Connect with us

Otomotif

Perdana di Dunia, Mitsubishi Xpander Cross Meluncur di Indonesia

Published

on

Jakarta, JurnalJakarta.com — PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya meluncurkan varian baru Xpander bergaya SUV, dengan nama Xpander Cross. Peluncuran Mitsubishi Xpander Cross diselenggarakan di Hotel Intercontinental, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019).

“Setelah membuat banyak orang penasaran, hari ini hari di mana kami akan membuka semuanya. Dan hari ini adalah world premiere dari Mitsubishi Xpander Cross,” kata President Director MMKSI Naoya Nakamura, dalam sambutannya, Selasa (12/11/2019).

Dijelaskan CEO Mitsubishi Motors Corporation, Takao Kato, Xpander Cross sengaja dibuat untuk memenuhi keinginan konsumen Indonesia akan kendaraan yang cocok digunakan untuk berpetualang.

“Hari ini kami memperkenalkan produk baru untuk Indonesia. Pada model baru ini lebih banyak rasa SUV dan petualangan yang disuntikkan ke Xpander. Model baru ini dinamakan Xpander Cross,” ujar Kato.

Mitsubishi Xpander Cross ditawarkan dalam tiga pilihan tipe, yakni leather seat premium package A/T, A/T, dan M/T. Sementara untuk harganya, leather seat premium package A/T dibanderol Rp 286.700.000, tipe A/T Rp 277.700.000, dan tipe M/T Rp 267.700.000. Harga tersebut sudah berlaku on the road Jakarta.

Sementara untuk pilihan warnanya yakni Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Sterling Silver Metallic, Graphite Grey Metallic, dan Sunrise Orange Metallic.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Otomotif

Kolaborasi Bridgestone & Lightyear Ciptakan Mobil Listrik Bertenaga Surya Pertama di Dunia

Published

on

JurnalJakarta — Berbekal pengalaman selama 90 tahun di industri ban, Bridgestone pemimpin global dalam Layanan Mobilitas Berkelanjutan dan Solusi Tingkat Tinggi, telah mengumumkan kerjasama eksklusif dengan perusahaan inovasi dalam hal mobilitas asal Belanda, Lightyear. Dalam kerjasama ini, Bridgestone menciptakan ban khusus untuk Lightyear One, kendaraan listrik bertenaga surya jarak jauh pertama di dunia, yang akan tersedia secara komersial pada akhir tahun ini.

Berbeda dari mobil listrik pada umumnya, Lightyear One menawarkan jarak tempuh sebesar 725km, dimana belum pernah terjadi sebelumnya. Lightyear One juga merupakan mobil listrik pertama yang memiliki energi yang lebih hemat sebesar 3x lipat dibandingkan mobil listrik yang sudah beredar di pasaran. Energi mobil ini akan diisi langsung oleh sinar matahari melalui atap Surya yang besar, serta meminimalisir emisi karbondioksida serta mampu memaksimalkan efisiensi saat pengisian baterai.

Untuk dapat mencapai performa yang luar biasa tersebut, Lightyear telah melewati batasan-batasan teknologi saat ini, kendaraan yang dirancang dengan mengambil koefisien aerodinamis terbaik dari setiap mobil yang sudah diproduksi hingga saat ini, dengan peningkatan substansial di berbagai desain kendaraan. Untuk mendukung kinerja unik ini dan lebih meningkatkan efisiensi, Lightyear membutuhkan ban yang menawarkan hambatan gulir yang  sangat rendah dan berat ban yang ringan guna menghemat masa pakai baterai, memaksimalkan jarak tempuh kendaraan, dan mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Lightyear One

Bridgestone menjawab tantangan tersebut dengan menciptakan ban Turanza-Eco khusus untuk Lightyear One, dengan menggabungkan teknologi evolusioner ban ringan ENLITEN dan teknologi ologic untuk pertama kalinya. Teknologi ini dapat mengurangi bobot melalui penggunaan bahan mentah selama proses produksi, sekaligus mengurangi hambatan gelinding melalui desain telapak inovatif, diameter yang lebih besar, tekanan inflasi tinggi, dan desain ramping.

Hambatan gulir yang sangat rendah juga mempengaruhi berat baterai yang lebih ringan bagi Lightyear One. Hasilnya, ban Turanza Eco mampu meningkatkan jarak tempuh jika dibandingkan dengan ban alternatif khusus Bridgestone Electric Vehicle lainnya, serta mampu mengurangi bobot baterai sebesar lebih dari 90kg.

Selain mengoptimalkan jarak tempuh  Lightyear One, dispersi silika di dalam ban juga telah ditingkatkan dengan menerapkan teknologi baru dalam pencampuran bahan baku, sehingga terjadi pengurangan keseluruhan berat ban per kendaraan sebesar 3,6kg atau sekitar 10%, tanpa mengorbankan jarak tempuh dan cengkeraman ban.

Untuk pertama kalinya, simbol ban EV Bridgestone akan terpasang pada dinding samping ban Turanza Eco. Simbol Bridgestone EV diterapkan pada ban yang dibuat khusus untuk kendaraan listrik dan simbol ini menunjukkan bahwa ban tersebut menjalani proses pengujian yang ketat untuk mendapatkan persetujuan dari produsen mobil. Hasilnya, ban ini mendukung fitur unik kendaraan listrik dan memenuhi persyaratan pabrikan mobil untuk daya baterai, kontrol kendaraan, dan masa pakai ban.

Bridgestone juga memanfaatkan teknologi Pengembangan Ban secara Virtualnya yang memungkinkan simulasi kinerja ban yang akurat tanpa harus memproduksi dan mengujinya secara fisik terlebih dahulu, hal ini dapat menghemat hingga 40.000 kilometer saat pengujian pada mobil di luar ruangan di kehidupan nyata. Hal ini juga dapat memangkas waktu pengembangan produk dan pengujian ban di luar ruangan hingga 50%.

Lightyear One

Pijakan dari lahirnya Lightyear one ini terjadi pada waktu Bridgestone World Solar Challenge, yaitu sebuah perlombaan melintasi Pedalaman Australia sepanjang 3.000 km yang mendorong limit inovasi dan teknologi dari mobilitas bertenaga surya. Dengan pemikiran ini, Bridgestone telah berkolaborasi dengan Eindhoven Technical University dan orang-orang di balik Lightyear selama delapan tahun. Solar Team Eindhoven, yang merupakan tempat kelahiran Lightyear sendiri, memenangkan Cruiser Cup Bridgestone World Solar Challenge empat kali berturut-turut, dari tahun 2016 sampai 2019.

Emilio Tiberio, COO & CTO Bridgestone EMIA (Europe, Russia, Middle East, India and Africa), menjelaskan bahwa, Lightyear terkesan dengan pendekatan Bridgestone terhadap mobilitas berkelanjutan sejak kami terlibat dalam proyek Bridgestone World Solar Challenge, membuat kami bersemangat untuk berperan dalam proyek Lightyear One. “Bridgestone berkomitmen untuk mengurangi 50% emisi CO2 pada tahun 2030 dan menggunakan 100% bahan yang berkelanjutan pada tahun 2050 dan kemitraan strategis yang sangat penting untuk mencapai tujuan ini. ” tuturnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, (4/5/2021).

Sementara otu, Lex Hoefsloot, CEO Lightyear, juga menambahkan bahwa dirinya sangat senang melihat kolaborasi antara Bridgestone dan Lightyear ini, dengan dua perusahaan yang berbagi visi yang sama untuk mobilitas berkelanjutan di masa depan dapat bersatu.

“Dunia sudah mengalami perubahan dan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan melalui inovasi serta teknologi mutakhir, kita dapat bekerja sama untuk menangkap peluang langsung dan menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan”, pungkasnya. (Bgs)

Continue Reading

Otomotif

Bridgestone One Stop Service Pertama di Wilayah Tangerang Resmi Dibuka

Published

on

JurnalJakarta — PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), bagian dari Bridgestone Corporation pemimpin global dalam Layanan Mobilitas Berkelanjutan dan Solusi Tingkat Tinggi, mengumumkan peresmian satu lagi tambahan jaringan outlet resmi mereka yaitu, Bridgestone One Stop Service Cikupa yang berlokasi di Jl Raya Serang KM 12 Bitung, Tangerang Banten.

Yuichi Asaoka selaku Direktur Pemasaran PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan bahwa, Tahun 2021 sepertinya masih merupakan tahun yang penuh tantangan bagi bisnis ban, terlebih melihat pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Terlepas dari semua tantangan ini, dibukanya Bridgestone One Stop Service pertama di wilayah Tangerang ini, adalah bukti komitmen kami untuk terus meningkatkan kehadiran Bridgestone dan menjangkau lebih banyak pelanggan,” ujar Yuichi dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (12/03).

Bridgestone One Stop Service Cikupa merupakan outlet resmi “flagship” kelima dari Bridgestone Indonesia, dan merupakan yang pertama berlokasi di Tangerang. Outlet ini terletak di kawasan yang sangat strategis yang dekat dengan kawasan industri, pergudangan dan perumahan di pusat kota Tangerang.

Dalam rangka peresmian Bridgestone One Stop Service Cikupa ini, pelanggan dapat menikmati diskon spooring 25% untuk setiap pembelian 2 ban Bridgestone dan diskon spooring 50% untuk setiap pembelian 4 ban Bridgestone pada outlet tersebut.

Setiap outlet Bridgestone One Stop Service menawarkan berbagai layanan seputar ban seperti bongkar pasang ban, pengecekan tekanan angin, balancing, dan ditambah juga dengan cuci mobil dan layanan perawatan kendaraan lainnya.

Selain itu Sales Advisor bersertifikasi Bridgestone pun akan siap untuk menjawab dan menjelaskan seluruh informasi terkait ban yang dibutuhkan pelanggan. Outlet ini dilengkapi juga dengan fasilitas premium seperti ruang tunggu yang nyaman dan ruang bermain untuk anak sebagai usaha untuk menghadirkan layanan outlet ban terbaik di Indonesia.

Selain Bridgestone One Stop Service, Bridgestone Indonesia juga memiliki jaringan Outlet Resmi lainnya yaitu lebih dari 300 Outlet Toko Model Bridgestone (TOMO) dan juga Bridgestone Truck Tire Center (BTTC) yang tersebar di 30 Provinsi dan lebih dari 112 Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia. (Bgs)

Continue Reading

Olahraga

MotoGP 2021: Valentino Rossi-Franco Morbidelli Pamer Motor Baru Petronas Yamaha

Published

on

JurnalJakarta — Petronas Yamaha SRT memamerkan motor balap baru mereka untuk mengarungi MotoGP 2021. Tak lupa sekaligus memperkenalkan duo pebalapnya, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli yang dilakukan secara virtual, Senin (1/3/2021).

Petronas Yamaha SRT meluncurkan motor dengan warna khas mereka, hitam dan pirus atau toska persis dengan corak musim lalu seperti yang digunakan Franco Morbidelli pada musim 2019 dan 2020. Untuk musim ini, motornya tetap diberi nama YZR-M1.

Dalam acara itu juga diperkenalkan dua line-up pebalap Petronas SRT Yamaha dengan Valentino Rossi sebagai gacoannya didampingi Franco Morbidelli. Ya, seperti diketahui, Fabio Quartararo menggantikan tempat Valentino Rossi di tim Factory Yamaha.

Valentino Rossi

Ini pertama kalinya sejak kembali ke Yamaha dari Ducati pada 2013, Rossi berganti tim dan dia belum menjadi pembalap satelit sejak 2001.

“Ini pengalaman baru dan saya tidak sabar menunggu!” kata Rossi saat peluncuran tim dalam situs MotoGP, Senin (1/3/2021).

“Saya suka motor baru, helm dan livery-nya. Saya ingin kompetitif, berjuang untuk podium, berjuang untuk memenangkan balapan dan juga berjuang untuk posisi yang baik di klasemen Kejuaraan Dunia.”

“Kami semua sangat fokus pada target kami untuk membuat yang terbaik semampu kami. Saya pikir berduet dengan Franco, kami adalah pasangan pembalap yang sangat menarik karena kami sangat mengenal satu sama lain. Seluruh tim memiliki banyak motivasi dan saya akan memberikan yang terbaik. maksimal untuk mencapai hasil terbaik bersama. Kami siap untuk memulai,” jelas Rossi.

Sementara Rossi akan terus membalap motor spek pabrikan di Petronas tahun ini, sama seperti Quartararo dan Vinales yang ada di Monster Yamaha. Sedangkan Morbidelli akan tetap menggunakan mesin “A-Spec” M1.

“Livery YZR-M1 2021 mirip dengan dua tahun terakhir,” kata Morbidelli.

“Yang berbeda dari tahun-tahun terakhir adalah rekan setim saya; saya berharap dan berharap ini akan menjadi musim yang hebat bagi saya dan Vale. Kami telah memiliki hubungan yang kuat selama bertahun-tahun dan kami akan belajar banyak dari satu sama lain,” sambungnya.

“Target saya untuk 2021 adalah untuk menjadi lebih baik; meningkatkan diri saya sebagai pribadi, pembalap dan atlet. Saya tahu ini sulit dan sulit karena tahun lalu kami cukup cepat dan kami membuat balapan yang hebat dan meraih hasil yang luar biasa. Namun demikian, kami harus melakukannya. mencoba untuk meningkatkan dibandingkan dengan tahun 2020, jadi itulah tujuan saya, mencoba menjadi lebih baik dari tahun ke tahun,”.

2021 jadi momentum kebangkitan Yamaha. Setelah 2020 jadi catatan manis bagi Franco Morbidelli. Ia membalap dengan spek motor lebih rendah dari ketiga pebalap Yamaha lainnya, tapi tampil paling ciamik dengan finis di tempat kedua pada klasemen akhir.

Pebalap Petronas SRT itu tampil sebagai runner-up MotoGP 2020. Morbidelli menyudahi musim dengan perolehan 158 poin, berjarak 13 poin saja dari pebalap Suzuki Joan Mir, yang merengkuh titel juara dunia.

Franco Morbidelli

Pada MotoGP 2020 yang menggelar 14 seri, Morbidelli meraih tiga kemenangan, jumlah terbanyak di antara para kontestan, sama dengan Fabio Quartararo. Rider Italia berdarah Brasil tersebut melengkapinya dengan tambahan dua kali finis di podium, dan tiga kali finis 10 besar.

“Kami menantikan musim depan, ingin memberikan kesempatan terbaik bagi Franco dan Valentino,” kata kepala tim Razlan Razali.

“Bagi Franco, ini adalah kesempatan luar biasa untuk mencapai hal-hal yang lebih baik daripada musim gemilangnya di tahun 2020 dan untuk Valentino kami berharap tim baru akan memberinya kesempatan terbaik untuk memanfaatkan bakat dan keahliannya,” jelas Razlan Razali. (Bgs)

Continue Reading

Populer