Connect with us

Pendidikan

Personel CGBT Bakamla akhiri diklat di Kodiklatal Surabaya

Published

on

Sidoarjo, Jurnaljakarta.com – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia resmi menutup Coast Guard Basic Training (CGBT) bagi 289 Personel Bakamla RI Tahun 2022 di Lapangan Candradimuka, Puslatdiksarmil, Surabaya. Senin (28/11/2022).

Setelah mengenyam pendidikan dan latihan selama tiga bulan, personel CGBT secara keseluruhan dinyatakan lulus.

Dalam amanatnya, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengatakan CGBT merupakan pendidikan dan latihan yang harus ditempuh kepada seluruh Personel Bakamla. Melalui CGBT ini, diharapkan personel Bakamla yang telah dibentuk dapat menjadi andalan bagi organisasi dalam mengemban tugas Bakamla ke depan.

Dikatakannya, momen pendidikan dan latihan ini bukan akhir dari proses pengembangan diri kalian. Justri ini merupakan momen awal bagi kalian semua untuk terus mengembangkan diri guna mencapai kapasitas optimal kalian sebagai personel Bakamla. Gali terus potensi kalian jangan membatasi diri dengan paradigma lama, namun mewujudkan dalam tindakan nyata untuk membuka semua kemungkinan serta potensi yang dapat kalian raih. “Ada cakrawala baru didepan kalian yang menunggu untuk dijelajahi, ” Ujar Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Selamat kepada personel Bakamla yang telah lulus dalam menjalankan pendidikan dan latihan. Kini kalian telah dilantik menjadi personel Bakamla yang berpangkat, oleh karena itu kalian semua dituntut untuk bertindak dan berpegang teguh kepada kode etik Bakamla yaitu Intelligence, Courage, Persistence (kecerdasan, keberanian, ketekunan). Hal ini juga harus disertai dengan perubahan pola pikir (mindset), pola sikap (attitude), dan pola tindak (action) yang mencerminkan sikap serta postur sebagai personel Bakamla. “Sehingga status kalian semua tidak hanya terlihat dari pangkat namun juga dari karakter serta tindakan keseharian,” kata Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Tak lupa, apresiasi tinggi juga diberikan kepada pihak-pihak yang turut terlibat dalam penyelenggaraan Latdiksarmil ini. Kegiatan diakhiri dengan atraksi dari personel CGBT Bakamla, seperti Tari Remo, kemudian atraksi kolone senjata serta penampilan Beladiri Personel Bakamla.

Suasana haru mulai terasa saat personel dipertemukan dengan keluarga dan orang tua terkasih yang telah menunggu kabar dan kesempatan untuk bertemu selama tiga bulan lamanya.

Para pejabat Bakamla tak luput untuk menghadiri kegiatan bersejarah ini, seperti Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla I Gusti Kompiang Aribawa, CHRMP, Karo Ren & Organisasi Bakamla Laksma Bakamla Phundi Rusnandi, Karo Umum Bakamla Laksma Amin Budi Cahyono, Kepala Kantor Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas serta Direktur Kebijakan Kamla Laksma Bakamla Heru Sriyanta, S.T.

Ketua DWP Bakamla Ny. Dian Aan Kurnia pun beserta sejumlah pengurus DWP Bakamla juga turut menghadiri. Tampak hadir pula Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Rachmad Jayadi, jajaran Pejabat Kodiklatal dan Puslatdiksarmil. (***)

Pendidikan

Pushidrosal Selenggarakan Pelatihan Pengoperasian Magnetometer

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar pelatihan pengoperasian dan pengolahan data magnetometer Tahun 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Komandan Satuan Pembinaan dan Latihan (Dansatbinlat) Kolonel Laut (P) Marwidji Harahap bertempat di ruang serba guna Orion, Jakarta Utara, Kamis (26/1/2022).

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan personel Pushidrosal tentang pengoperasian, pengambilan dan pengolahan data survei hidro-oseanografi dalam hal ini magnetometer untuk mendukung tugas Pushidrosal.

Diharapkan selesai mengikuti pelatihan ini para peserta memahami tentang konsep dasar survei dan pemetaan hidro-oseanografi dengan menggunakan alat magnetometer, selain itu terciptanya kemampuan dan kesiapan personel Pushidrosal yang terampil dan profesional dalam instalasi, pengambilan data dan pengolahan data magnetometer.

Latihan tersebut melibatkan 20 peserta dengan pelaksanaan selama 10 hari yang dimulai tanggal 26 Januari hingga 8 Februari 2023 dengan instruktur dari kalangan Pushidrosal dan dari luar.

Adapun materi yang diajarkan di dalam ruangan meliputi teori dasar kemagnetan, pengetahuan dasar peralatan magnetometer, simulasi dan pengenalan software, instalasi peralatan dan pengolahan data magnetometer serta praktik di lapangan bertempat di perairan Teluk Jakarta meliputi instalasi magnetometer, pendeteksian. Pengolahan data dan analisa data. (Red)

Continue Reading

Pendidikan

Kabadiklat Kemhan Membuka Diklat Pelatihan Teknis Alih dari Golongan II ke Golongan III bagi PNS Kemhan & TNI TA. 2023

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Tandyo Budi R., S.Sos membuka Pendidikan dan Pelatihan Teknis Alih dari Golongan II ke Golongan III bagi PNS Kemhan & TNI TA. 2023 di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Jalan Salemba Jakarta. Selasa (24/1/2023).

Penyelenggaraan Diklat Teknis Alih Golongan dari Golongan II ke Golongan III bagi PNS ini merupakan upaya yang dilakukan Kemhan untuk mewujudkan kualitas pegawai yang memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai tuntutan jabatan Golongan III serta didukung oleh sikap perilaku dan kepribadian yang tangguh, disiplin dan pantang menyerah.

Penekanan Kabadiklat kepada peserta agar setelah mengikuti Diklat Alih Golongan ini, tidak hanya terjadi perubahan secara administratif beralih dari Golongan II ke Golongan III, akan tetapi adanya perubahan yang mendasar dari sikap dan perilaku serta meningkatnya kinerja saudara dalam jabatan masing2 serta dapat segera beradaptasi dengan perkembangan kemajuan teknologi informasi. Setidaknya materi dan tugas perorangan selama mengikuti Diklat ini dapat menjadi modal pengembangan kemampuan/ketrampilan dalam menyelesaikan tugas2 kedinasan sesuai jabatan Golongan III.

Diklat Teknis Alih Golongan dari Golongan kali ini dilaksanakan selama 8 minggu terhitung mulai tanggal 24 Januari s.d. 20 Maret 2023, diikuti oleh 30 personel PNS yang terdiri dari 9 personel asal satker Kemhan, dan 1 personel yang berasal dari Mabes TNI, 9 personel dari TNI AD dan 8 personel dari TNI AL dan 3 personel dari TNI AU.

Metode Pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan metode tatap muka (klasikal) dengan pemberi materi pelajaran berasal dari Widyaiswara Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan serta fasilitator dari Biro Kepegawaian Kemhan.

Selama melaksanakan Pendidikan seluruh peserta menggunakan akomodasi asrama Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan. Kegiatan Operasional Diklat dikendalikan oleh Kepala Bidang Operasi Pendidikan dan Pelatihan (Kabid Opsdiklat) Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, sedangkan bimbingan dan pengasuhan oleh Kepala Kursus beserta Pembina yang ditunjuk oleh Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan.

Turut hadir pada pembukaan Diklat Teknis Alih Golongan dari Golongan II ke Golongan III bagi PNS Kemhan TA. 2023 tersebut, Kapusdiklat Jemenhan, Kapusdiklat Bahasa, Kapusdiklat Belanegara, Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Kabag Adabangpeg Biro Kepegawaian Kemhan, perwakilan Eselon III dilingkungan Badiklat Kemhan, Staf Waaspers Panglima TNI dan Staf Waaspers Kasad, Staf Waaspers Kasal dan Staf Waaspers Kasau serta para Widyaiswara Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan. (***)

Continue Reading

Pendidikan

Pushidrosal Terima Kunjungan Mahasiswa Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia

Published

on

By

Jurnaljakarta com – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menerima kunjungan 68 mahasiswa Departemen Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia di Ruang Serba Guna Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Kamis (5/1/2022).

Kedatangan rombongan mahasiswa yang didampingi oleh 4 dosen pembimbing tersebut diterima langsung oleh Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Kegiatan kunjungan ekskursi bertujuan untuk memahami proses pengumpulan data batimetri dan parameter Oseanografi serta pembuatan peta laut Indonesia yang selama ini dilaksanakan oleh Pushidrosal.

Dalam sambutannya, Danpushidrosal menyampaikan tentang tugas Pushidrosal, yaitu menyelenggarakan operasi survei pemetaan Hidro-Oseanografi militer maupun nasional yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran serta menyiapkan data dan informasi di wilayah perairan dan yurisdiksi nasional dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun publik untuk pertahanan negara dan pembangunan nasional.

Tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Pushidrosal sangatlah tidak ringan karena harus mampu memenuhi tuntutan kritikal publik dalam menyiapkan data, informasi Hidro-Oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya.

Lebih lanjut, di bidang penelitian kelautan, Pushidrosal melaksanakan fungsi penelitian kelautan yang dapat dikembangkan sesuai spesifikasi fungsi Pushidrosal pada bidang Hidrografi, Oseanografi, lingkungan laut dan geo dinamika laut, hal ini dilaksanakan dengan departemen dan nondepartemen baik nasional maupun internasional, perguruan tinggi, pertamina termasuk pariwisata laut dan sebagainya.

Di akhir acara, para mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi dinas-dinas di lingkungan Pushidrosal, antara lain Dinas Hidrografi, Dinas Oseanografi dan Meteorologi, Dinas Pemetaan, Indonesian Hydrographic Data Center (IHDC) serta Dinas Produksi dan Distribusi.(***)

Continue Reading

Populer