Connect with us

Kesehatan

Peringati HUT ke-72, RSAU dr. Esnawan Antariksa Gelar Donor Darah

Published

on

Jurnaljakarta.com – Memperingati HUT ke-72, Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Esnawan Antariksa Jakarta, menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta, menggelar donor darah, Selasa (7/6/2022).

Kepala RSAU dr. Esnawan Antariksa Kolonel Kes dr. M. Roikhan Harowi, Sp THT-KL., M.Kes., mengatakan, donor darah yang dilaksanakan di ruang Andromeda RSAU dr.Esnawan Antaraliksa, sebagai wujud kepedulian segenap prajurit dan PNS TNI AU, membantu masyarakat.

Diharapkan, kegiatan ini bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat dan PMI Provinsi DKI Jakarta dalam hal penyediaan kebutuhan darah untuk masyarakat.

“Mudah-mudahan hari ini kita bisa menyumbangkan sekitar 500 kantong darah,” ujar Ka RSAU dr. Esnawan Antariksa.

Lebih lanjut Ka RSAU dr. Esnawan Antariksa berharap, semoga kantong darah yang diberikan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan tranfusi darah.

Kegiatan donor darah di gelar selama satu hari dengan mengangkat tema “Setetes Darahmu, Selamatkan Sejuta Jiwa”.

Hadir pada kegiatan tersebut para Pejabat di jajaran RSAU dr. Esnawan Antariksa, dan Staf PMI Provinsi DKI Jakarta.

Kesehatan

Mudik Aman dan Nyaman dengan Tetap Menjaga Protokol Kesehatan

Published

on

By

Jurnaljakarta com – Pandemi global Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 telah menyebabkan terganggunya seluruh sektor kehidupan. Seluruh dunia sampai dengan saat ini belum dapat menuntaskan permasalahan covid-19, namun varian-varian baru hasil dari mutasi virus Sars-CoV-2 terus bermunculan.

Pada sisi lain pemerintah mengizinkan masyarakat melakukan mudik lebaran tahun 2022.

Karena sudah dua tahun pemerintah melarang mudik warganya demi mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Namun masyarakat yang ingin bersilaturahmi di kampung halaman tetap wajib mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengeluarkan syarat perjalanan wajib vaksinasi booster atau dosis ketiga. Jika belum melakukan vaksin booster, pemudik wajib melakukan tes antigen dan RT-PCR.

Dari survei kementerian perhubungan didapatkan hasil bahwa akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh para pemudik. Ini adalah jumlah yang sangat besar dan diperkirakan akan terjadi kemacetan bila tidak di atur dengan baik.

Menanggapi hal ini, Rahmat Handoyo, S.Pi, MM, Anggota DPR RI di Jakarta mengatakan, dalam mengantisipasi itu, pemerintah telah menyiapkan rekayasa lalu lintas melalui aturan ganjil genap, pemberlakukan satu arah (one way) dan larangan truk masuk jalan tol.

Untuk itu, saya mengajak masyarkat Indonesia untuk mudik lebih awal tentu saja menyesuaikan dengan pekerjaannya, jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan utamanya, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. “Kita bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama mengendalikan covid-19 tidak perlu panik apalagi takut. Yang penting kita sebagai warga negara dan rakyat ikuti dan taati perintah dari negara dalam hal ini pemerintah,” ujar Handoyo.

Pada kesempatan yang sama, Warsudi, S.Pd.I, M.Si , Anggota DPRD Kab. Brebes Jawa Tengah menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan mudik untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

“Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan ketika dijalan dan nanti di kampung halaman ketika bersilaturahmi dengan sanak dan keluarga,” kata Warsudi.

Lain lagi dengan Maulana M. Lahudin, SE, M.Si, Anggota DPRD Kab. Pringsewu Lampung yang mengatakan, agar pemudik mengutamakan keselamatan dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Selain itu, menghindari kerumunan yang berlebihan untuk menjaga kesehatan keluarga kita, sehingga tujuan mudik berjalan dengan baik.

“Mari kita jaga prokes saat berlebaran nanti, untuk menghindari lonjakan kasus Covid – 19. Sudah 2 tahun kita mati – matian mengendalikan virus yang nggak kasat mata ini,” ujar Maulana penuh harap. (Red).

Continue Reading

Kesehatan

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Anggota TNI AD, PNS Dan Keluarganya, Dirbinlitbang Puskesad Silaturahmi Ke Kantor BPJS Merauke

Published

on

By

Merauke, Jurnaljakarta com –  Dirbinlitbang Puskesad Kolonel Ckm dr. I Made Mardika, SpPD., MARS., FINASIM. didampingi Karumkit Tk IV Jenderal TNI L.B. Moerdani Mayor Ckm dr. Beni, MKes., SpB  lakukan silaturahmi kepada Kepala Cabang BPJS Merauke dr. Ahmad Zainudin di kantor BPJS Merauke, Jln. Mandala-PGT Merauke, Papua, Senin (18/04/2022).

Berdasarkan arahan Danrem 174/ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi, S.E,. saat bertemu di Makorem 174 Merauke pada kegiatan Wasgiat Werfing Cata PK TNI AD Gel. I TA. 2022 menyampaikan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kesehatan anggota TNI, PNS dan masyarakat umum di wilayah Korem 174/ATW Merauke.

Adapun tujuan silaturahmi untuk menjalin komunikasi dan koordinasi tentang status pelayanan BPJS Kesehatan terhadap anggota TNI AD yang meliputi anggota TNI AD, PNS beserta keluarganya di wilayah Korem 174/ATW Merauke yang selama ini berobat di RS TK IV L.B. Moerdani.

Disamping itu, RS Tk IV L.B. Moerdani juga menerima pasien-pasien umum atau masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan.

Dalam pertemuan dan silahturahmi tersebut, Dirbinlitbang Puskesad dan Kepala Cabang BPJS Merauke menyepakati persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak, sehingga dalam waktu dekat RS Tk IV L.B. Moerdani dapat melayani penggunaan BPJS bagi anggota TNI, PNS dan keluarganya termasuk masyarakat umum. (Red)

 

Continue Reading

Kesehatan

Sigap Melayani Masyarakat, Satgas Yonif 126/KC Datangi dan Obati Warga Yang Alami Demam Tinggi

Published

on

By

Keerom, Jurnaljakarta.com – Tim Kesehatan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 126/KC Pos Batom memberikan pengobatan kepada Alvius Kimki (13) yang mengalami demam tinggi dengan mendatangi langsung kerumahnya yang berada di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (07/04/2022).

“Melihat anaknya mengalami demam tinggi, Bapak Yacub Kimki (36) mendatangi Pos untuk meminta pertolongan pengobatan kepada anaknya yang terbaring di rumah,” ungkap Dansatgas.

“Karena jarak dengan pelayanan kesehatan setempat lumayan jauh ditambah kendala transportasi, pelayanan kesehatan Satgas selalu menjadi pilihan warga yang selalu siap sedia untuk memeriksa kesehatan warga,” tambah Dansatgas.

Sementara itu, Yacub Kimki sang ayah menyampaikan terima kasih kepada Tim Kesehatan Pos Batom yang telah bersedia datang ke rumah untuk mengobati anaknya. “Terima kasih Bapak-Bapak TNI Pos Batom karena telah memberikan pelayanan kesehatan kepada anak saya, mudah-mudahan kondisi kesehatan anak saya segera membaik setelah diberi obat,” ucapnya.(Red)

Continue Reading

Populer