Connect with us

Militer

Koopsau III Gelar Rangkaian Acara Serah Terima Jabatan Pangkoopsau III

Published

on

JurnalJakarta — Dalam rangka serah terima jabatan Panglima Komando Operasi TNI AU (Koopsau) III yang akan dilaksanakan di Mabesau Jakarta tanggal 23 September 2021 mendatang, Markas Koopsau III melaksanakan serangkaian acara tradisi seremonial guna melepas keberangkatan Panglima Koopsau III Marsda TNI Bowo Budiarto, S.E., CHRMP dan Ny. Yetha Bowo Budiarto Ketua PIA Ardhya GArini Daerah III /Koopsau III yang berlangsung di Markas Koopsau III Samofa Biak. (Selasa, 21/9).

Rangkaian kegiatan dimulai dengan acara exit briefing Marsda TNI Bowo Budiarto, S.E., CHRMP. dihadapan para pejabat dan diikuti secara virtual oleh para komandan satuan jajaran Koopsau III bertempat di ruang rapat Suryadarma Makoopsau III.

Pada kesempatan tersebut, Marsda TNI Bowo Budiarto mengucapkan terimakasih kepada seluruh prajurit Koopsau III atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang tidak pernah surut hingga saat ini. “Saya berharap, kondisi ini tetap dipertahankan dan bila memungkinkan lehih ditingkatkan lagi”, ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut selama kurang lebih 3 bulan 19 hari sejak saya memangku jabatan Pangkoopsau III, kita telah banyak bekerja saling membahu,dimana satu dengan lainya saling mengisi dan melengkapi membangun Koopsau III menuju ke arah yang lebih baik.

“Terkait dengan hal tersebut dalam kesempatan ini saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setingi-tingginya kepada para pejabat, Komadan Lanud Jajaran atas kerjasama yang terjalin selama ini”, jelasnya.

Usai exit briefing, langsung dilaksanakan apel khusus dihadapan seluruh personel Makoopsau III di lapangan apel Koopsau III dilanjutkan dengan makan bersama seluruh personel. Pangkoopsau III larut dalam suasana kebersamaan di tengah-tengah seluruh anggota Makoopsau III.

Selanjutnya, sebelum meninggalkan Kota Biak, Pangkoopsau III di damping Ny. Yetha Bowo Budiarto dan para pejabat berkesempatan melakukan anjangsana ke Panti Asuhan Yayasan Pancasila.

Selain bersilahturahmi dengan warga penghuni panti kedatangan rombongan Pangkoopsau III disambut hangat dan wajah ceria. Anjangsana ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian, berbagi kasih sekaligus memberikan sepercik harapan dan sinar kehidupan anak-anak penghuni Panti Asuhan.

Selain itu sebagai bentuk dorongan semangat dan motivasi Pangkoopsau III memberikan bingkisan dan tali asih agar lebih semangat dan bangkit dalam menggapai cita demi masa depan yang lebih gemilang.

Sebagai akhir rangkaian acara pelepasan Panglima Koopsau III dilaksanakan acara tradisi Passing Out Parade guna melepas keberangkatan Marsda TNI Bowo Budiarto,SE.,CHRMP. ke tempat tugas baru di Mabesau Jakarta.

Acara tradisi passing out parade diawali dengan pelepasan 2 ekor burung merpati, dilanjutkan pengalungan untaian bunga anggrek oleh Kas Koopsau III Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M.Tr.(Han) di dampingi Ny. Fanny Ronald Siregar serta disaksikan oleh IR Koopsau III Marsma TNI Erwan Andrian, S.E., M.M. dan Ny. Erwan Andrian, para pejabat, Perwira, Bintara, Tamtama anggota Makoopsau III. Memasuki jajar kehormatan Marsda TNI Bowo Budiarto, S.E.,CHRMP. bersama Ny. Yetha Bowo Budiarto jalan langkah kecil perlahan meninggalkan Markas Koopsau III teringat kebersamaan dan kenangan diiringi lagu selamat jalan.

Sebagai akhir acara, selanjutnya Marsda TNI Bowo Budiarto beserta Ny. Yetha Bowo Budiarto dan rombongan persiapan untuk terbang ke Jakarta dari baseops Lanud Manuhua menggunakan pesawat TNI AU B-737 guna melaksanakan serah terima jabatan Pangkoopsau III oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., di Mabesau yang direncanakan pada tanggal 23 September 2021 mendatang kepada pejabat baru Marsda TNI TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr. (Han) yang sebelumnya menjabat Komandan seskoau.

Militer

Kosekhanudnas I Saksikan Bersama Upacara Peringatan HUT TNI ke-76

Published

on

JurnalJakarta — Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) I peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara virtual, dengan menyaksikan jalannya upacara bertempat di ruang Rapat bagi para pejabat dan Perwira Menengah (Pamen) dan ruang Satker masing-masing bagi seluruh anggota Kosekhanudnas I, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Peringatan HUT TNI ke-76 yang juga masih dalam masa pandemi dilaksanakan secara terbatas dan terpusat di halaman Istana Negara dipimpin Presiden Republik Indonesia, bapak H. Joko Widodo.

Diawali dengan Lambang-lambang kesatuan memasuki tempat upacara, pada upacara peringatan HUT TNI kali ini juga dilaksanakan “Salam Kebangsaan” saat Presiden Republik Indonesia memasuki tempat upacara, juga pengucapan Sapta Marga.

Presiden Republik Indonesia atas nama rakyat, bangsa dan nedara, dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia. Disampaikan pula penghargaan kepada jajaran Tentara Nasional Indonesia yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selanjutnya ditekankan oleh Presiden Republik Indonesia kepada TNI untuk selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan untuk menunaikan tugas yang diberikan.

Berlangsung sederhana namun khidmat, upacara HUT ke-76 TNI yang dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, Menteri Kadep Indonesia Maju, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala Staf Angkatan, juga dilaksanakan demo udara dan pameran alutsista sebagai salah satu bukti kesiapan TNI dalam mengawal NKRI.

Continue Reading

Militer

Wadanpushidrosal Hadiri Upacara HUT Ke-76 TNI Tahun 2021 Secara Virtual

Published

on

JurnalJakarta — Wakil Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Wadanpushidrosal) Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M mewakili Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., menghadiri Upacara peringatan HUT Ke-76 TNI Tahun 2021 secara Virtual yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Selasa (05/10).

Kegiatan upacara HUT TNI tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo langsung dari halaman Istana Negara, Jakarta Pusat yang diikuti pula oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud Md., Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, para kepala Staf TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara dan Kapolri.

Dalam pelaksanaannya, para peserta upacara tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan ketat yaitu menjaga jarak antara peserta upacara serta menggunakan masker guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan mengheningkan cipta, Pembacaan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit oleh perwakilan prajurit TNI serta Sambutan Presiden Republik Indonesia.

Upacara yang digelar kali ini bertemakan “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang” dan pelaksanannya diikuti pula oleh seluruh jajaran TNI yang sedang bertugas di luar maupun di dalam negeri.

Dalam sambutannya Presiden R.I mengapresiasi peran TNI selama ini dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dari membantu mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakkan aturan di daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Harapannya, dalam bertugas TNI selalu bersikap profesional, agar TNI selalu menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

Selain Wadanpushidrosal, hadir pula Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana S. M.Sc., Asrena Danpushidrosal Kolonel Laut (P) Nunung Suhartono, Aspers Danpushidrosal Kolonel Laut (P) Amril, S.T., M.M., serta pejabat utama Pushidrosal lainnya.

Continue Reading

Militer

Percepat Penanggulangan Covid-19, Pushidros TNI AL Gencarkan Vaksinasi

Published

on

JurnalJakarta — Guna mempercepat penanggulangan penyebaran virus Covid-19, Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) terus menerus gencarkan vaksinasi Covid-19 secara rutin dengan target 100 dosis setiap harinya.

Pelaksanaan vaksinasi rutin yang digelar oleh Pushidros TNI AL dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Pushidrosal di Markas Komando (Mako) Pushidrosal, di Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Selasa (05/10).

Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., menegaskan, kegiatan vaksin secara rutin atau regular ini diberikan terhadap masyarakat umum dan keluarga Pushidrosal, agar terbentuk kekebalan Komunal (Herd Immunity) di lingkungan kerja Pushidrosal dan lingkungan masyarakat sekitar.

Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Pushidrosal melibatkan 7 Personel, menargetkan dengan ketentuan vaksinasi untuk anak-anak berusia 12 Tahun dan dewasa berusia sekitar 18 tahun keatas dengan jenis vaksin yang dipakai yaitu Sinovac dan Aztra Zeneca tahap I dan II. Kegiatan Vaksinasi tetap memperhatikan protokol kesehatan diantaranya yaitu mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak sesama peserta vaksin.

Penyelenggaraan kegiatan serbuan Vaksinasi oleh Pushidrosal ini, dilaksanakan sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk terus melanjutkan penyelenggaraan serbuan vaksin untuk turut mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target 70 persen penduduk tervaksinasi secara nasional.

Continue Reading
Advertisement

Populer