Connect with us

Militer

Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Rakor Wilayah Dalam Rangka Kunker RI 1

Published

on

JurnalJakarta — Bertempat di Aula Korem 172/Praja Wira Yakthi, Distrik Heram, Kota Jayapura, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A didampingi Kabinda Papua Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon, S.E., M.Si memimpin rapat koordinasi terkait kunjungan Presiden RI Ir. H Joko Widodo di Jayapura, Kamis (30/9/2021).

Dalam sambutannya Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan bahwa rapat koordinasi wilayah dalam rangka kunjungan RI 1 ke Provinsi Papua adalah untuk membahas kegiatan yang dilaksanakan oleh Presiden RI selama berada di wilayah Jayapura.

“Kita semua di sini adalah pelaku sejarah  untuk memberikan yang terbaik dalam semua kegiatan kunjungan Presiden RI termasuk didalamnya saat acara Pembukaan PON XX. Mungkin beberapa puluhan tahun lagi baru akan ada kegiatan serupa di Provinsi Papua, maka dari itu kita semua harus memberikan serta menunjukkan yang terbaik,” ucap Pangdam XVII/Cenderawasih.

Selain itu, Pangdam XVII/Cenderawasih juga menjelaskan bahwa kunjungan Presiden RI di Provinsi Papua harus dapat dilaksanakan dengan lancar, aman dan nyaman.

“Saya ingin semua kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman sehingga saya harapkan masing-masing bagian harus dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Bagi aparat pengamanan agar bertindak humanis dalam melaksanakan tugas pengamanan di tempat tanggungjawabnya masing-masing,” tambah Pangdam.

Lebih lanjut, Pangdam XVII/Cenderawasih mengharapkan agar semua tempat objek yang akan dikunjungi oleh Presiden RI agar dalam keadaan bersih dan siap untuk dikunjungi.

“Saya minta semua yang hadir pada rapat  ini untuk saling berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman,” tutup Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Militer

Terbatasnya Tenaga Pengajar, Satgas Yonif 126/KC Jadi Guru di Perbatasan

Published

on

By

Keerom, Jurnaljakarta com – Terbatasnya tenaga pendidik di daerah perbatasan Papua, anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC membantu mengajar di SD Kanandega Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Senin (24/01/2022).

“Sebelum berangkat ke perbatasan Papua, kami telah mengumpulkan informasi apa saja yang menjadi kesulitan masyarakat. Salah satunya adalah kurangnya ketersediaan tenaga pengajar di sekolah-sekolah. Sehingga para personel Satgas diberikan pelatihan sebagai tenaga pendidik saat melaksanakan latihan Pratugas. Berbekal pelatihan Tenaga Pendidik tersebut, kami Satgas Yonif 126/KC langsung terjun ke lapangan untuk membantu mengajar,” tutur Dansatgas.

Program Satgas tersebut disambut baik oleh Kepala Sekolah SD Kanandega Ibu Amoy May, S.PD. (50) saat Wadanpos Waris Serda Hayadi Putra berkunjung langsung ke SD Kanandega.

“Saya sangat bangga dan senang Bapak TNI bisa membantu mengajar anak-anak di SDN Inpres Batom,” ujar Amoy. (Red)

Continue Reading

Militer

Berbagi Kasih Terhadap Warga Binaan, Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS Beri Bantuan Sembako, Pakaian Layak Pakai dan Tas Sekolah

Published

on

By

Jayawijaya, Jurnaljakarta com –  Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS tak henti-hentinya menunjukkan wujud kepedulian terhadap warga binaan yang ada diwilayah penugasan masing-masing dengan memberikan bantuan, salah satunya di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Sabtu (22/01/2022).

Letda Chb Adi Catur selaku Danpos Kotis Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS mengatakan bahwa kegiatan pemberian bantuan berupa sembako, pakaian layak pakai dan tas sekolah merupakan wujud perhatian personel Satgas.

“Keberadaan kami di beberapa kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Papua harus dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap para warga, dimana personel Satgas bisa membantu meringankan kesulitan warga binaan,” ungkapnya.

“Kami memberikan bantuan ini berharap warga masyarakat terbantu serta dapat memupuk tali silaturahmi yang selama ini sudah terjaga dengan baik,” tambah Danpos.

Sementara itu, Bapak Natdi Yelipele (38 tahun) yang menerima bantuan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada personel Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS yang datang memberikan bantuan.

“Saya mewakili warga mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan yang abang-abang bawakan buat kami, apa yang abang beri ini sangat kami butuhkan dan nantinya akan kami bagi-bagikan kepada warga yang lainnya,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Komandan Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS, Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi menyampaikan bahwa  tugas personel Satgas bukan hanya menjaga keamanan saja melainkan setiap personel harus peka terhadap kesulitan warga binaannya.

“Saya selalu berpesan kepada seluruh personel Satgas agar bisa merebut hati warga binaannya baik dengan jalan melakukan anjangsana, kerja bakti ataupun seperti sekarang ini dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh warga,” ujar Dansatgas.(Red)

Continue Reading

Militer

Cegah Pengiriman PMI Ilegal, TNI AL Tangkap 6 Orang Di Batam

Published

on

By

Batam, Jurnaljakarta.com – TNI AL Lanal Batam berhasil menggagalkan penyelundupan 5 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) illegal, Jumat (21/1/2022).
Hal tersebut disampaikan oleh Danlanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Maruf yang didampingi Waka Polresta Barelang, AKBP Junoto, S.I.K., Kepala kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam I. Ismoyo dan Kepala UPT BP2MI Kepri Mengiring Hasoloan Sinaga saat menggelar Konferensi Pers terkait peristiwa tersebut di Mako Lanal Batam.Kejadian bermula ketika Lanal Batam menerima informasi tentang laporan masyarakat terkait informasi aktifitas pengiriman PMI yang akan keluar dengan tujuan Malaysia.

Lalu Danlanal Batam segera memerintahkan tim nya untuk melaksanakan penyelidikan di daerah yang diduga menjadi tempat penyelundupan tersebut.

Selanjutnya pada Rabu (19/1), Tim berhasil mendapatkan informasi bahwa diperkirakan calon PMI ilegal akan tiba menggunakan mobil Toyota Calya putih di Pelabuhan Pandan Bahari, Tanjung Uncang, Kota Batam yang merupakan jalur tikus menuju Malaysia.

Ketika mobil yang dicurigai tersebut melintas, segera dihentikan dan diamankan dengan penumpang 5 orang yaitu 4 orang perempuan dan 1 orang laki-laki serta 1 orang sopir. Kemudian ke 6 orang tersebut dibawa dan diserahkan kepada pihak kepolisian untuk diadakan penyelidikan lebih lanjut.

Di tempat terpisah, Pangkoarmada l Laksda TNI Arsyad Abdullah memerintahkan jajarannya untuk melakukan pengembangan sehingga dapat terus mencegah upaya pengiriman PMI secara ilegal melalui jalur tidak resmi. Hal ini merupakan bentuk komitmen TNI AL dalam menegakkan hukum khususnya terkait PMI Ilegal sesuai kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.(Red)

Continue Reading
Advertisement

Populer