Connect with us

Militer

Mutasi dan Promosi Jabatan 41 Pati TNI

Published

on

JurnalJakarta.com — Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan di tingkat Perwira Tinggi TNI.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1351/XI/2019 tanggal 26 November 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 41 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 26 Pati jajaran TNI AD, 10 Pati jajaran TNI AL dan 5 Pati jajaran TNI AU.

Dalam mutasi dan promosi jabatan tersebut, tercatat sebagai berikut : 26 Pati TNI AD yaitu Mayjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M. dari Dirjen Kuathan Kemhan menjadi Irjen Kemhan, Brigjen TNI Hendrasto Joko Saksono, S.E., M.M. dari Dirfasjas Ditjen Kuathan Kemhan menjadi Sesditjen Kuathan Kemhan, Kolonel Inf FX. Harry Moelyono, S.E. dari Auditor Madya Itjen Kemhan menjadi Dirfasjas Ditjen Kuathan Kemhan, Brigjen TNI Herman Djatmiko dari Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan menjadi Sahli Menhan Bid. Sos Kemhan, Kolonel Inf Jubei Levianto dari Kabagpam Roum Setjen Kemhan menjadi Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, Mayjen TNI Muhammad Hita Tunggal, S.T. dari Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnnas Panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI, Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, S.I.P dari Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Achmad Riad, S.I.P. dari Pa Sahli Tk. II Bid. Banusia Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI, Kolonel Czi Ivo Irianto Betekeneng dari Paban Utama Siber Sahli Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Bid. Banusia Panglima TNI, Brigjen TNI Muhammad Taufik S.A.P, dari Pa Sahli Tk. II Bid Komsos Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Oloan Parulian Sianturi, M.M. dari Staf Khusus Kasad menjadi Pa Sahli Tk. II Bid. Komsos Panglima TNI, Brigjen TNI Pramudya Ariftono P., S.Mn., M.Si dari Dirum Akademi TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI, Kolonel Inf Yulius Wijayanto, S.I.P., M.M. dari Paban Sahli Bid. Ilpengmil Pok Sahli Bid. Ilpengtek & LH Sahli Kasad menjadi Dirum Akademi TNI, Mayjen TNI M. Bambang Taufik dari Kas Kostrad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Ainurrahman dari Staf Khusus Kasad menjadi Kas Kostrad, Brigjen TNI Ardiansyah Triono dari Pati Ahli Kasad Bid. Ideologi dan Politik menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Inf Syaiful Ilyas, S.I.P., S.E .dari Pamen Denma Mabesad menjadi Pati Ahli Kasad Bid. Ideologi dan Politik.

Brigjen TNI Neno Hamriono, S.I.P., M.M dari Kabinda DKI Jakarta BIN menjadi Deputi II Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Brigjen TNI Cahyono Cahya Angkasa, S.I.P., S.H. M.H. dari Kabinda Aceh BIN menjadi Kabinda DKI Jakarta BIN, Kolonel Inf Muhammad Abduh Ras, S.E., M.Tr. (Han) dari Agen Madya pada Direktorat Kontra Infiltrasi dan Sabotase Deputi Bid. Kontra Intelijen BIN menjadi Kabinda Aceh BIN, Brigjen TNI Cecep Rahmad Mujono, M.Sc. dari TA Pengkaji Madya Bid. Sosbud Lemhannas menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Anang Dwitono, S.E. dari Staf Khusus Kasad menjadi TA Pengkaji Madya Bid. Sosbud Lemhannas, Mayjen TNI Cucu Sumantri, S.Sos. dari TA Pengkaji Bid. Geografi Lemhannas menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI G.R.A.R.V. Mustikaningrat dari Agen Madya pada Direktorat Amerika dan Eropa Deputi I BIN menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Herawan Adji, M.Si. (Han) dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), dan Brigjen TNI dr. Achmad Dewanto Sp.PD. dari Staf Khusus kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

10 Pati TNI Angkatan Laut yaitu Brigjen TNI (Mar) R. Widad P. Adjie, M.B.A., Grad.Dip.S.S. dari Waasintel Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI, Laksma TNI Drs. I Putu Arya Angga S. dari Dir C Bais TNI menjadi Waasintel Panglima TNI, Kolonel Laut (S) Indaryanto dari Wadansatinduk Bais TNI menjadi Dir C Bais TNI, Laksma TNI Heri Suyanto, S.Mn. dari Pati Sahli Kasal Bid. Ekojemen menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra D.I., Sp.B., Sp.bTKV dari Kadiskesal menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Ekojemen, Laksma TNI dr. Ahmad Samsulhadi dari Karumkital dr. Ramelan Diskesal menjadi Kadiskesal, Kolonel Laut (K) dr. Radito, Sp.THT., Sp.KL. dari Sekdiskesal Mabesal menjadi Karumkital dr. Ramelan Diskesal, Laksma TNI Bernhard Setyabudi Heruyono dari Irbin Itjenal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Kolonel Laut (S) Fransiskus S.R., S.A.P., M.Tr. (Han) dari Paban IV Progar Srenal menjadi Irbin Itjenal, dan Laksma TNI Ngatminto, S.E. dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun).

5 Pati TNI Angkatan Udara yaitu Marsma TNI N. Ponang Djawoto dari Sesditjen Kuathan Kemhan menjadi Dirjen Kuathan Kemhan, Marsma TNI Hadi Suwito, S.E. dari TA Pengkaji Madya Bid. Ideologi Lemhannas menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Andi Wijaya dari Staf Khusus Kasau menjadi TA Pengkaji Madya Bid. Ideologi Lemhannas, Marsda TNI Taufiq Suhargo Arif dari TA Pengajar Bid. Ilpengtek Lemhannas menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), dan Marsda TNI Iman Sudrajat dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).

Militer

Lanud Atang Sendjaja Sambut Tim Wasrik BPK

Published

on

Bogor, JurnalJakarta.com — Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Eding Sungkana menerima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) di ruang rapat Mako Lanud Ats, Senin (2/12).

Pada pelaksanaan Entry Briefing BPK tentang Diklat Bangspes dalam mendukung alusista Lanud Ats, Warsik BPK dipimpin langsung ketua tim Sudarmono Sulistyadi beserta anggota wasrik BPK lainnya.

Danlanud Ats mengatakan, kehadiran tim Wasrik BPK di Lanud Ats merupakan sesuatu yang berharga. Khususnya tentang pemeriksaan kinerja pendidikan dan latihan pengembangan spesialisasi dalam mendukung kesiapan alutsista TNI Angkatan Udara.

“Sehingga kemampuan personel setelah mengikuti pendidikan pengembangan spesialisasi maupun dikkualsus dari sesarcab, sejurbata maupun dikkualsus untuk korps Pnb, Tek dan Lek dapat berjalan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan,” ujar Danlanud Ats.

Berkaitan dengan hal tersebut, sambung Marsma TNI Eding Sungkana, Lanud Ats mengharapkan masukan dan koreksi dari tim wasrik tentang program yang telah dilaksanakan. Yaitu daftar personel penempatan pertama serta personel yang mengikuti dikkualsus baik Perwira, Bintara dan Tamtama dari Korps Pnb, Tek, Lek Tahun 2017, 2018 dan 2019. Agar ke depan dapat lebih sempurna lagi dalam merencanakan dan melaksanakan program kerja dan anggaran di Lanud Ats, sesuai kebijaksanaan dan peraturan yang berlaku.

“Saya berharap kepada satuan kerja di Lanud Ats yang menjadi objek pemeriksaan, agar dapat bekerjasama dengan baik. Sehingga pelaksanaan kegiatan Wasrik BPK di Lanud Ats dapat berjalan baik dan lancar, sesuai tujuan yang diharapkan,” tutup Danlanud Ats.

Turut hadir dalam Entry Briefing Tim Warsik BPK Komandan Wing 4 Kolonel Pnb Muzafar, para kepala dinas, komandan satuan serta unsur pejabat Lanud Ats lainnya.

Continue Reading

Militer

Panglima TNI Tegaskan Sinergitas TNI-Polri Sampai Akhir Hayat

Published

on

Papua, JurnalJakarta.com — Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si. memberikan pengarahan kepada 982 prajurit TNI dan Polri se-Jayawijaya, bertempat di Gedung Ukumearek Asso, Jl. Yos Sudarso, Kab. Wamena, Papua, Kamis (28/11/2019).

Baca juga : Panglima TNI Kembali Kunjungi Papua

Dalam pengarahannya Panglima TNI menyampaikan bahwa kunci keberhasilan dalam pelaksanaan tugas adalah sinergitas TNI-Polri. Apabila TNI dan Polri yang merupakan kekuatan terbesar tegak lurus dan bisa bersinergi, maka stabilitas keamanan pasti akan bisa terjaga dengan baik dalam rangka melaksanakan tugas menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Panglima TNI menegaskan bahwa Negeri Indonesia yang damai bisa tercipta apabila prajurit TNI-Polri selalu bekerjasama dan mampu menjaga sinergitas sampai akhir hayat. “Saya mengapresiasi kepada seluruh prajurit TNI dan Polri khususnya di Wamena karena telah menunjukan kerjasama yang baik dan loyalitas sehingga mampu melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik,” ujarnya.

Untuk itu, prajurit TNI dan Polri tetap harus siaga dan bangun kerja sama yang baik serta tidak boleh lengah dalam melaksanakan tugas yang rutin ini. “Tetaplah waspada dalam melaksanakan tugas di wilayah yang jauh dari keluarga dan hindari kegiatan-kegiatan rutin,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Baca juga : Panglima TNI : Provinsi Papua Banyak Menyumbangkan Atlet Nasional di Berbagai Cabang Olahraga

Panglima TNI mengatakan bahwa para prajurit TNI dan Polri harus selalu mendekati rakyat, kontak dengan masyarakat, berkoordinasi dengan tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Dengarkan apa yang disampaikan warga masyarakat, karena tugas TNI dan Polri adalah mengatasi kesulitan rakyat sekitarnya.

“Apa yang mereka inginkan kita harus dengar, kalau kita mau menyelesaikan permasalahan masyarakat sampaikan ke komando atas termasuk dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat karena itu sangat penting. Apabila kita sudah dekat dengan mereka, pemasalahan sekecil apapun bisa teratasi dengan baik TNI-Polri ada ditengah-tengah,” ujarnya.

Panglima TNI mengingatkan bahwa tugas TNI-Polri ke depan masih panjang, diantaranya memberikan keamanan pada saat perayaan Hari Natal dan Tahun Baru. Untuk itu, tetap jaga kesehatan agar selalu prima dalam melaksanakan tugas. “Perayaan Natal dan Tahun Baru, TNI-Polri harus menjaga kestabilan keamanan dengan baik agar masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru bisa aman, tenteram dan damai,” tutupnya.

Baca juga : Panglima TNI Tinjau Baksos Kesehatan di Kampung Skouw Papua

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Pangkoarmada III Laksda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono P., S.I.P., M.Tr.(Han), Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto, Aster Panglima TNI Mayjen TNI George E. Supit, S.Sos. dan Kabais TNI Marsda TNI Kisenda Wiranata Kusuma, M.A.

Continue Reading

Militer

Komandan Korpaskhas Terima Kunjungan BPK RI

Published

on

Bandung, JurnalJakarta.com — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melakukan kunjungan di Markas Komando Korpaskhas, Lanud Sulaiman, Bandung. Kamis (28/11).

Tim BPK diterima langsung oleh Komandan Korpaskhas Marsda TNI Eris Widodo Y., S.E., M.Tr(Han) didampingi Wadan Korpaskhas Marsekal Pertama TNI Taspin Hasan, S.A.P., M.Si. (Han) dan Inspektur Korpaskhas Kolonel Pas Elia Adrianto di Loby Mako Korpaskhas.

Kunjungan tim BPK RI ke Korpaskhas bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi dan tertib kerja agar tercapai transparansi dan akuntabilitas satuan yang optimal sehingga dapat memberikan koreksi yang berkaitan dengan pengadaan alutsista di Korpaskhas pada Tahun 2018 sampai dengan September 2019.

Hadir pada kunjungan ini ketua tim BPK RI Bapak Asep Mu’min, S.Sos., MAP. Beserta 2 orang anggota tim BPK RI, dan kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman staf.

Continue Reading

Populer