Connect with us

Nasional

Relictum Ecosystem Indonesia Solusi DEFI, MFT, WEB 3.0 Diluncurkan Di IDCEX East Java 2022

Published

on

Jakarta — Digital Asset Academy menyelenggarakan Indonesia Creative Economy Expo (IDCEX) East Java 2022 dan meluncurkan ekosistem Relictum.io sebagai platform terpadu untuk DeFi, NFT, Web 3.0, dan GameFi. Peluncuran dilaksanakan di Bumi Surabaya City Resort disaksikan lebih dari 450 investor aset digital dan siaran langsung disaksikan online oleh keluarga besar Yayasan Cerdas Digital Adil Sejahtera yang memiliki lebih dari 127.000 siswa di seluruh Indonesia, pada hari Sabtu, 26 Maret 2022.

Peresmian IDCEX East Java 2022 oleh Gubernur Jawa Timur ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Biro Perekonomian Provinsi Jatim Iwan S.Hut, M.M mewakili Gubernur Jawa Timur. Peluncuran Relictum Ecosystem Indonesia diresmikan pula dengan pemukulan gong oleh pakar ekonomi digital Dr. Sulistya Putra, Pendiri Digital Asset Academy (DAC) dan disaksikan perwakilan Gubernur Jawa Timur, Frans Limbong Ketua Umum IDCEX East Java, Lola Haryanti Regional Director DAC Jabar Banten Jateng DIY, Gede Fedry Mahendranata Regional Director DAC Jakarta Sumatra Bali, dan Prof. Dr. Anna Maria, SH, MH, MBA, Ketua Kadin Fashion Art (Kadifa) yang membina pengrajin tenun dan songket di 34 propinsi.

Dr. Sulistya Putra menyatakan peluncuran Relictum Ecosystem Indonesia yang diakses lewat website Relictum.io akan mendukung peningkatan ketahanan ekonomi nasional dan berkontribusi melindungi aset-aset nasional termasuk budaya bangsa dengan teknologi yang handal, aman, transparan, dan jujur.

Lebih lanjut Dr. Sulistya Putra menjelaskan “Relictum Ecosystem membuat setiap pemilik HP bisa menjadi pengelola Bank Crypto menggunakan satu aplikasi super Relictum Node untuk mengakses berbagai aplikasi terdesentralisasi DeFi (Decentralized Finance), NFT (Non Fungible Token), dan GameFi. Relictum Ecosystem berbasis Blockchain 5.0 Relictum Pro merupakan infrastruktur terbaik untuk tren Web 3.0, yaitu protokol internet berbasis blockchain.

Platform Relictum Ecosystem menyajikan solusi terpadu yang lebih mudah, aman, dan lengkap setara ribuan aplikasi terdesentralisasi lainnya yang terpisah-pisah.”

Pengembangan Relictum Ecosystem berbasis teknologi Blockchain 5.0 Relictum.io pertama di dunia didukung 10 milyar Genesis Token (GTN) dan 50% atau sebanyak 5 milyar GTN dapat dimiliki oleh para investor aset digital melalui “private sale”.

Saat ini telah terjual 1,9 milyar GTN. Para pemilik GTN mendapat keuntungan ganda, yaitu dari kenaikan nilai aset digital cryptocurrency GTN dan royalti bagi hasil dua kali sebulan. Pemilik GTN juga bisa mendapat tambahan unit GTN dari Relictum Staking yang bermanfaat menjaga dan meningkatkan ketahanan nilai GTN. GTN juga akan listing di LBANK Exchange yang telah menandatangani kerjasama resmi dengan Relictum. Paket-paket GTN dapat diakses dengan daftar akun website Relictum.io.

Solusi DeFi Relictum Ecosystem terdiri dari Relictum Finance untuk pembayaran bisnis internasional dan pengiriman uang antar negara tanpa bank tradisional menggunakan Stable Coin USDR dengan biaya transaksi nol alias gratis; Relictum Pay yang didukung Visa, Mastercard, dan Simplex untuk menjamin likuiditas dan pertukaran cryptocurrency dan uang fiat; Relictum DEX (Decentralized Exchange) untuk jual beli 500 pasang aset crypto; Relictum Staking untuk deposit crypto, Relictum Swap untuk pertukaran langsung antar crypto, dan Relictum Pool seperti unit link untuk aset crypto.

Relictum Ecosystem juga memiliki wrapped coin untuk “membungkus” Bitcoin, Litecoin, Ethereum dengan Blockchain 5.0 jadi RBTC, RLTC, RETH. Fungsinya untuk membuat transaksi lebih cepat dan hemat biaya.

Relictum Bridge adalah teknologi untuk interkoneksi Blockchain 5.0 Relictum Pro dengan ekosistem Ethereum, Cosmos, Solana, Near, Polkadot, dan berbagai Blockchain lainnya. Strategi ini akan meningkatkan likuiditas dan usabilitas Relictum Ecosystem sehingga meningkatkan harga GTN lebih tinggi di masa depan.

Relictum Storage adalah sistem file terdistribusi yang merupakan infrastruktur penting Web 3.0. Relictum Chat dan Relictum Game memiliki potensi pasar 3,6 milyar pengguna sedunia. Semua aplikasi Relictum Ecosystem dapat diakses dengan satu crypto wallet Relictum Node yang bisa diunduh gratis di Relictum.io.

Gubernur Jatim menyambut baik dan mendukung penuh IDCEX East Java 2022, demikian sambutan Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jatim Iwan, S.Hut, M.M. Penyelenggaraan IDCEX East Java 2022 oleh Digital Asset Academy sejalan dengan program pemerintah provinsi Jatim untuk pengembangan ekonomi kreatif dan pemberdayaan UMKM di wilayah Jatim. Iwan memaparkan pentingnya sektor ekonomi kreatif yang menyerap 15,21% tenaga kerja dan berkontribusi 31,12% terhadap PDRB Jatim. Di tahun 2021 Koperasi dan UMKM berkontribusi 57,25% untuk PDRB Jatim. Ekspor Jatim di tahun 2021 meningkat 18,15% dan realisasi PMDN Jatim Rp 16,3 trilyun merupakan PMDN terbesar kedua nasional.

Frans Limbong dalam sambutan Ketua Panitia IDCEX East Java 2022 mengucapkan terimakasih pada Gubernur Jawa Timur dan berbagai pihak yang mendukung misi DAC mengadakan IDCEX East Java 2002, yaitu menyajikan edukasi publik di bidang ekonomi digital untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan transformasi digital bagi para pelaku ekonomi kreatif demi memperkuat ketahanan ekonomi nasional dan ketahanan budaya bangsa.

IDCEX East Java 2022 juga menggelar talkshow “Perlindungan Aset Budaya Bangsa dan Ekonomi Kreatif di Era Digital Tingkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional.”

Prof. Dr. Anna Maria, SH, MH, MBA yang juga pendiri Yayasan Cinta budaya Kain Tradisional Nusantara (CBKN) dalam talkshow tersebut mencanangkan tanggal 7 September sebagai Hari Tenun songket Nasional dan mengusulkan Kepres untuk mengukuhkan kain tenun dan songket sebagai warisan budaya tak benda milik bangsa Indonesia. Kepres ini penting sebagai dasar hukum untuk pengakuan dunia internasuonal pada aset budaya bangsa Indonesia.

Perlindungan seni budaya kain tenun dan songket tradisional warisan nusantara juga mulai dirintis Prof. Dr. Anna Maria menggunakan teknologi digital NFT bekerjasama dengan Digital Asset Academy.

Setelah Talkshow acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan DAC Award bagi para edukator ekonomi digital yang berjasa membangun dan membina komunitas pembelajar aset digital di berbagai daerah Indonesia dan mancanegara.

Surabaya Art Expo yang pertama kali diadakan pada IDCEX East Java 2022 menampilkan 200 karya para pelukis Indonesia khususnya dari Jawa Timur senilai total lebih dari Rp 15 milyar. Salah satu lukisan tertua karya pelukis Lesmono berusia 228 tahun, dilukis tahun 1794, kini sedang dalam proses produksi Relictum NFT Premium senilai $1 juta USDR.

Surabaya Fashion Art Show menyajikan parade peserta proyek NFT “100 Pakaian Adat Nusantara”. Ini merupakan terobosan ekonomi kreatif bersejarah yang penting untuk melindungi aset budaya bangsa bernilai tinggi menggunakan Relictum NFT.

Relictum NFT (Non Fungible Token) adalah sertifikasi digital untuk hak atas kekayaan intelektual dan karya seni.

Relictum NFT memiliki kategori Relictum NFT Premium untuk karya seni bernilai sangat tinggi seperti koleksi museum, seniman dan tokoh ternama. Relictum NFT World untuk seni digital karya masyarakat umum. Relictum NFT Design untuk karya arsitektur. Relictum NFT Islam untuk kaligrafi dan karya seni dari kebudayaan Islam berbagai negara.

Platform RelictumNFT.Market sangat melindungi hak cipta dan akan menerapkan kecerdasan buatan untuk mencegah pemalsuan atau duplikasi NFT.

Dr. Sulistya Putra mengungkapkan Relictum NFT sangat penting untuk memberi nilai tambah tinggi pada karya kreatif putra-putri Indonesia, melindungi hak cipta berbagai motif batik dan kain tenun Nusantara, dan mengembangkan ekonomi digital kreatif di Indonesia.

“Platform RelictumNFT.Market lebih aman dan terpercaya karena memiliki sistem penyimpanan aset token NFT di crypto wallet Relictum Node sehingga lebih aman daripada menitipkan koleksi NFT di lokapasar NFT seperti Opensea yang beberapa kali kebobolan oleh hacker” tambah Dr. Sulistya Putra.

Di penghujung acara IDCEX East Java, Muchlis Zahidy pelukis asal Tuban membuat lukisan langsung di tempat dengan inspirasi rasa harmonis dan semangat bersinergi yang dirasakannya selama acara berlangsung. Karyanya dilelang dengan GTN. Andreanus Gunawan seorang pelukis dari Surabaya menyerahkan dua lukisan pada Dr. Sulistya Putra dan Lola Haryanti dengan barter aset digital GTN. HM Riyanto pelukis asal Gresik menyerahkan lukisan kaligrafi pertama dari Indonesia untuk Relictum NFT Islam. Ini menginspirasi para pelukis lainnya untuk barter lukisan dengan aset digital GTN.

Digital Asset Academy meluncurkan Relictum Ecosystem Indonesia sebagai kurikulum terbaru program edukasi finansial dan aset digital.

Dalam rangka mewujudkan visi meningkatkan kesejahteraan rakyat di era digital dan misi mencerdaskan kehidupan bangsa di bidang ekonomi digital, DAC memiliki Kampus Regional Barat di Bandung, Kampus Regional Tengah di Surabaya, dan Kampus Regional Timur di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Layanan publik untuk informasi gratis aset digital dapat diakses di Facebook.com/digitalasset dan Telegram https://t.me/digitalassetacademy

Digital Asset Academy mengucapkan terimakasih pada pemerintah propinsi Jawa Timur, pemerintah Kota Surabaya, para pelukis, dan para pemilik GTN di Indonesia atas dukungan yang diberikan pada acara IDCEX East Java 2022 dan peluncuran Relictum Ecosystem Indonesia.(Red)

 

 

Pohukam

Dukungan Masyarakat Terhadap Pembangunan IKN Nusantara Sebagai World Class City

Published

on

By

Jakarta, Jurnaljakarta.com  – Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak hanya hadir sebagai jawaban untuk berbagai permasalahan terkait Ibu Kota Negara, namun IKN Nusantara juga hadir sebagai harapan agar dapat menjadi wajah peradaban maju di Indonesia, terutama di mata dunia.

Dr. Andersius Namsi, Ph.D, selaku Wakil Direktur Masyarakat Adat Dayak Nasional, menyambut baik apa yang sudah diputuskan oleh Pemerintah bersama DPR, yaitu sebesar 93% fraksi dari DPR itu mendukung Ibu Kota Negara Nusantara.

“Hal ini merupakan anugerah sekaligus juga tantangan bagi masyarakat Dayak secara khusus. harapan kami sebagai masyarakat adat Dayak yang merupakan penduduk asli dari Kalimantan berharap bahwa melalui pembangunan IKN yang ada di Kalimantan secara khusus di Kalimantan Timur akan membawa pembangunan yang lebih baik bagi penduduk di Kalimantan, secara khusus masyarakat suku Dayak ” ujar Andersius melalui keterangannya, Jum’at (9/22).

Andersius mengatakan, pihaknya juga terlah melakukan komunikasi dengan Pemerintah. Pemerintah menyampaikan bahwa Nusantara adalah kota yang merupakan world class city disamping sebagai Green City dan Smart City. “Diharapkan bahwa ibukota ini akan menjadi daya tarik bukan hanya untuk masyarakat Indonesia tetapi juga untuk masyarakat di seluruh dunia dengan demikian maka kita berharap bahwa dunia juga semakin mengenal suku bangsa Dayak yang merupakan penduduk asli Kalimantan,” ujarnya.

Menanggapi penolakan yang disampaikan oleh beberapa elemen masyarakat, Andersius mengatakan, memahami akan adanya penolakan-penolakan tersebut. “Sebagai tokoh masyarakat Dayak mengatakan memahami di dalam negara yang menganut sistem demokrasi hal itu adalah hal yang biasa, tetapi seluruh masyarakat juga harus menghormati keputusan dari pemerintah dan DPR.

Organisasi Masyarakat Dayak terus melakukan edukasi terutama berkaitan dengan kebijakan ibukota ini agar masyarakat Dayak mempersiapkan diri terutama berkaitan dengan pengembangan dari sumber daya manusianya sehingga kita bisa berkompetisi dengan baik dan sehat serta bisa menerima kemajuan yang akan terjadi di Kalimantan, terutama mereka yang berasal dari golongan ekonomi lemah. Kita juga mendorong Pemerintah untuk mempersiapkan mereka dan kita sudah mendengar laporan dari Pemerintah bahwa mereka juga mengadakan pelatihan-pelatihan untuk masyarakat di sekitar supaya dipersiapkan untuk menyambut ibukota ini dengan membangun UMKM di wilayah IKN Nusantara. Saya kira itu adalah hal positif yang patut didukung,” kata Andersius.

Menutup pembicaraan, Andersius melihat bahwa Nusantara dibangun untuk kemajuan Indonesia. Jika sebelumnya pembangunan berpusat di Jawa sekarang Pemerintah menggeser fokus itu bukan hanya untuk Jawa tetapi juga di luar Jawa sehingga kemanfaatan daripada kepindahan IKN ini demi kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia. (Red).

Continue Reading

Pohukam

Sekretaris Barapen Papua Desak KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Lukas Enembe Sebelum Pemilu 2024

Published

on

By

JAYAPURA, Jurnaljakarta com  – Sekretaris Barisan Rakyat Peduli Nusantara (Barapen) Papua, Jhon Mokay meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat menuntaskan kasus korupsi yang menjerat Gubernur Papua, Lukas Enembe, secepat mungkin, sebelum digelarnya Pemilu 2024.

Desakan itu disampaikan Jhon di Jayapura, Kamis (8/12/2022). Pemuda Papua mantan siswa Akademi Militer (Akmil) Magelang tahun 2009 ini khawatir, kesibukan berbagai pihak menuju pagelaran Pemilu 2024 bisa mengaburkan penuntasan kasus korupsi orang nomor satu di Papua itu. Selain itu, kasus korupsi Lukas Enembe dapat ditunggangi oleh kelompok-kelompok tertentu untuk sengaja menimbulkan kegaduhan yang bisa mengganggu kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di Papua.

“Kalau terus diulur, takutnya di tahun yang baru nanti lebih-lebih menjelang Pemilu 2024 bisa menimbulkan kegaduhan. Apalagi Papua ini kan rentan sekali ya dengan gangguan keamanan,” ungkap Jhon.

Jhon menyebut, kasus korupsi yang menjerat Gubernur Papua tidak berdiri sendiri, tetapi bertali-temali dengan perbuatan oknum-oknum lain yang berada di seputaran pusat pemerintahan Provinsi Papua. Karena itu, Jhon mendesak Lembaga antirasuah Indonsia untuk lebih intens lagi menginvestigasi keterlibatan kroni-kroni Lukas Enembe.

“Harus ada pemeriksaan terhadap kroni-kroni Pak Lukas, harus,” tegas Jhon.

Kroni-kroni yang dimaksud Jhon adalah oknum-oknum yang selama ini terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pengelolaan anggaran pembangunan di Papua, lebih-lebih dana Otonomi Khusus (Otsus). Merekalah yang paling bertanggung jawab atas keluhan masyarakat Papua yang selama ini menjadi sasaran penerima manfaat dana Otsus.

Menurut Jhon, perjalanan dana Otsus dari Pemprov Papua, ke bupati-bupati, ke para kepala distrik hingga sampai ke kepala-kepala kampung melalui banyak tikungan. Lemahnya pengawasan dalam pengelolaan dana Otsus membuat oknum-oknum di setiap tikungan leluasa mengutip uang jasa, atau mementingkan daerah tertentu dan menganak-tirikan daerah lainnya.

Karena itu, John meminta kepada Pemerintah agar pada era Otsus Jilid II yang dimulai tahun ini hingga tahun 2041 nanti, mekanisme pengawasan dan transparansi penggunaannya harus dibenahi secara sungguh-sungguh.

“Libatkan juga komponen-komponen masyarakat selaku penerima manfaat untuk ikut mengawasinya. Mekanisme pelibatannya seperti apa, silahkan DPRP dan MRP dorang yang merumuskan. Yang penting ada rasa keadilan dan transparansi,” pinta Jhon.

Jhon mengusulkan komponen-komponen yang perlu dilibatkan antara lain tokoh-tokoh adat, gereja, LSM antikorupsi, dan pemuda.

“Karena anak muda adalah motor penggerak pembangunan, mereka perlu dilibatkan untuk mengawal dan mengawasi dana Otsus bersama-sama dengan pemuka gereja, adat, dan aktivis antikorupsi, supaya dana Otsus tepat sasaran,” tutup John.(Red)

Continue Reading

Pohukam

Pangkoopsud I Pimpin Sertijab Komandan Pangkalan TNI AU Pangeran M. Bun Yamin (BNY) Lampung.

Published

on

By

Lampung, Jurnaljakarta.com –  Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., pimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan TNI AU Pangeran M. Bun Yamin (BNY) Lampung, dari Letkol Nav Yohanas Ridwan, S.T., yang selanjutnya bertukar jabatan dengan Letkol Pas Yoseph M. Purba, M.Avn.Mgt., MMS, Pcsc., yang sebelumnya menjabat Pabandyapenak Paban IV/Jianstra Sopsau. Bertempat di Lapangan Upacara Mako Lanud BNY, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Kamis, (8/12/2022).

Lanud Pangeran M. Bun Yamin (BNY) yang berlokasi di Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung merupakan satuan TNI AU yang cukup strategis bagi kepentingan pertahanan dan keamanan negara, karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari ibukota negara Jakarta, dan sewaktu-waktu dapat digunakan sebagai pangkalan operasi untuk mendukung operasi udara dan operasi TNI dalam rangka pertahanan Ibukota, dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI AU selaku penegak kedaulatan negara di udara.

Dalam sambutannya Pangkoopsud I dalam upacara sertijab tersebut menjelasakan bahwa, “Pergantian pejabat, harus dimaknai sebagai peristiwa penting yang diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas satuan, serta terpeliharanya semangat kerja organisasi. Untuk itu, saya harapkan Lanud BNY dapat semakin menunjukkan eksistensinya sebagai Lanud terdepan Koopsud I dalam melaksanakan dan mendukung operasi udara serta menyelenggarakan pemberdayaan di wilayah pertahanannya,” ujar Pangkoopsud I.

Lebih lanjut Pangkoopsud I menyampaikan apresiasi kepada Letkol Nav Yohanas Ridwan, S.T., beserta Ibu Yuyun Yohanas Ridwan, “Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian dan dedikasinnya selama menjabat sebagai Danlanud BNY dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.9/D.I Lanud BNY”.

“Selanjutnya kepada Letkol Pas Yoseph M. Purba, M.Avn.Mgt., MMS., Pcsc., serta Ibu Wulandari Yoseph M. Purba, selamat atas jabatan baru sebagai Danlanud BNY dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.9/D.I Lanud BNY yang baru. Kepercayaan yang diberikan pimpinan adalah suatu kehormatan yang harus dapat dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Alumni AAU ’93 menutup sambutannya.

Hadir dalam upacara sertijab Danlanud BNY, Asops Kaskoopsud I, Aspers Kaskoopsud I, Aslog Kaskoopsud I, Danpom Koopsud I, Kakum Koopsud I, dan para pengurus PIA Ardhya Garini Daerah I/Koopsud I serta para pejabat utama Forkopimda Provinsi Lampung, Forkopimda Kabupaten Tulang Bawan, Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang Barat, Forkopimda Kabupaten Mesuji.(Red)

Continue Reading
Advertisement

Populer