Connect with us

Militer

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59 TA 2021 Laksanakan Diskusi Kelompok (DK I/II) Strategi Militer

Published

on

JurnalJakarta — Dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA 2021 dengan antusias melaksanakan Diskusi Kelompok (DK I/II) Strategi Militer, bertempat di Ruang Diskusi I sd Ruang Diskusi 15 Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir Jakarta Selatan, Rabu (17/2).

Kegiatan DK I dan DK II Strategi Militer ini diikuti oleh 174 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021 yang terbagi menjadi 15 kelompok diskusi. Dengan topik “ Strategi Operasi Laut dalam pertempuran Normandia tahun 1944, Perang Korea Tahun 1950 dan Perang Teluk Tahun 2003”.

Adapun fokus permasalahan pembahasan untuk kelompok 1, 4, 7, 10, dan 13 mengenai “Strategi pihak Sekutu dan Jerman dalam Pertempuran Normandia Tahun 1944”. Sedangkan kelompok 2, 5, 8, 11, dan 14 mengenai “Strategi pihak Korsel dan Korut dalam Perang Korea Tahun 1950”. Dan untuk kelompok 3, 6, 9, 12, dan 15 mengenai “Strategi pihak Sekutu dan Irak dalam Perang Teluk Tahun 2003”.

Disela-sela kegiatan, Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Seskoal Kolonel Laut (P) Rully Riono selaku penanggungjawab kegiatan DK I dan DK II Strategi Militer menjelaskan tujuan dari penugasan ini yaitu agar pasis mampu menganalisis dan memahami strategi perang yang diterapkan pada Pertempuran Normandia tahun 1944, Perang Korea tahun 1950, dan Perang Teluk tahun 2003 melalui metode studi kasus untuk memahami kekurangan dan kelebihan yang ada serta memahami peristiwa perang tersebut dari sudut pandang aspek strategi serta manfaatnya bagi TNI AL.

Turut mengikuti kegiatan tersebut para Perwira Pembimbing Kelompok (Pabingpok) Seskoal yang akan memberikan masukan dan tanggapan pada diskusi kelompok masing-masing.

Kegiatan ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan professional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Militer

Komandan Lanud Atang Sendjaja Ikuti Upacara Hari Bakti Ke-74 TNI AU Secara Virtual

Published

on

JurnalJakarta — Komandan Lanud Atang Marsma TNI Fachrizet, S. Sos., didampingi Kadispers Lanud Ats Kol Pnb Suryo Patnomobo, S. Sos., Kol Tek Iqbal Mas Putera, Karumkit RSAU dr M. Hassan Toto Kol Kes dr Rokib dan Danskdron 6 Letkol Pnb Akhmad M Mulyono, S.E., Kamis (29/7/2021), secara daring mengikuti Upacara Peringatan Ke-74 Hari Bakti TNI Angkatan Udara tahun 2021 yang dilaksanakan secara Langsung di Auditorium Denma Mabesau Cilangkap dengan Irup Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P.

Dalam sambutanya Kasau menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI bahwa ensensi dari peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara adalah untuk mengajarkan kepada kita tentang kerelaan berkorban, kesedian untuk untuk menjadi teladan sekaligus pelopor untuk meringankan beban dan kesulitan rakyat di sekelilingnya.

Kasau juga memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada prajurit dan PNS TNI Angkatan Udara atas perjuangan tanpa kenal lelah dalam membantu mengatasi pandemi covid-19.

Continue Reading

Militer

Kasau Pimpin Upacara Wisuda Purnawira Pati TNI AU

Published

on

JurnalJakarta — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., memimpin Upacara Wisuda Purnawira Perwira Tinggi (Pati) TNI AU Tahun 2021 secara video konfrensi, di Auditorium I.G. Dewanto Denma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (29/7/2021).

Didampingi oleh Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Ny. Inong Fadjar Prasetyo, Kasau menyerahkan Piagam Penghargaan, Lencana Swa Bhuwana Paksa dan Pisau Bhuana Sakti, kepada para Wisudawan, serta Buket kepada istri para wisudawan yang diwakili oleh 4 wisudawan dan istri.

Wisuda Purnawira Pati TNI AU tahun 2021 ini berjumlah 32 wisudawan, adapun perwakilan penerima penghargaan adalah, Marsdya TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S., Marsda TNI Bebas Irianto, S.H., Marsda TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., dan Marsma TNI Amirullah HZ. Sementara wisudawan lainnya mengikuti secara vicon dari kediamannya masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, Kasau menyampaikan, keberhasilan TNI AU yang dirasakan saat ini, juga berkat upaya dan jerih payah para wisudawan dalam memajukan TNI AU selama ini.

Kasau juga mengungkapkan kedekatannya dengan para wisudawan, sekaligus menjadi suri tauladan bagi generasi penerus TNI AU dalam melanjutkan pengabdiannya.

Meskipun telah purna tugas, para wisudawan diharapkan tetap menjalin hubungan erat dan silaturahmi dengan TNI AU, sekaligus tetap memberikan bimbingan dan nasehat terhadap generasi penerus Angkatan Udara.

Selaku pelindung Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) Kasau menghimbau seluruh wisudawan untuk bergabung.

Pada bagian akhir sambutannya, Kasau menyampaikan ucapan terima kasih yang paling dalam dan memberikan penghormatan yang paling tinggi kepada para wisudawan, yang sepanjang karirnya telah mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran, demi kejayaan TNI Angkatan Udara, TNI, bangsa dan negara.

Ucapan yang sama juga disampaikan Kasau kepada ibu-ibu pendamping, yang telah dengan sabar dan penuh tulus ikhlas, setia mengiringi langkah para wisudawan, sepanjang perjalanan kariernya sebagai insan Swa Bhuwana Paksa.

Adapun 32 Pati Purnawira tersebut adalah Marsdya TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S., Marsda TNI Bebas Irianto, S.H., Marsda TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., Marsma TNI R. Ismet Ismaya Saleh, Marsda TNI DR. Sujono, S.H., M.H., CFrA., Marsma TNI Amirullah HZ., Marsma TNI Rakhman Haryadi S.A., M.B.A., M.Sc., NSS., Marsma TNI Didi Dipo Issasongko, S.E., Marsma TNI Sudadi, S.Sos., M.A.P., Marsma TNI Uganda Irwanto, Marsma TNI Hariyanto Afif, Marsma TNI I.B.K Swagata Padangratha, S.T., Marsma TNI R. Achmad Prihadi, Marsma TNI Dani Harsono, Marsma TNI Suwondo, Marsma TNI Istiyanto, S.Sos., M.M., Marsma TNI Raja Humuntal Manalu, S.Sos., M.I.P., Marsma TNI Akhmad Toha, Marsma TNI Agus Rudi Supriyadi, Marsma TNI Supriyanto, S.E., M.Si.(Han), Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.T. M.Si.(Han), Marsma TNI Muh. Heru Wahyono, S.Sos., M.M., Marsma TNI Thomas Sesber, S.I.P., M.Si., Marsma TNI Agustinus Prapto N., S.I.P., M.M., Marsma TNI Drs. Eddy Firmansjah, M.M., M.Si., Marsma TNI dr. Agoes Tino S., Sp.B., Marsma TNI Drs. Embu Agapitus, M.Si.(Han), Marsma TNI Drs. Mardoto, M.T., Marsma TNI dr. Julwan P., Sp.PD-KGEH., Sp.KP., Marsma TNI dr. Moch. Soewandi, Sp.M., Marsma TNI dr. Bobby Drastyawan S., Sp.P., Marsma TNI dr. Djunadi M.S., Sp.KP.

Hadir pada kegiatan ini, Wakasau, Irjenau, Koorsahli Kasau, Asrena Kasau, Asintel Kasau, Asops Kasau, Aspers Kasau, Aslog Kasau, Aspotdirga Kasau, Kapuslaiklambangjaau, Waaspers Kasau, Danpuspomau, Kadisminpersau, Kadiswatpersau, Kadisbintalidau, dan Kadispenau.

Continue Reading

Militer

Rela Berkorban, Teladan dan Pelopor Meringankan Beban Rakyat Esensi Peringatan Hari Bakti TNI AU

Published

on

JurnalJakarta — Kerelaan untuk berkorban, kesediaan untuk menjadi teladan, sekaligus pelopor meringankan beban dan kesulitan rakyat di sekeliling kita, merupakan esensi peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara.

“Inilah makna sesungguhnya dari Hari Bakti TNI Angkatan Udara.”

Pernyataan ini disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., saat memimpin Upacara Militer Peringatan ke-74 Hari Bakti TNI Angkatan Udara di Gedung Dewanto Mabesau, Cilangkap, Kamis, (29/7/2021).

Pada kesempatan tersebut Kasau mengajak seluruh prajurit dan PNS TNI Angkatan Udara mengenang kembali peristiwa heroik yang terjadi pada tanggal 29 Juli 1947 silam.

“Sebagai insan dirgantara, sangat penting untuk terus mengenang peristiwa heroik ini, khususnya untuk senantiasa menumbuhkan semangat pengabdian para generasi penerus,” ujar Kasau.

Kebutuhan akan pengabdian TNI AU, lanjut Kasau, menjadi semakin tinggi dengan adanya wabah virus Corona yang masih melanda tanah air dan memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia.

Menurut Kasau, di tengah kondisi sulit ini, TNI Angkatan Udara harus dapat menjadi pelopor dan mengajak masyarakat untuk terus menumbuhkan optimisme sebagai suatu bangsa.

“TNI Angkatan Udara telah dan akan senantiasa memberikan upaya terbaik, guna membantu pemerintah dalam mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Kasau.

Pada Peringatan Hari Bakti TNI AU tahun ini, TNI Angkatan Udara telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam upaya penanganan pandemi COVID-19, diantaranya pengerahan bantuan ribuan tenaga kesehatan dan personel TNI AU, pelaksanaan vaksinasi reguler dan serbuan vaksin untuk ratusan ribu warga, dan bantuan pengisian ribuan tabung oksigen untuk puluhan rumah sakit.

Selain itu, TNI AU juga mendayagunakan Rumah Sakit TNI AU, percepatan distribusi alat kesehatan dan obat-obatan ke seluruh penjuru negeri, donor darah serta pelaksanaan kegiatan karya bakti di Provinsi Aceh.

Adapun tema peringatan adalah, “Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI Angkatan Udara Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 Menuju Tatanan Baru Untuk Indonesia Maju”.

Upacara Militer ini, turut diikuti oleh sejumlah pejabat utama Mabesau dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Sementara para Panglima Kotama, Gubenur AAU dan Komandan Satuan TNI AU mengikuti upacara melalui video telekonferensi dari satuannya masing-masing.

Continue Reading
Advertisement

Populer