Connect with us

Militer

Pembukaan PON XX Semakin Dekat, Kodam XVII/Cenderawasih Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Di Provinsi Papua

Published

on

JurnalJakarta — Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 tinggal menghitung hari, Kodam XVII/Cenderawasih terus gencarkan vaksinasi yang dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di Kelurahan Argapura Selatan RT 04 dan Masjid Raya Baiturrahim Klofkamp Jayapura, Papua, Sabtu (25/9/2021).

Di sela-sela kunjungannya, Kepala Kesehatan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Ckm dr. I Nyoman Linggih, M.A.R.S mengatakan bahwa kegiatan serbuan vaksinasi ini merupakan arahan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A agar masyarakat yang berada di Provinsi Papua terhindar dari penyebaran virus Covid-19 serta dapat menambah kekebalan tubuh. Selain itu disampaikan juga, bahwa kegiatan tersebut untuk mendukung penyelenggaraan PON XX tahun 2021.

“Kegiatan ini merupakan arahan langsung dari Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono M.A untuk melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat di Provinsi Papua, khususnya di 4 klaster PON XX yang akan dibuka beberapa saat lagi. Selain untuk memutus penyebaran Covid-19,  kegiatan vaksinasi ini juga bertujuan agar masyarakat yang telah divaksin dapat melihat secara langsung pertandingan yang dilaksanakan,” ucap Kakesdam.

Selanjutnya dijelaskan oleh Kakesdam XVII/Cenderawasih bahwa sebelum perhelatan PON XX dibuka, diharapkan cakupan vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 70%.

“Kami dari Kodam XVII/Cenderawasih sedang gencar-gencarnya menggelar vaksinasi untuk mencapai target sebanyak 70%, dimana untuk saat ini cakupan di Kabupaten Merauke sudah mencapai 66%, Kota Jayapura 63% dan di Kabupaten Keerom pun sudah mendekat ke angka di atas 50%. Maka dari itu, kami berharap dalam seminggu ini bisa mencapai target tersebut sebelum PON XX dibuka,“ harap Kakesdam.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Kakesdam bahwa dalam kegiatan vaksinasi tersebut, melibatkan tim vaksinator dari Kesehatan Polda Papua serta tim vaksinator dari Kesehatan Kodam XVII/Cenderawasih.

“Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua diikuti oleh kurang lebih 250 masyarakat, di samping itu Kodam XVII/Cenderawasih juga menggunakan strategi Door to Door agar hasilnya lebih maksimal,” jelas Kakesdam.

Sementara itu, Bapak Isak Sibi selaku Ketua RT 04 Kelurahan Argapura yang ikut melaksanakan vaksinasi menyampaikan bahwa dirinya bersama masyarakat Kelurahan Argapura sangat mendukung kegiatan vaksinasi ini.

“Kami sangat mendukung program vaksinasi ini sebab kegiatan ini merupakan upaya yang tepat untuk menjaga diri dan keluarga sehingga terhindar dari bahaya Covid-19,“ ungkapnya.

Turut hadir dalam peninjauan, Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Arm Reza Nur Patria.

Militer

Kodam Jaya Menggelar Upacara Bendera

Published

on

By

Jurnaljakarta com – Cililitan, Jakarta Timur. Kodam Jaya gelar upacara bendera bertempat di Lapangan Jayakarta Makodam Jaya, Jakarta Timur, yang diikuti oleh seluruh personel Kodam Jaya. Senin (17/1/2022).

Kasdam Jaya Brigjen TNI Boby Rinal Makmun bertindak sebagai inspektur upacara, pada kesempatan ini membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad).

Dalam amanatnya, Kasad menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap Prajurit dan PNS TNI Angkatan Darat atas kerja keras dan dedikasi yang tinggi akan tugas yang telah dilaksanakan dengan baik pada tahun 2021. Diharapkan pencapaian tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan karena berbagai agenda penting membutuhkan kesiapan TNI AD di tahun 2022 ini.

Selain itu disampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman seluruh prajurit TNI AD dalam melaksanakan tugas di tahun 2022.

Upacara berlangsung khidmat dengan memperhatikan protokol kesehatan.(Red)

Continue Reading

Militer

Jelang Acara Pentabisan Imamat Satgas Yonif 126/KC Bantu Warga Bersihkan Gereja

Published

on

By

Keerom, Jurnaljakarta.com –  Pos Yuruf Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC bersama masyarakat dan jemaat melaksanakan kegiatan Karya Bakti yang berlangsung di Gereja Santa Maria Bunda Allah Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Kegiatan karya bakti ini dalam rangka persiapan acara Pentabisan Imamat Pastor Soter Pangguem putra asli Kp. Yuruf yang akan diangkat sebagai Pastor dan akan dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2021.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han. dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (18/01/2022).

“Kegiatan Karya Bhakti pembersihan yang dilaksanakan oleh personel Pos Yuruf bersama jemaat dan warga masyarakat ini merupakan salah satu wujud nyata dan peran aktif serta sumbangsih Satgas Yonif 126/KC sebagai wujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” tegas Dansatgas.

Sementara itu Dankipur III Satgas Yonif 126/KC Lettu Inf H. A. Nasution juga mengatakan, “Sebagai prajurit TNI yang berasal dari rakyat dan akan kembali lagi ke rakyat, maka kami akan selalu berusaha agar keberadaan kami di sini dapat bermanfaat banyak bagi masyarakat sekitar. Sehingga apapun kepentingan rakyat sebisa mungkin akan kami bantu,” Ucap Dankipur.

Selanjutnya, Bapak Emos Sumel (30) selaku Tokoh Agama setempat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 126/KC. Khususnya personel Pos Yuruf, yang dengan ikhlas bersama warga dan jemaat membersihkan gereja. “Semoga kebaikan bapak-bapak TNI akan mendapatkan balasan dari Tuhan,” tuturnya. (Red)

Continue Reading

Militer

Pembukaan FESA & Final AMSO Tahun 2021, Kasau: FESA Wujud Komitmen Yasarini Majukan Pendidikan Bagi Generasi Muda

Published

on

By

Jurnaljakarta.com –  Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P secara resmi membuka Festival Edukasi Sekolah Angkasa (FESA) yang ke-5 tahun 2021 secara virtual dari Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Selaku pembina utama Yayasan Ardhya Garini (Yasarini), Kasau menilai pelaksanaan FESA merupakan wujud komitmen Yasarini dalam upaya memajukan pendidikan bagi generasi muda penerus bangsa Indonesia.

“Saya menilai, FESA merupakan bukti komitmen Yasarini untuk terus berupaya memajukan pendidikan bagi generasi muda bangsa umumnya, dan khususnya keluarga besar TNI AU,” kata Kasau.

Kasau juga optimis, pelaksanaan FESA dapat menjadi sarana menumbuh kembangkan kreativitas, motivasi belajar, rasa keingintahuan, serta karakter jiwa sosial di dalam diri anak-anak siswa dan siswi Sekolah Angkasa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pembukaan FESA turut dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) Yasarini, ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman, Ketum PIA Ardhya Garini selaku Wakil Ketua Umum Yasarini, Wakil Ketua Umum PIA Ardhya Garini selaku Ketua Harian Yasarini Ibu Thres Gustaf Brugman.

Sementara Ketum Yasarini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto berharap, FESA dapat menumbuhkan semangat dalam persaingan positif pada seluruh civitas Sekolah Angkasa, dan juga sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan yang bermuara pada terciptanya kecerdasan kehidupan bangsa.

FESA tahun ini menyelenggarakan AMSO (Angkasa Mathematic and Science Olympiad) tingkat SD, SMP, SMA dan SMK seluruh Indonesia. Selain itu, FESA juga memberian apresiasi kepada Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Angkasa Inspiratif dan pemilihan Ketua Cabang yang berdedikasi.

Pelaksanaan AMSO, untuk tahap seleksi mandiri telah dilaksanakan oleh sekolah masing-masing pada bulan November dan Desember 2021 lalu. Dilanjutkan babak penyisihan pada tanggal 11 Januari 2022. Sedangkan pada hari ini, AMSO telah memasuki babak final yang terdiri dari 1.220 siswa. Salah satu kegiatannya hari ini adalah Teleconference dan kunjungan virtual ke Lanud-lanud jajaran TNI Angkatan Udara.

Turut juga mengikuti pembukaan FESA dan Final AMSO tahun 2021 ini, sejumlah pejabat utama jajaran TNI AU beserta istri, Pengurus PIA Ardhya Garini Pusat dan Yasarini Pusat, Pembina Harian Yasarini Pusat, Pembina dan Ketua Yasarini Pengurus Perwakilan Kodiklatau, Koopsau I, Koopsau II, Koopsau III.

Selain itu, juga hadir Pembina dan Ketua Yasarini Cabang jajaran seluruh Indonesia, Direktur Direktorat Pengembangan SMA Pradita Dirgantara, Prof.Dr.Ibrahim Bafadal, M.Pd beserta tim LPI Sabilillah Malang, Dr. Rosita Uli Sihombing., M.Pd.(Red)

Continue Reading
Advertisement

Populer