Connect with us

Nasional

Pertamina Jamin Kualitas BBM Pertalite Sesuai Aturan Pemerintah

Published

on

Jurnaljakarta.com — PT Pertamina (Persero) telah kembali menegaskan bahwa tingkat kualitas pada bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite (RON 90) tidak akan mengalami perubahan dan tetap sesuai dengan standar spesifikasi yang telah diizinkan oleh Pemerintah Indonesia.

Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

Baca Juga: Menuju Era Elektrifikasi, Kemenperin Sebut Kendaraan ICE Akan Tetap di Produksi

Menurut Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP).

“Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal),” katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/9/2022).

Dengan itu, Pertamina menjamin seluruh produk BBM yang disalurkan melalui lembaga penyalur resmi seperti SPBU dan Pertashop sesuai dengan spesifikasi dan melalui pengawasan kualitas yang ketat. Sedangkan produk BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan tidak akan disalurkan ke masyarakat.

Sumber: Foto: dok.Pertamina

“Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi. Melalui kontrol kualitas, produk yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan disalurkan ke lembaga penyalur,” ujar Irto.

Selain itu, Pertamina juga mengimbau agar konsumen melakukan pembelian BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop, agar produk BBM yang didapatkan terjamin kualitas dan keamanannya.

Masyarakat juga diimbau untuk mengisi BBM sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam buku panduan kendaraan bermotor karena pabrikan telah menyesuaikan bahan bakar yang cocok sesuai jenis kendaraan. Pergantian isi jenis BBM dengan kadar oktan (RON) yang berbeda juga tidak direkomendasikan.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Tingkatkan Konektivitas Kawasan Industri dan Logistik

“Sebaiknya pengendara selalu konsisten dalam memilih bahan bakar yang berkualitas, agar mesin kendaraan selalu awet dan terawat. Lebih aman menggunakan bahan bakar berkualitas dengan oktan/cetane yang direkomendasikan oleh pabrikan, agar mesin dapat bekerja secara maksimal,” tutup Irto.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

1993 Paket Sembako Disaluran Oleh Lulusan AAU Angkatan 93 (Palaksara 93)

Published

on

By

JurnalJakarta.com — Keluarga Besar Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1993 (Palaksara93) yang dipimpin oleh Marsekal Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M.

melaksanakan kegiatan “Bakti Untuk Negeri” berupa Bakti Sosial membagikan sembako kepada masyarakat di beberapa daerah sekitar diwilayah Yoyakarta dan Surakarta.

Kegiatan bakti sosial untuk negeri ini dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan Jogja Air Show 2022, (JAS 2022) yang berlangsung pada 23-25 September 2022 di empat tempat, yaitu Terminal B bandara Adisucipto Sleman, Bukit Paralayang Sriten Gunungkidul, Pantai Parangkusumo, dan landasan pacu Pantai Depok, Bantul.

Tidak kurang dari 1993 paket sembako diserahkan kepada perwakilan masyarakat yang berada disekitar pantai Depok, Berbah, Umbul hardjo serta beberapa daerah lain diwilayah sekitar Depo Pemeliharaan 50 Surakarta yang berhak menerima.

Jumlah 1993 paket sembako yang diberikan tersebut, sesuai dengan tahun alumni Keluarga Besar Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1993 ( Palaksara 93 ).

Dalam sambutannya Marsekal Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E.,M.M. didampingi Danlanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Azhar Aditama Joyosugito, berharap, dengan adanya bantuan paket sembako ini diharapkan akan dapat sedikit meringankan beban ekonomi masyarakat pada saat ini,” ucapnya.(Bgs)

Continue Reading

Pohukam

Brigjen TNI (Purn) I Made Riawan, S.Psi, M.I.P Membuka Lokasabha VII PHDI Kabupaten Bekasi

Published

on

By

Bekasi, Jurnaljakarta com  – Ketua Harian PHDI Jawa Barat, Brigjen TNI (Purn) I Made Riawan, S.Psi, M.I.P Membuka Lokasabha VII Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Bekasi, bertempatkan di Jl. Taman Golf Timur 1 No. 100, The Care Center Senior Living @D’Kahyangan Hotel, Jababeka Residence, Kota Jababeka, Cikarang, Bekasi, yang dilaksanakan berdasarkan SK Ketua PHDI Kab. Bekasi Nomor: SK//17/Parisada-Kab.BKS/VII/2022 tertanggal 7 Juli 2022 tentang Panitia Lokasabha VII Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Bekasi, Sabtu (24/9).

Acara terlaksana dengan suasana guyub yang dimulai dari pukul 08:30 yang dibuka dengan Tari Penyambutan pada pukul 09:05.

Selanjutnya diisi dengan sambutan dari Ketua PHDI Kabupaten Bekasi dilanjutkan oleh Pembimas Hindu Kemenag Kanwil Prov. Jawa Barat, lalu Pj. Bupati Bekasi yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Drs. H. Juhandi, M.S.i.

Beliau berpesan, tetap jaga dan tingkatkan komunikasi antar lembaga keumatan baik internal maupun eksternal dan dengan pemerintah daerah. “Mari bersama sama membangun Bekasi, orang Bekasi adalah orang yang tinggal, bekerja dan hidup di Bekasi, tidak memandang ras, golongan, suku dan agama,” ujarnya.

Ketua PHDI Jabar mengungkapkan bahwasannya, agenda tersebut salah satunya Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus periode 2017-2022, pembentukan dan sidang-sidang Komisi, serta pemilihan Ketua dan susunan personalia Pengurus PHDI Kota Bekasi masa bhakti 2022-2027. Juga Pembahasan Komisi berjalan lancar dengan semangat dan kesadaran kolaborasi yang membanggakan, ditandai dengan penyusunan 31 item program kerja yang merupakan turunan langsung dari 4 Pilar Grand Design Hindu Dharma Indonesia (GDHDI).

“Acara berjalan lancar dengan semangat dan kesadaran kolaborasi yang membanggakan. Hingga pukul 15.00 terpilihlah Bapak KBP (P) Drs. I Made Pande Cakra, M.Si sebagai Ketua PHDI Kabupaten Bekasi masa bhakti 2022-2027,” ujarnya.

Ketua PH PHDI Provinsi Jabar berpesan pada ketua terpilih, bisa kembali membawa visi dan misi Parisada tentang pengayoman keumatan dan mudah-mudahan lebih maju lagi dan sebagai umat yang berada di Bekasi agar mendukung program yang dibuat beliau karena siapa lagi yang akan mengayomi umat kalau bukan Ketua Parisada. “Ciptakan Keguyuban, saya yakin bapak sebagai ketua akan bisa menerangi semua umatnya, serta mendukung program pemerintahan kab Bekasi dalam upaya meningkatkan toleransi dalam moderasi beragama,” pungkasnya. (Red).

Continue Reading

Nasional

Jokowi Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Tingkatkan Konektivitas Kawasan Industri dan Logistik

Published

on

Jurnaljakarta.com — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cibitung – Cilincing dan Jalan Tol Serpong – Balaraja Seksi 1 pada Selasa (20/9) pagi, di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Presiden Jokowi berharap kehadiran Jalan Tol Cibitung – Cilincing dapat meningkatkan konektivitas antara kawasan industri dan logistik di Bekasi dan Karawang dengan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara.

Baca Juga: Gandeng Sumitomo, Progres PLTA Kayan Signifikan

“Kawasan logistik yang ada di Karawang dan Bekasi ini akan diberikan fasilitas kecepatan untuk menuju ke Tanjung Priok atau dari Tanjung Priok menuju ke kawasan-kawasan industri dan kawasan logistik tadi. Golnya ke sana,” ujar Presiden.

“Yang kita tuju adalah daya saing (competitiveness) dari barang-barang dari produk-produk yang kita miliki. Tol akan mempermudah mobilitas barang sekaligus meningkatkan daya saing produk-produk ekspor dari Indonesia. Tanpa didukung infrastruktur yang baik, mustahil kita bisa bersaing dengan negara-negara lain,” jelas Presiden usai peresmian.

Sumber: Foto: dok.presidenri.go.id

Kehadiran infastruktur ini juga akan memberikan alternatif pilihan antara Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Patimban di Subang sehingga akan menciptakan kompetisi di bidang pelayanan logistik.

“Saya kira di Patimban tolnya di 2024 akan selesai. Dan nanti yang baik adalah akan ada kompetisi antara Tanjung Priok dan Patimban, dan itu yang menyebabkan pelayanan akan jauh lebih baik,” pungkasnya.

Baca Juga: Rampung Direvitalisasi, Lanud Halim Perdanakusuma Siap Sambut KTT G20

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menyampaikan bahwa Jalan Tol Cibitung – Cilincing yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ini merupakan ruas yang penting karena menghubungkan kawasan-kawasan industri yang berada di wilayah Jabodetabek bagian barat.

“Seperti diketahui hampir semua kawasan industri, 60-70 persen itu berada di kawasan sebelah timur dari Jakarta. Ruas ini akan menghubungkan antara Cibitung hingga Cilincing dan selanjutnya harapan kita bisa mengoneksikan antara kawasan-kawasan industri ini langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok,” ujar Danang.

Sumber: Foto: dok.presidenri.go.id

Danang menambahkan, Jalan Tol Cibitung – Cilincing ini memiliki keunikan, yaitu keberadaan transit hub yang merupakan modifikasi atau pengembangan dari konsep rest area logistik. Keberadaan transit hub ini diharapkan akan mengurangi waktu bongkar muat atau dwelling time di Pelabuan Tanjung Priok.

“Rest area ini akan seluas 40 hektare yang harapan kita akan menjadi consolidation center (pusat konsolidasi) dari kontainer yang akan masuk ke Tanjung Priok dan selanjutnya bisa mengurangi dwelling time yang ada di Tanjung Priok. Ciri khas inilah yang menjadikan ruas Cibitung-Cilincing ini menjadi ruas yang penting dari keseluruhan ruas JORR 2,” ujar Danang.

Baca Juga: PII, Kementan, dan PUPR, Sinergi Bangun Ketahanan Pangan Indonesia

Selain itu, Jalan Tol Cibitung – Cilincing juga mampu menampung kendaraan kontainer yang memiliki volume berat. “Perkiraan kita kalau secara nasional volume kendaraan berat golongan II sampai V itu antara 10-15 persen, kemungkinan besar di ruas ini bisa sampai ke 30 persen sehingga dengan dengan demikian dia bisa mengangkut kontainer-kontainer besar dengan muatan sumbu terberat 8-10 ton per gandarnya,” tandas Danang.

Continue Reading
Advertisement

Populer