Connect with us

REDAKSI

Kontribusi Niagahoster untuk Bangkitkan Komunitas WordPress Indonesia

Published

on

JurnalJakarta.com – WordPress telah menjadi platform content management system (CMS) nomor satu di dunia. WordPress yang menggunakan teknologi open source dapat berkembang pesat karena memungkinkan para pengembang maupun pengguna untuk mengubah, menyesuaikan, dan memperbaiki WordPress sesuai kebutuhan mereka secara gratis. Hal tersebut pula yang menyebabkan WordPress berevolusi cukup pesat.

Selama 13 tahun terakhir, pertumbuhan WordPress rata-rata meningkat sekitar 1-4 persen. WordPress juga menguasai 43 persen dari semua situs web di internet, dan memegang 65 persen pangsa pasar untuk sistem manajemen konten yang ada. Maka tidak heran jika sekitar 660 website WordPress dibuat setiap harinya.

“Tidak mengherankan jika 90 persen pelanggan Niagahoster juga mempercayakan WordPress sebagai platform website mereka, karena WordPress memang dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari blog pribadi hingga website toko online,” ujar Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster, dalam kesempatan Media Meetup, Selasa (30/5/2023).

Sejak awal berdiri, Niagahoster berkomitmen agar setiap orang dapat memaksimalkan potensinya di internet melalui website. Di sisi lain, WordPress sebagai platform website open source mengharapkan kontribusi pengguna agar terus menjadi lebih baik. Sehingga, Niagahoster berusaha untuk ambil bagian dalam upaya mengembangkan WordPress dan komunitasnya.

Keterlibatan Niagahoster dalam Membangkitkan Komunitas WordPress IndonesiaKomunitas WordPress Indonesia terkadang masih dianggap sebagai komunitas yang eksklusif. Padahal nyatanya, semua orang bisa bergabung dengan mudah, bahkan mengorganisir WordPress meetup di kota mereka masing-masing. Komunitas WordPress Indonesia pun terus berusaha untuk dipandang sebagai komunitas inklusif, bukan eksklusif.

Niagahoster sebagai perusahaan web hosting di Indonesia yang memiliki produk WordPress Hosting dan produk yang dioptimasi WordPress, secara aktif giving back pada komunitas WordPress dengan berbagai kontribusi yang dilakukan untuk membangkitkan komunitas WordPress Indonesia dengan mengenalkannya ke masyarakat dan pelanggan Niagahoster. Bentuk keterlibatan Niagahoster dapat dilihat melalui produk berbasis WordPress, ketersediaan platform internal dan event-event edukasi yang ramah WordPress, dukungan terhadap agenda komunitas, mendelegasikan karyawan dalam program Five for the Future, hingga keikutsertaan dalam program-program yang diadakan oleh komunitas WordPress.

“Harapannya, dengan kontribusi yang terus berjalan, Niagahoster bersama WordPress dapat memperkuat ekosistem open source serta memberikan manfaat yang semakin besar bagi para pelanggan setia,” lanjut Ayunda.

Berkontribusi dalam Five for the Future dan Kegiatan Komunitas WordPressTidak hanya menyediakan platform internal yang ramah WordPress dan produk berbasis WordPress, Niagahoster juga berkontribusi pada komunitas WordPress dengan mendelegasikan Hoster Ranger (sebutan karyawan Niagahoster) dalam program Five for the Future. Five for the Future merupakan sebuah inisiatif yang mempromosikan kontribusi komunitas WordPress terhadap pertumbuhan platform. Kontributor Five for the Future menggunakan 5 persen jam kerjanya setiap minggu untuk pengembangan WordPress. Saat ini, telah ada 10 Hoster Ranger yang berkontribusi secara aktif di berbagai tim, yaitu Community Team, Marketing Team, Photos Team, Polyglots Team, dan Support Team.

“Niagahoster juga telah secara aktif mendukung kegiatan komunitas WordPress. Salah satunya yang terbesar adalah menjadi sponsor dalam WordCamp Gresik 2022 lalu, dan menjadi inisiator untuk kegiatan Road to WordCamp. Hoster Ranger juga berkontribusi sebagai speaker dan organizer di beberapa kegiatan komunitas WordPress, serta hadir dalam WordCamp Asia di Bangkok,” jelas A Sofalul Khazari, Customer and Community Relations Specialist Niagahoster, dalam kesempatan Media Meetup yang sama.

Selain itu, bertepatan dengan anniversary WordPress ke-20 pada 27 Mei 2023 lalu, Niagahoster turut berkontribusi untuk mengadakan event yang memeriahkan perayaan anniversary WordPress ke-20. Antara lain mengadakan event WordPress Championship 2023, menjadi tuan rumah perayaan anniversary yang diadakan oleh komunitas WordPress Jogja, serta turut hadir dalam perayaan yang diadakan oleh komunitas WordPress Jakarta.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REDAKSI

SAMBUT HUT KE-60 WARA IKUTI DONOR DARAH

Published

on

JurnalJakarta.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-60, Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) Tahun 2023, Wara Bakorcab Jakarta melaksanakan kegiatan donor darah yang diselenggarakan di Gedung Suharnoko Harbani, Mabesau, Cilangkap, Senin (17/7/2023).

Donor darah ini dilaksanakan dalam rangka peringatan ke-76 Hari Bhakti TNI Angkatan Udara, sekaligus juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-60 Wanita TNI Angkatan Udara yang akan diperingati pada 12 Agustus mendatang.

Menurut Ketua Panitia HUT ke-60 Wara, Letkol Sus Dian Shintani N, ST., M.Han., mengungkapkan, “melalui kegiatan donor darah ini diharapkan menjadi wujud nyata partisipasi dan bakti Wanita TNI Angkatan Udara kepada masyarakat. Sesuai tema HUT Wara pada Tahun ini yakni ” Dengan Semangat Kanya Bhakti Sakti Sejati, Wara Sebagai Prajurit Profesional, Tangguh dan Modern, Siap Mewujudkan TNI Angkatan Udara Yang Disegani di Kawasan”.

Diharapkan dengan bertambahnya usia, Wara sebagai tentara rakyat, dapat lebih banyak berkontribusi bagi masyarakat. “Dengan donor darah ini sebagai wujud sumbangsih kepada sesama sekaligus bentuk kepedulian wanita TNI Angkatan Udara terhadap ketersediaan stok darah yang ada di PMI”, Ungkap ketua panitia.

Kegiatan ini melibatkan tim dari Yonkes Denma Mabesau yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta.

Dalam donor darah kali ini, tercatat jumlah peserta sebanyak 322 orang, dan yang berhasil donor sebanyak 240 orang, 107 orang diantaranya dari Wanita TNI Angkatan Udara.

Wara yang turut hadir dan berpartisipasi dalam donor darah diantaranya, Dosen Tetap Unhan Marsekal Muda (Marsda) TNI Reki Irene Lumme, S.H.,M.H., Kadiskumau Marsekal Pertama (Marsma) TNI Evi Zuraida, S.H.,M.H., Marsma TNI (Purn) Rini Mukayani, serta perwakilan Wara Dari Mabes TNI, Mabesau, Koopsudnas, Kodiklatau, wara Lanud Halim Perdanakusuma dan Kosek IKN.

Continue Reading

REDAKSI

Festival Terjun Payung Bali Boogie Jump 2023 dibuka di Seminyak Bali

Published

on

JurnalJakarta.com – Festival terjun payung internasional, dengan tajuk Bali Boogie Jump ’23, digelar di pantai Seminyak, Bali. Sebanyak 150 peterjun dari 38 negara, ambil bagian pada event non kompetisi yang akan berlangsung hingga 27 Juni 2023.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA dalam sambutan tertulis yang dibacakan Aspotdirga Kasau Marsda TNI Andi Wijaya pada upacara pembukaan, Kamis (22/6/2023) mengatakan, Bali Boogie Jump, tidak saja ajang untuk menambah pengalaman para penerjun Indonesia, dan internasional, tetapi sekaligus mendukung promosi pariwisata Indonesia.

Gelaran Bali Boogi Jump 2023, terselenggara atas kerjasama TNI AU melalui Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI), dengan Singkawang Aerosport Club serta Skydive Egypt.Kegiatan ini meliputi berbagai kategori penerjunan, yaitu Belly/Formation sky diving, free fall, wingsuit, tandem, dan penerjunan demo dengan membawa banner, yang akan menghiasi indahnya langit pantai Mesari.

Kasau mengharapkan, Bali Boogie Jump ’22, dapat membawa harum Indonesia di tingkat internasional pada bidang olahraga dirgantara.

“Olahraga dirgantara, bukan tanggung jawab TNI AU semata, ini juga merupakan tanggung jawab kita semua, selaku anak bangsa, sebagai wujud rasa cinta pada tanah air dan angkasa Indonesia yang kita banggakan,” harap Kasau.

Sementara itu Gubernur, dalam sambutan tertulisnya yang diwakili Kasatpol PP Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Darmadi, SH, mengharapkan event ini dapat memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata.

“Selain lebih mengenalkan Bali ke dunia Internasional, event ini diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan dari berbagai negara berkunjung ke Bali”, ungkapnya.

Pada kegiatan ini, TNI AU mendukung satu pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 32. Setiap harinya, pesawat akan melakukan tiga Sorties penerjunan, dengan Drop Zone di kawasan Pantai Seminyak, Bali. Kegiatan juga diisi aksi sosial berupa pelepasan 150 ekor tukik okeh Aspotdirga Kasau dan sejumlah pejabat.

Turut hadir dalam pembukaan Bali Boogie Jump In Paradise Kapuspotdirga, Aspotdirga Koopsudnas, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Bali serta sejumlah Forkompimda Provinsi Bali lainnya.

Continue Reading

REDAKSI

Pangkoopsudnas Saksikan Operasi Khusus Pembebasan Sandera

Published

on

JurnalJakarta.com – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI M. Tonnny Harjono, S.E., M.M menyaksikan latihan operasi khusus pembebasan sandra oleh pasukan khusus gabungan Satbravo 90 Kopasgat TNI AU dan pasukan khusus US Marine, di komplek perkantoran Walikota Pekanbaru, Kamis (22/6/2023).

Pelaksanaan latihan ini merupakan puncak latihan bersama yang bertajuk Joint Exercise Military To Military Connection (M2MC) Direct Action Ground Reconnaisance (DAGR) 2023 yang berlangsung sejak 12 Juni 2023 lalu.

Latihan diawali dengan adanya aksi teroris yang melaksanakan penculikan dan penyanderaan terhadap investor asing yang berada di Kota Pekanbaru dan meminta uang tebusan kepada pemerintah. Dari laporan intelijen diketahui, sandera dibawa ke suatu gedung di daerah Tenayan, kota Pekanbaru.

Guna menyelamatkan sandra, dibentuk satuan tugas gabungan, pasukan khusus Satbravo 90 Kopasgat dan US Marine yang bertugas melaksanakan operasi khusus pembebasan sandra.

Operasi khusus diawali dengan infiltrasikan unit sniper untuk melumpuhkan sasaran yang berada di luar gedung, yang dijadikan tempat penyanderaan, sekaligus melindungi assault team yang akan melaksanakan aksi di sasaran.

Setelah menempati posisi pada ketinggian yang menguntungkan, unit sniper melumpuhkan kekuatan musuh diluar gedung dengan teknik aerial sniper/hello sniper dengan live shooting target.

Setelah kelompok pengaman musuh dilumpuhkan unit sniper, assault team bergerak masuk ke sasaran dengan saling melindungi, tembak tempur offensive yang di laksanakan oleh Satbravo 90 dan US Marine, sekaligus membentuk stage penyerbuan sasaran dengan saling melindungi antar unit.

Selanjutnya, Satgas melakukan close quarter battle dan menguasai ruangan gedung satu persatu, kemudian melaksanakan pertempuran jarak dekat untuk membebaskan sandera. Setelah sandera berhasil dibebaskan, tim segera melaksanakan hot eksfiltrasi, yaitu teknik meninggalkan sasaran yang masih belum aman dengan melakukan penembakan bantuan senjata GPMG secara sporadis dari atas kendaraan khusus P6 ATAV, hingga misipun berhasil dilaksanakan.

Joint Exercise Military To Military Connection (M2MC) Direct Action Ground Reconnaisance (DAGR) 2023, bertujuan menjalin kerjasama dan hubungan baik antar special operation (pasukan khusus) Indonesia dan Amerika Serikat.

Selain itu, latihan juga untuk menambah wawasan prajurit mengenai budaya militer antar kedua satuan khusus dan meningkatkan kerjasama dan profesionalisme prajurit kedua pasukan khusus.

Turut mendampingi Pangkoopsudnas, Asisten Operasi (Asops) Kasau, Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P, Danlanud Roemin Nurjadin, Inspektorat Kopasgat, Asintel Koopsudnas, Asops Koopsudnas, Dansatbravo 90 Kopasgat dan Paban III/Lat Sopsau.

Sementara pejabat daerah yang turut menyaksikan kegiatan ini, diantaranya Kapolda Riau Irjen Pol M. Iqbal, Wakapolda Riau, Sekda Kota Pekanbaru dan sejumlah Forkopimda provinsi dan kota Pekanbaru.

Continue Reading
Advertisement

Populer