Connect with us

Gaya Hidup

dr. Rezy Sesareza SpN : Penyakit Stroke Tidak Menular, Namun Tidak Memandang Umur

Published

on

JurnalJakarta.com — Stroke atau strok merupakan salah satu penyakit tidak menular yang banyak di derita masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mencegah penyakit strok sejak dini melalui penerapan pola hidup sehat.

Berdasarkan data, penyakit strok tak hanya menyerang pasien dari kalangan lanjut usia (lansia). Penyakit yang ditandai dengan kelumpuhan organ tubuh ini, juga menyerang anak muda yang masih berumur 32 tahun.

“Belakangan ini tren berubah, pasiennya makin muda. Baru kemarin rekor saya pecah. Selama ini pasien strok termuda adalah 34 tahun di Bekasi. Kemarin, saya menangani pasein stroke termuda adalah usia 32 tahun laki-laki,” ujar dr. Rezy Sesareza SpN, di sela acara diskusi ‘Komplikasi Penyakit Diabetes Terhadap Serangan Jantung dan Stroke’ di RS Siloam Bekasi, Kamis (30/1/2020).

Dokter Spesialis Neurologi RS Siloam Bekasi Timur ini mengatakan, biasanya penderita strok sudah berumur di atas 60 tahun. Namun, belakangan ini mulai ada kecenderungan strok menyerang pasien yang masih berumur 50 tahun, 40 tahun dan belakangan ini pasien berumur 32 tahun.

“Strok terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah. Dalam hal ini, diabetes berperan sangat tinggi merusak pembuluh darah sehingga terjadi kerusakan syaraf dan timbul strok. Pasien strok biasanya, memiliki gula darah yang tinggi,” kata Rezy.

Menurut Rezy, penanganan pasien strok yang disertai diabetes lebih sulit dan membutuhkan perawatan yang lebih komprehensif.

“Otak atau syarat yang sudah terkena diabetes itu jauh lebih jelek daripada otak yang tanpa diabetes. Jadi, kita perlu penanganan yang lebih komprehensif, tidak mungkin kita tangani stroknya saja tanpa menangani diabetesnya. Sehingga diperlukan fasilitas rumah sakit yang memadai. Siloam Hospitals Group sudah menyadari hal itu,” tandas Rezy.

Rezy menambahkan, penanganan serangan strok sedini mungkin dapat membuka peluang kesembuhan pasien. Maksimal 4,5 jam setelah terjadi serangan strok, pasien harus segera mendapat perawatan medis.

“Selama ditangani dalam waktu singkat, dalam golden period antara 4,5 jam. Pasien bisa datang ke kami kurang dari 4,5 jam pertama, bisa kami tangani dengan baik. Namun, kalau sudah berhari-hari kemungkinan tidak akan kembali normal,” pungkas Rezy.

Gaya Hidup

Cegah Covid-19, Ini Tips Penggunaan Hand Sanitizer yang Ideal dan Terhindar dari Dermatitis Kontak

Published

on

JurnalJakarta — Dermatitis kontak iritan akibat penggunaan ‘Hand Sanitizer’ merupakan topik utama edukasi yang disiarkan manajemen Siloam Hospitals Sepanjang Jaya sebagai rangkaian program Edukasi Kesehatan Masyarakat Di Masa Pandemi oleh Siloam Hospitals.

Melalui live webinar yang disaksikan lebih dari 60 peserta, dr. Novia Yudhtiara Sp. KK., dokter spesialis kulit dan kelamin Siloam Hospitals Sepanjang Jaya menyampaikan bahwa, Dermatitis Kontak adalah peradangan berupa ruam gatal kemerahan pada kulit yang muncul akibat kontak langsung dengan zat tertentu dan mengiritasi kulit, atau merupakan reaksi alergi terhadap zat tertentu. Ruam yang muncul akibat peradangan ini tidak menular atau berbahaya, tapi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderita.

“Agar pengobatan bisa berjalan secara efektif, penderita harus mengidentifikasi dan menghindari penyebab munculnya dermatitis kontak pada kulit mereka. Ruam biasanya dapat hilang dalam waktu dua hingga empat minggu,” tutur dokter Novia, Jumat (26/03/2021) di Bekasi.

Menurut Novia, gejala dermatitis kontak iritan muncul pada bagian tubuh yang melakukan kontak langsung dengan zat yang memicu reaksi pada kulit.

Gejala tersebut dapat muncul dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam setelah kontak terjadi. Gejala umum dermatitis kontak pada kulit penderita adalah:

  • Ruam kulit kemerahan
  • Perubahan sel epidermis
  • Pelepasan Sel Infamasi (sitokin)
  • Gatal yang dapat terasa parah
  • Kering
  • Pembengkakan
  • Kulit kering atau bersisik
  • Kulit lecet atau melepuh (gatal berair)
  • Menebal
  • Pecah-pecah
  • Terasa sakit saat disentuh atau muncul rasa nyeri

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Siloam Hospitals Sepanjang Jaya ini pun Menambahkan, dimasa pandemi salah satu protokol kesehatan yang amat penting dan selalu diingatkan adalah sering mencuci tangan. Baik dengan “Sabun” atau “Hand sanitizer” yang harus menggunakan kandungan alkohol minimal 60% untuk dapat “mematikan” virus atau bakteri.

“Ada jeda waktu, minimal 20 detik mencuci tangan, dan yang paling baik menggunakan sabun dan air mengalir. Setelah mengeringkan tangan, segera gunakan pelembab atau moisturizer,” sebut dr. Novia Yudhtiara Sp. KK.

Pada sesi tanya jawab, dokter spesialis dermatologi ini kembali memberikan tips yang perlu diketahui dalam memilih atau menentukan Moisturizer yang akan digunakan, yaitu :

  • Pilih pelembab dengan kandungan Minerql Oil dan atau “Petrolatium” yang biasanya dinyatakan dibalik kemasan.
  • Pilih pelembab yang tidak mengandung pewarna dan pengharum buatan.

“Bagi pemilik kulit yang sensitif, direkomendasikan menggunakan bahan yang terdiri dari Seramid, Shea Butter dan minyak almond,” pungkas Novia. (Bgs)

Continue Reading

Gaya Hidup

Damai Putra Group & Nishitetsu Resmi Pasarkan Cluster Asera Nishi Phase 2

Published

on

JurnalJakarta — Dalam rangka mengulang kesuksesan pada proyek Asera Nishi Phase 1 yang sold out 100%, Damai Putra Group selaku pengembang kawasan terpadu Kota Harapan Indah dan Nisithetsu Group, pengembang asal Jepang yang merupakan group bisnis terbesar di Kota Fukuoka Jepang, resmi meluncurkan Asera Nishi Phase 2.

Asera Nishi hadir dengan mengusung tema BALANCE LIFE, yaitu menciptakan keseimbangan antara Human & Nature, Convenience & Affordability, Work & Play, Healthy & Cozy yang diimplementasikan dengan konsep dan desain terbaru yang menyesuaikan dengan kondisi saat inj, dimana kesehatan menjadi hal yang utama. Asera Nishi dibangun diatas lahan seluas 5,4 Ha yang terletak di lokasi premium di CBD Kota Harapan Indah.

Menurut Agung Nugroho selaku GM Sales & Promotion DPG, dengan kondisi saat ini, dimana kesehatan menjadi hal yang utama, Cluster Asera Nishi adalah pilihan yang tepat untuk masyarakat yang cinta dengan ruang terbuka hijau.

”Asera Nishi merupakan cluster terbaru tipe Rumah Modern dengan Konsep Biophilic Compact House. Jadi setiap rumah yang ditawarkan di Asera Nishi menerapkan konsep biophilic yang menyatukan unsur alam dengan manusia. Banyaknya bukaan jendela maupun pintu membuat sirkulasi udara dan pencahayaan alami menjadi maksimal. Aksen kayu pada dinding fasad rumah semakin membuat tampilan rumah menjadi lebih natura! dan modern,” kata Agung Nugroho selaku GM Sales & Promotion DPG, Jumat (26/03/21).

Sementara itu, Hadi Putra selaku Sales Dept Head DPG, menurut dia, denah rumah pun dibuat tak kalah modern, dengan fungsi ruang yang fleksibel, serta minim nya sekat dinding membuat rumah terasa lebih luas dan lapang.

“Adanya taman di area belakang dan depan membuat rumah menjadi tidak monoton dengan dinding beton dan sangat cocok bagi yang suka berkebun. Setiap rumah yang dipasarkan juga akan dilengkapi dengan smart door lock system, smart bulb lighting, dan cctv untuk faktor keamanan penghuni,” ungkap Hadi Putra.

Setiap rumah yang dipasarkan juga akan dilengkapi dengan smart door lock system, smart bulb lightning, an cctv untuk faktor keamanan penghuni. Asera Nishi juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti central park, kolam renang dengan double neck, lapangan basket, jogging track, green belt, amphitheatre, children playground. Banyaknya fasilitas yang disediakan membuat cluster ini sangat nyaman bagi keluarga untuk berada di lingkungan rumah karena program work from home, maupun learn from home yang saat ini sedang banyak diterapkan.

“Untuk phase 2 ini hanya 115 unit dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 1,1M an atau dengan cicilan uang muka Rp 7jt an per bulan untuk tipe NS, dan sebagai apresiasi untuk konsumen setiap pembelian rumah di Asera Nishi akan mendapatkan bonus canopy & kitchen set selama masa promosi,” Papar Hadi.

Soft launching Asera Nishi tahap 2 ini akan diadakan pada 27-28 Maret 2021 jam 9.00 sampai jam 17.00 . Dalam acara ini para pengunjung juga dapat mengunjungi show unit Asera Nishi yang terletak di dalam cluster Asera. Dalam acara ini tidak lupa juga diterapkan protokol kesehatan yang ketat yakni 3M (Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Memakai Masker), oleh karena itu sangat disarankan agar para pengunjung dapat mendaftarkan kehadirannya dengan sales kami di nomor telepon 0218898 6688 atau Whatapps di 0811 4466 888.

Informasi lengkap tentang Asera Nishi juga dapat diakses di www.aseranishi.com. (Bgs)

Continue Reading

Gaya Hidup

Terapkan Prokes ‘165 Wedding Expo’ Siap Kembali Digelar April Mendatang

Published

on

JurnalJakarta — Situasi pandemi Covid-19 di tanah air khususnya sepanjang tahun 2020 lalu membuat sejumlah calon pasangan pengantin harus menunda rencana menggelar pesta pernikahan. Namun menyusul diadakannya program vaksinasi Covid-19, pemerintah perlahan mulai kembali mengeluarkan izin penyelenggaraan kegiatan namun dengan mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi para calon pasangan pengantin yang harus menunda rencana sakral mereka tersebut.

Sejalan dengan visi membantu para calon pasangan pengantin untuk menggelar prosesi pernikahan mereka, Parakrama Organizer kembali akan menggelar ‘165 Wedding Expo 2021’ pada  3-4 April 2021, di Menara 165 Wedding, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Tommy Yoewono selaku CEO Parakrama Organizer mengatakan, 165 Wedding Expo memahami bahwa ada banyak pasangan yang membutuhkan referensi baru tentang bagaimana cara yang paling sesuai untuk menggelar pernikahan di masa adaptasi saat pandemi seperti ini. “Maka dari itu, Penyelenggara pun tak lupa untuk menghadirkan kembali puluhan vendor pernikahan profesional. Mulai dari wedding organizer, catering, baju pengantin, dan masih banyak lainnya dimana masing-masing vendor telah menyesuaikan layanannya sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku,” ungkap Tommy dalam press conferencenya di Menara 165 Wedding, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (25/03).

Lebih lanjut Tommy menambahkan, di event pameran pernikahan kali ini pun akan ada beragam diskon, potongan harga, dan promo menarik lainnya yang ditawarkan oleh tiap-tiap vendor pernikahan yang tentunya semakin membantu untuk tiap pasangan mewujudkan pernikahan impian mereka. Apalagi, di event kali ini pun akan ada grand prize senilai Rp 100 juta.

Meskipun pameran pernikahan kali ini dihadiri oleh puluhan vendor, namun semua yang hadir dan terlibat nantinya akan melalui proses pengecekan kesehatan terlebih dahulu. Sementara bagi para pengunjung tetap diberlakukan anjuran protokol kesehatan yang berlaku. Jadi, tak perlu khawatir untuk urusan keamanan dan kesehatan.

Senada dengan Tommy, Indah Mardiani selaku Direktur Menara 165 mengungkapkan bahwa pihaknya (PT. GRHA 165) memiliki harapan semoga melalui 165 Wedding Expo 2021 ini dapat memberikan manfaat bagi semua terutama para pelaku bisnis Pernikahan yang hampir 1 Tahun ini berpuasa dan lesu bahkan menelan kerugian yang tidak sedikit dari ratusan juta sampai Milyaran Rupiah dalam bisnis usahannya karena dampak Pandemik COVID-19 ini serta para Calon Pengantin yang terdampak pula hingga tertunda bahkan batal dalam acara pernikahannya.

“Dan tak lupa juga harapan besar kita Bersama dapat meningkatkan Kembali perekonomian dalam sisi usaha pernikahan tentunya menjadi seperti semula serta mendatangkan para calon pengantin baru yang sedang mencari kebutuhan acaranya seperti (Catering, Photography, Decoration, Entertainment, Rias Busana Pengantin, Wedding Organizer dan Venue) untuk datang pada acara 165 Wedding Expo 2021 nanti,” ungkap Indah.

Dalam kesempatan yang sama Indah mengungkapkan bahwa pihaknya antusias bekerjasama dengan Parakrama Organizer menggelar pameran pernikahan tersebut. “Dalam rangka Mensukseskan Pameran 165 Wedding Expo 2021, kami dari PT.GRHA 165 Tbk. Sebagai Venue yang Bergerak dalam bidang MICE (Meeting ,Incentive, Convention and Exhibition) Alhamdulillah merasa sangat luar biasa karena di pilih sebagai tempat untuk di adakannya Pameran Wedding terbesar ini oleh pihak PARAKRAMA ORGANIZER,” tutup Indah

Bagi Kalian para calon pasangan pengantin yang berencana menggelar acara pernikahan dalam waktu dekat, segera kunjungi dan daftarkan diri Kalian. Tak hanya promo dan potongan harga menarik, bagi pasangan yang beruntung akan berkesempatan mendapatkan hadiah dengan grand prize 100 juta rupiah.

Continue Reading

Populer