Connect with us

Otomotif

Kunjungi Pabrik Wuling, Menteri Luhut Minta Pasarkan Mobil Listrik di Indonesia Tahun Depan

Published

on

JurnalJakarta — Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengunjungi pabrik Wuling Motors (Wuling) yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (30/9). Dalam kesempatan itu, Luhut diperlihatkan teknologi kendaraan listrik Wuling.

Luhut mengunjungi pabrik Wuling bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. Tujuan peninjauan ke pabrik Wuling ini adalah untuk mengetahui perkembangan produksi mobil listrik.

Pabrik yang telah diresmikan sejak tahun 2017 ini telah memproduksi berbagai jenis mobil dan kini merambah pasar mobil listrik yang ramah lingkungan. “Kalau bisa dipasarkan secepatnya, akhir 2022, agar masyarakat bisa beralih ke mobil listrik lebih cepat,” kata Luhut dalam siaran persnya.

Dalam kesempatan ini Wuling juga unjuk gigi dengan menunjukkan kelebihan mobil listrik mereka kepada Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut langsung melakukan pengujian mini EV yang menjadi andalan Wuling, yakni Wuling E100 dan dan Wuling Mini EV.

Berbagai teknologi diperlihatkan Wuling, di antaranya platform GSEV yang diperuntukkan bagi kendaraan penumpang dan bisa juga digunakan untuk logistik tanpa pengemudi alias otonom, konektivitasi 5G, serta komputasi awan. Dengan demikian, Wuling sudah memiliki rangkaian produk kendaraan listrik dan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia.

“Kami serius untuk membawa teknologi dan juga berinvestasi dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, Wuling juga membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem EV di Indonesia,” ungkap President Director Wuling Motors, Shi Guoyong, dalam siaran persnya.

“Realisasi investasi Wuling di Indonesia dimulai dari pembangunan fasilitas produksi dan supplier park dengan standar kualitas global. Kemudian, Wuling hingga kini telah menghadirkan lini produk berkualitas di pasar otomotif Indonesia, bahkan menjadi komoditas ekspor. Selain itu, selama masa pandemi, Wuling turut menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam proses manufaktur sehingga kesehatan para karyawan senantiasa terjaga,” ujar Shi Guoyong.

Nasional

Menhub Atur Strategi, Ciptakan Kendaraan Listrik Dengan Harga Ekonomis

Published

on

Jurnaljakarta.com — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan untuk mendorong sektor industri, perguruan tinggi, dan pemangku kepentingan terkait, bersama pemerintah akan berkolaborasi menciptakan kendaraan listrik dengan harga yang lebih ekonomis.

“Kalau harga motor listrik 16 juta dengan kondisi motor yang menarik dan kualitas baterai yang baik, ini akan sangat menarik bagi masyarakat,” ujar Menhub saat membuka Indonesia Electric Motor Show 2022 (IEMS 2022) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (28/9).

Baca Juga: Menuju Era Elektrifikasi, Kemenperin Sebut Kendaraan ICE Akan Tetap di Produksi

Menhub mengaku bahwa hal ini dirasa perlu dilakukan agar upaya peralihan dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM) ke kendaraan listrik bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Menhub mengungkapkan, ada tiga hal yang harus diupayakan untuk menciptakan kendaraan listrik yang lebih ekonomis. Pertama yaitu membuat baterai dengan harga kompetitif namun memiliki daya jelajah yang tinggi.

Sumber: Foto: dok.JurnalJakarta.com

Kedua, memproduksi motor produk dalam negeri, dan ketiga memperbanyak stasiun pengisian baterai. “Apabila ketiga hal ini dilakukan dengan sistematis akan memberikan harga kendaraan listrik yang relatif lebih murah,” ucapnya.

Dengan harga yang lebih murah, lanjut Menhub, diharapkan akan tercipta ekuilibrium keekonomian kendaraan listrik, dimana akan terjadi keseimbangan antara jumlah yang diproduksi dengan penggunanya.

Baca Juga: Pertamina Jamin Kualitas BBM Pertalite Sesuai Aturan Pemerintah

“Pada titik tertentu akan terjadi jumlah ledakan antara produksi dengan pengguna kendaran listrik. Saya yakin kendaraan listrik memiliki masa depan yang baik,” tutur Menhub.

Kendati demikian, Menhub turut mengapresiasi upaya kolaborasi dari perguruan tinggi, peneliti, dan sektor industri, yang turut mendukung pemerintah untuk mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Sumber: Foto: dok.Wuling Motors

“Regulasi dan kebijakan dari pemerintah, serta kajian dan penelitian dari perguruan tinggi akan menjadi lengkap ketika industri melakukan inovasi dan menangkap peluang industri kendaraan listrik yang potensinya sudah terlihat di depan mata,” kata Menhub.

Secara khusus, Menhub juga mengapresiasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang telah konsisten menggelar kegiatan pameran kendaraan listrik seperti IEMS 2022 yang diselenggarakan pada 28-30 September 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) dengan mengusung tema “Strengthening Autonomous Ecosystem”.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Tingkatkan Konektivitas Kawasan Industri dan Logistik

Continue Reading

Gaya Hidup

Kolaborasi Hyundai dan IOP, Tingkatkan Kesadaran Gaya Hidup Berkelanjutan Masyarakat Tanah Air

Published

on

Jurnaljakarta.com — Hyundai Motorstudio Senayan Park mengumumkan telah bekerjasama dengan sebuah yayasan konservasi laut di Indonesia yaitu, Indonesian Ocean Pride (IOP) dengan menyerahkan donasi dan satu unit kendaraan listrik Hyundai Ioniq 5.

Jalinan kerjasama ini didasari dengan inisiatif Hyundai dan Indonesian Ocean Pride yang telah memiliki kesamaan misi dalam meningkatkan kesadaran akan gaya hidup yang berkelanjutan dan mobilitas bersih.

Baca Juga: Tren Mobil Listrik Meningkat, Jambuluwuk Thamrin Hotel Kini Punya Fasilitas SPKLU

Woojune Cha, Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan hal ini selaras dengan visi Hyundai yaitu ‘Progress for Humanity’. Dengan adanya dukungan ini, Hyundai berharap dapat menunjang seluruh program IOP dalam melanjutkan visi dan misi untuk hidup keberlanjutan.

“Kami sangat bangga dan senang bisa ikut berkontribusi bagi masa depan keberlanjutan di Indonesia dengan mendukung gerakan yang diusung oleh Indonesian Ocean Pride,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (30/9/2022).

Sumber: Foto: dok.HMID

Sementara itu, Indonesian Ocean Pride (IOP) adalah yayasan konservasi laut di Indonesia dengan visi dan misi untuk menjaga dan menggerakan masyarakat untuk menyelamatkan laut di Indonesia baik dari spesies maupun juga habitatnya.

Hamish Daud selaku Founder Indonesian Ocean Pride (IOP) mengatakan bahwa ebagai negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.000 pulau, Indonesia memiliki keragaman spesies dan habitat laut yang menjadi sumber bagi kehidupan bagi manusia.

Baca Juga: Jelang KTT G20, Paspampres dan TNI Latihan Mengemudi Mobil Listrik Hyundai

“Menjaga laut Indonesia dari polusi sampah dan menjaga habitatnya agar tetap sehat adalah tanggung jawab kita sebagai masyarakat untuk sumber kehidupan bagi kita di masa sekarang dan generasi masa depan,” terangnya.

Lebih lanjut, dirinya mengaku sangat senang bisa berkolaborasi dan mendapat dukungan dari Hyundai. Karena menjaga dan menyelamatkan laut Indonesia tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, karena laut adalah ekosistem sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat.

Sumber: Foto: dok.HMID

“Kami sangat mengapresiasi Hyundai sebagai merek otomotif yang memiliki visi dan misi untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan dan mobilitas bersih. Semoga kolaborasi ini dapat menginspirasi dan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk gaya hidup berkelanjutan,” ujarnya.

Kerja sama antara Hyundai dan IOP ini secara efektif berlaku sejak serah terima unit Ioniq 5. Selanjutnya, unit Ioniq 5 ini akan digunakan oleh IOP sebagai kendaraan ramah lingkungan yang mendukung berbagai kegiatan mereka dalam menjaga laut Indonesia.

Baca Juga: Terios 7 Wonders 2022 Jelajahi Keindahan Alam Sulawesi Tenggara

Selain penyerahan satu unit Ioniq 5, Hyundai juga memberikan donasi untuk kegiatan konservasi laut bernama “Re Shark”. Kegiatan ini berfokus pada pengenalan Hiu Zebra untuk memulihkan populasinya di Raja Ampat.

Dalam program ini, IOP bekerja sama dengan Pemerintah Papua Barat, Raja Ampat, dan lebih dari 60 mitra terkait untuk program tersebut mulai dari tahap pelaksanaan seperti persiapan benih Hiu Zebra, pelatihan staf, hingga pembangunan fasilitas yang mendukung kegiatan tersebut.

Continue Reading

Otomotif

Dyandra Sebut Akan Ada Segudang Kejutan di IIMS 2023

Published

on

Jurnaljakarta.com — Pesta otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) direncanakan akan kembali diselenggarakan di Jakarta International Expo (JiExpo) Kemayoran, Jakarta pada 16 hingga 26 Februari 2023 mendatang.

Hal ini menjadi kabar baik bagi para pelaku industri dan pecinta otomotif. Pasalnya, pada IIMS 2023 ini, Dyandra Promosindo akan mengusung konsep baru dan menghadirkan nuansa kegembiraan, kolaborasi serta kemeriahan di situasi global yang kian membaik.

IIMS 2023 merupakan penyelenggaraan IIMS ke-30 yang diselenggarakan Dyandra Promosindo sejak tahun 2000. IIMS 2023 akan menggunakan hampir seluruh lahan di JiExpo Kemayoran. Bahkan area outdoor akan dimanfaatkan secara maksimal guna menampung antusiasme peserta.

Baca Juga: Chery Mulai Produksi Mobil Seri Tiggo di Indonesia

“Mengingat IIMS merupakan salah satu platform yang didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan pecinta para otomotif, hingga saat ini animo para APM sudah sangat tinggi untuk ikut serta dalam IIMS 2023. Kami memutuskan untuk memanfaatkan seluruh area secara maksimal,” jelas Rudi MF, Project Manager IIMS dalam keterangan tertulisnya kepada Jurnaljakarta.com, Jum’at (30/9/2022).

Sumber: Foto: dok.Dyandra Promosindo

Sejak awal penyelenggaraannya, IIMS merupakan pameran otomotif yang kerap dijadikan barometer bagi para pecinta otomotif di Indonesia. Dari tahun ke tahun, IIMS telah sukses terselenggara di beberapa kota di Indonesia.

Penyelenggaraan pameran IIMS tidak hanya sekedar menumbuhkan potensi bisnis bagi para pelaku otomotif Tanah Air, ajang ini juga diramaikan oleh antusiasme berbagai inovasi dan teknologi terkini dari seluruh lini industri otomotif Indonesia.

Baca Juga: IMOS 2022 Siap Digelar, Jadi Ajang Pameran Sepeda Motor Masa Depan

Mulai dari kendaraan roda dua dan roda empat, kendaraan komersial hingga industri pendukungnya, penyelenggaraan ajang IIMS ini diklaim tidak pernah luput dari keberadaan produk lokal dan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Selain fokus pada berpameran, IIMS 2023 juga akan menghadirkan berbagai macam aktivitas otomotif guna mendukung kegiatan peserta dan untuk memikat hati para pengunjung, seperti rangkaian program menarik yang merupakan bentuk kolaborasi dengan komunitas otomotif.

Dyandra Promosindo juga mengaku akan memberikan kejutan lainnya untuk menghibur pengunjung, sehingga IIMS 2023 dapat dinikmati seluruh kalangan dan berhasil menebar kegembiraan kepada masyarakat.

Continue Reading
Advertisement

Populer