Connect with us

Kesehatan

Peringati HUT ke-72, RSAU dr. Esnawan Antariksa Gelar Donor Darah

Published

on

Jurnaljakarta.com – Memperingati HUT ke-72, Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Esnawan Antariksa Jakarta, menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta, menggelar donor darah, Selasa (7/6/2022).

Kepala RSAU dr. Esnawan Antariksa Kolonel Kes dr. M. Roikhan Harowi, Sp THT-KL., M.Kes., mengatakan, donor darah yang dilaksanakan di ruang Andromeda RSAU dr.Esnawan Antaraliksa, sebagai wujud kepedulian segenap prajurit dan PNS TNI AU, membantu masyarakat.

Diharapkan, kegiatan ini bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat dan PMI Provinsi DKI Jakarta dalam hal penyediaan kebutuhan darah untuk masyarakat.

“Mudah-mudahan hari ini kita bisa menyumbangkan sekitar 500 kantong darah,” ujar Ka RSAU dr. Esnawan Antariksa.

Lebih lanjut Ka RSAU dr. Esnawan Antariksa berharap, semoga kantong darah yang diberikan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan tranfusi darah.

Kegiatan donor darah di gelar selama satu hari dengan mengangkat tema “Setetes Darahmu, Selamatkan Sejuta Jiwa”.

Hadir pada kegiatan tersebut para Pejabat di jajaran RSAU dr. Esnawan Antariksa, dan Staf PMI Provinsi DKI Jakarta.

Kesehatan

Posko Lanud ATS dan HSN Aktif Gelar Bantuan Sosial dan Evakuasi Wilayah Terdampak Gempa Bumi Cianjur

Published

on

By

Cianjur, Jurnaljakarya.com – Posko Lanud ATS dan Posko Lanud HSN Aktif Gelar Bantuan Sosial dan Evakuasi Wilayah Terdampak Gempa Bumi Cianjur. (Selasa, 29-11-2022).

Posko Lanud ATS di Desa Ciputri yang dipimpin Danposko Mayor Tek Endang, pada hari ini (Selasa, 29/11) menampung jumlah pengungsi 300 orang di posko utama dan 724 orang di sekitar posko. Unsur personel di posko tersebut aktif dalam mendistribusikan Bansos dari donatur kepada masyarakat di Desa Ciputri dan sekitarnya serta membantu perawatan korban bencana alam di posko kesehatan dan tenda pengungsi.

Kemudian di Posko Lanud HSN yang berlokasi di Desa Ciherang, yang dipimpin Danposko Letkol Adm Joko Kusbandono, M.Tr.SOU., dengan menampung pengungsi 170 orang di posko utama dan 2.000 orang di sekitar posko. Unsur personel posko Lanud Hsn aktif dalam melaksanakan distribusi bansos dari para Donatur kepada masyarakat dan melaksanakan pendataan kebutuhan pengungsi di lokasi bencana, serta membantu perawatan korban bencana alam di posko kesehatan dan tenda pengungsi. Selain itu menggelar patroli sekaligus Keslap (Kesehatan Lapangan) pengobatan di seputaran lokasi. (Red)

Continue Reading

Kesehatan

Satgasduk Operasi Murai Sakti-22 TNI AU Terus Salurkan Logistik dan Bantu Korban Gempa Cianjur

Published

on

By

Jurnaljakarta.com  – Satuan Tugas Dukungan (Satgasduk) Operasi Murai Sakti-22 TNI AU terus menyalurkan bantuan logistik dan membantu warga masyarakat yang terdampak bencana alam gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Selasa (29/11/2022).

Saatgasduk pimpinan Marsma TNI Suliono terdiri dari Unsur Pangkalan, Unsur Teritorial, Unsur Helikopter, Unsur Pasgat dan Unsur Kesehatan.Hingga hari ke sembilan paska gempa, Satgas telah menyalurkan 29 ton logistik ke daerah bencana, melalui Lanud Atang Sendjaja Bogor dan Lanud Husein Sastranegara Bandung.

Penyaluran bantuan logistik menggunakan Helikopter SA 330 Puma dan NAS 332 Super Puma TNI AU.

Sementara Unsur teritorial yang terdiri dari Posko Ciputri dan Posko Cihereng melaksanakan penerimaan dan penyaluran logistik, pelayanan dapur umum, membantu perawatan korban bencana, dan menyelenggarakan kesehatan lapangan, serta berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait.

Sedangkan Unsur Pasgat membantu perbaikan rumah warga, Membantu pendaratan helikopter yang membawa bantuan logistik di lapangan Aquila Desa Pakuwon dan turut mendistribusikan bantuan logisgik, dapur umun dan perawatan kesehatan bagi warga.

Adapun Unsur Kesehatan, setiap harinya melayani pengobatan umum bagi warga, termasuk pelayanan IGD dan rawat inap. Unsur kesehatan pimpinan Letkol Kes dr. Whiko, SpB juga melakukan koordinasi pasokan logistik obat-obatan, bahan makanan dan barang barang bantuan lainnya dengan BPBD/BNPB, serta membuat laporan data harian pasien Rumkitlap/korban ke Kemenkes RI. (Red)

Continue Reading

Kesehatan

INAHEF 2022: Forum Kemenkes-Industri- Asosiasi, Membangun Sistem Pelayanan Kesehatan Indonesia Yang Unggul

Published

on

By

JurnalJakarta.com  – Kementerian Kesehatan akan menggelar serangkaian acara dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-38. Peringatan HKN ini diharapkan dapat menjadi momentum awal untuk merencanakan dan membangun sistem pelayanan Kesehatan yang unggul.

Pada peringatan HKN ini, Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Badan Standarisasi Nasional, Perkumpulan Teknik Perumahsakitan Indonesia (PTPI) dan asosiasi industri penunjang pelayanan kesehatan seperti GAKESLAB, AIGMI, ASPAKI, dan HAEI akan menyelenggarakan Forum Teknik Pelayanan Kesehatan Indonesia atau Indonesia Healthcare Engineering Forum (INAHEF-2022).

Prof. Dr. Eko Supriyanto, selaku Presiden PTPI menyebut, INAHEF-2022 akan dilaksanakan di Hall 1 ICE BSD dari tanggal 3 – 5 November 2022. INAHEF-2022 terdiri dari beberapa rangkaian yaitu Seminar, Konsultasi, Pameran dan Roadshow, Business Matching, Penghargaan Inovasi dan Forum Group Discussion. “INAHEF 2022 dilaksanakan dengan mengangkat topik mengenai sarana, prasaran dan alkes untuk menunjang 9 layanan prioritas, yaitu Stroke, Cardio, Kanker, TBC, Penyakit Infeksi Emerging, Ibu dan Anak, Ginjal, Hepar, dan Diabetes,” ujarnya melalui keterangan, Rabu (26/10).

Selain mengangkat topik 9 layanan prioritas tersebut, kata Eko, kegiatan INAHEF 2022 juga berfokus kepada 6 bidang teknik pelayanan kesehatan, diantaranya Bangunan, Elektrikal, Mekanikal, Ekologi, Informatika, dan Alat Kesehatan.

Kegiatan ini mengundang para pakar di bidangnya untuk menjadi pembicara. Para pakar tersebut juga membuka layanan konsultasi untuk 6 bidang teknik pelayanan perumahsakitan. “Rumah sakit yang ikut serta dalam rangkaian acara INAHEF memiliki kesempatan untuk dapat berkonsultasi dengan para pakar dari PTPI dan beberapa asosiasi,” imbuh Prof Eko.

“PTPI berharap, INAHEF dapat menjadi sebuah wadah yang akan menjembatani komunikasi antar rumah sakit, industri dan asosiasi,” tutur Prof. Dr. Eko Supriyanto.

Selain Seminar, Pameran dan Roadshow, Konsultasi, Business Matching, dan Forum Discussion Group, salah satu rangkaian kegiatan INAHEF yang berbeda adalah Penghargaan Inovasi untuk Rumah Sakit dan Industri. Pada Penghargaan Inovasi ini, Kementerian Kesehatan, BSN dan PTPI akan memberikan peluang kepada Rumah Sakit maupun Industri untuk menampilkan keunggulannya di beberapa bidang yang dipertandingkan.

Prof. Dr. Eko Supriyanto berharap, dengan adanya INAHEF, maka akan membuka peluang yang lebih luas untuk Rumah Sakit dan Industri untuk terlibat dalam pembuatan Roadmap pemenuhan sarana, prasarana dan alat Kesehatan untuk menunjang implementasi 9 layanan prioritas di rumah sakit pengampu dan jejaringnya seluruh Indonesia.

Sebelum menutup perbincangannya, Prof. Dr. Eko Supriyanto berpesan, baik Rumah Sakit, Industri, Asosiasi dan segala kalangan yang terlibat dalam INAHEF ini berperan aktif seminar dan forum grup diskusi, sehingga fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia semakin diperhitungkan, dan menjadi pilihan bukan hanya bagi WNI tetapi juga warga negara-negara di Asia Tenggara, pungkasnya. (Red).

Bagi yang tertarik untuk berpartisipasi, silahkan registrasi melalui link berikut : https://bit.ly/INAHEF2022-HKN-RegistrasiVisitor

Informasi lebih lanjut tentang INAHEF-2022 dapat dilihat di https://www.health-technology-expo.co.id/.

Continue Reading
Advertisement

Populer