Connect with us

Militer

Gadik dan Gapendik Seskoal Terima Sosialisasi Aplikasi Mendeley dan Plagiarism Checker

Published

on

JurnalJakarta — Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) mengadakan Sosialisasi Aplikasi Mendeley dan Plagiarism Checker yang ditujukan untuk para Tenaga Pendidik (Gadik) dan Tenaga Kependidikan (Gapendik) di Ruang Rapat JOPR Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (24/03).

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) mengungkapkan bahwa sebagai lembaga pendidikan tertinggi TNI Angkatan Laut, Seskoal harus memiliki kemampuan sebagai Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal. Tak hanya itu, Seskoal selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas 10 Komponen Pendidikan diantaranya adalah Gadik dan Gapendik. Serta mempertahankan Akreditasi A Program Studi (Prodi) Strategi Operasi Laut, Program Magister Terapan Politeknik Angkatan Laut dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Indonesia yang telah diraih Seskoal pada tanggal 22 Desember 2020 dengan masa berlaku Akreditas A tersebut sampai dengan tanggal 1 Desember 2025.

Sementara itu, Kepala Koordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP., sebagai penanggungjawab kegiatan ini sekaligus instruktur sosialisasi mengatakan bahwa Mendeley ini sangat bermanfaat untuk mempermudah dalam mengintegrasikan citation & reference manager ke dalam sebuah tulisan ilmiah Jurnal, Book Section, artikel, news, working paper. Dengan Mendeley, penulis/peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian terutama sumber data atau referensi.

Dalam kesempatan tersebut, Kakoordos seskoal juga menyampaikan terkait proses pengecekan Plagiarisme antara lain Fungsi Plagiarism Checker untuk mengantisipasi agar karya tulis terhindar dari plagiat. Output Thesis Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal berskala Internasional. Peningkatan Kompetensi Dosen. Peningkatan kompetensi Pasis. Membangun pola pikir dan pola tindak yang sama seluruh Gadik dan Gapendik.

Kegiatan ini sejalan dengan salah satu program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla., Kapusjianmar Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han)., Seklem Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CHRMP., C.frA., para Pejabat Utama, para Dosen dan Patun Seskoal.

Militer

Kasau Pimpin Ziarah di TMP Kalibata

Published

on

JurnalJakarta — Untuk mengenang jasa sekaligus mendoakan arwah para pahlawan, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., memimpin ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Ziarah dalam rangka peringatan ke-75 HUT TNI AU ini, diikuti para prajurit TNI AU dan PNS serta Ibu ibu PIA Ardhya Garini. Tampak juga hadir Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo.

Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, peletakan karangan bunga oleh Kasau dan diakhiri tabur bunga bersama di pusara para palawan, khususnya pusara para pejuang dan pahlawan TNI AU.

Turut hadir mendampingi Kasau, Irjenau, para Asisten Kasau, Wadankodiklatau, dan Waasops Kasau.

Continue Reading

Militer

Seskoau Terima Kunjungan SAF GKSCSC

Published

on

JurnalJakarta — Secara virtual, Komandan Singapore Armed Force Goh Keng Swee Command and Staff College (SAF GKSCSC) Colonel Paul Cheak Seck Fai mengunjungi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) yang diterima secara langsung Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang. Selasa (6/4/2021).

Pada kesempatan ini, Komandan Seskoau menyampaikan terima kasih atas kunjungannya dalam rangka studi banding antara dua lembaga pendidikan guna mempererat kerja sama di bidang pendidikan.

“Acara ini merupakan kehormatan bagi civitas academica Seskoau, meskipun dilaksanakan melalui video telekonferen namun tidak mengurangi esensi overseas study visit dalam bertukar informasi mengenai berbagai hal,” ujarnya.

Secara global, dijelaskan bahwa Seskoau merupakan lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI Angkatan Udara yang bertugas menyiapkan pemimpin masa depan dengan kemampuan intelektual, keahlian, dan karakter yang mumpuni didasari pengetahuan mendalam mengenai teori kepemimpinan, isu keamanan regional dan doktrin TNI Angkatan Udara.

Hal senada disampaikan Colonel Paul Cheak Seck Fai yang sangat mengapresiasi penyambutan dari Komandan Seskoau beserta staf dengan harapan kunjungan ini mampu meningkatkan saling pengertian dan menjalin hubungan yang lebih erat antara kedua lembaga pendidikan.

Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 yang diwakili Mayor Sus Siti Rejeki, S.Pd., McApling., menjelaskan tentang wonderful of Indonesia dan Seskoau, kemudian Ketua Senat GKSCSC Military Expert 5 Ng Wei Rong menjelaskan tentang Singapura dan GKSCSC.

Acara yang diikuti Seslem Seskoau Kolonel Lek I Made Hartawan, para Direktur, Kepala Departemen, Dosen dan Patun Seskoau, Staf Direktur Senior (Angkatan Udara) Colonel Jeremy Quek, Atase Pertahanan Indonesia di Singapura Kolonel Pnb Benny Arfan, Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 dan Pasis GKSCSC berlangsung sangat menarik, diikuti dengan antusias yang terlihat dari presentasi perwakilan Pasis kemudian interaktif dalam tanya jawab.

Continue Reading

Militer

Pangkohanudnas Pimpin Sertijab Inspektur Kohanudnas

Published

on

JurnalJakarta — Panglima Kohanudnas (Pangkohanudnas) Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga,M.M, memimpin acara serah terima jabatan Inspektur Kohanudnas dari Marsma TNI Budi R Leman,S.T kepada Kolonel Lek Roy R Bachtiar,S.I.P di ruang rapat Pangkohanudnas, Makohanudnas Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (8/4).

Baca Juga : Pangkohanudnas Ikuti Ziarah Ke Makam Bapak AURI

Marsma TNI Budi R Leman,S.T menempati jabatan baru sebagai Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Resiko Pemerintah pada Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN dan Kolonel Lek. Roy R Bachtiar,S.I.P sebelumnya menjabat sebagai Pamen Sahli Kasau Bidang Alutsistaud Sahli Kasau Bidang Iptek.

Hadir dalam acara tersebut Kaskohanudnas Marsekal Pertama TNI H. Haris Haryanto, S.I.P, Asintel Kashanudnas Kolonel Sus Dr. Daril Kaesorry,S.T.,M.Si, Aspers Kaskohanudnas Kolonel Pnb Didik Kristantyo,S.E dan Kakum Kohanudnas Kolonel Sus Dr. Lidia Rina D,S.H.,M.H. (Bgs)

Continue Reading

Populer