Connect with us

Nasional

PT Patuna Gelar Silaturahmi Akbar Jamaah Haji Khusus 2020

Published

on

Jurnaljakarta.com – PT Patuna Mekar Jaya (Patuna Travel) gelar silaturahmi akbar calon jamaah haji khusus 2020 di Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta, Minggu malam (17/11/2019).

Dengan mengusung tema “Mempererat Ukhuwah Menggapai Ridho dan Rahmat Illahi”, pertemuan ini merupakan ajang sosialisasi bagi calon jamaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji tahun 2020 – 2026 mengenai mekanisme pelaksaan ibadah di tanah suci.

Komisaris utama PT Patuna Mekar Jaya, Mama Hj Emma Murtika Amirsyah dalam sambutannya mengatakan, pertemuan ini tidak lain hanya ingin mendekatkan calon jemaah haji Patuna pada semua karyawan Patunanya, agar mengenal lebih dekat bagaimana Patuna,” ujarnya.

Pertemuan ini lanjutnya diselenggarakan dalam rangka menjalin silaturahmi para jamaah haji khusus Patuna dari seluruh Indonesia yang keberangkatannya masih menunggu waktunya atau waiting list.

“Kalau jamaah haji kan yang manggil Allah jadi tidak bisa dipaksakan. Kalau kata Allah berangkat tahun sekian, ya sudah ditetima saja. Alhamdulillah. Karena belum tentu semua bisa dipanggil sama Allah kesana,” ungkap Hajah Emma yang akrab di panggil Mamah Emma ini.

Dikatakannya, pertemuan kali ini dibagi menjadi dua seksi, yaitu khusus jamaah haji dari Jawa Tengah dan Jawa Barat diadakan di Patuna seluruh Jakarta pada Minggu lalu, sedangkan Jamaah Jabodetabek dan jamaah dari luar pulau Jawa diadakan hari ini Minggu 17 September 2019, di Gedung Manggala Wanabakti.

Mamah Emma berharap, pertemuan kali ini hubungan antar jamaah dan Patuna Travel kedepan tetap berjalan dengan baik, meskipun keberangkatannya masih menunggu atau waiting list,” harapnya.

Lain halnya dengan Direktur Utama PT. Patuna Mekar Jaya, Drs. H. Syam Resfiadi Amirsyah menyampaikan bahwa, pertemuan ini maunya diadakan setiap tahun sekali, namun dengan kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan maka baru kali ini lagi dapat dilakukan.

Syam menjelaskan ada beberapa alasan kenapa hal ini tidak dapat dilakukan tiap tahunnya, dikarenakan bahwa pergerakan perkembangan dunia haji dan umroh begitu cepat dan dinamis, walaupun hal ini merupakan bisnis ibadah, namun hal ini tidak lepas dari pengaruh external atau faktor makro ekonomi di Indonesia dan dunia secara global,” jelasnya.

Saat ini lanjut Syam, total jumlah jemaah haji yang terdaftar di Patuna Travel ada sekitar 3.500 jamaah, yang bisa hadir pada malam ini sebanyak 1.800 jamaah,  setiap harinya bertambah 4 jamaah yang mendaftar di Patuna.

Mulai dari semua cabang di Manukwari sampai dengan cabang Banda Aceh. Namun tidak di pungkiri bahwa jumlah jamaah haji terbesar masih berasal dari Jabodetabek.

“Ini merupakan wujud bukti nyata bahwa Patuna masih dipercaya oleh masyarakat yang akhirnya mendaftar di Patuna Travel,” tegasnya.

Untuk umroh masih kata Syam, PT Patuna mengalami perubahan strategi, yang awalnya siap dengan semua paket mulai dari paket promo ekonomi paling bawah hingga dengan harga yang termahal.

Kondisi paket yang ada pada saat ini tentunya akan berbeda pada paket yang ada pada 2 tahun lalu. Program akan tetap dilakukan hanya ada 2 program saja yaitu program awal dimana ada paket Arbainnya, dan program tengah atau program singkat, sementara program akhir akan ditiadakan.

Kami (PT Patuna ) sudah mempunyai 4 program pilihan yaitu program paket coklat, paket hijau, paket biru dan paket ungu. Pada 3 Desember mendatang, PT Patuna dijadwalkan oleh Derektorat Bina Umroh dan Haji khusus Departemen Agama untuk singkronisasi data jamaah Patuna, terutama bagi jamaah yang akan betangkat pada 1441 H atau 2020 nanti,” ungkap Syam.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Nizar Ali S.Ag memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Patuna atas terselenggaranya kegiatan program menyapa jamaah, termasuk jamaah waiting list.

Menurutnya, Patuna Travel telah amanah dalam melayani jamaahnya selama ini, hingga dia pun memberikan rekomendasi kepada masyarakat bahwa Patuna Travel penyelenggara ibadah haji dan umrah yang dapat dipercaya.

Nizar Ali menghimbau kepada para jamaah agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan hendaknya jangan memilih paket yang tidak rasional. Pilihlah paket yang nasional yang tentunya dapat bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut berbagai hadiahpun diberikan oleh PT Patuna

Nasional

100 Guru TPQ Di Gajahmungkur Ikuti Pelatihan Guru Yang Digelar YBM PLN Bersama IZI

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – 100 guru TPQ Kec. Gajahmungkur, Semarang antusias ikuti pelatihan dan santunan yang diselenggarakan oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) Pusat Manajemen Proyek bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Jawa Tengah di Masjid An Nur PT PLN (Persero) Pusat Manajemen Proyek, Kel. Gajahmungkur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Selasa, (3/12).

Motivator Nasional, Bambang Nugroho memberikan pelatihan behavior therapis untuk mengatasi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa ke depan yang memerlukan kontrol dalam lingkungannya, baik lingkungan keluarga maupun pertemanan dan aktivitas kesehariannya di era arus deras teknologi seperti saat ini.

Selain itu, dihadirkan juga Community Development Supervisor Umma Indonesia untuk mengenalkan cara mengoptimalkan gawai yang sering digunakan oleh para guru TPQ dan anak-anak agar digunakan dengan cermat dan teliti dengan menawarkan berbagai aplikasi gawai yang Islami sehingga anak-anak mudah dikontrol dalam menggunakannya.

General Manager PT. PLN Pusmanpro, Dahlan Djamaluddin menyampaikan pentingnya acara ini untuk Guru TPQ di Gajahmungkur. Ia mengatakan bahwa mengenalkan teknologi informasi sebagai bagian yang harus diketahui guru TPQ yang secara langsung berhadapan dengan anak dan bisa menjalankan tugas nya lebih baik.

Sementara itu, Ketua YBM PT. PLN Pusat Manajemen Proyek, E. M. Wahyudi berharap distribusi zakat, infak dan sedekah yang terhimpun dari pegawai muslim PLN Pusat Manajemen Proyek dalam program ini, bermanfaat dan berkah bagi kita semua khususnya para guru TPQ.

Ulil Absor, salah satu Guru TPQ yang mengikuti pelatihan ini mengaku bahwa dirinya mendapatkan banyak ilmu untuk bagaiamana membentuk perilaku yang baik, atau membuat yang buruk menjadi baik pada murid. “harapannya kami bisa mengajar lebih ikhlas dan terencana, menyampaikan dengan nyaman dan anak-anak pun menerima dengan happy,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan pelatihan dan santunan Guru TPQ se-Kecamatan Gajah Mungkur dapat meningkatkan semangat para guru untuk terus meningkatkan kapasitas diri sehingga mampu membina anak-anak TPQ yang berkualitas,” ungkap Eko, Kabid Pendayagunaan IZI Jateng.

Continue Reading

Nasional

DPP P2N Lantik Pengurus P2N DKI Jakarta.

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – DPP Perkumpulan Pengusaha dan profesional Nahdliyin (P2N) Gelar Pelantikan Pengurus wilayah (PW) P2N DKI Jakarta, bertempat di Gedung PBNU Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Dengan mengusung tema “Membangun SDM unggul, Modern dan padat karya.”Pelantikan ini dihadiri oleh Ketum DPP P2N, Dr Ir Irnanda laksnawan, Msc Eng, Ihsan Yunus, selaku wakil ketua Komisi VIII DPR RI, Ricky Wiraguna, selaku ketua DPW DKI terpilih, Jajaran pengurus DPP P2N serta para pengurus PBNU pusat.

Ketum DPP P2N, Dr Ir Irnanda laksnawan, Msc Eng, dalam sambutannya mengatakan, pelantikan pengurus P2N Wilayah DKI merupakan salah satu upaya PBNU untuk berkontribusi membantu pemerintah menggerakan perekonomian dengan melibatkan para profesional, pengusaha dan pemerintahan.

“Hari ini merupakan pelantikan pengurus pertama wilayah P2N (PW DKI) yang ada di Indonesia, Insya Allah bisa turut membantu mensejahterakan ekonomi umat. Ini sejalan dengan arahan dari pak Jokowi bahwa 5 tahun kedepan kesejahteraan ekonomi umat perlu ditingkatkan terutama ekonomi syariah,” kata Irnanda.

Irnanda menghimbau kepada seluruh pengurus terkait Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Pesantren dan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 agar bisa megoptimalkan hal tersebut.

“Saya juga memohon baik kepada pengurus pusat maupun wilayah bisa ikut menggali dengan mendalam bagaimana UU pesantren ini bisa kita dukung dan dorong agar memakmurkan pesantren, santrinya maupun umat. Juga Undang-undang Wakaf yang ternyata tidak hanya berupa tanah, tetapi juga surat berharga dan bentuk-bentuk yang lain,” pintanya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua PW P2N DKI Jakarta terpilih, Ricky Wiraguna ST, MM dalam sambutannya menyampaikan, “Kami berafiliasi dengan PBNU merasa wajib berperan serta mensejahterakan umat dan mengajak para pengusaha dan profesional lainnya agar bisa mensinergikan unit bisnis dengan kegiatan keagamaan. Dengan ikhtiar dan doa InsyaAllah tujuan kita tercapai,” sebut Ricky.

Ricky juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menjalin kerjasama dengan pihak privete banking school dengan mengadakan balai latihan kerja serta pelatihan-pelatihan kewirausahaan di wilayah pesantren.

“Alhamdulilah kita sudah menjalin kesepakatan dengan private banking school yang mana dalam waktu dekat kita akan mengadakan balai latihan kerja serta pelatihan-pelatihan kewirausahaan para santri. Kemudian ada juga dari pomdes yang mana mereka membuka kesempatan kerjasama membangun pom bensin di desa-desa dengan bekerjasama dengan pihak Pertamina dan Bank BJB,” ungkapnya.

Sementara Ihsan Yunus, selaku wakil ketua Komisi VIII DPR RI, memberikan dukungan penuh atas pembentukan DPW DKI serta program kerja yang berjalan. Ia berharap kepengurusan dapat cepat terbentuk di seluruh provinsi.

“Saya sangat mengapresiasi dengan terbentuknya Perkumpulan Pengusaha dan profesional Nahdliyin (P2N) di wilayah Jakarta, saya yakin dan percaya bahwa kepengurusan ini bisa memberikan warna di dunia perdagangan dan perekonomian yang kental dengan nahdliyinnya,” ucapnya.

Menurutnya DPR selaku legislator, mempunyai tiga pungsi utama, yaitu monitoring, legislasi dan budgeting dalam kerangka memperjuangkan daerah pemilihannya, serta telah menelurkan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Pesantren,” pungkasnya.

Continue Reading

Nasional

BKNI-RI Gandeng Kabupaten Banggai Sulteng Bangun RS Medical Ecotourism

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – Badan Ketahanan Nasional dan Internasional Republik Indonesia (BKNI RI) kerjasama dengan Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah, bangun fasilitas kesehatan dan perawatan lanjut usia berbasis wisata ekologi atau destinasi wisata kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan khusus bagi masyarakat yang tidak mampu.

Penandatanganan kontrak kerjasama tersebut dilakukan oleh Presedium BKNI RI RM Tri Harsono, dan Bupati Banggai Sulawesi Tengah, Herwin Yatim.

Presedium Badan Ketahanan Nasional dan Internasional Republik Indonesia (BKNI RI) Tri Harsono mengatakan pembangunan fasilitas layanan kesehatan berbasis ekologi itu harus di dukung semua pihak jangan sampai ada rumor atau isu- isu yang menggagalkan rencana kemanusiaan,” ujarnya kepada insan pers, di Jakarta Selasa malam (3/12/2019).

Tri berharap, kerjasama ini bisa bermanfaat  untuk kabupaten Banggai dan mancanegara yang selama ini banyak lansia luar negri yang ingin berkunjung ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia,” harapnya.

Tri mengatakan, pembangunan fasilitas kesehatan ini berkonsep membangun wilayah tertinggal dengan fasilitas kesehatan. Dan wilayah tersebut harus ada wisata-wisata yang digali dan dikembangkan. Sisi lain pelayanan ini harus bisa terwujud karena memberikan pelayanan khusus bagi masyarakat tidak mampu diberikan gratis,” katanya.

Dalam pembangunan fasilitas kesehatan tersebut, PT Surya Atap Logam ditunjuk menjadi kontraktor pelaksananya.

Menurutnya, pembangunan ini membutuhkan kearifan lokal, tidak hanya bangun dengan asal-asalan saja. Karena pembangunan ini diawasi nasional dan internasional, apa yang jadi keunikan- keunikan kabupaten Banggai itulah yang ditonjolkan. Tidak harus membangun gedung bertingkat tetapi membangun dengan kearifan lingkungan yang sehat,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Banggai Herwin Yatim menambahkan, pembangunan rumah sakit yang dilakukan BKNI RI tentu sesuatu yang membanggakan buat masyarakat Banggai. Ini merupakan yang pertama di Indonesia bahkan mungkin juga di dunia. Kami dari pemerintah desa tentunya mensupport penuh dan mengawal proses pembangunan tersebut,” tambahnya.

Pembangunan medical ecotourism ini menempati area seluas 5 hektar, dengan populasi kabupaten Banggai sebesar 365 ribu jiwa tentunya ini diharapkan bisa membawa manfaat dalam jangka waktu panjang sesuai dengan program visi misi pemerintah pusat, daerah- daerah terpencil harus bisa bersaing dan maju,” ungkapnya.

Continue Reading

Populer