Connect with us

Ekonomi

Presiden Perlu Bentuk Badan Khusus Impor Migas, Atasi Mafia Migas

Published

on

Jurnaljakarta.com – Pengamat Ekonomi Nasional, Salamuddin Daeng menilai, untuk menghentikan mafia impor migas dari Singapura

harus dilakukan melalui kebijakan setingkat Peraturan Presiden, atau Keputusan Presiden, bukan dilakukan melalui lembaga di bawah Kementrian ESDM seperti SKK Migas atau BPH Migas. Karena semua tempat itu ditenggarai sudah dirasuki oleh mafia migas.

Hal ini disampaikan Salamuddin Daeng kepada HarianSentana.com di Jakarta, Selasa (03/12), menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di berbagai media nasional beberapa waktu lalu terkait adanya mafia impor migas

“Mafia impor migas dapat diatasi dengan membentuk badan otoritas khusus yang dikomandoi oleh Presiden secara langsung dan besaran impor migas harus disetujui dan ditandatangani oleh Presiden,” katanya.

Menurutnya, para pelaku impor migas harus ijin dari lembaga otorita impor migas dengan sepengetahuan Presiden. “Hanya itu cara untuk menekan impor dan nantinya secara perlahan-lahan membawa Indonesia tidak lagi sebagai net importir migas dan bahkan mengakhiri impor migas sama sekali,” tukasnya.

Menurut dia, penanganan mafia impor migas ini harus dilakukan secara ekstra keras, dengan kekuatan yang besar. “Penanganannya tidak bisa dilakukan dengan cara asal-asalan seperti waktu-waktu sebelumnya dengan membentuk tim anti mafia migas. Tapi hasilnya seperti yang kita lihat, asal-asalan, buang-buang energi dan bahkan sia-sia,” tukasnya.

Seperti diketahui, sebagian besar migas impor atau hampir 40 persen berasal dari Singapura. Tahun 2018 impor minyak dari Singapura mencapai US$ 12,19 miliar atau sekitar Rp 170 triliunan. “Selama 2008 hingga September 2019, Indonesia telah mengimpor migas dari Singapura senilai US$ 131,5 miliar atau setara dengan Rp 1.840 triliun. Nilai yang sangat besar, lebih besar dari cadangan devisa Indonesia saat ini,” bebernya.

Jadi, kata dia, atas dasar logika yang disampaikan Presiden Jokowi, maka salah satu cara mengakhiri mafia migas adalah dengan mengakhiri impor migas dari Singapura, sebagai salah satu langkah prioritas. “Karena Singapura selama ini adalah importir utama dan sudah mengakar dalam jejaring mafia yang dimaksud Presiden. Jejaring ini sudah pasti sangat kuat dan mengenali seluk beluk serta ceruk untuk bermain serta mengambil untung dari perdagangan migas ke Indonesia secara tidak wajar,” tukasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi sangat gusar dengan impor migas yang beliau sebutkan sebagai perbuatan mafia migas. Presiden bahkan mengancam akan mengganggu mafia migas yang menyebabkan Indonesia adiktif terhadap impor migas. Sehingga menurut pandangan presiden Jokowi cara untuk memberangus mafia migas adalah dengan menekan atau mengakhiri impor migas.

Apa yang dinyatakan Presiden tersebut memang nyata dirasakan oleh bangsa Indonesia. Impor migas Indonesia sangat besar. Indonesia menjadi net importir migas dan seolah tidak memiliki jalan keluar atas masalah ini. Berbagai alasan seperti rendahnya produksi nasional, kebutuhan migas nasional yang meningkat menjadi legitimasi untuk melanggengkan impor. Tidak banyak pihak yang mencurigai bahwa Indonesia sengaja dimasukkan dalam perangkap impor. Namun Presiden menyadarinya, bahwa Indonesia masuk perangkap mafia impor.

Soal siapa mafia migas itu, datanya pasti ada di tangan presiden. Karena Presiden menyebutnya secara eksplisit bahwa mafia itu dalam lingkaran impor migas. Sehingga data mafia impor migas pasti sudah ada dalam genggaman Presiden. Tinggal dibereskan saja melalui strategi menekan atau bahkan menghentikan impor migas.

Yang pasti, pernyataan Presiden cukup berdasar, karena nilai impor migas Indonesia sangatlah besar. Tahun 2018 Indonesia mengimpor migas senilai US$ 30 miliar, atau sekitar Rp 420 triliun lebih. Bayangkan jika devisa sebesar itu digunakan untuk membangun kilang minyak, maka setiap tahun kita bisa membangun 10 kilang tanpa harus mengemis investasi asing.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Coinvestasi Roadshow Coinfest Keduanya di Kota Bogor

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – Coinvestasi kembali menggelar Roadshow Coinfest ke duanya di Kota Bogor, setelah perdananya pada Januari lalu digelar di Jakarta. Hal ini kami lakukan dalam rangka mengedukasi publik tentang crypto currency dan blockchain agar publik lebih memahami apa itu blockchain dan crypto currency.

Demikian hal tersebut diungkapkan Hendi Wishnu selaku perwakilan dari Coinvestasi ketika ditemui usai sosialisasi kegiatan tersebut di Bogor Kamis (5/12/2019).

ĺ

Hendi Wishnu menjelaskan, sosialisasi ini selain membahas materi seputar teknikal analisis trading crypto currency dan blockchain fundamental, namun kali ini kami juga menyasar para milenial untuk mengetahui outlook industri ini di 2020 mendatang,” jelas Hendy.

Dikatakannya bahwa selanjutnya Roadshow Coinfest ini juga akan digelar di kota kota lain seperti di Kota Bandung, dan juga Makasar dengan menggandeng sejumlah praktisi dan pakar di industri blockchain dan kripto,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rexy Fayed selaku Country Manager, Binance Indonesia menambahkan, sebagai salah satu bursa kripto terbesar di dunia, Binance merasa perlu meningkatkan awareness agar masyarakat yang belum paham menjadi paham, dan tidak hanya sekedar ikut-ikutan terjun ke industri blockchain dan kripto.

“Binance merupakan bursa kripto terbesar di dunia, kenapa kami join di event ini karena kami menyadari pengetahuan masyarakat di Indonesia terkait kripto dan blockchain ini masih minim yang mana hal tersbeut mempengaruhi penetrasi pasar industri blockchain dan kripto di Indonesia,” ungkap Rexy.

“Ini upaya kami untuk meningkatkan awareness terkait hal tersebut, tak hanya untuk Binance tapi juga untuk industri blockchain itu sendiri,” ujarnya.

Disinggung terkait fenomena ‘halving bitcoin’ di 2020, lebih lanjut Rexy mengungkapkan , “Terkait halving bitcoin boleh dibilang sebagai penentu industri kripto kedepannya akan seperti apa, apakah akan berpengaruh secara positif atau negative itu kita lihat kedepannya.”

Namun Rexy mengungkapkan jika melihat fenomena 4 tahun sekali (halving bitcoin) tersebut, memang ada kecenderungan nilai bitcoin selalu meningkat.

“Jika melihat tren halving sebelumnya, halving 2020 mendatang banyak yang meyakini hal yang sama yakni nilai tukar bitcoin akan kembali naik dan hal tersebut akan memperbanyak adopsi dan bukan spekulasi,” tutup Rexy.

Continue Reading

Ekonomi

Rumah Belajar JICT Gelar Jambore Dengan Tema Be an Excellent Example

Published

on

By

Bogor, Jurnaljakarta.com – Rumah Belajar (Rumbel) JICT sebagai bagian dari program CSR andalan perusahaan adakan jambore rutin tahunan dengan tema “Be an Excellent Example” di Bogor, (4/12/2019).

Kegiatan jambore ini menjadi ajang kumpul anak-anak binaan Rumah Belajar JICT dari beberapa kecamatan di Jakarta Utara seperti Koja, Cilincing dan Tanjung Priok.

Menurut Manager Corporate Affairs JICT Indhira Lestari, peserta jambore dilatih secara kepemimpinan, kemandirian, kerjasama dan komunikasi.

“Perserta bisa mendengar cerita sukses para alumni Rumbel. Berbagai aktifitas pelatihan juga dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi dan karakter anak-anak putus sekolah di Jakarta Utara ini, sehingga mereka bisa terinsipirasi menjadi be an excellent example,” ujar Indira.

Salah seorang alumni rumbel, Fajar, mengungkapkan bahwa setiap anak putus sekolah memiliki hak yang sama untuk sukses termasuk akses untuk memiliki ijazah paket.

“Rumbel JICT adalah media pembentuk skill dan karakter yang paling baik. Saya bangga jadi alumni Rumbel. Ini menjadi bekal saya saat menjadi pengajar di beberapa sekolah,” ujar Fajar.

Alumni lain, Sugeng, juga mengungkapan bahwa melalui Rumbel JICT dirinya bisa menjadi pengusaha sukses.

“Sekolah (Rumbel) ini terbaik. Saya bisa memiliki soft skills dan hard skills yang menunjang usaha mandiri saya. Saat ini saya berhasil menciptakan usaha dengan omzet Rp 50 juta per bulan,” kata Sugeng.

Tentu bagi peserta yang masih belajar di Rumbel, pengalaman baru ini menjadi motivasi yang berharga. Dalam jambore Rumbel JICT 2019 ini dihadiri anak didik sebanyak 148 orang, 6 orang pendamping dan 14 tutor.

Rumbel JICT berhasil mendapatkan ISDA award selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2017, 2018 dan 2019.

Selain bidang pendidikan, CSR JICT juga menjalankan beberapa program lainnya di bidang kesehatan dan lingkungan.

Continue Reading

Ekonomi

Pemerintah Terus Bersiap Mensukseskan Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan terus bersiap mengikuti Expo 2020 Dubai, yang akan berlangsung dari tanggal 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 di Dubai.

“Kami terus mendorong agar Kementerian, Lembaga, Pemda dan Sponsor untuk terus mempersiapkan diri memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden untuk mensukseskan Expo 2020 Dubai,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward, melalui pesan tertulisnya di Jakarta Kamis (5/12/2019).

Sementara itu, pelaku usaha Indonesia yang menjadi sponsor Expo 2020 Dubai mulai ‘membocorkan’ gambaran informasi yang disajikan pada Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai. Mereka mengharapkan momentum terbentuknya kabinet baru pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini semakin mendorong semangat kebersamaan Indonesia menuju Expo 2020 Dubai dan Indonesia Emas 2045.

PT Astra International Tbk., sponsor utama Paviliun Indonesia, menyatakan bahwa Astra turut mendukung Pemerintah Indonesia dalam berpartisipasi pada World Expo 2020 Dubai.

Wujud partisipasi itu adalah Paviliun Indonesia untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah global.

“Kehadiran Astra merupakan yang ke-3 kalinya, setelah turut mendukung World Expo 2010 Shanghai dan World Expo 2015 Milan. Astra berharap melalui dukungannya di World Expo 2020 Dubai, dapat turut mengharumkan nama bangsa melalui Paviliun Indonesia. Semangat ini sejalan dengan cita-cita Astra yaitu sejahtera bersama bangsa,” ujar Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications PT Astra International.

Sementara itu, PT Wijaya Karya Persero (WIKA) menyatakan pihaknya masih berkonsentrasi menuntaskan kerja pembangunan Paviliun Indonesia. “Sebagai sponsor serta kontraktor dalam pembangunan Pavilion Indonesia di Expo 2020 Dubai, sampai saat ini kami masih fokus kepada proses konstruksi agar Pavilion Indonesia dapat selesai tepat waktu sesuai spesifikasi yang telah ditentukan,” kata Mahendra Vijaya, Corporate Secretary WIKA.

“Melalui event Expo 2020 Dubai, kami ingin menampilkan kepada masyarakat global bahwa WIKA adalah salah satu BUMN Indonesia yang sukses berkiprah di luar negeri dan mampu bersaing di kancah global.

Hal ini diharapkan mampu membangun citra yang baik sehingga WIKA dapat memperluas pangsa pasar global,” tambah Mahendra.

Ditempat terpisah, April Group juga akan memberikan informasi yang menarik bagi pengunjung Paviliun Indonesia. “Secara umum, kami berharap dapat menampilkan gambaran Grup APRIL yang mengelola pabrik pulp dan kertas yang terintegrasi dan berkelas dunia.

Kami juga mendukung agenda SDGs, perusahaan telah menerapkan sejumlah komitmen yang selaras dengan agenda pemerintah dan global secara menyeluruh,” ujar Anita Bernardus, Head of National Communications, APRIL Group.

Menurut Anita, April Grup akan membawa semangat keseimbangan antara produksi dan proteksi (production-protection) yang selama ini diusung APRIL di semua bentang alam tempatnya berkarya.

“Kepada dunia, kita tunjukkan bahwa pembangunan dengan basis kelestarian adalah modal penting bangsa ini menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Anita.

Sedangkan PT Gajah Tunggal Tbk, menurut Chatarina Widjaja, Director of Corporate Communications and Investor Relations/Corporate Secretary akan menampilkan sesuatu yang menyuarakan optimisme.

“Secara garis besar, Kami bermaksud memperlihatkan kemampuan kami sebagai perusahaan nasional kebanggaan Indonesia yang memproduksi produk kelas dunia dan dapat bersaing secara global, antara lain dengan menunjukan beberapa produk Kami yang berperfoma tinggi,” ujar Chatarina.

PT Gajah Tunggal juga berharap yang terbaik untuk Pemerintah Indonesia dalam keikutsertaannya di Expo 2020 Dubai.

“PT Gajah Tunggal Tbk sangat bangga dapat berpartisipasi serta menjadi sponsor. Dengan mengikuti Acara ini, Kami mengharapkan pasar ekspor Kami makin meningkat,” tutup Chatarina.

Salah satu konsep Paviliun Indonesia akan menampilkan restoran khas Indonesia yang diwakili oleh Citrarasa Prima (CRP) Group. Persiapan CRP juga sudah hampir matang.

Saat ini sudah sampai ke tahap persiapan menu dan konsep detail store. CRP akan mempersembahkan brand lokal asli indonesia yang siap bersaing di global serta memperkenalkan bahwa Kopi indonesia adalah salah satu kopi terbaik didunia serta memperkenalkan rempah terbaik indonesia melalui kuliner.

Sejak peletakan batu pertama Paviliun Indonesia pada 9 September 2019, sejumlah perusahaan telah mendeklarasikan komitmennya sebagai sponsor paviliun.

PT Astra International Tbk adalah sponsor utama Paviliun Indonesia. Sementara, empat perusahaan lainnya telah resmi menjadi sponsor pendukung, yakni PT Gajah Tunggal Tbk, APRIL Group, PT Wijaya Karya (WIKA) Persero serta Citrarasa Prima (CRP) Group.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mempercayakan pengelolaan Paviliun Indonesia kepada PT Samudra Dyan Praga selaku operating agency. PT Samudra Dyan Praga tengah mengembangkan Agenda Paviliun Indonesia selama 173 hari dari 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 untuk masyarakat global pengunjung Expo 2020 Dubai.

Continue Reading

Populer