Connect with us

Militer

Menghitung Hari Jelang Pembukaan PON XX, Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Rapat Kesiapan Bersama Pejabat Kodam

Published

on

JurnalJakarta — Bertempat di Ruang Bina Yudha, Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A memimpin rapat kesiapan yang dilaksanakan secara tatap muka dan virtual dalam rangka mendukung kesuksesan PON XX Tahun 2021 di Provinsi Papua yang beberapa hari lagi akan dibuka. Kamis (23/9/2021).

Selain diikuti oleh pejabat Kodam XVII/Cenderawasih yang berada di wilayah Jayapura, rapat tersebut juga diikuti oleh Danrem 173/PVB Biak dan Danrem 174/ATW Merauke yang dilaksanakan secara Video Conference.

Saat membuka rapat, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan bahwa Kodam XVII/Cenderawasih mempunyai peran yang signifikan dalam mendukung kesuksesan PON XX di Provinsi Papua.

“Dalam penyelenggaraan PON XX, kita harus benar-benar mendukung secara komprehensif dan utuh agar mulai dari acara pembukaan sampai dengan penutupan dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” ucap Pangdam XVII/Cenderawasih.

Selanjutnya Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono M.A menambahkan bahwa dalam mendukung kesuksesan PON XX ini, Kodam XVII/Cenderawasih mendapat beberapa tugas penting diantaranya pengamanan PON, pengamanan VVIP, kesehatan, akomodasi, transportasi serta kirab api PON.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih bahwa kesuksesan PON XX tidak datang secara tiba tiba, tetapi memerlukan perencanaan dan persiapan yang benar-benar matang. “Dengan adanya perencanaan yang baik dan matang maka kegiatan tersebut diharapkan akan dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses, karena perencanaan yang baik sudah 50% dari keberhasilan,” jelasnya.

Selain itu, terkait dengan vaksinasi yang dilaksanakan di Provinsi Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan agar tetap dilaksanakan secara terus menerus sampai dengan cakupan penerima vaksin mencapai 70% di akhir bulan September dan Pangdam juga menegaskan agar vaksinasi terus dilakukan walaupun PON XX sudah selesai dilaksanakan.

Di akhir rapat, Pangdam XVII/Cenderawasih berharap agar semua pejabat Kodam XVII Cenderawasih untuk saling bahu membahu, berkerjasama, fokus, dan berkomunikasi serta berkoordinasi secara terus menerus untuk kesuksesan penyelenggaraan PON XX di Provinsi Papua.

Militer

Pembukaan FESA & Final AMSO Tahun 2021, Kasau: FESA Wujud Komitmen Yasarini Majukan Pendidikan Bagi Generasi Muda

Published

on

By

Jurnaljakarta.com –  Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P secara resmi membuka Festival Edukasi Sekolah Angkasa (FESA) yang ke-5 tahun 2021 secara virtual dari Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Selaku pembina utama Yayasan Ardhya Garini (Yasarini), Kasau menilai pelaksanaan FESA merupakan wujud komitmen Yasarini dalam upaya memajukan pendidikan bagi generasi muda penerus bangsa Indonesia.

“Saya menilai, FESA merupakan bukti komitmen Yasarini untuk terus berupaya memajukan pendidikan bagi generasi muda bangsa umumnya, dan khususnya keluarga besar TNI AU,” kata Kasau.

Kasau juga optimis, pelaksanaan FESA dapat menjadi sarana menumbuh kembangkan kreativitas, motivasi belajar, rasa keingintahuan, serta karakter jiwa sosial di dalam diri anak-anak siswa dan siswi Sekolah Angkasa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pembukaan FESA turut dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) Yasarini, ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman, Ketum PIA Ardhya Garini selaku Wakil Ketua Umum Yasarini, Wakil Ketua Umum PIA Ardhya Garini selaku Ketua Harian Yasarini Ibu Thres Gustaf Brugman.

Sementara Ketum Yasarini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto berharap, FESA dapat menumbuhkan semangat dalam persaingan positif pada seluruh civitas Sekolah Angkasa, dan juga sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan yang bermuara pada terciptanya kecerdasan kehidupan bangsa.

FESA tahun ini menyelenggarakan AMSO (Angkasa Mathematic and Science Olympiad) tingkat SD, SMP, SMA dan SMK seluruh Indonesia. Selain itu, FESA juga memberian apresiasi kepada Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Angkasa Inspiratif dan pemilihan Ketua Cabang yang berdedikasi.

Pelaksanaan AMSO, untuk tahap seleksi mandiri telah dilaksanakan oleh sekolah masing-masing pada bulan November dan Desember 2021 lalu. Dilanjutkan babak penyisihan pada tanggal 11 Januari 2022. Sedangkan pada hari ini, AMSO telah memasuki babak final yang terdiri dari 1.220 siswa. Salah satu kegiatannya hari ini adalah Teleconference dan kunjungan virtual ke Lanud-lanud jajaran TNI Angkatan Udara.

Turut juga mengikuti pembukaan FESA dan Final AMSO tahun 2021 ini, sejumlah pejabat utama jajaran TNI AU beserta istri, Pengurus PIA Ardhya Garini Pusat dan Yasarini Pusat, Pembina Harian Yasarini Pusat, Pembina dan Ketua Yasarini Pengurus Perwakilan Kodiklatau, Koopsau I, Koopsau II, Koopsau III.

Selain itu, juga hadir Pembina dan Ketua Yasarini Cabang jajaran seluruh Indonesia, Direktur Direktorat Pengembangan SMA Pradita Dirgantara, Prof.Dr.Ibrahim Bafadal, M.Pd beserta tim LPI Sabilillah Malang, Dr. Rosita Uli Sihombing., M.Pd.(Red)

Continue Reading

Militer

Kunjungi DPRD, Pangdam Kenalkan Program Mutiara Pattimura

Published

on

By

Ambon, Jurnaljakarta.com – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon berkunjung ke DPRD Maluku, Karang Panjang Ambon, Senin (17/01/2022). Kedatangan Pangdam yang didampingi oleh Danrem 151/ Binaiya, Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw, Aspers Kasdam XVI/ Pattimura, Aster Kasdam XVI/ Pattimura, Pamen Ahli Bidang Ideologi dan Politik, Kapendam XVI/ Pattimura disambut oleh Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattumury beserta   para ketua komisi dan fraksi.

Dalam pertemuan itu, Pangdam mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD karena telah diterima dengan baik dan dapat menjalin silaturahmi sebagai pejabat baru di wilayah Maluku. Kunjungan Pangdam ini adalah kunjungan perdananya ke kantor DPRD Maluku.

Pangdam juga memperkenalkan program baru “Mutiara Pattimura” yang digagasnya. Mutiara Pattimura merupakan program yang dicetuskan Pangdam, berisikan kegiatan-kegiatan yang bersifat inovatif, konstruktif, bersifat Kebhinekaan dan bersinergi dengan masyarakat. Hal itu didasari oleh kondisi Maluku yang dilandasi Kebhinekaan dan kearifan lokal yang harus tetap dijaga.

Ketua DPRD pun menyambut baik adanya program tersebut dan berharap dengan adanya Mutiara Pattimura dapat menjadi jembatan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Maluku dan Maluku Utara.

Pangdam menyampaikan Kodam XVI/Pattimura siap mendukung dan melakukan pendampingan- pendampingan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas apabila DPRD memerlukan dukungan. Tak hanya itu, Pangdam juga berharap terjalin koordinasi dan kerjasama yang baik antara Kodam dan DPRD. “Kami harap terjalinnya kerjasama yang baik, support dan koordinasi sehingga dapat bersinergi mendukung terselenggaranya tugas pokok masing-masing,” ujar Pangdam.

Tak lupa Pangdam mohon doa semoga Kodam XVI/Pattimura dapat menjadi “Pelindung dan Perekat Bangsa”, yang senantiasa hadir untuk mengatasi kesulitan masyarakat.

Disela-sela perbincangan, Pangdam dan Ketua DPRD juga sempat menyinggung alokasi prajurit TNI AD di Maluku yang saat ini sebagian besar berasal dari putra daerah.

Pertemuan sore tadi ditutup dengan penyerahan cinderamata serta foto bersama dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. (Red)

Continue Reading

Militer

Bersama Warga, Satgas Yonif 126/KC Bersihkan PLTS

Published

on

By

Keerom, Jurnaljakarta.com – Dari Hasil Komsos yang telah dilaksanakan, Pos Towe Hitam Satgas Yonif 126/KC mengajak masyarakat untuk bersama-sama membersihkan sekeliling halaman Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berada di  Kampung Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han. dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Senin (17/01/2022).

“Ini adalah wujud kebersamaan kami, TNI bersama Rakyat. Dengan dilakukan kegiatan secara bersama-sama seperti ini, diharapkan sinergitas antara TNI bersama Rakyat selalu terbina,” ungkap Dansatgas.

Selaku warga a.n. Bapak Bernaus sangat berterima kasih kepada Pos Towe Hitam Satgas Yonif 126/KC yang sudah membatu dalam kegiatan tersebut kalau bukan kito-kitorang siapa lagi yang akan peduli.

“Kami sangat bersyukur atas keikutsertaan dari TNI, dengan demikian dapat meringankan masyarakat dalam kegiatan karya bakti PLTS,” tambah Bernaus.(Red)

Continue Reading
Advertisement

Populer