Connect with us

Militer

Pelajari Potensi Ancaman Wilayah Udara, Tujuh Instansi Menjadi Sasaran Kuliah Kerja

Published

on

JurnalJakarta — Menjadi sebuah kesempatan berharga bagi Perwira Siswa (Pasis) melaksanakan kuliah kerja dalam rangka mempelajari berbagai potensi ancaman yang mungkin terjadi terhadap wilayah yuridiksi nasional melalui media udara, secara khusus di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I.

Hal tersebut disampaikan Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., mengawali sambutannya saat mendampingi Kuliah Kerja Manajemen (KKM) Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 dan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Pasis Sesau Angkatan Ke-15 TP 2021 di Gedung Leo Wattimena, Komado Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

“Namun demikian, pelanggaran wilayah udara nasional masih kerap terjadi yang dilakukan pesawat udara Negara lain,” jelasnya.

Untuk itu, bertemakan “Antisipasi Ancaman Udara di Wilayah ALKI I Dalam Rangka Menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, kuliah kerja yang diikuti sebanyak 177 Pasis baik secara daring sebanyak 82 Pasis maupun tatap muka sebanyak 95 Pasis dengan mematuhi protokol kesehatan, mengunjungi tujuh instansi TNI untuk mempelajari upaya-upaya yang dilakukan dalam mengantisipasi ancaman udara tersebut. Rencananya selama empat hari kedepan (23-26 Maret), ketujuh instansi yang akan dikunjungi yaitu Kohanudnas, Kosekhanudnas I, Koopsau I, Lanud Halim Perdanakusuma, Sopsau, Dispamsanau, dan Koarmada I.

Data dan informasi yang diperoleh nanti, kata Danseskoau, akan dipergunakan para Pasis sebagai bahan pembuatan naskah seminar yang kemudian akan dipaparkan pada bulan April mendatang.

Pada kesempatan itu, Pangkohanudnas Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M., menyambut baik kedatangan Danseskoau beserta Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 dan Sesau Angkatan Ke-15 serta menjadikan Kohanudnas sebagai tujuan kuliah kerja untuk mendapatkan data dan informasi terkini mengenai pertahanan keamanan wilayah udara nasional.

Baca Juga : Pangkohanudnas Terima Kunjungan Pasis Prodi S2 Strategi Operasi Udara Seskoau A-58 dan Kuliah Kerja Dalam Negeri Sesau A-15

Dijelaskan bahwa Kohanudnas bertugas menyelenggarakan upaya pertahanan keamanan terpadu atas seluruh wilayah udara nasional, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan Kotamaops TNI lainnya. Dalam pelaksanaan tugas, lanjutnya, Kohanudnas memiliki sistem pertahanan udara nasional (Sishanudnas) yang merupakan suatu konsep pertahanan keamanan Negara dengan melibatkan seluruh unsur udara nasional yang berkemampuan pertahanan udara (Hanud).

“Melalui Sishanudnas diharapkan upaya mempertahankan dan melindungi wilayah udara nasional dari berbagai ancaman udara yang berasal dari dalam maupun luar negeri dapat diwujudkan,” jelasnya.

Karena pentingnya kuliah kerja ini, kata Pangkohanudnas, diharapkan Pasis dapat memanfaatkan waktu untuk mengumpulkan data, cari informasi sedalam-dalamnya, dan banyak bertanya agar nantinya dapat menghasilkan naskah seminar yang memiliki kontribusi positif sebagai bahan masukan bagi pimpinan dalam menentukan kebijakan.

Hadir dalam kegiatan ini Asops Kasau Marsda TNI M. Khairil Lubis, Kas Koopsau I Marsma TNI Jorry S. Koloay, S.I.P., M.Han., Kas Koarmada I Laksma TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Hanla)., C.H.R.M.P., Kadispamsanau Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko, S.Sos., Marsma TNI Azhar Aditama, para pejabat Kohanudnas serta para Patun Seskoau dan Sesau.

Militer

Kosekhanudnas I Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta

Published

on

JurnalJakarta — Pandemi Covid-19 belum berakhir, tidak hanya bidang kesehatan yang terdampak, namun sektor ekonomi dan pendidikan juga collab karena terhambatnya aktifitas disemua lini.

Mendukung pemerintah menanggulangi penyebaran Covid-19, Kosekhanudnas I bersama beberapa satuan lain dalam lingkungan TNI Angkatan Udara mengupayakan percepatan pemberian vaksin kepada seluruh masyarakat Indonesia, yang saat ini dilaksanakan di wilayah Yogyakarta, dengan lokasi bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo dan Lapangan terbang Gading, Wonosari, Jumat (23/9/2021).

Merupakan kelanjutan dari vaksinasi dosis pertama yang dilaksanakan pada bulan Agustus lalu, dalam bulan September ini dilaksanakan vaksinasi dosis kedua yang dibuka tanggal 22 hingga 25 September esok.

Seperti pada pelaksanaan vaksinasi dosis pertama Agustus lalu, Tenaga Kesehatan (Nakes) Kosekhanudnas I juga mengambil bagian dalam pelaksanaan vaksinasi kedua dibulan September ini.

Dikonfirmasi melalui telepon seluler, Kasidukkes Kosekhanudnas I, drg. Widyastuti yang masuk dalam kelompok Tim Vaksinator Kohanudnas mengaku merasa senang dan bersemangat melaksanakan tugas walaupun badan terasa lelah, karena melihat antusias masyarakat Yogjakarta yang mengantri rapi sejak pagi untuk mendapatkan vaksin.

Pelaksanaan vaksinasi hari ketiga di Bandara YIA berhasil memvaksin 3449 orang dari masyarakat umum dan anak sekolah, diantaranya 350 orang merupakan peserta yang tervaksin oleh Vaksinator Kosekhanudnas I yang tergabung dalam Tim Kohanudnas.

Continue Reading

Militer

Komandan Seskoal Terima Kunjungan Pimpinan Telkomsel di Seskoal

Published

on

JurnalJakarta — Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr. (Han) didampingi Wakil Komandan Seskoal (Wadanseskoal) Laksamana Pertama TNI Dr. Aria Cakra Wibawa, dan Kepala Sekretaris Lembaga (Kasetlem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CFrA menerima kunjungan dari Bapak Pimpinan Operasional Telkomsel DKI Jakarta : Bapak Nugroho Adi Wibowo, didamingi bapak Pimpinan Aset Area 2 Jabotabek Jawa Barat : Bapak Ade Mulyono di ruang transit Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir Jakarta Selatan, Jumat (24/09).

Komadan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr. (Han) menyampaikan terima kasih atas kehadirannya Bapak Nugroho Adi Wibowo, dari PT. Telkomsel untuk membicarakan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik di Seskoal walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan hand sanitizer.

Hadir pada kesempatan tersebut Komandan Denma Seskoal (Dandenma) Letkol Marinir Jumino, M.Tr.Hanla, Kepala Bagian Program dan anggaran (Kabagprogar) Letkol Laut (S) Arief Saepullah, S.T., M.T, peserta pendamping dari PT Telkomsel adalah bapak Manager Infrastruktur Management : Bapak Rahmat Hidayat, Manager Operasional Jakarta Timur dan Selatan : Bapak Ahsan Lau, Team infrastruktur management : Bapak M Ikhsan, Team Distrik Operasional Jakarta Selatan : Bapak Tomi dan Bapak Fachrudin dan Team Distrik Operasional Jakarta Timur : Bapak Heri Aji

Continue Reading

Militer

Oyu Latma Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59 TA. 2021 Resmi Ditutup

Published

on

JurnalJakarta — Usai sepekan dilaksanakan, Olah Yudha Latihan Bersama (Oyu Latma) yang diikuti oleh Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut Angkatan ke-59 TA. 2021 secara resmi Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksmana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han). di Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (24/09). Kegiatan Oyu Latma Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA. 2021 ini dilaksanakan mulai tanggal 20 Sampai dengan 24 September 2021.

Dalam amanat Danseskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han)., mengatakan bahwa pengalaman melaksanakan latihan Oyu Latma diharapkan dapat memebrikan bekal bagi para Pasis untuk memiliki kemampuan merencanakan, memepersiapkan dan melaksanakan latihan bersama Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK). Patut disyukuri bersama, selamat Oyu Latma para Pasis mendapat pembekalan dari pejabat AHA Centre dengan topik: Penanggulangan Bencana Alam Yang Melibatkan Militer Beberapa Negara”.

Selama melaksanakan kegiatan Oyu Latma, para Pasis telah mampu menyelenggarakan latihan bersama dengan Negara lain sesuai peran yang diberikan lembaga. Para Pasis telah melaksanakan perannya sebagai pejabat staf Mabesal, Staf Satgas MNEK maupun sebagai atase pertahanan untuk melaksanakan rangkaian kegiatan penyelenggaraan latihan bersama MNEK dengan baik.

Lebih lanjut dikatakan Danseskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han)., bahwa dalam penyelenggaraan latihan bersama ini, Pasis juga telah berlatih melaksanakan kegiatan mulai dari tahap perencanaan yang meliputi survei daerah latihan, penyusunan konsep umum latihan, sosialisasi MNEK oleh Satgas kepada Athan Negara sahabat, kementerian/lembaga/badan/ instansi terkait.

Pada tahap pelaksanaan, para Pasis telah melaksanakan kegiatan meliputi IPC, MPC, maupun FPC, serta penyusunan RGB, walaupun dalam pelaksanaanya belum sempurna dan masih banyak yang perlu mendapat perhatian.

“Dengan berakhirnya Oyu Latma ini,bukan berarti berakhir pula proses pembelajaran bagi para Pasis karena tantangan tugas ke depan semakin kompleks dan menuntut para Pasis untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya sesuai dengan ilmu pengetahuan bidang kemaritiman dan keangkatanlautan dihadapkan dengan dinamika lingkungan strategis,” tegas Danseskoal dalam amanatnya.

Hadir pada acara penutupan Dirdik Seskoal Kolonel Laut (P) Dr. Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si., selaku Direktur Latihan Oyu Latma, para pejabat, para Dosen dan Perwira Penuntun Seskoal. Kegiatan Oyu Latma ini terselenggara dibawah tanggung jawab Kadepops Seskoal Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra beserta staf Depops Seskoal.

Continue Reading
Advertisement

Populer