Connect with us

Megapolitan

Lima Sekolah Dasar Di Jakarta Utara Dinobatkan Sebagai Sekolah Sehat Tahun 2021

Published

on

Jurnaljakarta.com – Lima sekolah setingkat dasar atau sederajat dinobatkan sebagai Sekolah Sehat Tahun 2021 dalam program yang dilaksanakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bina Masyarakat Peduli (BMP), dan PT Unilever Indonesia, Tbk.

Penobatan Sekolah Sehat dikarenakan kelima sekolah telah memenuhi kriteria dalam pelaksanaan Training of Trainer (TOT), pelaporan, hingga penerapan perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) selama periode penjurian sejak September 2021 lalu.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menerangkan penobatan lima sekolah sebagai Sekolah Sehat ini sebagai projek percontohan (pilot project) dalam penerapan PHBS pada setiap sekolah di Jakarta Utara. Dengan dimulai dari sekolah, peserta didik pun dapat menerapkan dan membawa kebiasaan PHBS tersebut ke rumah dan lingkungan sekitarnya.

“Diharapkan ini dapat memberikan motivasi dan contoh untuk selalu menerapkan PHBS di seluruh sekolah di Jakarta Utara. Bahkan tidak hanya di sekolah tapi juga di rumah dan lingkungan tempat tinggalnya,” ungkap Ali Maulana Hakim saat ditemui di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Selasa (11/1).

Enggan berhenti di sini, Ali meminta kepada Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) Kota Administrasi Jakarta Utara terkait, baik Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 dan 2, Suku Dinas Kesehatan, hingga Suku Dinas Lingkungan Hidup saling berkolaborasi untuk memonitor dan mengevaluasi Sekolah Sehat tersebut.

Dengan begitu program Sekolah Sehat terlaksana secara berkesinambungan terlebih program ini juga sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Mudah-mudahan ini menjadi suatu kebiasaan dan Insyallah dalam masa pandemi Covid-19 ini sebagai upaya untuk kita mencegah tertular dan atau memutus mata rantai penularan serta menyelamatkan warga kita,” terangnya.

Direktur Bina Masyarakat Peduli (BMP), Muhamad Salahudin Hakim mengungkapkan kelima pemenang mendapatkan sertifikat yang ditandatangani Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Sri Wahyuningsih dan Head of Corporate Affair and Sustainability PT Unilever Indonesia, Tbk, Nurdinas Darus dan Hygiene KIT masing-masing enam puluh dus hand sanitizer dan 20 dus sabun cair.

Pemenang pertama dan kedua mendapatkan hadiah tambahan berupa pembangunan alat cuci tangan (wastafel) permanen dua kran.

“Selain itu kita juga memberikan sertifikat kepada dokter kecil di sepuluh sekolah nominator. Itu sebagai apresiasi karena dalam menerapkan PHBS di sekolah tidak bisa hanya guru tapi juga melibatkan dokter kecil tersebut. Jadi kita apresiasinya secara tim,” tutupnya.

Berikut lima sekolah dasar yang dinobatkan sebagai Sekolah Sehat di Jakarta Utara :

– Sekolah Dasar Negeri (SDN) Semper Timur 03 Pagi sebagai Terbaik Pertama
– Sekolah Dasar Negeri (SDN) Semper Barat 03 Pagi sebagai Terbaik Kedua
– Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rawa Badak Selatan 03 Pagi sebagai Terbaik Ketiga
– Sekolah Dasar Negeri (SDN) Semper Barat 07 Pagi sebagai Terbaik Keempat
– Sekolah Dasar Negeri (SDN) Semper Timur 05 Pagi sebagai Terbaik Kelima. (Sutarno).

Megapolitan

Deklarasi Laskar Ganjar – Puan Kota Baru, Bekasi Barat dan Berikan Beasiswa 22 Ketua RW

Published

on

By

Jurnaljakarta.com  – Bentuk kepedulian Laskar Ganjar – Puan (LGP) terhadap dunia pendidikan dan generasi penerus bangsa, dalam rangka Deklarasi dan Pelantikan Pengurus Ranting Laskar Ganjar – Puan (LGP) se-Kelurahan Kota Baru, Kec. Bekasi Barat, Kota Bekasi, sekaligus menyerahkan Beasiswa kepada 22 Ketua RW se-Kelurahan Kota Baru, Kec. Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, oleh Ketua Dewan Pembina, H. Mochtar Mohamad, Senin (17/1).

Ketua Dewan Pembina, H. Mochtar Mohamad mengungkapkan, tujuan pemberian beasiswa tersebut dalam rangka mencerdaskan Kehidupan Bangsa, seperti yang termaktup di preambul Pembukaan UUD45, maka Laskar Ganjar – Puan mengambil peran untuk generasi muda dalam proses Tunas Bangsa.

“Beasiswa tersebut diberikan yang bekerjasama dengan Universitas Mitra Karya (UMIKA) di Bekasi, berupa Bebas uang Semester 100%,” ujar Mochtar kepada wartawan melalui keterangannya, Senin (17/1).

Dikatakan Mochtar, dalam acara tersebut, DPC Laskar Ganjar – Puan Kota Bekasi juga menyerahkan SK Pengurus Ranting Kelurahan Kota Baru dan Surat Mandat ke 22 RW se-Kota Baru, imbuhnya.

Hadir dalam acara tersebut, para Ketua Rukun Warga (RW) se-Kota Baru.

Dalam arahannya, M2, panggilan akrab untuk Mochtar Mohamad, meminta kepada ketua RW dan Pengurus Ranting Kota Baru harus bekerja keras memenangan Ganjar – Puan di Pilpres 2024 sesuai cita-cita Bung Karno. “Kita ingin membuat sejarah, dimana Kader Idiologi Bung Karno yaitu Mas Ganjar – Mbak Puan menjadi Pemimpin Bangsa Ini,” pungkasnya. (Red).

Continue Reading

Megapolitan

Cegah Balap Liar, Kapolda Metro Jaya Resmikan Street Race Di Ancol

Published

on

By

Jurnaljakarta.Com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran meresmikan lomba untuk pebalap liar atau street race di Jalan Kali Inspeksi ,Kelurahan Ancol Kecamatan Pademangan kota adminitrasi Jakarta Utara, Minggu (16/1).

Dalam sambutannya, Irjen Fadil menyampaikan apresiasi sejumlah pihak yang ikut mensukseskan acara tersebut. Dia berharap dengan adanya street race bisa menghapus balap liar di Jakarta.

“Alhamdulillah hari ini terlaksana. Saya tak ingin menyebut ini balap liar, karena liar tak ada mewadahi. Semoga hari ini tak ada lagi balap liar,” kata Fadil di lokasi.

Fadil menegaskan bahwa acara tersebut bukan sekadar seremonial tapi berkelanjutan. Begitu juga dengan sirkuitnya yang dapat terus dipertahankan.

“Acara ini bukan seremonial, kegiatan kita ini berkelanjutan, termasuk sirkuitnya,” ujar Fadil.

Fadil menuturkan, ke depannya street race tak hanya akan digelar di Jakarta tapi juga daerah penyangga. Oleh karena itu, Fadil akan memerintahkan jajarannya untuk menyiapkan sirkuit di setiap daerah penyangga.
“Saya sudah minta Kasat Lantas Bekasi, Kasat Lantas Tangerang, untuk mencari sirkuitnya. Kita akan fasilitasi di daerah peyangga. Kita akan minta kapolres untuk memfasilitasi dunia motor sport,” tandasnya.

Dalam acara tersebut, turut hadir Ketua IMI Bambang Soesatyo, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi, Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiarto, Kombes Pol.Wibowo Kapolres Metro Jakarta Utara,Kolonel.R.Sumendap.Dandim.0502.JU. dan pejabat lainnya. (Red)

Continue Reading

Megapolitan

Lansia Dominasi Hari Pertama Vaksinasi Booster di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading

Published

on

By

Jurnaljakarta.Com – Sekitar 130 peserta menjalani vaksinasi booster pada hari pertama di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (12/1) hingga Pukul 12.00 WIB. Mayoritas peserta vaksinasi booster didominasi warga kategori lanjut usia (lansia).

“Kalau saya lihat hari pertama vaksinasi booster mayoritas lansia,” kata Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim saat ditemui di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (12/1).

Ali menerangkan, seluruh perangkat kota mulai tingkat kota, kecamatan, kelurahan, kader kemasyarakatan maupun Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) masif menyosialisasikan adanya pelaksanaan vaksinasi booster di Jakarta Utara.

Tentunya, warga yang dapat divaksinasi apabila telah memiliki tiket elektronik atau e-tiket pada menu riwayat dan tiket vaksin aplikasi PeduliLindungi.

“Hari ini semua pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) membuka pelayanan vaksinasi booster. Perangkat tingkat kota, camat, lurah, kader kemasyarakatan hingga tingkat RT RW menghimbau vaksinasi booster ini ke masyarakat agar segera divaksin apabila sudah tertera tiket vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi,” jelasnya.

Warga RW 07 Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Andi (72) menyadari pentingnya vaksinasi booster sebagai upaya penyelamatan dari pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Terlebih dirinya yang kerap keluar kota, vaksinasi booster menjadikannya percaya diri agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Saya dapat informasi vaksinasi booster dari pengurus RW di lingkungan rumah dan ternyata sudah ada tiket vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi. Ini saya ikut vaksinasi booster karena kemauan sendiri karena saya yakin dengan adanya vaksinasi ini membuat saya percaya diri agar terhindar dari Covid-19,” tutupnya. (Sutarno).

Continue Reading
Advertisement

Populer