Connect with us

Nasional

Kejari Jakarta Utara Musnahkan Belasan Jenis Barang Bukti Senilai Rp 7 Miliar

Published

on

Jakarta, Jurnaljakarta.Com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara musnahkan 17 jenis barang bukti yang sudah berstatus inkrah (berkekuatan hukum tetap) dalam periode Oktober 2019 hingga Juli 2020, Rabu (11/11). Barang bukti yang dimusnahkan ditaksir mencapai Rp 7 Miliar.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara I Made Sudarmawan mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan merupakan bagian dari sekitar 1.500 perkara yang ditangani selama setahun terakhir sesuai dengan amanat Pasal 270 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) tentang Pelaksanaan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dilakukan oleh jaksa, yang untuk itu panitera mengirimkan salinan surat putusan kepadanya.

Dipastikan barang bukti tersebut sudah dalam status inkrah dalam setiap perkara yang ditangani.

“Pemusnahan perkara dalam setahun, sekitar 1.500 per tahun, tapi ini yang sekitar 900 perkara. Karena ada beberapa perkara yang tidak ada barang buktinya,” saat ditemui di Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Rabu (11/11).

Dijelaskannya, 17 jenis barang bukti yang dimusnahkan mulai dari 2,05 kilogram sabu, 504 butir pil ekstasi, 719 kilogram ganja, 99 unit bong, 15 buah papir, 32 unit korek api, 83 unit timbangan digital, 330 unit handphone, 45 unit senjata tajam, lima unit senjata api, materai palsu, mata uang asing palsu, kosmetik, tinta palsu, obat tanpa izin edar, kotak penyimpanan, dan tembakau tanpa cukai.

“Kalau kami taksir barang bukti yang dimusnahkan mencapai sekitar Rp 7 Miliar. Itu di luar obat dan makanan yang tidak memiliki nilai taksiran,” jelasnya.

Diterangkannya, pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan dengan cara pembakaran, pemotongan menggunakan gerinda, dan mesin insinerator milik Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Tujuan kami memusnahkan barang bukti ini agar ada transparansi informasi publik serta menjalin sinergi antar instansi pemerintah dan masyarakat,” tutupnya.

  1. Diketahui, pemusnahan barang bukti yang digelar di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Utara dihadiri perwakilan intansi pemerintah lain seperti Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Polres Kepulauan Seribu, BNNK Jakarta Utara, serta pewakilan tokoh masyarakat.

Militer

Panglima TNI Pimpin Sertijab Komandan Paspampres

Published

on

By

Jakarta, Jurnaljakarta.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), bertempat di kantor Subden  Denma Mabes TNI, Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2020).

Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Paspampres dari Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., kepada Brigjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si.,  berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 tanggal 18 November 2020.

Selanjutnya Mayjen TNI Maruli Simanjuntak akan menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana, sedangkan Brigjen TNI Agus Subiyanto sebelumnya menjabat sebagai Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana Kodam III Siliwangi.

Pada kesempatan tersebut, sebagai pejabat baru, Brigjen TNI Agus Subiyanto  melakukan penandatanganan pakta integritas dan berita acara serah terima jabatan. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kasum TNI Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc., Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr.(Han), Danpuspom TNI Mayjen TNI Eddy Rate Muis S.H., M.H., dan Kababinkum TNI Laksda TNI Anwar Saadi serta pejabat teras Mabes TNI dan Angkatan.

Continue Reading

Militer

Pangdam Jaya : Terima Kasih Kepada Masyarakat Yang Sudah Memberikan Dukungan Kepada TNI-POLRI

Published

on

By

Jakarta, Jurnaljakarta.com – Pangdam Jaya/ Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., bersama para Pejabat Kodam Jaya berkeliling Makodam Jaya melihat ratusan karangan bunga yang berdatangan dari elemen masyarakat sebagai ucapan terima kasih dan dukungan kepada Pangdam Jaya atas ketegasannya menertibkan baleho HRS dan baleho lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan. Ratusan Karangan Bunga tersebut terpajang mulai jalan Mayjen TNI Sutoyo persis didepan gerbang sampai terpajang di dalam Makodam Jaya, Senin (23/11/2020).

Pangdam Jaya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengirimkan karangan bunga kepadanya, ini dukungan masyarakat yang cinta kedamaian dan ini bukan saja hanya ditujukan kepada Pangdam Jaya namun kepada TNI-POLRI yang selalu bahu membahu dan Solid dalam setiap melaksakan tugas dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban, ucapnya.

Beberapa kali orang nomor satu Kodam Jaya menunjuk beberapa karangan bunga yang bertuliskan “Mari Bersama Jaga Persatuan & Kesatuan, Bravo Pangdam Jaya”, ada lagi yang bertulisan, ” Terima Kasih Pangdam Jaya, TNI Tegas Warga Heppi, Jakarta Tenang Deh,” begitu pula ada karangan bunga yang bertuliskan, ” Hidup Kodam Jaya, Jakarta Aman & Tentram,” serta masih banyak karangan bunga lainnya.

Hari ini Kodam Jaya kebanjiran karangan bunga yang dikirim dari berbagai elemen masyarakat yang semuanya bertulisan dukungan-dukungan, itu suatu yang luar biasa, ditunjukan kepada Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya yang telah melaksanakan tugas di Jakarta ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Continue Reading

Nasional

Siloam Hospitals Hadirkan Tes Molekuler Isotermal, Deteksi Covid -19 Secara Cepat

Published

on

By

Jakarta, Jurnaljakarta.com – Tes yang dilakukan secara masif dan massal untuk seluruh lapisan masyarakat masih menjadi salah satu solusi efektif mengatasi pandemi. Pasalnya, semakin cepat pasien teridentifikasi dan tertangani, semakin cepat pula wabah virus corona dapat tertanggulangi.

Untuk menjawab permasalahan tersebut dan mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 PT Siloam International Hospitals Tbk atau Siloam Hospitals Group menghadirkan Tes Molekuler Isotermal.

Tes molekuler isotermal merupakan metode terbaru deteksi COVID-19 dengan performa tinggi. Pengumpulan sampel untuk tes ini dilakukan melalui usapan (swab) nasofaring, dimana metode tes molekuler isotermal menggunakan amplifikasi asam nukleat isotermal, yang dapat menghasilkan waktu proses pemeriksaan lebih singkat dengan sensitivitas hasil tes 95.0% dan spesifisitas 97.9%.

“Dengan tersedianya layanan tes molekuler isotermal di jaringan rumah sakit kami di seluruh Indonesia, masyarakat akan semakin mudah untuk mendapatkan akses terhadap tes COVID-19 dengan performa tinggi,” ungkap Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group Caroline Riady kepada Insan Media dalam Konferensi Persnya yang dilakukan secara daring di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Siloam Hospitals Group bersyukur dapat terus melayani dan memastikan terpenuhinya kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia melalui penyediaan tes COVID-19 yang komprehensif, mulai dari tes antibodi (rapid
dan serologi), antigen (swab antigen), hingga molekuler (RT-PCR dan isotermal),” Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami untuk kesehatan dan keamanan bersama,” tambahnya.

Caroline Riady menjelaskan, performa tes dengan alat Abbott ID NOW™ ini telah terbukti secara global dalam penerapan uji COVID 19, khususnya dalam hal waktu proses pemeriksaan (lima menit untuk hasil positif dan 15 menit untuk hasil negatif), serta beragam,” jelasnya.

Keunggulan lainnya lanjut Caroline, Tes Molekuler Isotermal mudah diakses dan diterapkan terutama sebagai penggunaan POCT (Point of Care Test) performa tinggi dengan sensitivitas dan spesifisitas tinggi, serta dapat meminimalkan kesalahan hasil tes (false positive test result).

Tes molekuler isotermal tersedia di seluruh rumah sakit Siloam Hospitals Group ( Siloam Sentosa, Siloam Bekasi Sepanjang Jaya dan Siloam Bekasi Timur), mulai dari Rp 999.000 (minimum 10 orang). Selain digunakan untuk pasien dengan onset gejala kurang dari tujuh hari, tes ini sangat sesuai digunakan untuk kasus gawat darurat di IGD, tindakan operasi yang harus segera dilakukan, serta rawat inap,” lanjutnya.

Dengan sifatnya yang portabel atau mudah dibawa, layanan tes molekuler isotermal
pun tidak terbatas hanya di lingkungan rumah sakit saja. “Bagi masyarakat yang sudah mulai berkegiatan dengan jumlah peserta terbatas, misalnya acara resepsi pernikahan, pertemuan sosial atau kantor, layanan tes ini juga dapat digunakan.

Selain itu, kami juga menyediakan layanan tes di rumah (home care). Silakan hubungi Siloam Hospitals terdekat di kota Anda untuk mendapatkan informasi mengenai layanan
tes molekuler isotermal on-site maupun home care,” papar Caroline.

Hingga saat ini, Siloam Hospitals telah melakukan lebih dari 1.000.000 tes COVID-19 atau berkontribusi hampir 5% terhadap pangsa nasional dan merawat lebih dari 9.000 kasus terkonfirmasi positif.

Penyediaan tes dengan metode baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih lagi untuk mengatasi pandemi, termasuk mengakhiri pola penyebaran COVID-19 seefektif mungkin,” pungkasnya.

Continue Reading

Populer