Connect with us

Militer

Pangkogabwilhan I Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Laut Natuna

Published

on

JurnalJakarta.com — Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memimpin apel gelar pasukan intensitas operasi rutin TNI dalam pengamanan laut Natuna di Paslabuh, Selat Lampa, Ranai, Natuna, Jumat (3/1/2020).

Pasukan yang terlibat dalam apel tersebut berjumlah kurang lebih 600 personel, terdiri dari 1 Kompi TNI AD Batalyon Komposit 1 Gardapati, 1 Kompi Gabungan TNI AL terdiri dari personel Lanal Ranai, unsur KRI Teuku Umar 385 dan KRI Tjiptadi 381, Satgas Komposit Marinir Setengar, serta 1 Kompi TNI AU (Lanud Raden Sadjad dan Satrad 212 Natuna).

Dalam pengarahannya kepada prajurit, Pangkogabwilhan I menegaskan bahwa pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh kapal pemerintah asing di wilayah zona ekonomi eksklusif Indonesia, berupa penangkapan ikan secara ilegal yang dikawal oleh kapal Coast Guard asing merupakan ancaman pelanggaran wilayah pemerintah Indonesia.

Untuk itu, TNI wajib melakukan penindakan hukum terhadap pelanggar asing yang telah memasuki wilayah dan kegiatan ilegal berupa penangkapan ikan tanpa ijin dari pemerintah Indonesia.

Mulai 1 Januari 2020, telah didelegasikan tugas dan wewenang kepada Pangkogabwilhan I untuk menggelar operasi  menjaga wilayah kedaulatan Indonesia dari pelanggar negara asing. Operasi ini dilaksanakan oleh TNI dari unsur laut, udara dan darat.

Di akhir pengarahannya, Pangkogabwilhan I memberikan beberapa perhatian kepada seluruh prajurit TNI yang bertugas, khususnya pengawak KRI dan pesawat udara.  Pertama, agar memahami aturan-aturan yang berlaku baik hukum laut internasional maupun hukum nasional di wilayah laut Indonesia.

Kedua, melaksanakan penindakan secara terukur dan profesional, sehingga tidak mengganggu hubungan negara tetangga yang sudah terjalin dengan baik. Ketiga, gunakan Role of Engagement (RoE) yang  sudah dipakai dalam operasi sehari-hari.

“Diakhir pengarahannya Pangkogabwilhan menekankan kepada prajurit TNI yang bertugas agar tidak terprovokasi dan terpancing dari unsur-unsur kapal asing yang selalu melakukan provokasi apabila ada kehadiran KRI. “Kehadiran Kapal Perang Indonesia adalah representasi negara, sehingga mereka harusnya paham ketika negara mengeluarkan Kapal perangnya bahwa negara pun sudah hadir disitu,” tegasnya.

Militer

Danlanud Halim Pimpin Serah Terima Dua Jabatan

Published

on

By

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., M.D.S., memimpin upacara serah terima dua jabatan di Hanggar Skadron Udara 31 Wing Udara I Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (30/6/2020).

Dua jabatan yang diserahterimakan yaitu Komandan Skadron Udara 31 dari Letkol Pnb Puguh Yulianto kepada Letkol Pnb Yulius Marvien Aryaka, M.Sc., serta Komandan Satuan Polisi Militer dari Letkol Pom Andi Sultan Ilyas, S.H., EDSDS. PSC., kepada Letkol Pom Edi Cahyadi.

Dalam kesempatan ini Danlanud menyampaikan ucapan terimakasih kepada pejabat lama atas pelaksanaan tugas selama ini serta ucapan selamat bertugas kepada pejabat baru sebagai Dansatpomau dan Komandan Skadron Udara 31 di Lanud Halim Perdanakusuma.

“Pertahankan prestasi, semangat, sikap, loyalitas dan integritas baik umtuk satuan maupun diri sendiri, serta bekerjalah dengan niat yang baik dan berdoa dengan iklas,” pesan Danlanud.

Upacara serah terima jabatan sendiri dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah selama masa pandemi Covid-19, diantaranya dengan tidak melibatkan terlalu banyak orang, wajib menggunakan masker serta selalu menjaga jarak.

Letkol Pnb Yulius Marvien Aryaka, M.Sc, lulusan AAU 2001 sebelumnya menjabat sebagai Kasiujiprofesi Lambangja Koopsau I, sedangkan Letkol Pnb Puguh Yulianto, alumnus AAU 2000, selanjutnya akan menjabat sebagai Danskadtar III Wingtar AAU.

Sementara itu Letkol Pom Edi Cahyadi, alumnus AAU tahun 2000, sebelumnya menjabat sebagai Dansatprov Denma Mabesau, kemudian Letkol Pom Andi Sultan Ilyas, S.H., EDSDS. PSC., yang merupakan alumnus AAU tahun 1999 selanjutnya akan bertugas sebagai Pabandya Jiandik Sjiandik Ditjianbang di Akademi TNI.

Seiring dengan serah terima dua jabatan ini, turut pula diserahterimakan jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 06-2/D.I Satpom Lanud Halim Perdanakusuma dari Ny. Andi Sultan Ilyas kepada Ny. Edi Cahyadi dan Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 03-2/ D.I Skadron Udara 31 dari Ny. Puguh Yulianto kepada Ny. Yulius Marvien Aryaka.

Continue Reading

Militer

Pangkosekhanudnas I : Kebiasaan Akan Membangun Karakter

Published

on

JurnalJakarta.com — Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) I, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., mengambil Apel Pagi anggota Kosekhanudnas I, bertempat di lapangan upacara Makosekhanudnas I, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Diikuti seluruh Asisten dan para pejabat juga anggota militer dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kosekhanudnas I, Apel Pagi gabungan dilaksanakan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dengan menjaga jarak (social distancing).

Pangkosekhanudnas I yang hari ini mendapatkan anugerah kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Marsekal Pertama, dalam amanatnya mengajak seluruh anggota Kosekhanudnas I untuk selalu berdoa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Laksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, tumbuhkan rasa syukur dalam hati atas semua yang kita peroleh, maka semua tugas yang harus kita laksanakan tidaklah terasa berat, namun sebaliknya akan terasa ringan, ungkap Marsma TNI Meka Yudanto.”

Kembali mengingatkan kepada seluruh anggota, Pangkosekhanudnas I memetik sepenggal motivasi dari seorang Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher, “perhatikan apa yang dijadikan kebiasan setiap hari, akan membentuk karakter yang pada akhirnya menjadi takdir kita.”

Mengakhiri amanat, Pangkosekhanudnas I, Marsma TNI Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., menyampaikan harapan kepada seluruh anggota Kosekhanudnas I untuk dapat bekerjasama dan mendukung tugas yang diemban Kosekhanudnas I, sebagai pengabdian kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Pangkosekhanudnas I mendapat kejutan tumpeng nasi kuning dari para Asisten Kosekhanudnas I, sebagai ucapan selamat atas kenaikan pangkat yang diterima Pangkosekhanudnas I.

Continue Reading

Militer

Bantu Warga Terdampak Covid-19, Pangkoopsau I Terima Bantuan 1000 Paket Sembako dari Buddha Tzu Chi Indonesia

Published

on

JurnalJakarta.com — Panglima Koopsau I Marsma TNI Ir Tri Bowo Budi Santoso, MM., M.Tr( Han) menerima bantuan 1000 paket sembako dari yayasan Budha Tzu Chi untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Acara penyerahan bantuan 1000 paket sembako dari yayasan Budha Tzu Chi dilaksanakan didepan Makoopsau I, diterima langsung oleh Pangkoopsau I Marsma TNI Ir Tri Bowo Budi Santoso, MM., M.Tr(Han) didampingi oleh Kas Koopsau I Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, MM, Irkoopsau I, Aslog Kaskoopsau I, Askomplek Kaskoopsau I, Aspotdirga Kaskoopsau I, Kaku Koopsau I, Kakum Koopsau I, , Kakes Koopsau I dan Danpomau Koopsau I.

Sedang dari yayasan Buddha Tzu chi di ketuai oleh Bapak Joe Riyadi selaku Tim Tanggap darurat. Dalam suasana keakraban dan persahatan Pangkoopsau I menerima tim dari Buddha Tzu Chi di ruang Tamu Makoopsau I.

Setelah pertemuan selesai acara dimulai di depan Mako Koopsau I dengan pemberian bantuan sembako yang diserahkan oleh Bapak Joe Riyadi (Buddha Tzu Chi) dan diterima oleh Pangkoopsau I.

Paket sembako yang berjumlah 1000 pcs terdiri beras 5 kg, minyak 1 kg, 1 kg gula dan 10 bungkus mie instans, menurut rencana akan dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 sekitar Jakarta Timur.

Continue Reading

Populer