Connect with us

Otomotif

Menuju Era Elektrifikasi, Kemenperin Sebut Kendaraan ICE Akan Tetap di Produksi

Published

on

Jurnaljakarta.com — Dengan akselerasi peningkatan produksi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB/EV), Juru Bicara (Jubir) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Febri Hendri Antoni Arif menyampaikan bahwa kendaraan ICE atau kendaraan dengan mesin berbahan bakar internal masih tetap diproduksi di Indonesia.

Hal ini mengingat Indonesia sudah memiliki roadmap industri KBLBB. Pada tahun 2025, jumlah KBLBB di Indonesia ditargetkan mencapai 400 ribu unit atau 25% dari total produksi kendaraan bermotor roda empat yang akan mencapai 1,6 juta unit.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Transjakarta Mulai Beroperasi 24 Jam Non-stop

Sedangkan di tahun 2035, Kemenperin menargetkan produksi 1 juta KBLBB roda empat atau lebih dan 3,22 juta KBLBB roda dua.

“Target tersebut diharapkan dapat menghemat penggunaan bahan bakar fosil dan menurunkan emisi CO2 hingga 12,5 juta barel/4,6 juta ton untuk roda empat atau lebih dan 4 juta barel/1,4 juta ton CO2 untuk kendaraan roda dua. Artinya, persentase jumlah KBLBB akan terus meningkat bila dibandingkan dengan jumlah kendaraan ICE,” jelas Arif dalam keterangannya, Selasa (20/9/2022).

Sumber: Foto: dok.TMMIN

Dirinya menambahkan, hingga saat ini, telah terdapat empat perusahaan bus listrik, tiga perusahaan mobil listrik, serta 31 perusahaan roda dua dan roda tiga listrik dengan total investasi sebesar Rp1,872 Triliun.

Menurut Arif, kapasitas produksi kendaraan listrik per tahun di Indonesia saat ini mencapai 2.480 unit bis, 14.000 unit mobil listrik, serta 1,04 juta unit untuk kendaraan roda dua dan roda tiga listrik.

Baca Juga: IMOS 2022 Siap Digelar, Jadi Ajang Pameran Sepeda Motor Masa Depan

“Dari tahun 2017 sampai 2021, pendaftaran KBLBB di Kementerian Perhubungan selalu mengalami peningkatan tiap tahun. Terakhir pada tahun 2021 meningkat sebanyak 360% dari 2020,” terangnya.

Selain itu, industri otomotif di Indonesia terbukti telah menyerap tenaga kerja langsung hingga 38 ribu orang, serta lebih dari 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai nilai sektor tersebut, termasuk industri kecil dan menengah (IKM).

Sumber: Foto: dok.TMMIN

Lebih lanjut, Arif menambahkan bahwa Kendaraan ICE juga menunjukkan angka ekspor yang tinggi. Hingga Agustus 2022, ekspor kendaraan ICE mencapai 285.941 unit, dari total produksi sebesar 920.376 unit.

“Pangsa pasar ekspor produk otomotif untuk kendaraan roda empat atau lebih, termasuk komponen, telah mencapai lebih dari 80 negara. Baru-baru ini, industri otomotif di Tanah Air melakukan ekspor ke Australia yang terkenal memiliki spesifikasi yang ketat,” pungkas Jubir Kemenperin.

Otomotif

Goodyear Rilis Ban Baru Assurance MaxGuard, Hadirkan Cengkeraman Kuat Di Jalan Basah

Published

on

JurnalJakarta.com — PT Goodyear Indonesia (Goodyear) telah meluncurkan Assurance MaxGuard sebagai lini ban terbaru dari Goodyear Assurance yang mampu memberikan kenikmatan dan kesenangan berkendara dengan jaminan perlindungan 2-in-1.

Terinspirasi dari konsep Goodyear 360, ban baru Goodyear Assurance MaxGuard ini hadir dengan teknologi ActiveGrip yang membantu kendaraan untuk berhenti lebih cepat serta teknologi DuraGuard yang dapat mengoptimalkan material kompon dan konstruksi ban.

Baca Juga : 78 Tahun PLN Hadir Listriki Indonesia, Rasio Elektrifikasi Nasional Capai 99,74%

Greg Hanna, Vice President, Product & Quality Development, Goodyear Asia-Pasifik mengatakan bahwa ban Goodyear Assurance MaxGuard ini memiliki keunggulan performa pada jalan basah yang luar biasa dan daya tahan produk yang andal menawarkan perlindungan menyeluruh.

“Assurance MaxGuard dirancang untuk memberikan tingkat keselamatan baru yang memungkinkan konsumen kami menjelajahi kemungkinan tak terbatas di jalan,” ungkapnya mengutip keterangan resminya, Selasa (31/10/2023).

Goodyear Assurance MaxGuard/Foto: dok.Goodyear Indonesia

Desain pola alur water-wave shield yang tersemat pada ban ini dapat membantu meningkatkan traksi dan bidang kontak sebesar 10%. Bahkan, kedua fitur tersebut dapat berkontribusi pada performa yang lebih baik di jalan basah dengan jarak pengereman lebih pendek.

Kompon tapak ban generasi baru dengan silika 80% lebih banyak dikombinasikan dengan resin penguat dapat menyesuaikan ban dengan permukaan jalan serta membuat kontak mikro yang menghasilkan cengkeraman kuat di jalan, terutama dalam kondisi basah.

Baca Juga: Pertamina Patra Niaga Lakukan Pengisian Perdana Sustainable Aviation Fuel Bagi Penerbangan Komersil

Alur ban ini memiliki pola seperti perisai yang menggambarkan kekuatan ekstra Assurance MaxGuard yang didukung oleh 2 bagian lapisan karkas dengan kepadatan dan kekuatan kawat lebih tinggi serta 2 lapis sabuk baja untuk mengatasi sobekan dan benturan yang tidak terduga.

Pengukur alur ban Assurance MaxGuard ini juga turut ditingkatkan sebesar 10% untuk meningkatkan volume karet yang dapat dipakai sementara matriks polimer berkinerja tinggi ditambahkan ke dalam kompon ban untuk menghambat kehausan ban.

Tire Trial Goodyear Assurance MaxGuard/Foto: dok.Goodyear Indonesia

Selain daya tahan tinggi serta performa luar biasa di jalan basah, ban terbaru Goodyear Assurance MaxGuard ini juga dibuat untuk memberikan jarak tempuh terbaik sehingga cukup membuat rasa berkendara menjadi worry-free.

Ban Goodyear Assurance MaxGuard ini tersedia dalam ukuran profil 185/55R15 hingga 225/55R17. Ban ini dinilai Cocok untuk berbagai macam sedan kelas menengah, termasuk Toyota Camry, Buick Passat, Volkswagen Lavida, dan model populer lainnya di pasar Asia-Pasifik.

Baca Juga: BPH Migas Permudah Pemerintah Daerah Terbitkan Surat Rekomendasi

Continue Reading

Otomotif

Gunakan SPKLU PLN, Crew Dorna Sport: It’s Very Good and Very Fast

Published

on

By

Mandalika, Jurnaljakarta.com – PT PLN (Persero) menghadirkan 5 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada perhelatan MotoGP Mandalika 2023. Hal ini juga menjadi bukti kesiapan PLN dalam mendukung penggunaan kendaraan listrik dan mendukung perubahan menuju energi bersih demi mencapai Net Zero Emissions (NZE) 2060.

Salah satu Crew Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP, Jose Maroto, mengungkapkan, dirinya sangat terbantu dengan adanya SPKLU di Sirkuit Mandalika.

“I’m very happy with PLN. Fast charging station it’s very good and very fast, thank you,” ucap Jose.

Dalam gelaran MotoGP kali ini, official dan crew beberapa tim menggunakan kendaraan listrik dalam operasionalnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, kehadiran SPKLU dalam event MotoGP Mandalika 2023 untuk memudahkan pengguna melakukan pengisian kendaraan listrik. Dengan hadirnya SPKLU ini, para peserta, crew dan penonton MotoGP yang menggunakan kendaraan listrik dapat merasakan kemudahan mengisi daya kendaraannya.

“Kami selalu berupaya untuk mendukung teknologi ramah lingkungan dan mobilitas yang lebih bersih. SPKLU pada MotoGP Mandalika merupakan upaya dalam mendukung penggunaan kendaraan listrik sekaligus menciptakan infrastruktur pengisian yang terjangkau dan mudah diakses,” kata Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo mengatakan, terdapat 5 unit SPKLU yang dipasang di sekitar Sirkuit Mandalika. Sebanyak 2 unit SPKLU merupakan unit eksisting dan 3 unit merupakan SPKLU mobile. PLN juga menyediakan petugas siaga pada setiap SPKLU untuk membantu pengguna kendaraan listrik melakukan pengisian daya.

“Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat untuk lancarnya gelaran MotoGP ini. Kami berharap event kelas dunia di Nusa Tenggara Barat ini dapat berjalan lancar dan suplai listrik berlangsung andal,” tutup Djarwo.

Continue Reading

Otomotif

PEVS 2023 Siap Digelar, Moeldoko: Momentum Tepat Menuju Era Elektrifikasi

Published

on

JurnalJakarta.com — Ajang pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) diumumkan akan kembali diselenggerakan pada 17-21 Mei 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta.

Event yang diprakarsarai oleh Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) dengan menggaet Dyandra Promosindo akan digelar dalam rangka mendukung Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Baca Juga: Dibanderol Rp1,3 M, All New Renault Megane E-Tech Resmi Meluncur di Indonesia

Menurut Moeldoko selaku Ketua Umum Periklindo, penyelenggaraan PEVS 2023 ini menargetkan untuk menjadi salah satu media yang efektif dalam membantu mensosialisasikan berbagai insentif kebijakan pemerintah khusus kendaraan listrik kepada masyarakat umum.

“PEVS 2023 menjadi momentum tepat, baik bagi pelaku bisnis untuk menyampaikan literasi mengenai era elektrifikasi, serta bagi masyarakat yang minat untuk memiliki kendaraan listrik,” terangnya dalam keterangannya kepada JurnalJakarta.com, Jum’at (24/3/2023).

Perhelatan PEVS 2023 ini merupakan pelaksanaan yang kedua oleh Periklindo dan Dyandra Promosindo sejak pelaksanaan pertamanya pada tahun 2022 silam. Meski begitu, perhelatan PEVS 2022 mampu menjaring total hingga 40.000 pengunjung selama pameran berlangsung.

Hal itu dianggap sebagai prestasi tersendiri bagi Periklindo dan Dyandra Promosindo karena telah berhasil melampaui target pengunjung yang diharapkan serta mampu menunjukkan konsistensi dalam menjalankan pameran kendaraan listrik berskala internasional untuk kedua kalinya.

Baca Juga: Menhub Imbau Masyarakat Tak Mudik Dengan Sepeda Motor

Kendati demikian, Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung menyatakan bahwa Dyandra Promosindo siap membantu mendorong dan menyukseskan program pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission Indonesia 2060 dengan menggunakan energi terbarukan.

“Kesiapan Dyandra Promosindo dalam hal ini adalah dengan melakukan upaya 360 derajat dalam memaksimalkan sektor Industri MICE beserta seluruh rangkaian kegiatan PEVS 2023 sehingga mampu menciptakan multiplier effect bagi percepatan program kendaraan listrik,” ucapnya.

“Melalui pameran PEVS 2023, Dyandra Promosindo memberikan strategi serta konsep dan fitur acara yang lebih menarik, sesuai dengan tema besar menyambut era elektrifikasi kendaraan di Indonesia,” pungkas Daswar.

Sebagai informasi, Dyandra Promosindo mengaku juga optimis bahwa PEVS 2023 akan lebih semarak dan bermakna bagi kendaraan listrik enthusiast di tanah air, dengan beragam kejutan menarik, sederet brand kendaraan listrik ternama, serta industri pendukung lainnya.

Baca Juga: Truk Angkutan Barang Dilarang Melintas Selama Mudik 2023 Mulai 18 April

Artinya, seluruh brand peserta PEVS 2023 direncanakan akan unjuk gigi menghadirkan line up kendaraan listrik dan komponen pelengkap terbaiknya kepada masyarakat Indonesia, hingga memberikan berbagai promosi yang sayang jika dilewatkan.

Continue Reading

Populer