Connect with us

Ekonomi

Biaya Logistik Mahal Jadi Kendala UMKM Bersaing di Pasar Domestik

Published

on

Jurnaljakarta.con  – Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) nasional menjadi salah satu sektor usaha yang paling terdampak dari Pandemi Covid-19. Dari 64 juta pelaku UMKM, menurut Asian Development Bank (ADB) sebanyak 50 persennya terancam gulung tikar. Dan sebanyak 88 persen sudah tidak memiliki tabungan. Maka tak heran jika saat ini pemerintah tengah aktif melakukan upaya penyelematan UMKM melalui berbagai program.

Asisten Deputi Pengembangan Kawasan dan Rantai Pasok Kementerian Koperasi dan UKM, Ari Anindya Hartika, menjelaskan bahwa persoalan yang dihadapi UMKM di masa pandemi seperti saat ini tidak hanya persoalan permodalan semata. Melainkan ada faktor lain seperti pemasaran atau penjualan ketersediaan bahan baku hingga persoalan logistik yang mahal ketika mendapatkan order.

Dari catatannya, UMKM yang mengalami masalah penurunan penjualan yaitu sebanyak 22,90 persen. Kemudian persoalan distribusi logistik dan ketersediaan bahan baku sebanyak 20,01 persen. Sedangkan isu permodalan dialami oleh sekitar 19,39 persen. Sementara sektor yang paling terdampak yaitu pedagang besar dan eceran 40,92 persen, penyedia akomodasi dan makanan dan minuman 26,86 persen. Sementara sektor pengolahan yang terdampak sebanyak 14,25 persen.

“Jadi persoalan lain yang utama itu masih ada beberapa pelaku UMKM yang bergantung bahan baku impor, sementara ongkos logistiknya mahal di saat yang sama terjadi penurunan daya beli masyarakat,” kata Ari dalam Webinar dengan tema Industri Logistik Penopang UMKM Naik Kelas di Masa Pandemi, Rabu (24/2/2021). Acara webinar ini diadakan oleh situs beritakota.id dengan dukungan dari beberapa sponsor yaitu SiCepat Ekspress, Galeri24, PT Pegadaian (Persero), JNE, Eiger dan Kokola Biscuit and Wafer.

Untuk mengatasi berbagai persoalan UMKM itu, pemerintah melalui Kemenkop UKM memiliki beberapa program seperti pelatihan digitalisasi UMKM, penyediaan akses permodalan yang murah hingga dukungan pemasaran yang bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan PengadaanBarang/Jasa Pemerintah (LKPP). Dengan fasilitas ini diharapkan pelaku UMKM bisa terlepas dari jerat persoalan yang dialami sehingga nantinya bisa naik kelas secara bertahap.

Ari mendorong agar pelaku UMKM memaksimalkan penggunaan media digital dalam pemasarannya. Sebab hingga saat ini baru sekitar 13 persen yang sudah melakukan digitalisasi dalam pengembangan dan pemasaran produk UMKM. Dengan digitalisasi juga akan tercipta efektifitas produksi hingga ke pengiriman.

“UMKM yang melek digital itu baru sekitar 13 persen, maka kita terus dorong mereka bisa masuk ke ranah digital sebab ini sebuah keniscayaan. Di masa pandemi seperti saat ini perilaku masyarakat beralih dan mengutamakan social distancing sehingga dalam melakukan kegiatan dan pemesanan menghindari kontak fisik. Jadi UMKM mau tidak mau suka tidak suka harus ikuti era digital, mereka harus go online,” pungkasnya.

Menanggapi biaya logistik yang mahal itu Chief Commercial Officer SiCepat Ekspress, Imam Sedayu, menjelaskan bahwa pihaknya sangat komitmen untuk mendukung UMKM naik kelas dengan penyediaan layanan antar paket yang murah meriah. Diakuinya bahwa selama pandemi Covid-19 ini tren belanja online meningkat drastis yang pada akhirnya mendorong peningkatan jumlah paket antaran yang harus diselesaikan oleh perusahaan ekspedisi ini. Dalam sehari pihaknya bisa melayani hingga 900 ribu paket di mana rata-rata merupakan paket dari para UMKM.

Dia tidak memungkiri bahwa selama ini biaya logistik yang mahal menjadi persoalan bagi kebanyakan UMKM. Untuk itu tahun lalu pihaknya meluncurkan layanan HALU. Dengan biaya paket mulai Rp5.000, diharapkan UMKM bisa terbantu. Layanan ini menjamin pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia dengan rentang pengiriman paket sama dengan kelas reguler.

“Kita kerjasmaa dengan beberapa platfrom agar bagaimana kita punya service dengan biaya murah, kita juga belum lama ini launching layanan Gokil (Cargo Kilat) dengan tarif mulai Rp25.000 per 10 Kg. Juga ada layanan terintegrasi Clodeo yang mencakup manajemen inventory di pergudangan kami,” kata Imam.

Dijelaskan untuk mempermudah akses UMKM mendapatkan gerai ekspedisi, SiCepat Ekpress menggandeng toko ritel Alfamart dan FastPay yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Para UMKM yang mendapat order paket bisa melakukan pengiriman dengan melalui dua Channel tersebut yang mudah ditemukan di setiap wilayah.

Sementara itu Chairman Supply Chain Indonesia, Setijadi, menambahkan bahwa industri jasa logistik memang sangat berperan penting bagi kemajuan UMKM. Pasalnya dengan kondisi geografis Indonesia yang berpulau-pulau dan jumlah penduduk yang sangat besar, menjadikan jasa ekspedisi paling banyak dicari. Terlebih di era maraknya belanja online seperti saat ini.

Data menunjukkan bahwa industri jasa transportasi dan pergudangan pada tahun 2019 lalu tumbuh sangat bagus yaitu mencapai 10,58 persen atau berada di atas pertumbuhan industri manufaktur. Terkait dengan peran industri ini terhadap peningkatan UMKM, menurutnya perlu ada upaya khusus agar skala ekonomi UMKM bisa ditingkatkan. Sebab ketika pengiriman produk masih bersifat mandiri maka justru itulah yang menyebabkan biaya logistik mahal.

“Dengan keterbatasan volume produksi dan sebagainya sehingga tidak mampu memenuhi skala ekonomi, maka sulit bagi UMKM bisa berdaya saing dengan produk luar negeri. Jadi skala ekonomi harus dipecahkan sebab jika tidak bisa diselesaikan mereka akan kalah saing,” kata dia.

Untuk itu, dia berharap nantinya akan ada sebuah sistem terpadu yang dibangun pemerintah yaitu Supply Chain Center. Dengan keberadaannya maka biaya logistik, biaya pengadaan bahan baku, biaya produksi hingga inventory bisa ditekan dan lebih hemat. Pada akhirnya keberadaan Supply Chain akan mampu mendorong penurunan harga produk UMKM dengan tanpa mengabaikan kualitasnya.

“Dengan Supply Chain Center akan bantu UMKM untuk mengelola barang mereka secara efisien. Tetapi supply chain center ini tidak bisa didirikan tanpa dukungan berbagai pihak, seperti pemerintah lintas sektoral, industri perbankan dan pegiat UMKM,” pungkas dia.

Ketua Asosiasi UMKM Indonesia, Muhammad Ikhsan Ingratubun, mengapresiasi keberadaan industri logistik seperti SiCepat Ekspres dan lainnya. Sebab dengan berbagai inovasi dan layanan yang semakin baik hingga saat ini sangat membantu pelaku UMKM dalam melayani permintaan buyer. Menurutnya industri jasa logistik akan terus tumbuh baik di saat pandemi atau nanti setelah masa pandemi.

“Ini bisnis yang menjanjikan ke depan dan sangat membantu kami para UKM. Dengan modal trust, kecepatan pengiriman dan biaya murah, apabila bisa menjawab tiga hal itu maka pasti jasa ekspedisi ini akan jadi lead di indonesia. Apalagi bagi umkm yang setiap saat mengirimkan paket,” ungkap Ikhsan.

Untuk mendukung UMKM naik kelas, dia berharap tidak terus – terusan melakukan pembatasan sosial. Sebab UMKM merasakan dampak yang begitu besar dengan kebijakan itu lantaran omset penjualannya turun drastis.

Kemudian juga kebijakan pemerintah yang melakukan bidding produk UMKM melalui LKPP dianggapnya sebagai salah satu kebijakan yang kurang tepat. Sebab banyak sekali UMKM terkendala standar yang diwajibkan LKPP sehingga tidak bisa masuk dalam kanal tersebut.

“Kita katakan bahwa kebijakan pengadaan barang dan jasa melalui LKPP itu merusak UMKM. Sebab UMKM akan kesulitan memenuhi ketentuan dalam LKPP, itu jelas merusak pasar kami,” pungkas dia.

Ekonomi

LMT Trade Luncurkan Layanan Baru dan Bagi-bagi Kupon USD

Published

on

By

Jurnal Jakarta.com – Sudah pernah mendengar nama LMT Trader? Jika belum artikel ini akan mengajak kamu untuk mengenal LMT lebih jauh.

LMT adalah bursa kripto terkemuka di dunia. Bursa ini dikembangkan oleh tim profesional yang sudah memiliki pengalaman mumpuni dalam industri.

Sebelum kita membahas seputar layanan baru, ada baiknya kita mengenal LMT lebih jauh.

LMT menyediakan ragam layanan trading yang bisa membuat penggunanya merasakan pengalaman trading yang lebih luas. Layanan inti yang ditawarkan  bursa ini adalah perdagangan kontrak berjangka  dengan copy trading, kemudian ada perdagangan option (opsi) Option adalah produk perdagangan unik LMT bagi pedagang baru untuk memantau pergerakan harga pasar dan berspekulasi tentang perubahan harga dalam waktu singkat. Sebagai broker kripto, LMT juga menyediakan swap bagi pengguna dimana trader dapat menikmati likuiditas dari berbagai bursa.

Keuntungan Menggunakan LMT

Ada Fitur Copy Trading

LMT memiliki layanan copy trading yang bisa memudahkan pemula dalam melakukan trading cryptocurrency. Copy trading bisa juga dijadikan sarana belajar bagi para pemula yang ingin belajar trading dengan margin dan leverage.

Menggunakan Copy Trading  di LMT pun mudah dan sederhana dengan ragam pilihan trader ahli yang bisa diikuti oleh para pemula. Setiap pengguna dapat dengan mudah menyaring pro-trader yang ingin mereka ikuti dengan ROE, YIELD, WIN RATE dan catatan perdagangan.

LMT pun memiliki likuiditas perdagangan yang baik dan tidak ada batasan jumlah pengikut untuk satu trader. Kamu bisa mengikuti trader yang diikuti oleh banyak orang dan kamu bisa mengikuti banyak trader yang disediakan oleh LMT.  Dalam copy trading margin yang digunakan pun tidak besar, sehingga para pemula dapat meminimalisir risiko kerugian.

Kamu dapat mulai mengikuti pro-trader mulai dari 2 USDT. LMT pun tidak memiliki batasan pada setoran minimum. Kamu bisa mulai deposit dengan modal kurang dari Rp100.000 untuk mencoba layanan LMT.

Memiliki Swap Trade

Trading SWAP dikembangkan bagi trader  untuk menukar mata uang kripto mereka dengan mudah. Ini adalah perdagangan dengan quote harga dan bukan berdasaran order book, LMT mengumpulkan likuiditas di seluruh pasar dan menawarkan harga  kepada para penggunannya. Setiap penawaran harga berlaku selama 15 detik. Harga akan quote sesuai dengan jumlah  trading pengguna dan likuiditas pasar

Perdagangan option atau opsi dan kontrak adalah dua instrumen umum dalam keuangan tradisional. Trader dan investor akan membeli dan menjual opsi karena beberapa alasan. Spekulasi opsi memungkinkan trader untuk memegang posisi leverage dalam suatu aset dengan biaya lebih rendah daripada membeli saham aset.

Struktur Biaya LMT

Token Swap LMT tidak mengenakan biaya transaksi, kemudian untuk trading futures adalah 0,075% pada penutupan posisi. Kemudian tidak ada biaya biaya fundung / biaya menginap jika kamu membuka posisimu dalam waktu lebih dari satu hari.

Layanan Baru dari LMT

LMT baru-baru ini juga telah  meluncurkan layanan baru bersama Xanpool. Bursa ini  bermitra dengan Xanpool untuk mengaktifkan setoran untuk 8 jenis mata uang fiat, memungkinkan pengguna untuk membeli kripto langsung di LMT. Layanan akan tersedia pada pukul 15:00 UTC + 8 pada 9 April 2021. Fiat yang didukung oleh Xanpool adalah:

1.       Dong Vietnam (VND)

2.       Rupiah Indonesia (IDR)

3.       Rupee India (INR)

4.       Peso Filipina (PHP)

5.       Dolar Hong Kong (HKD)

6.       Dolar Singapura (SGD)

7.       Baht Thailand (THB)

8.       Ringgit Malaysia (MYR)

Crypto yang didukung Xanpool

1.BTC

2. EET

3. USDT

Pemberitahuan Khusus: LMT tidak menangani setoran mata uang fiat apa pun, dan layanan Beli Crypto disediakan sepenuhnya oleh penyedia pihak ketiga dalam hal ini adalah Xanpool.

Untuk merayakan peluncuran layanan kripto pembelian Fiat di LMT. Mulai pukul 15:00 pada 9 April 2021 hingga 14:59 pada 23 April 2021 (UTC + 8),  LMT mengadakan kuis yang berhadiah kupon. Pengguna harus menggunakan layanan untuk melakukan pembelian kripto fiat untuk menyetor 300 USDT dan berkesempatan untuk memenangkan 40 Kupon USD.

Syarat & Ketentuan:

Hadiah hanya berlaku untuk pengguna yang memenuhi ketentuan selama periode promosi.

Setoran terbatas pada layanan kripto pembelian fiat yang disediakan oleh Xanpool di LMT selama periode kampanye. yaitu 09/4/2021 15:00 – 23/4/2021 14:59 (UTC + 8).

Penarikan tidak diperbolehkan selama periode kampanye, jika tidak, kamu akan didiskualifikasi dari hadiah kupon.

Hadiah kupon akan diberikan dalam 30 hari setelah kegiatan promosi kepada pengguna yang memenuhi syarat.

Masa berlaku kupon adalah 3 hari dan posisi bisa bertahan selama 8 jam.

LMT berhak untuk menganggap aktivitas penipuan apa pun. Jika aktivitas penipuan terdeteksi, pengguna akan dibatasi dari semua aktivitas.

Continue Reading

Ekonomi

Allianz Indonesia dan HSBC Indonesia Perluas Jalur Distribusi Bancassurance untuk Akses Proteksi ke Lebih Banyak Nasabah

Published

on

JurnalJakarta — PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) telah bekerja sama selama lebih dari 14 tahun. Sebagai dua institusi keuangan yang mengutamakan kepercayaan nasabah, Allianz Life dan HSBC Indonesia terus menjaga komitmen untuk menyediakan solusi perlindungan asuransi terbaik bagi nasabah.

Selama menjalani kemitraan, Allianz Life dan HSBC Indonesia telah banyak melakukan inovasi pada produk dan layanan, termasuk kesiapan untuk proses penjualan dengan tatap muka digital (non Face-to-Face) yang pertama dalam proses penjualan asuransi di Indonesia sejak tahun lalu. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah HSBC Indonesia untuk mendapatkan perlindungan asuransi dari Allianz, khususnya di masa pandemi.

Mulai bulan Maret 2021, Allianz Life dan HSBC semakin memperkuat kerja sama bancassurance dengan meresmikan kanal distribusi telemarketing. Saat ini, telemarketing kembali menjadi salah satu jalur distribusi paling efektif, karena adanya protokol kesehatan yang mengharuskan masyarakat untuk tetap menjaga jarak antar sesama. Produk dan layanan telemarketing Allianz Life telah disiapkan dan dikembangkan dengan sangat baik, agar dapat memberikan solusi dan layanan yang berkualitas kepada nasabah HSBC Indonesia.

“Allianz Life memiliki aspirasi untuk memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat Indonesia. Dengan kerja sama yang telah terjalin dengan baik dengan HSBC Indonesia, kami ingin senantiasa mengembangkan ragam solusi, serta akses yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Oleh karena itu, jalur distribusi telemarketing akan menambah preferensi nasabah, terutama untuk nasabah-nasabah yang jarang datang ke cabang HSBC Indonesia, untuk mendapatkan perlindungan asuransi dari Allianz Life” kata Bianto Surodjo, Direktur & Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia.

Dengan terjadinya pandemi, kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan semakin meningkat, termasuk di dalamnya kebutuhan perlindungan asuransi. Untuk menjawab kebutuhan inilah, Allianz Life dan HSBC Indonesia memperkenalkan produk pertama melalui jalur distribusi telemarketing bernama Critical Illness Care Protection. Produk ini merupakan solusi asuransi jiwa yang memberikan perlindungan terhadap enam penyakit kritis: Kanker, Gagal Ginjal, Stroke, Serangan Jantung, Angioplasti dan Meningitis Bakteri, tanpa harus melalui medical check-up.

“Kemitraan yang kuat antara HSBC Indonesia dan Allianz Life terus berkembang secara solid dan menciptakan tonggak penting dengan adanya transformasi di jalur distribusi telemarketing. Harapannya, transformasi ini dapat menjadi salah satu pilihan akses produk asuransi yang HSBC Indonesia bangun bersama dengan Allianz Life,” kata Edhi Tjahja Negara, Director Wealth & Personal Banking HSBC Indonesia. (Bgs)

Continue Reading

Ekonomi

SEOCon Jakarta 2021 Targetkan 8000 Audiens Pada 17-19 Maret Mendatang

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – Melihat besarnya animo terhadap SEOCon tahun 2020, maka SEOCon Jakarta 2021 kembali digelar pada 17 – 19 Maret 2021 mendatang, serta menargetkan 8000 audiens untuk mengikuti workshop dari praktisi-praktisi di bidang digital marketing.

Dengan mengusung tema “Search in the New World”, pencarian di dunia baru. SEOCon Jakarta 2021 lebih memperluas audience-nya hingga Asia Tenggara, maka tidak heran jika acara ini menjadi acara SEO Conference paling prestisius. Sudah tentu ini menjadi acara yang tidak boleh dilewatkan untuk praktisi, hingga pengamat trend digital di Indonesia.

Ryan Kristo Muljono, penggagas SEOCon Jakarta, mengatakan, “Mesin pencari telah berkembang dalam beberapa bulan terakhir, tidak hanya dari mesin tetapi juga dari penggunanya. Perubahan SEO yang cepat dan sering membuat para praktisi yang bekerja dengan SEO harus dapat memahami semua ilmu yang baru, terutama karena SEO juga sejalan dengan pemasaran digital dimana kombinasi tersebut akan membawa manfaat besar bagi bisnis. Itu sebabnya SEOCon Jakarta kembali hadir tahun ini. Sekarang adalah saatnya menyelaraskan pengetahuan SEO dan pemasaran digital Anda,” ucapnya di Jakarta Jumat (12/03/21).

Dia menjelaskan SEOCon Jakarta akan diselenggarakan selama tiga hari dimana pada hari pertama dan kedua para pakar digital akan berbagi pengetahuan dan wawasan praktis mengenai strategi SEO yang sudah terbukti di dunia nyata. Empat topic besar yang akan diangkat tahun ini meliputi SEO untuk bisnis, SEO teknis, SEO on-page hingga off-page. Topik-topik ini akan dibahas dalam dua hari pertama konferensi dan pada hari ketiga akan diadakan lokakarya sehari penuh secara eksklusif,” jelasnya.

SEOCon Jakarta 2021 lanjutnya, rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 17 – 19 Maret 2021 dan akan menghadirkan lebih dari 30 pakar digital dari perusahaan ternama maupun komunitas SEO asal dalam maupun luar negeri. Nama-nama yang turut mendukung konferensi ini diantaranya, Jon Earnshaw, Lukasz Zelezny, Eric Siu, Kaitlyn Blosser, Martin Splitt, dan Iona Carina.

CTO Pi Datametrics Jon Earnshaw mengatakan, “Jika SEOCon Jakarta 2021 akan sebesar dan seproduktif tahun lalu, maka itu akan menjadi peristiwa yang fenomenal. Acara sebelumnya adalah puncak dari kalender SEO saya – audiens yang sangat terlibat dan begitu banyak wawasan yang bisa diambil. Acara ini sangat bagus karena para pembicara menghadirkan pengalaman langsung ke panggung dan Anda dapat mempelajari dengan tepat apa yang diperlukan untuk membuat kampanye pemasaran digital hari ini menjadi sukses. Sebagai profesional penelusuran, Anda benar-benar akan membawa pulang wawasan yang dapat diterapkan dan ditindaklanjuti dan itu saja sepadan dengan bobotnya.”

Jon Earnshaw pada SEOCon kali ini akan membawakan topik berjudul “Terhubung dengan Pelanggan Anda Melalui SEO.” Perbincangan ini akan membahas bagaimana cara untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui penggunaan SEO yang optimal dan maksimal.

Eric Siu merupakan CEO perusahaan agensi bernama Single Grain dengan peringkat pertama di pencarian Google untuk competitive keywords seperti “trend-trend marketing” dan “influencer marketing”. Dibawah kepemimpinan Eric Siu, Single Grain telah berkerjasama dengan berbagai perusahaan besar seperti Amazon, Uber, dan Salesforce untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Eric juga seorang host untuk dua channel podcast yaitu Marketing School bersama Neil Patel dan Growth Everywhere, sebuah podcast kewirausahaan dimana dia membedah tuas-tuas pertumbuhan yang akan membantu skala bisnis anda.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Toffee Events dan terbuka secara GRATIS untuk semua kalangan. Bersiaplah untuk menyambut konferensi online SEO tahunan terbesar di Indonesia yang akan menampilkan para ahli terbaik di bidangnya. Kunjungi halaman web resmi SEOCon Jakarta 2021 di www.seocon.id untuk pendaftaran dan info lebih lanjut, atau ikuti kami di media sosial untuk mengikuti perkembangan SEOCon Jakarta 2021.

“Insight dari speakers luar negeri yang berpengalaman tentu sudah menjadi alasan yang kuat untuk tidak melewatkan acara ini, sebagai acara dengan kemasan lengkap dan holistik untuk praktisi digital,” kata Chris Adam selaku perwakilan AdamEve Brand Innovator – Official Digital Partner pada SEOCon Jakarta 2021.

Bersiaplah untuk mengambil berbagai perspektif dalam dunia SEO dari berbagai tahapan yang tersedia. Konferensi dapat diakses secara gratis (perlu registrasi) karena semua orang bisa mengikuti konferensi online SEO terbesar di Indonesia & South East Asia yang menampilkan berbagai ahli di bidangnya – SEOCon Jakarta.

Kunjungi halaman web resmi SEOCon Jakarta 2021 di www.seocon.id untuk mengikuti perkembangan SEOCon Jakarta 2021 dan klik link: seocon.id/register untuk pendaftaran,” pungkasnya.

Continue Reading

Populer