Connect with us

Militer

Panglima TNI : Ekonomi Kerakyatan Kekuatan Besar Bangsa Indonesia

Published

on

Jakarta, JurnalJakarta.com — Ekonomi kerakyatan adalah kekuatan sangat besar yang dapat membuat Indonesia bertahan dari krisis ekonomi. Jumlah penduduk bangsa Indonesia yang lebih dari 260 juta jiwa adalah pasar yang sangat potensial.

“Jumlah penduduk yang besar akan dapat menyerap produksi dalam negeri, sebesar apapun itu. Disitulah sebetulnya kekuatan Indonesia yang dapat mencukupi dirinya sendiri”, kata Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., saat menutup Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture tahun 2019 di Balai Sudirman, Jl. Dr. Saharjo No. 268, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2019).

Baca juga : Hari Kedua Gebyar Karya Pertiwi 2019 Dipadati Pengunjung

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, yang lebih penting lagi adalah dengan kegiatan ini tentunya berharap ekonomi kreatif Indonesia akan semakin berkembang. Dengan demikian kesejahteraan rakyat juga meningkat.

“Teknologi pemasaran secara digital yang saat ini sedang mengemuka harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para praktisi ekonomi kerakyatan”, ucapnya.

Selanjutnya Panglima TNI mengatakan bahwa yang dibutuhkan adalah bagaimana meraih para konsumen, pasar di seluruh penjuru Indonesia melalui teknik pemasaran yang tepat dan menarik.

“Disamping itu juga dibutuhkan konsistensi serta peningkatan kualitas dan jaminan mutu, sehingga konsumen tersebut puas dan akan membeli kembali”, tambahnya.

Baca juga : Panglima TNI Jadi Juri Lomba Memasak Nasi Goreng

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengatakan bahwa selama tiga hari pelaksanaan Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture tahun 2019 telah berjalan dengan semarak.

“Saya yakin banyak manfaat yang telah kita peroleh, tidak hanya dari sisi ekonomi, tetapi juga wawasan yang luas tentang kekayaan budaya tanah air dan negara-negara sahabat”, ujarnya.

“Kita tentu bangga setiap kali pameran budaya ataupun pertunjukan kesenian tradisional Indonesia di luar negeri selalu disambut dengan antusias. Kesenian kita dilandasi dengan berbagai nilai-nilai luhur dan kearifan lokal sehingga sangat menarik untuk dipelajari ataupun dinikmati. Sehingga kewajiban kita sebagai bangsa untuk melestarikan budaya kita sendiri”, jelasnya.

Kepada seluruh peserta dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture 2019, Panglima TNI mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas partisipasinya. “Terima kasih saya sampaikan kepada Military Attache Spouses atas keterlibatannya mendukung kegiatan ini”, tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Wakasal Laksda TNI Mintoro Yulianto, Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.DS., Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Irjen TNI Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc., Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H., Ketum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa, Ketum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji dan Ketum PIA Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna. (Bgs)

Militer

Lanud Atang Sendjaja Sambut Tim Wasrik BPK

Published

on

Bogor, JurnalJakarta.com — Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Eding Sungkana menerima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) di ruang rapat Mako Lanud Ats, Senin (2/12).

Pada pelaksanaan Entry Briefing BPK tentang Diklat Bangspes dalam mendukung alusista Lanud Ats, Warsik BPK dipimpin langsung ketua tim Sudarmono Sulistyadi beserta anggota wasrik BPK lainnya.

Danlanud Ats mengatakan, kehadiran tim Wasrik BPK di Lanud Ats merupakan sesuatu yang berharga. Khususnya tentang pemeriksaan kinerja pendidikan dan latihan pengembangan spesialisasi dalam mendukung kesiapan alutsista TNI Angkatan Udara.

“Sehingga kemampuan personel setelah mengikuti pendidikan pengembangan spesialisasi maupun dikkualsus dari sesarcab, sejurbata maupun dikkualsus untuk korps Pnb, Tek dan Lek dapat berjalan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan,” ujar Danlanud Ats.

Berkaitan dengan hal tersebut, sambung Marsma TNI Eding Sungkana, Lanud Ats mengharapkan masukan dan koreksi dari tim wasrik tentang program yang telah dilaksanakan. Yaitu daftar personel penempatan pertama serta personel yang mengikuti dikkualsus baik Perwira, Bintara dan Tamtama dari Korps Pnb, Tek, Lek Tahun 2017, 2018 dan 2019. Agar ke depan dapat lebih sempurna lagi dalam merencanakan dan melaksanakan program kerja dan anggaran di Lanud Ats, sesuai kebijaksanaan dan peraturan yang berlaku.

“Saya berharap kepada satuan kerja di Lanud Ats yang menjadi objek pemeriksaan, agar dapat bekerjasama dengan baik. Sehingga pelaksanaan kegiatan Wasrik BPK di Lanud Ats dapat berjalan baik dan lancar, sesuai tujuan yang diharapkan,” tutup Danlanud Ats.

Turut hadir dalam Entry Briefing Tim Warsik BPK Komandan Wing 4 Kolonel Pnb Muzafar, para kepala dinas, komandan satuan serta unsur pejabat Lanud Ats lainnya.

Continue Reading

Militer

Panglima TNI Tegaskan Sinergitas TNI-Polri Sampai Akhir Hayat

Published

on

Papua, JurnalJakarta.com — Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si. memberikan pengarahan kepada 982 prajurit TNI dan Polri se-Jayawijaya, bertempat di Gedung Ukumearek Asso, Jl. Yos Sudarso, Kab. Wamena, Papua, Kamis (28/11/2019).

Baca juga : Panglima TNI Kembali Kunjungi Papua

Dalam pengarahannya Panglima TNI menyampaikan bahwa kunci keberhasilan dalam pelaksanaan tugas adalah sinergitas TNI-Polri. Apabila TNI dan Polri yang merupakan kekuatan terbesar tegak lurus dan bisa bersinergi, maka stabilitas keamanan pasti akan bisa terjaga dengan baik dalam rangka melaksanakan tugas menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Panglima TNI menegaskan bahwa Negeri Indonesia yang damai bisa tercipta apabila prajurit TNI-Polri selalu bekerjasama dan mampu menjaga sinergitas sampai akhir hayat. “Saya mengapresiasi kepada seluruh prajurit TNI dan Polri khususnya di Wamena karena telah menunjukan kerjasama yang baik dan loyalitas sehingga mampu melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik,” ujarnya.

Untuk itu, prajurit TNI dan Polri tetap harus siaga dan bangun kerja sama yang baik serta tidak boleh lengah dalam melaksanakan tugas yang rutin ini. “Tetaplah waspada dalam melaksanakan tugas di wilayah yang jauh dari keluarga dan hindari kegiatan-kegiatan rutin,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Baca juga : Panglima TNI : Provinsi Papua Banyak Menyumbangkan Atlet Nasional di Berbagai Cabang Olahraga

Panglima TNI mengatakan bahwa para prajurit TNI dan Polri harus selalu mendekati rakyat, kontak dengan masyarakat, berkoordinasi dengan tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Dengarkan apa yang disampaikan warga masyarakat, karena tugas TNI dan Polri adalah mengatasi kesulitan rakyat sekitarnya.

“Apa yang mereka inginkan kita harus dengar, kalau kita mau menyelesaikan permasalahan masyarakat sampaikan ke komando atas termasuk dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat karena itu sangat penting. Apabila kita sudah dekat dengan mereka, pemasalahan sekecil apapun bisa teratasi dengan baik TNI-Polri ada ditengah-tengah,” ujarnya.

Panglima TNI mengingatkan bahwa tugas TNI-Polri ke depan masih panjang, diantaranya memberikan keamanan pada saat perayaan Hari Natal dan Tahun Baru. Untuk itu, tetap jaga kesehatan agar selalu prima dalam melaksanakan tugas. “Perayaan Natal dan Tahun Baru, TNI-Polri harus menjaga kestabilan keamanan dengan baik agar masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru bisa aman, tenteram dan damai,” tutupnya.

Baca juga : Panglima TNI Tinjau Baksos Kesehatan di Kampung Skouw Papua

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Pangkoarmada III Laksda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono P., S.I.P., M.Tr.(Han), Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto, Aster Panglima TNI Mayjen TNI George E. Supit, S.Sos. dan Kabais TNI Marsda TNI Kisenda Wiranata Kusuma, M.A.

Continue Reading

Militer

Komandan Korpaskhas Terima Kunjungan BPK RI

Published

on

Bandung, JurnalJakarta.com — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melakukan kunjungan di Markas Komando Korpaskhas, Lanud Sulaiman, Bandung. Kamis (28/11).

Tim BPK diterima langsung oleh Komandan Korpaskhas Marsda TNI Eris Widodo Y., S.E., M.Tr(Han) didampingi Wadan Korpaskhas Marsekal Pertama TNI Taspin Hasan, S.A.P., M.Si. (Han) dan Inspektur Korpaskhas Kolonel Pas Elia Adrianto di Loby Mako Korpaskhas.

Kunjungan tim BPK RI ke Korpaskhas bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi dan tertib kerja agar tercapai transparansi dan akuntabilitas satuan yang optimal sehingga dapat memberikan koreksi yang berkaitan dengan pengadaan alutsista di Korpaskhas pada Tahun 2018 sampai dengan September 2019.

Hadir pada kunjungan ini ketua tim BPK RI Bapak Asep Mu’min, S.Sos., MAP. Beserta 2 orang anggota tim BPK RI, dan kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman staf.

Continue Reading

Populer