Connect with us

REDAKSI

Perda APBD Perubahan Jabar 2022 Disahkan

Published

on

JurnalJakarta.com – Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Jawa Barat Tahun 2022 resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah.

Pengesahan Perda Perubahan APBD 2022 ditandai dengan penandatanganan persetujuan bersama antara Pimpinan DPRD Jabar dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar, Kamis (29/9/2022).

Dalam pendapat akhirnya, Gubernur menyampaikan, volume Perubahan APBD 2022 yang semula sebesar Rp31,54 triliun bertambah Rp559,89 miliar menjadi Rp32,10 triliun atau naik 1,78 persen.

Kang Emil, sapaan akrabnya melanjutkan, target perubahan pendapatan daerah tersebut berasal dari kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), penyesuaian pendapatan transfer, serta peningkatan lain-lain pendapatan daerah.

Selanjutnya, belanja daerah pada Perubahan APBD 2022 yang semula direncanakan Rp31,53 triliun bertambah Rp2,46 triliun menjadi Rp33,98 triliun atau naik 7,79 persen.

“Belanja daerah tersebut berasal dari belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga, dan belanja transfer,” ucap Kang Emil.

Dengan demikian terdapat selisih kurang antara pendapatan daerah dengan belanja daerah, yakni defisit sebesar Rp1,88 triliun yang harus ditutup oleh pembiayaan netto.

Adapun untuk pembiayaan daerah, Kang Emil menyampaikan, penerimaan pembiayaan mengalami kenaikan, yang semula Rp742,37 miliar menjadi Rp2,66 triliun atau bertambah Rp1,92 triliun.

Kenaikan tersebut bersumber dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) Tahun Anggaran 2021 yang sudah diaudit oleh BPK.

Pengeluaran pembiayaan juga mengalami kenaikan, yang semula Rp 757,53 miliar menjadi Rp782,84 miliar atau bertambah sebesar Rp25,30 miliar.

Kenaikan tersebut karena adanya kewajiban pemenuhan dana cadangan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Tahun 2024, dan tambahan penyertaan modal untuk BUMD.

Selanjutnya, Perda Perubahan APBD Jabar 2022 ini akan disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi.

Selain mengesahkan Perda Perubahan APBD Jabar 2022, dalam rapat paripurna tersebut Kang Emil juga menyampaikan pengantar nota keuangan perihal rancangan APBD tahun 2023.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REDAKSI

Kebakaran Ruko di Blok B Pademangan Barat Berhasil Dipadamkan

Published

on

By

Jurnaljakarta com – Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu berhasil memadamkan kebakaran yang menghanguskan salah satu ruko di kompleks pertokoan Jalan Ruko Permata, Pademangan Barat, Pademangan, Senin (26/12). Diduga kebakaran dipicu akibat korsleting listrik dari salah satu ruko di Blok B.

Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Subadi menuturkan, pihaknya menerima informasi kebakaran pada pukul 13.06 WIB. Laporan disampaikan salah seorang warga yang mendatangi Pos Pemadam Pademangan Barat.

“Kami langsung mengerahkan delapan unit mobil pemadam terdiri dari light dan medium preasurre,” ujar Subadi.

Untuk melakukan pemadaman, pihaknya juga mengerahkan sebanyak 40 petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Setelah berjibaku dengan api dan dilakukan proses pemadaman sekitar 35 menit kemudian api akhirnya berhasil dikuasai.

“Kami belum bisa kalkulasikan jumlah kerugian material. Kami pastikan tidak ada korban jiwa maupun luka berat,” tandasnya.

Continue Reading

REDAKSI

HUT POMAU, Satprov Kosek IKN Melaksanakan Pekan Disiplin

Published

on

JurnalJakarta – Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Polisi Militer Angkatan Udara , Satuan Provost Kosek IKN melaksanakan operasi penegakan disiplin kendaraan bermotor bertempat di depan Mako Kosek IKN. Kamis (27/10/2022).

Pekan Disiplin yang dipimpin oleh Dansatprov. Kosek IKN Lettu Pom Junarto, Dalam keterangannya saat melaksanakan pekan disiplin Dansatprov menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya Operasi Gaktib ini dapat meningkatkan kedisiplinan para prajurit maupun PNS Kosek IKN untuk selalu mematuhi aturan dalam berkendara.

“untuk itu sasaran Operasi Gaktib yang dilakukan yaitu meliputi, pengecekan kelengkapan dari kendaraan bermotor seperti STNK, SIM dan SIM TNI bagi prajurit yang memakai kendaraan dinas” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Dansatprov bahwa penegakan ketertiban dan kedisiplinan kepada seluruh prajurit Kosek IKN ini tidak lain untuk menekankan perilaku yang tidak kita inginkan yang akan menimbulkan pelanggaran dalam berkendara.

Gaktib yang dilaksanakan ini selain untuk menegakkan peraturan dalam hal tertib hukum juga bertujuan untuk menanamkan disiplin dan sopan santun dalam berkendara baik di dalam maupun di luar lingkungan Kosek IKN.

Continue Reading

REDAKSI

Upacara 17an, TNI Senantiasa Menjadi Garda Terdepan

Published

on

JurnalJakarta – Komandan Kosek IKN Marsma TNI Setiawan memimpinupacara 17an Kosek IKN bertempat di Lapangan ApelMakosek IKN, Senin (17/10/2022).

Selaku Inspektur Upacara, dalam upacara 17an yang diikutiseluruh Asisten, pejabat dan anggota Kosek IKN, KomandanKosek IKN membacakan sambutan Panglima TNI.

Mengajak untuk selalu bersyukur atas segala limpahanrahmat Tuhan Yang Maha Esa, Panglima TNI menekankanseluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil untuk bersungguh-sungguh menyelesaikan program triwulan IV tanpa ada yang ditinggalkan.

Selanjutnya menghadapi G20 yang akan dilaksanakan di Bali, Panglima TNI menghimbau  untuk mendukungpemerintah dalam menunjukkan pada dunia bahwakepemimpinan Indonesia di G20 bisa menghasilkan aksi dansolusi konkret, agar krisis dunia tidak berlanjut dan dapatmembangun dunia yang lebih mampu menghadapitantangan-tantangan ke depan.

TNI senantiasa harus menjadi garda terdepan dalammembantu kesulitan rakyat”, tekan Panglima TNI menyikapi cuaca ekstrim yang menimbulkan bencana alam diakhirtahun 2022. 

Continue Reading

Populer