Connect with us

Olahraga

MotoGP 2021: Valentino Rossi-Franco Morbidelli Pamer Motor Baru Petronas Yamaha

Published

on

JurnalJakarta — Petronas Yamaha SRT memamerkan motor balap baru mereka untuk mengarungi MotoGP 2021. Tak lupa sekaligus memperkenalkan duo pebalapnya, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli yang dilakukan secara virtual, Senin (1/3/2021).

Petronas Yamaha SRT meluncurkan motor dengan warna khas mereka, hitam dan pirus atau toska persis dengan corak musim lalu seperti yang digunakan Franco Morbidelli pada musim 2019 dan 2020. Untuk musim ini, motornya tetap diberi nama YZR-M1.

Dalam acara itu juga diperkenalkan dua line-up pebalap Petronas SRT Yamaha dengan Valentino Rossi sebagai gacoannya didampingi Franco Morbidelli. Ya, seperti diketahui, Fabio Quartararo menggantikan tempat Valentino Rossi di tim Factory Yamaha.

Valentino Rossi

Ini pertama kalinya sejak kembali ke Yamaha dari Ducati pada 2013, Rossi berganti tim dan dia belum menjadi pembalap satelit sejak 2001.

“Ini pengalaman baru dan saya tidak sabar menunggu!” kata Rossi saat peluncuran tim dalam situs MotoGP, Senin (1/3/2021).

“Saya suka motor baru, helm dan livery-nya. Saya ingin kompetitif, berjuang untuk podium, berjuang untuk memenangkan balapan dan juga berjuang untuk posisi yang baik di klasemen Kejuaraan Dunia.”

“Kami semua sangat fokus pada target kami untuk membuat yang terbaik semampu kami. Saya pikir berduet dengan Franco, kami adalah pasangan pembalap yang sangat menarik karena kami sangat mengenal satu sama lain. Seluruh tim memiliki banyak motivasi dan saya akan memberikan yang terbaik. maksimal untuk mencapai hasil terbaik bersama. Kami siap untuk memulai,” jelas Rossi.

Sementara Rossi akan terus membalap motor spek pabrikan di Petronas tahun ini, sama seperti Quartararo dan Vinales yang ada di Monster Yamaha. Sedangkan Morbidelli akan tetap menggunakan mesin “A-Spec” M1.

“Livery YZR-M1 2021 mirip dengan dua tahun terakhir,” kata Morbidelli.

“Yang berbeda dari tahun-tahun terakhir adalah rekan setim saya; saya berharap dan berharap ini akan menjadi musim yang hebat bagi saya dan Vale. Kami telah memiliki hubungan yang kuat selama bertahun-tahun dan kami akan belajar banyak dari satu sama lain,” sambungnya.

“Target saya untuk 2021 adalah untuk menjadi lebih baik; meningkatkan diri saya sebagai pribadi, pembalap dan atlet. Saya tahu ini sulit dan sulit karena tahun lalu kami cukup cepat dan kami membuat balapan yang hebat dan meraih hasil yang luar biasa. Namun demikian, kami harus melakukannya. mencoba untuk meningkatkan dibandingkan dengan tahun 2020, jadi itulah tujuan saya, mencoba menjadi lebih baik dari tahun ke tahun,”.

2021 jadi momentum kebangkitan Yamaha. Setelah 2020 jadi catatan manis bagi Franco Morbidelli. Ia membalap dengan spek motor lebih rendah dari ketiga pebalap Yamaha lainnya, tapi tampil paling ciamik dengan finis di tempat kedua pada klasemen akhir.

Pebalap Petronas SRT itu tampil sebagai runner-up MotoGP 2020. Morbidelli menyudahi musim dengan perolehan 158 poin, berjarak 13 poin saja dari pebalap Suzuki Joan Mir, yang merengkuh titel juara dunia.

Franco Morbidelli

Pada MotoGP 2020 yang menggelar 14 seri, Morbidelli meraih tiga kemenangan, jumlah terbanyak di antara para kontestan, sama dengan Fabio Quartararo. Rider Italia berdarah Brasil tersebut melengkapinya dengan tambahan dua kali finis di podium, dan tiga kali finis 10 besar.

“Kami menantikan musim depan, ingin memberikan kesempatan terbaik bagi Franco dan Valentino,” kata kepala tim Razlan Razali.

“Bagi Franco, ini adalah kesempatan luar biasa untuk mencapai hal-hal yang lebih baik daripada musim gemilangnya di tahun 2020 dan untuk Valentino kami berharap tim baru akan memberinya kesempatan terbaik untuk memanfaatkan bakat dan keahliannya,” jelas Razlan Razali. (Bgs)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Resmi! Presiden Jokowi Buka PON XX Papua 2021

Published

on

JurnalJakarta — PON XX Papua 2021 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021), sore WIB.

“Perasaan saya dan perasaan saudara pasti sama, kita bangga di tanah papua. Kita juga bangga berada di stadion terbaik di asia pasifik ini. Kita bangga membuka pon ke-20, pon yang pertama kali digelar di tanah Papua,” ucap Joko Widodo dalam upacara pembukaan PON XX Papua 2021.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, dengan Nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional ke-20 Papua secara resmi saya nyatakan dibuka,” lanjutnya.

Sebelum dibuka, upacara pembukaan telah dimulai dengan serangkaian pertunjukkan yang meriah. Ambil contoh, tarian Selamat Datang dan nyanyian khas Papua yang dibawakan putra daerah.

Kemudian, disambung dengan parade atlet. Mereka masuk ke tengah lapangan sambil membawa bendera provinsi masing-masing.

Presiden Jokowi dengan menggunakan jaket PON XX Papua 2021 ikut berdiri dan melambaikan tangan ke para atlet. Sesekali, Presiden Jokowi juga terlihat menari-nari kecil sebagai ekspresi kegembiraannya.

Sementara itu, delapan atlet legenda asal Papua masuk ke tengah lapangan sambil membawa bendera PON dalam upacara pembukaan PON XX Papua 2021. Mereka adalah Lisa Rumbewas (Angkat Besi), Benny Maniani (Tinju), Erni Sokoy (Dayung), Maria Londa (Atletik), Kartika Monim (Voli), Melly Mofu (atletik), Rully Nerre (Sepak Bola), dan Imanuel Daundi (Pencak Silat).

Suasana upacara pembukaan jadi makin meriah usai Presiden Jokowi secara resmi membuka PON XX Papua 2021. Ajang olahraga nasional terbesar ini akan berlangsung hingga 15 oktober mendatang.

Continue Reading

Militer

Pangkoopsau III Ikuti Pembukaan PON XX Papua 2021 Oleh Presiden RI Di Stadion Lukas Enembe Papua

Published

on

JurnalJakarta — Bertempat di Stadion Lukas Enembe, Jl. Raya Sentani-Abepura, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, pada tanggal 2 Oktober 2021 pukul 19.00 WIT Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo secara resmi membuka PON XX Papua Tahun 2021 di Provinsi Papua. (Sabtu, 2/10).

Turut hadir dalam rombongan Presiden RI pada acara pembukaan PON XX antara lain: Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P, Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pertahanan RI Letjen (Purn) Prabowo Subianto, Menkopolhukam Prof. Dr. Mohammad Mahfud, MD., SH., SU., M.I.P, Menteri Investasi/Kepala Badan Penanaman Modal Indonesia Bapak Bahlil Lahadalia, S.E, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si, Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.Sos., Ketua DPD RI Ir. H. AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Ka BIN RI Jenderal Pol (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, Kepala Sekretariat Kepresidenan Bapak Heru Budi Hartono, Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman, serta para pejabat negara laiinnya.

Sementara itu para pejabat daerah yang ikut mendampingi tampak Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe, S.IP., MH, Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar parawansa, M.Si, Gubernur Sulawei Utara Bapak Olly Dondokambey, S.E, Gubernur Sulawei Barat H. M. Andi Ali Baal Masdar, Wakil Gubernur Banten H. Andika Hazrumy, S.Sos M.AP, Wakil Gubernur NTT Drs A. Nae Soi, MM, Ketua DPR Provinsi Papua Bapak Jhony Banua Rouw, S.E, Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M., Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry A. Rahawarin, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, MA., Pangkoopsau III Marsda TNI Samsul Rizal, S.IP., M.Tr (Han)., Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K, Kabinda Papua Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon, Danlantamal X Jayapura Brigjen Mar Feryyanto Pardamean Simarpaung, M.Tr.,Opsla, Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Dr. Budhi Achmadi, M.Sc., Bupati Jayapura Bapak Mathius Awoitouw, S.E., M.Si, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Papua/Ketua Harian Peparnas XVI Papua Bapak Doren Wakerkwa, Ketua Harian PB PON XX Papua Dr. Yunus Wonda, SH,. MH., Kajati Provinsi Papua Bapak Nikolas Kondomo, serta para Pejabat Daerah dari Masing-Masing Kontingen.

Pembukaan PON XX Papua 2021 diawali dengan persembahan tari-tarian dan musik Papua, dilanutkan dengan defile Kontingen PON XX Papua Tahun 2021, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Penayangan Sponsor, Vidio Promo PON dan Pariwisata, Pengibaran Bendera PON XX Papua, Pembacaan Janji Atlit, Laporan Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman, sambutan Gubernur Papua dan sambutan Presiden RI.

Baca Juga : Resmi! Presiden Jokowi Buka Pon XX Papua 2021

Dalam penjelasannya, Letjen (Purn) Marciano Norman menjelaskan bahwa pelaksanaan pertandingan PON XX Papua Tahun 2021 sudah dilaksanakan pada tanggal 22 September 2021 dengan perolehan medali sementara sampai dengan pembukaan PON ini yaitu DKI Jakarta 28 Medali Emas, Papua : 17 Medali Emas dan Jawa Barat 11 Medali Emas.

“Penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2021 diikuti oleh 34 kontingen dengan Jumlah atlit sebanyak 6.923 tamu kontingen dan 923 atlit Papua dengan jumlah cabor sebanyak 37 cabor serta 56 disiplin. Para atlit dari masing-masing kontingen memperebutkan 681 emas, 681 perak dan 687 perunggu, serta venue PON XX Papua sebanyak 45 venue yang berstandar Nasional, bahkan sebagian Internasional termasuk stadion Lukas Enembe yang digunakan untuk pembukaan”, tegas Ketua Umum KONI.

Sementara itu Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Papua atas terselenggaranya PON XX Papua Tahun 2021, dimana PON ini merupakan pertama kali diselenggarakan di Tanah Papua. PON ini juga punya makna besar bagi masyarakat di Papua, PON ini adalah panggung keadilan untuk maju bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Stadion yang sangat megah ini bukan hanya simbol, bahkan jalur darat laut dan udara menjadi bukti kemajuan di Tanah Papua, bahkan prestasi yang diraih oleh atlit Papua juga banyak yang sudah dikenal oleh Negara baik atlit angkat besi, sepak bola serta atlit yang lainya. “Mari kita rayakan PON XX Papua ini dengan kreatifitas, kita tunjukan partisipasi kita untuk mensukseskan PON XX Papua Tahun 2021”, tegas Presiden RI.

Continue Reading

Militer

Wara Koopsau III Serda Violita Perkuat Tim Bola Basket Putri Kontingen Provinsi Papua Dalam PON XX 2021

Published

on

JurnalJakarta — Event olah raga nasional PON XX Papua tahun 2021 sudah digelar dan resmi dibuka oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo kemaren malam di stadion Lucas Enembe Jayapura. Satu persatu pertandingan olah raga sudah mulai dilansungkan di 3 tempat yaitu di Jayapura, Mimika dan Merauke.

Cabang olah raga Bola Basket Putri telah dilangsungkan di Mimika Sport Center dan pada laga kedua ini, tim bola basket putri Papua yang diperkuat oleh Wara Kooosau III serda Violita akan bertanding melawan tim Sulawesi Selatan pada hari Minggu ini di Mimika. (Minggu, 3/10).

Serda Wara Dorotea Violita Noviantari, yang disapa akrab dengan panggilan vio, putri kelahiran Blitar Jawa Tumur 24 November 1999, sehari-harinya bertugas sebagai Bintara Staf Operasi Koopsau III Biak.

Saat dihubungi Redaksi via telephon, Vio mengatakan sangat senang dapat terlibat dalam ajang bergengsi tingkat nasional ini dan ikut masuk tim dalam cabang olah raga bola basket puteri kontingen Provinsi Papua.

“Sejak bulan Agustus 2021 lalu, saya sudah berlatih mengikuti TC Pelatnas bola basket putri bersama-sama tim lainnya, dan hari ini Minggu 3 September 2021 tim kami akan melakukan pertandingan kedua melawan tim bola basket putri Sulawesi Selatan”.

“Tim Bola Basket putri PON XX kontingen Provinsi Papua ini terdiri dari 14 atlit antara lain: Susana Hikinda, Aprillia elizah baminggen, evi buan, veronika jikwa, deice yikwa, natalia kumaat, stevanie faustina ngaderman (Jayapura), Enjel Yulinasri, Christina Thynce, vina pigay, wina Natalia, lea elvensia wolobubo kahol (Merauke), dan Dorotea Violita Noviantari (Biak Numfor), ujar violita.

“Sebagai kebanggaan kami dan kecintaan kepada Koopsau III, dalam setiap pertandingan kami mengenakan baju kaos tim nomor 3”, pungkas Vio sembari mengepalkan tangan di dada. Bravo vio, selamat bertanding, semoga dapat membawa nama harum bagi kontingen Papua.

Continue Reading

Populer