Connect with us

Ekonomi

PII, Kementan, dan PUPR, Sinergi Bangun Ketahanan Pangan Indonesia

Published

on

Jurnaljakarta.com – Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Kementerian Pertanian (Kementan), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berkolaborasi gelar International Webinar on Food Scurity, Feet 10 Billion and Launching Engeenering 20 – E20 . Bertempat di Gedung Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Senin (12/9/2022).

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng.Sc., IPU, mengatakan,” tujuan acara webinar ini adalah membicarakan banyak berbagai hal tentang Food Security, dimana kedepan Indonesia harus betul – betul menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat Indonesia maupun dunia pada tahun 2040 yang jumlahnya diperkirakan mencapai10 milliyar,” ujarnya.

Selain membahas tentang pangan, juga membahas tentang upaya – upaya yang perlu dilakukan dalam rangka menjamin ketersediaan pangan tersebut,” tambah Danis.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc menambahkan, wibinar ini membahas tentang efisiensi dan food scurity. Kita pernah swasembada pangan pada tahun 1982 dan 1984.

” Kita pernah swasembada pangan dulu, namun kita import terus, baru tiga tahun belakangan ini yang kita tidak import sehingga kita mendapat penghargaan. Masalahnya sekarang sampai kapan Indonesia tidak Import? Pembahasan ini adalah yang paling penting dalam webinar ini,” tambahnya.

Kementerian PUPR lanjutnya sangat mendukung Kementan. Ada lima komponen untuk produksi yaitu,
Tanah, Bibit, pupuk, petani, dan air.

“Air komponennya hanya 18% untuk produksi, tetapi kalau tidak ada air hilang semua apapun teknologinya. Mangkanya kami (PUPR) dengan Kementan pasti akan beriringan terus,” tegasnya.

Sementara Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, webinar ini sangat penting, minimal kita dapat menemukan langkah yang bijaksana dalam menghadapi tantangan pertanian dan pangan kedepan untuk bangsa Indonesia yang tetmasuk bangsa besar ini.

Mentan Syahrul Yasin Limpo, mengucapkan trimakasih kepada Presiden Joko Widodo dan Petani yang telah bekerja luar biasa menghadirkan upaya yang maksimal untuk ketahanan pangan Indonesia,” ucapnya.

Syahrul mengatakan, bahwa pangan itu bukan cuma makan, tetapi sekaligus adalah lapangan pekerjaan. Pangan itu juga untuk kesehatan. Pangan juga mendorong energi berbagai aktivitas, termasuk industri dan farmasi, oleh karena itu pangan sangat penting,” katanya.

“Kita sudah buktikan dengan kerja sama. Bahwa tantangan pangan itu ada pada cuaca (iklim), hal ini menjadi sangat penting dan itu membutuhkan para Insinyur.

Alhamdulillah atas prakarsa PII dan PUPR kita dapat berkumpul disini minimal dapat menyatukan semangat tekat dan persepsi kedepan, menghadapi tantangan yang harus disikapi.

Satu yang paling penting dipertanian adalah air, setelah itu bagaimana mengimport hasil produksi itu sehingga kemudian bisa tetap dijaga agar tetap tidak menjadi busuk.

“Nah ini membutuhkan para Insinyur lagi. Dan bagaimana cara mengemasnya.Tentu saja kita tidak hanya sampai di produksi, kita harus perbaiki pascanya,” ungkap Syahrul. (Red).

Ekonomi

Menggunakan Istilah “Blockchain Trilemma”, Techpay akan Segera Terdaftar di Bursa Top Dunia

Published

on

By

Jurnaljakarta.com — TechPay Coin baru-baru ini memposting twitter resmi mereka yang mengisyaratkan bawah koin asli mereka yakni TPC akan terdaftar di empat pertukaran besar dalam 6 bulan ke depan. Empat pertukaran itu adalah Gate.io, Huobi Global atau KuCoin. Proyek ini sebelumnya sudah terdaftar di 20 bursa terpusat teratas.

Techpay merupakan proyek crypto dengan predikat blockchain tercepat di dunia menurut Crypto Expo Asia 2022. Techpay diketahui bisa menyelesaikan 300.00 transaksi per detik. Blockchain Techpay juga bisa mempertahankan biaya gas seminimal mungkin dengan waktu transaksi sub-detik hingga finalitas. Bi-Directional dengan Binance smart Chain. Wrapped TPC sudah tersedia di Pancakeswap pada 17 Mei 2022.

*Apa yang Membuat TechPay Berbeda?*
Kecepatan: Jaringan pemenang Penghargaan “Blockchain Tercepat di Dunia” Dapat Mendorong tingkat Throughput melampaui 300.000 TPS.

Transaksi Tercepat: TechPay mencatat transaksi tercepat yang pernah ada; jumlahnya duduk di 471 Milidetik. Dalam AMA yang baru-baru ini diadakan, COO proyek mengisyaratkan untuk mendaftarkan fakta di atas dalam Guinness Book of World Records.

Blockchain Trilemma: TechPay dirancang untuk memecahkan tiga masalah yang ada di blockchain: skalabilitas, keamanan, dan desentralisasi. TechPay menggunakan istilah “blockchain trilemma” untuk menggambarkan apa yang sedang dipecahkan oleh jaringan mereka.

Dengan masalah skalabilitas yang diselesaikan dengan bantuan pBFT dan DAG, sentralisasi dipastikan dengan jumlah transaksi antar pecahan yang sangat tinggi, yang mengurangi risiko sentralisasi. Permintaan energi juga rendah karena daya hashing tidak diperlukan untuk memenuhi blok berikutnya.(Red)

Continue Reading

Ekonomi

Lindung Nilai Dan Spekulasi Trader, Deri Protocol Ajak Developer Bangun DApps di Platformnya

Published

on

By

Jurnaljakarta.com — Deri Protocol adalah produk DeFi yang menyediakan perdagangan produk derivatif, yang bisa digunakan untuk melakukan lindung nilai, berspekulasi, dan melakukan arbitrase yang terjadi dalam satu rantai.

Protokol Deri telah melalui dua iterasi versi utama dan telah mendukung tiga jenis derivatif, di antaranya adalah: Perpetual futures, Everlasting Options, dan Power Perpetuals. Proyek ini telah melayani permintaan lindung nilai dan spekulasi trader serta memproses total volume perdagangan lebih dari 28 miliar USD.

Selain memberikan perdagangan derivatif, Deri protokol juga menyediakan banyak DApps yang akan melibatkan komunitas.
Dengan kata lain, akan ada ekosistem Deri yang bisa dkembangkan, untuk memudahkan para developer yang ingin membangun DApps Deri membagikan beberapa ide untuk bisa dieksekusi.

DERI untuk Dummies
Developer bisa membuat antarmuka layanan yang sangat disederhanakan berdasarkan protokol Deri. Dalam membuatnya, disarankan untuk memperhatikan kenyamanan dan kemudahan pengguna untuk agar dapat dioperasikan bagi mereka yang tidak cukup paham secara finansial.

Dasbor Statistik
Kamu bisa menyediakan dasbor statistik yang bisa memberikan data menarik bagi komunitas, seperti pendapatan protokol harian, pnl bersih harian dan akumulatif pedagang, minat terbuka dengan simbol yang berbeda, jumlah harian pedagang baru, dan lain sebagainya.

Position Builder
Mirip dengan Deribit position builder, dengan ide ini pengguna bisa membuat portofolio mereka sendiri dari futures, option, dan power, dan dengan mudah mendapatkan kurva PnL portofolio, dan the net delta dan gamma.

Liquidation Board
Likuidasi di Deri terbuka untuk siapa saja, tetapi menjalankan bot likuidasi membutuhkan pengetahuan teknik komputer profesional, yang mencegah banyak orang di komunitas untuk berpartisipasi. Likuidasi untuk publik menyediakan ruang terbuka untuk memasukan daftar semua akun yang berisiko dilikuidasi. Ketika akun mencapai garis likuidasi, siapa saja bisa mengklik tombol likuidasi untuk membantu sistem melikuidasi dan mendapatkan hadiah likuidasi.

Lindung Nilai Kerugian Tidak Tetap
Pengguna dapat membangun alat untuk memasukkan berapa banyak likuiditas BTC atau ETH yang ingin mereka lindung nilai, kemudian alat tersebut dapat secara otomatis menampilkan jumlah futures yang tepat untuk short dan power hingga selama diperlukan, yang nantinya akan menampilkan kurva pembayaran dari portofolio lindung nilai.

Jika kamu berminat menjadi bagian dari DApps Deri protocol, kamu bisa mengirimkan proyek untuk ditampilkan di http://deri.fi.

Continue Reading

Ekonomi

iSeller Berikan Kemudahaan, Dukung Digitalisasi Bisnis Ratusan UMKM di Event JF3

Published

on

By

JURNALJAKARTA,COM — Jakarta Fashion and Food Festival kembali hadir memeriahkan pulihnya aktivitas masyarakat di tahun 2022. Acara tahunan yang digelar atas kerjasama antara PT Summarecon Agung Tbk dan PT Pemprov DKI ini menyuguhkan pagelaran fesyen dan ragam makanan nusantara dalam satu festival. JF3 yang berlangsung pada tanggal 1 September – 9 Oktober 2022 ini sudah dirayakan selama 18 kali berturut-turut di setiap tahunnya. Sempat vakum dan menyelenggarakan festival secara virtual dan hybrid, di tahun 2022 ini JF3 dilangsungkan full offline, sehingga Anda bisa datang merasakan keseruan festival ini.

Momen pandemi tentu membuat masyarakat jengah, dengan adanya JF3 diharapkan dapat mengobati rasa rindu akan adanya festival offline, serta menghadirkan hiburan baru bagi masyarakat. Untuk memastikan keberlangsungan acara dan transaksi saat festival lancar tanpa antrian panjang, iSeller mendukung seluruh metode transaksi cashless di event JF3.

“JF3 merupakan kegiatan yang mampu meningkatkan potensi ekonomi masyarakat. Melalui festival ini, kami berharap bisa memberikan kontribusi dan jadi penyemangat bagi para pelaku usaha melalui bukti nyata dengan memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis melalui sistem omnichannel dari iSeller” ucap Jimmy Petrus, CEO iSeller.

iSeller, sistem omnichannel diperkenalkan kepada 129 tenant baik fesyen retail ataupun fnb. Para pemilik usaha ini akan menggunakan iSeller sebagai sistem kasir digital selama festival berlangsung. Adanya iSeller diharapkan bisa mempermudah serta membantu efisiensi waktu saat transaksi.Bersama iSeller, JF3 berupaya untuk mengedukasi para pemilik bisnis untuk beradaptasi dengan era digital.
Metode pembayaran cashless yang diterapkan selama festival JF3, memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi para pemilik bisnis dan pelanggan untuk tidak repot menyiapkan cash dan kembalian.

Karena sistem pembayaran yang cashless, pelanggan cukup scan QRIS dinamis melalui device mPOS iSeller. Metode pembayaran yang diterima pun beragam, mulai dari eWallet sampai dengan pembayaran dengan kartu debit maupun kredit.

“Ini merupakan salah satu komitmen iSeller, yaitu mendukung kemajuan UMKM dan para pelaku bisnis di Indonesia. Melalui festival JF3, kami memperkenalkan sistem omnichannel guna mendorong para pemilik usaha untuk beradaptasi dengan era digital melalui penjualan tak terbatas di saluran online dan offline, sehingga para pemilik usaha ini bisa menjangkau pelanggan dan masyarakat lebih luas lagi” ucap Lady Samantha, Senior Vice President iSeller

Telah mendukung 60.000 bisnis di Indonesia dengan sistem omnichannel, iSeller menjadi pintu awal digitalisasi bisnis dalam event JF3. Adanya sistem omnichannel ini mempermudah para pemilik usaha untuk bisa berjualan dan mengelola bisnis mereka dari satu layar saja.(yudi)

Continue Reading
Advertisement

Populer