Connect with us

Militer

Ketum Dharma Pertiwi Buka Musyawarah Luar Biasa Dharma Pertiwi Tahun 2021

Published

on

JurnalJakarta.com — Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto membuka secara resmi Musyawarah Luar Biasa Dharma Pertiwi Tahun 2021, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, bertempat di Kantor Dharma Pertiwi, Jalan Cendana, Jakarta Pusat, Selasa (16/2/2021).

Musyawarah Luar Biasa Dharma Pertiwi yang dilaksanakan dengan bertatap muka langsung dan secara virtual dengan peserta di seluruh Indonesia, mengangkat tema “Dharma Pertiwi Menyiapkan Estafet Kepemimpinan Kepada Generasi Milenial Untuk Menuju Indonesia Maju Serta Menyukseskan Program Kerja Dharma Pertiwi Tahun 2021,”.

Dalam sambutannya, Ketum Dharma Pertiwi menyampaikan bahwa pelaksanaan organisasi di masa pandemi Covid-19 ini harus mengikuti protokol kesehatan yaitu dengan menggalakan Gerakan 5M Covid- 19.  Makna dari Gerakan 5M Covid-19 ini, adalah sebagai pelengkap dari aksi 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Dengan kita mengindahkan dan melaksanakan Gerakan 5M ini, Insya Allah mata rantai penyebaran Covid-19 akan segera terputus. Hal ini tentu saja memerlukan kebersamaan dan kedisiplinan dari dalam diri kita masing-masing untuk kemudian ditularkan kepada lingkungan sekitar, tidak terkecuali tata laksana kita berorganisasi di masa pandemi ini,” tuturnya.

Ketum Dharma Pertiwi berharap, penyelenggaraan musyawarah luar biasa ini dapat memberikan bekal untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi. Selain itu, sebagai sarana untuk menjalin komunikasi, silahturahmi dan saling tukar menukar informasi yang berkaitan dengan masalah-masalah organisasi maupun masalah aktual lain yang sedang berkembang.

“Beberapa agenda yang dibahas antara lain tata laksana upacara serah terima jabatan dalam organisasi Dharma Pertiwi yang menerapkan protokol kesehatan dengan menambahkan dan merubah beberapa pasal, sub pasal karena menyesuaian dengan situasi dan kondisi Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Selain itu juga dibahas mengenai penggunaan batik sebagai salah satu kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. “Batik juga telah dikenal secara mendunia. Bahkan, UNESCO pun mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Beberapa kriteria yang berhasil dipenuhi dan membuat batik Indonesia diakui oleh UNESCO antara lain tentang ilmu membatik,” kata Ny. Nanny Hadi Tjahjanto.

Baca Juga : Panglima TNI Buka Rapat Pimpinan TNI Tahun 2021

Ketum Dharma Pertiwi juga berharap, setelah adanya pengesahan hasil dari kegiatan musyawarah luar biasa di awal tahun ini dapat segera menyesuaikan dengan dinamika tugas yang dihadapi, dalam rangka menyiapkan estafet kepemimpinan kepada generasi milenial guna menyukseskan program kerja Dharma Pertiwi tahun 2021.

“Saya juga mengingatkan bahwa program kerja yang dilaksanakan, baik Dharma Pertiwi Pengurus Pusat maupun unsur Dharma Pertiwi daerah harus tetap bersinergi dengan program kegiatan organisasi kewanitaan lainnya dimanapun kita berada,” ujarnya.

Ketum Dharma Pertiwi juga mengajak untuk terus menumbuh kembangkan budaya saling asah, asih dan asuh diantara keluarga besar Dharma Pertiwi. “Budaya seperti ini sangat penting untuk memperlancar tugas-tugas yang diberikan kepada kita, juga menjadi landasan yang kokoh dalam menumbuhkan rasa kebersamaan sehingga segala dedikasi dan sumbangsih kita akan membawa manfaat bagi anggota maupun bagi organisasi,” tutupnya.

Turut serta dalam acara tersebut, Ketum Dharma Pertiwi dari masa ke masa, Ketum Dharma Pertiwi Unsur Persit Kartika Chandra Kirana Ibu Hetty Andika Perkasa, Ketum Dharma Pertiwi Unsur Jalasenastri Ibu Veronika Yudo Margono, Ketum Dharma Pertiwi Unsur PIA Ardhya Garini Ibu Inong Fajar, Ketua Harian Dharma Pertiwi Ibu Keke Bambang Suswantono, Ketua Harian IKKT Pragati Wira Anggini Ibu Ati Ganip Warsito, Staf Ahli Darma Pertiwi Ibu Metty Herindra, Ibu Linda Agum Gumelar, Pengurus Dharma Pertiwi Pusat, Pengurus IKKT Pragati Wira Anggini Pusat, dan segenap peserta Musyawarah Luar Biasa. (Bgs)

Militer

Kapendam Jaya Sampaikan Pesan Pangdam Jaya Tentang Insiden Penembakan di Cafe RM Cingkareng Timur

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – Pernyataan Kapendam Jaya Saat Keterangan Pers Tentang Insiden Penembakan Prajurit TNI AD di Cafe RM Cingkareng Timur bertempat di Polda Metro Jaya, Kamis (25/2/2021)

Kapendam Jaya Letnan Kolonel Arh Herwin BS mengatakan ada beberapa pesan yang disampaikan oleh Bapak Pangdam Jaya selaku Dangartap-1/Ibukota bahwa Pangdam Jaya sudah memerintahkan Pomdam Jaya untuk tetap mengawal pemeriksaan maupun penyidikan yang dilakukan oleh pihak Polda Metro Jaya agar permasalahan ini diselesaikan secara hukum yang berkeadilan, pesan ini disampaikan agar satuan jajaran dibawah Kodam Jaya maupun yang ada di Jakarta tidak membuat isu-isu yang dapat merusak stabilitas keamanan di Ibukota.

Kemudian yang kedua juga pesan Bapak Pangdam Jaya menyampaikan bahwa kedepan akan lebih diperketat untuk pelaksanaan Patroli Bersama antara Garnisun dan Polda Metro Jaya untuk mengurangi tindakan-tindakan yang merugikan nama Institusi Angkatan Darat pada khususnya.

Diakhir pernyataan Kapendam Jaya mengatakan mungkin ini yang kami sampaikan kepada rekan-rekan baik prajurit dilapangan agar tidak terjadi sesuatu dinamika terprovokasi, kita tetap mengharapkan sinergitas TNI-Polri, demikian terima kasih, tutup Kapendam Jaya

Continue Reading

Militer

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59 TA 2021 Laksanakan Diskusi Kelompok (DK I/II) Strategi Militer

Published

on

JurnalJakarta — Dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA 2021 dengan antusias melaksanakan Diskusi Kelompok (DK I/II) Strategi Militer, bertempat di Ruang Diskusi I sd Ruang Diskusi 15 Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir Jakarta Selatan, Rabu (17/2).

Kegiatan DK I dan DK II Strategi Militer ini diikuti oleh 174 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021 yang terbagi menjadi 15 kelompok diskusi. Dengan topik “ Strategi Operasi Laut dalam pertempuran Normandia tahun 1944, Perang Korea Tahun 1950 dan Perang Teluk Tahun 2003”.

Adapun fokus permasalahan pembahasan untuk kelompok 1, 4, 7, 10, dan 13 mengenai “Strategi pihak Sekutu dan Jerman dalam Pertempuran Normandia Tahun 1944”. Sedangkan kelompok 2, 5, 8, 11, dan 14 mengenai “Strategi pihak Korsel dan Korut dalam Perang Korea Tahun 1950”. Dan untuk kelompok 3, 6, 9, 12, dan 15 mengenai “Strategi pihak Sekutu dan Irak dalam Perang Teluk Tahun 2003”.

Disela-sela kegiatan, Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Seskoal Kolonel Laut (P) Rully Riono selaku penanggungjawab kegiatan DK I dan DK II Strategi Militer menjelaskan tujuan dari penugasan ini yaitu agar pasis mampu menganalisis dan memahami strategi perang yang diterapkan pada Pertempuran Normandia tahun 1944, Perang Korea tahun 1950, dan Perang Teluk tahun 2003 melalui metode studi kasus untuk memahami kekurangan dan kelebihan yang ada serta memahami peristiwa perang tersebut dari sudut pandang aspek strategi serta manfaatnya bagi TNI AL.

Turut mengikuti kegiatan tersebut para Perwira Pembimbing Kelompok (Pabingpok) Seskoal yang akan memberikan masukan dan tanggapan pada diskusi kelompok masing-masing.

Kegiatan ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan professional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Continue Reading

Militer

Kasau Hadiri Acara Entry Meeting Laporan Keuangan Kemhan dan TNI Tahun 2020 pada BPK RI

Published

on

JurnalJakarta — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., menghadiri acara Taklimat Awal/Entry Meeting Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Tahun 2020 pada Unit Organisasi (UO) Kemhan, Mabes TNI, dan Mabes Angkatan di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kemhan, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021).

Menteri Pertahanan RI Letjen (Purn) H. Prabowo Subianto dalam sambutannya mengatakan, para pejabat di lingkungan Unit Organisasi agar lebih koperatif dalam menyajikan data dukung maupun informasi yang dibutuhkan dalam penyusunan laporan keuangan.

“Laksanakan koordinasi dan rekonsiliasi yang ketat dari Satker terkecil sampai dengan tingkat Eselon untuk meminimalisir terjadinya selisih data dan mencari solusi terbaik dalam pemecahannya,” tegas Menhan.

Diakhir sambutan Menhan berharap kepada BPK RI selalu memberikan arahan, asistensi, dan bimbingannya sehingga ke depan kerja sama kita dapat lebih ditingkatkan ke arah yang lebih baik.

Hadir pada acara tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Wamenhan Letjen TNI M. Herindra, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Rektor Unhan, Irjen Kemhan, Irjen TNI, Asrenum Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Kapusku TNI, para Irjen Angkatan, para Asrena Angkatan, para Aslog Angkatan, dan para Kadisku Angkatan serta tim Pemeriksa BPK RI. (Bgs)

Continue Reading

Populer