, Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko menggelar Farewell Gowes Dandenzipur 11/MA Merauke sebagai wujud penghargaan dan pengabdiannya dalam membantu tugas Korem maupun kegiatan sosial lainnya di wilayah Korem 174 Merauke.

“Saya berterimakasih dan  sangat terbantu  dengan adanya peran Denzipur-11/MA,” ungkap Danrem Brigjen TNI Bangun Nawoko.

Dalam acara tersebut, sekaligus menerima pejabat baru Dandenpal Merauke, Dandenkesyah Merauke dan Kaajenrem 174/ATW Merauke, ditandai dengan perkenalan para pejabat baru bertempat di ruang rekreasi Makorem 174 Merauke, Papua. Selasa (18/01/2022).

Dalam kegiatan gowes bersama tersebut dengan route start dan finish Makorem 174 Merauke – Kapsul Waktu Kota Merauke jarak 50 Km diikuti oleh Ny. Renny Bangun Nawoko selaku Ketua Persit  Koorcab  Rem 174 PD XVII/Cenderawasih, Kepala Staf Korem, para Kasi Korem serta para Komandan dan Kabalakdisjan jajaran Korem 174 Merauke.

Usai Gowes dilanjutkan acara penyerahan piagam penghargaan dan cinderamata dari Danrem dan  Ny. Renny Bangun Nawoko kepada Dandenzipur – 11/MA didampingi isteri  dilanjutkan dengan acara ramah tamah. (Red)

Continue Reading

Militer

Perkuat Hubungan Silaturahmi, Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS Temui Tokoh Pemuda dan Warga

Published

on

By

Mamberamo Raya, Jurnaljakarta com – Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS yang mendapatkan kepercayaan melaksanakan tugas pengamanan di daerah yang dianggap rawan, tidak semata-mata melaksanakan jaga dan patroli untuk menjadikan wilayah yang menjadi tugas dan tanggung jawab tetap aman.

Tugas lain yang juga dilaksanakan oleh Satgas adalah dengan melakukan pembinaan teritorial terhadap warga seperti yang dilaksanakan oleh personel Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS yang berada di Pos Trimuris, Kampung Trimuris, Distrik Mamberamo Hilir, Kab. Mamberamo Raya, Papua, Senin (17/1/2022).

Serka Ratman selaku Danpos Trimuris mengatakan bahwa anjangsana ini merupakan kegiatan rutin Personel Pos Satgas kepada para tokoh dan warga yang ada disekitar pos. “Kami selalu melaksanakan pendekatan dan  memberikan pelayanan terbaik kepada warga agar kami bisa mendapatkan rasa simpati dari warga, dengan cara mengunjungi para tokoh dan para warga,” ujarnya.

“Kami berharap  dengan seringnya bertemu, kami bisa mengetahui langsung apa yang bisa diperbuat untuk membantu kesulitan warga diwilayah tugas kami,” kata Serka Ratman.

Bapak Cornelis Silo Muhan, 48 tahun selaku Kepala Desa Baudi yang mendapat kunjungan dari personil pos sangat senang dan menyambut  personel pos dengan ramah serta menyampaikan rasa terima kasihnya. “Saya sangat senang atas kehadiran abang abang di kampung kami ini, saya sangat senang karena abang abang tentara ini sangat dekat dengan warga dan terima kasih karena sudah memberi kami  makanan tentara,” ucapnya.

Dari tempat terpisah, Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi, S.I.P selaku Dansatgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS menyampaikan bahwa personel Satgas yang saat ini sedang bertugas mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial.

“Yang dilakukan oleh personel Satgas adalah pola operasi teritorial yang mana kegiatan pembinaan teritorial ini diharapkan bisa lebih dekat dengan warga dan juga merebut hati rakyat yang ada di wilayah penugasan,” ujar Dansatgas.(Red)

Continue Reading
Advertisement

Populer