Connect with us

Militer

Pangkosekhanudnas I Laksanakan Kuker di Satrad 216

Published

on

JurnalJakarta.com — Panglima Kosekhanudnas (Pangkoskhanudnas) I, Marsekal Pertama (Marsma) TNI MekaYudanto, S.Sos., M.A.P., didampingi Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang 02-Kosekhanudnas I, serta Askomlek dan Aslog Kosekhanudnas I juga pengurus IKKT Pragati Wira Anggini Cabang 02-Kosekhanudnas I, mengadakan kunjungan kerja (kuker) keSatrad 216 Cibalimbing, Senin (20/7/2020).

Tiba di Satrad 26 Cibalimbing, rombongan kuker Pangkosekhanudnas I disambut Komandan Satrad 216 Cibalimbing, Letkol Lek M. Miftahul Ghufron, ST., M.I.Pol., beserta Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 006 Satrad 216 Cibalimbing serta para pejabat Satrad 216 Cibalimbing, langsung melaksanakan giat foto bersama dilanjutkan refreshment.

Merupakan kali pertama melaksanakan kunjungan kerja sejak menjabat sebagai Pangkosekhanudnas I, dalam kuker kali ini Marsma TNI Meka Yudanto menebar benih ikan nila, menanam 10 pohon durian secara simbolis, juga memanen jagung, sebelum pelaksanaan tatap muka dengan anggota Satrad 216 Cibalimbing.

Melalui sambutan lisan saat tatap muka di Aula Strad 216, Pangkosekhanudnas I menyampaikan ucapan terima kasih ata ssambutan yang baik dari Komandan Satrad 216 Cibalimbing beserta anggota, serta menyampaikan permohonan maaf karena baru sempat berkunjung ke Satrad 216 dikarenakan beberapa waktu setelah menerima tugas sebagai Pangkosekhanudnas I, Marsma TNI Meka Yudanto masih menjabat rangkap sebagai Komandan Lanud Soewondo, Medan.

Dalam sambutan lisannya, Pangkosekhanudnas I menghimbau kepada seluruh anggota Satrad 216 Cibalimbing untuk selalu bersyukur atas semua nikmat yang diberikan Allah SWT, dengan senantiasa berdoa dan melaksanakan segala tugas yang dipercayakan negara dengan penuh ikhlas dan tanggungjawab.

Taklupa pula Marsma TNI Meka Yudanto menekankan kepada Komandan Satrad 216 Cibalimbing untuk tidak bosan-bosannya mengingatkan anggota dan keluarga besar Satrad 216 agar tidak lengah tentang pandemi Covid-19. Karena sebenarnya virus corona belum hilang, namun perekonomian harus kembali bangkit maka masyarakat diperbolehkan keluar rumah untuk bekerja dan melakukan aktifitas lain yang penting, tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan diantaranya selalu memakai masker bila keluar rumah, selalu mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer juga menjaga jarak bila di tempat umum.

“Bila hendak melakukan aktifitas di luar, namun ternyata tempat itu terlihat ramai, sebaiknya bapak-ibu batalkan niat untuk datang ketempat itu. Cari alternativ tempat lain yang tidak padat, untuk memperkecil resiko tertularnya virus corona,” demikian kata Marsma TNI Meka Yudanto.

Tatap muka Pangkosekhanudnas I dengan anggota Satrad 216 Cibalimbing ditutup dengan tanyajawab dan penyerahan masker serta alat rapid test oleh Pangkosekhanudnas I kepada Dansatrad 216 Cibalimbing.

Dalam kesempatan kuker itu, usai pelaksanaan istirahat dan sholat Zuhur, Pangkosekhanudnas I meninjau ke CRC dan Airnets, Site Radar Head, juga pengembangan fasilitas di perumahan komplek Satrad 216 Cibalimbing.

Sementara di waktu yang sama,Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang 02-Kosekhanudnas I, Ny. Lina Meka Yudanto juga melaksanakan tatapmuka bersama Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 006 Satrad 216 Cibalimbing beserta pengurus di kantor IKKT Satrad 216 Cibalimbing, dan mengunjungi Posyandu serta Paud. Dalam kunjungan itu, Ny. Lina Meka Yudanto memberikan cinderamata untuk para Kader Posyandu dan guru Paud Satrad 216 Cibalimbing.

Militer

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59 TA 2021 Laksanakan Diskusi Kelompok (DK I/II) Strategi Militer

Published

on

JurnalJakarta — Dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA 2021 dengan antusias melaksanakan Diskusi Kelompok (DK I/II) Strategi Militer, bertempat di Ruang Diskusi I sd Ruang Diskusi 15 Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir Jakarta Selatan, Rabu (17/2).

Kegiatan DK I dan DK II Strategi Militer ini diikuti oleh 174 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021 yang terbagi menjadi 15 kelompok diskusi. Dengan topik “ Strategi Operasi Laut dalam pertempuran Normandia tahun 1944, Perang Korea Tahun 1950 dan Perang Teluk Tahun 2003”.

Adapun fokus permasalahan pembahasan untuk kelompok 1, 4, 7, 10, dan 13 mengenai “Strategi pihak Sekutu dan Jerman dalam Pertempuran Normandia Tahun 1944”. Sedangkan kelompok 2, 5, 8, 11, dan 14 mengenai “Strategi pihak Korsel dan Korut dalam Perang Korea Tahun 1950”. Dan untuk kelompok 3, 6, 9, 12, dan 15 mengenai “Strategi pihak Sekutu dan Irak dalam Perang Teluk Tahun 2003”.

Disela-sela kegiatan, Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Seskoal Kolonel Laut (P) Rully Riono selaku penanggungjawab kegiatan DK I dan DK II Strategi Militer menjelaskan tujuan dari penugasan ini yaitu agar pasis mampu menganalisis dan memahami strategi perang yang diterapkan pada Pertempuran Normandia tahun 1944, Perang Korea tahun 1950, dan Perang Teluk tahun 2003 melalui metode studi kasus untuk memahami kekurangan dan kelebihan yang ada serta memahami peristiwa perang tersebut dari sudut pandang aspek strategi serta manfaatnya bagi TNI AL.

Turut mengikuti kegiatan tersebut para Perwira Pembimbing Kelompok (Pabingpok) Seskoal yang akan memberikan masukan dan tanggapan pada diskusi kelompok masing-masing.

Kegiatan ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan professional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Continue Reading

Militer

Kasau Hadiri Acara Entry Meeting Laporan Keuangan Kemhan dan TNI Tahun 2020 pada BPK RI

Published

on

JurnalJakarta — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., menghadiri acara Taklimat Awal/Entry Meeting Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Tahun 2020 pada Unit Organisasi (UO) Kemhan, Mabes TNI, dan Mabes Angkatan di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kemhan, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021).

Menteri Pertahanan RI Letjen (Purn) H. Prabowo Subianto dalam sambutannya mengatakan, para pejabat di lingkungan Unit Organisasi agar lebih koperatif dalam menyajikan data dukung maupun informasi yang dibutuhkan dalam penyusunan laporan keuangan.

“Laksanakan koordinasi dan rekonsiliasi yang ketat dari Satker terkecil sampai dengan tingkat Eselon untuk meminimalisir terjadinya selisih data dan mencari solusi terbaik dalam pemecahannya,” tegas Menhan.

Diakhir sambutan Menhan berharap kepada BPK RI selalu memberikan arahan, asistensi, dan bimbingannya sehingga ke depan kerja sama kita dapat lebih ditingkatkan ke arah yang lebih baik.

Hadir pada acara tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Wamenhan Letjen TNI M. Herindra, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Rektor Unhan, Irjen Kemhan, Irjen TNI, Asrenum Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Kapusku TNI, para Irjen Angkatan, para Asrena Angkatan, para Aslog Angkatan, dan para Kadisku Angkatan serta tim Pemeriksa BPK RI. (Bgs)

Continue Reading

Militer

Personel Satgas Yonif 642 Berikan Pelatihan Bela Negara Kepada CPNS Cabjari Sanggau di Entikong

Published

on

JurnalJakarta, Sanggau-Kalbar — Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas Pos Komando Taktis (Kotis), membantu Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Sanggau di Entikong memberikan bekal pembinaan dan pelatihan Bela Negara kepada enam orang CPNS di lingkungan Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, Letkol Inf Alim Mustofa dalam rilisnya di Mako Satgas Entikong, Kab. Sanggau, Rabu (17/2/2021).

Lebih lanjut dikatakan bahwa perbantuan personel Satgas dalam kegiatan pembinaan dan pelatihan Bela Negara dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 15 – 17 Februari 2021 di Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatakan pengetahuan dan pemahaman serta keterampilan CPNS Cabjari Sanggau di Entikong dalam bidang kedisiplinan dan mentalitas serta jiwa Nasionalisme yang berkarakter kebangsaan, cinta tanah air dan mempunyai jiwa militansi yang tinggi guna mendukung tugas pokok sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat,” jelas Dansatgas.

Dansatgas menyampaikan bahwa untuk materi yang diberikan oleh personel Satgas yaitu wawasan kebangsaan, kepemimpinan, pembinaan disiplin dan pembentukan karakter.

“Diantaranya yaitu sejarah perjuangan Bangsa, Bela Negara yang terdiri dari nilai-nilai cinta Tanah Air, etika moral juga perlakuan terhadap Bendera Merah Putih dan Bahasa Indonesia, serta materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan penghormatan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong, Rudy Astanto, S.H, M.H. mengungkapkan, pelatihan Bela Negara ditargetkan untuk menciptakan PNS yang berkarakter kebangsaan dan disiplin yang nantinya diharapkan para pegawai tampil beda baik itu disiplin sikap, prilaku, pengorbanan serta jiwa pengabdian.

“Kami ucapkan terimakasih kepada personel Satgas Yonif 642/Kapuas karena telah membantu kami dalam kegiatan pembinaan dan pelatihan Bela Negara bagi CPNS kantor kami,” ucapnya. (Bgs)

Continue Reading

Populer