Connect with us

Ekonomi

APBN Makin Tertekan, Pengamat Desak Pemerintah Sesuaikan Harga BBM Bersubsidi

Published

on

Direktur Eksekutif Next Policy, Fithra Faisal Hastiadi

JurnalJakarta com  – Harga minyak mentah dunia masih tetap tinggi disebabkan antara lain konflik Rusia dan Ukraina yang tak kunjung padam. Hal itu membuat pemerintah Indonesia perlu mempertimbangkan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang berlaku saat ini.

Direktur Eksekutif Next Policy, Fithra Faisal Hastiadi menyampaikan, Indonesia sudah tidak lagi menjadi produsen minyak, tetapi importir minyak karena kebutuhan jauh lebih besar dari kuota yang tersedia. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga minyak dunia adalah sesuatu yang tidak bisa kita kontrol.

“Pada Juni 2022, tanpa adanya penyesuaian harga BBM, tingkat inflasi bisa mencapai 5,03%. Artinya, jika kita bawa preseden itu ke masa sekarang, maka kalaupun ada penyesuaian harga sebesar 20-30% maka tingkat inflasinya paling banyak sebesar 1-2%. Untuk mempertahankan tingkat inflasi yang rendah itu butuh biaya besar,” ungkap Fithra melalui keterangannya, Rabu (31/8).

Menurutnya, semakin lama diumumkan, maka potensi kenaikan harga di masyarakat semakin besar karena ekspektasi inflasi masyarakat akan semakin meningkat. Jika pemerintah tidak mengumumkan penyesuaian harga BBM, efek inflasinya sudah terlanjur terjadi. Semakin lama diumumkan, efek inflasinya akan berlipat.

“Di saat seperti ini hampir tidak ada negara di dunia yang tidak melakukan penyesuaian harga BBM. Kuncinya adalah komunikasi dan empati. Komunikasi sudah dijalankan dan pemerintah sudah menghadirkan empati dengan cara mengeluarkan bantuan-bantuan sosial untuk masyarakat,” jelas Fithra. (Red).

Ekonomi

Koopsudnas Berkolaborasi Dengan Bank BJB, Kerjasama Penggunaan Produk dan Jasa Layanan Perbankan.

Published

on

By

Jurnaljakarta.com  – Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) berkolaborasi dengan Bank BJB, melalui Perjanjian Kerjasama (PKS) Penggunaan Produk dan Jasa Layanan Perbankan.

Perjanjian Kerjasama tersebut dilakukan pada Kamis (1/12) bertempat di Markas Komando Operasi Udara Nasional (Makoopsudnas), Komplek Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Acara tersebut turut dihadiri Panglima Koopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono dan Kas Koopsudnas Marsma TNI Jorry S.Koloay, beserta jajaran. Kemudian Direktur Konsumer dan Ritel Bank Bjb Suartini, beserta jajaran.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank Bjb Widi Hartoto menyampaikan, bahwa perusahaa terus memperluas kerjasama dengan berbagai pihak untuk memberikan berbagai layanan perbankan yang terbaik.

“Kerjasama ini juga menjadi bukti, terjalinnya sinergi yang lebih luas antara bank bjb dengan TNI AU khususnya,” kata Widi dalam keterangan resmi, Senin (5/12).

Adapun ruang lingkup kerjasama meliputi, pinjaman/kredit Bjb Kredit Guna Bhakti (KGB) dan Bjb Kredit Pra Purna Bhakti (KPPB). Kemudian, pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) dan fasilitas kredit konsumer lainnya.

Termasuk, penempatan dana perorangan maupun satuan yang meliputi giro, tabungan, deposito dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), dengan fasilitas transaksional elektronik yang menyertainya.

Disampaikan Widi, penggunaan produk dan layanan perbankan bagi prajurit TNI AU merupakan wujud nyata komitmen bersama kedua belah pihak, untuk memberikan manfaat antar lembaga dengan tujuan bersama membangun negeri.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap semakin mempererat hubungan Bank Bjb dan TNI yang selama ini telah terjalin sangat baik,” ucap Widi.

Perusahaan merasa terhormat dan bangga dapat memberikan layanan perbankan terbaik bagi anggota TNI AU. Kemudian senantiasa mendukung TNI dan seluruh anggota melalui layanan perbankan yang inovatif, mudah dan cepat.

Kesepakatan yang terjalin antara keduanya juga merupakan wujud nyata kolaborasi lintas sektor untuk menghadirkan layanan yang berkualitas bagi masyarakat, dalam hal ini termasuk para personel TNI Angkatan Udara.

“Diharapkan, kerja sama antara Bank Bjb dan TNI AU ini dapat membawa kebaikan untuk masing-masing pihak, dan sekaligus menjadi gerbang kolaborasi berkesinambungan di masa yang akan datang,” ungkap Widi.

Continue Reading

Ekonomi

Tambah Bank Partner, Allianz Indonesia Resmi Gandeng Bank Mandiri Taspen Sediakan Asuransi Jiwa Kredit

Published

on

By

Jurnaljakarta.com  – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) dan PT Bank Mandiri Taspen mengumumkan kerja sama strategis untuk menyediakan perlindungan asuransi jiwa kredit. Allianz Life Indonesia akan menyediakan perlindungan asuransi jiwa kredit untuk nasabah Bank Mandiri Taspen yang melakukan pinjaman atau debitur.

Menandai awal kerja sama, Allianz Life Indonesia menyediakan asuransi jiwa kredit untuk nasabah Bank Mandiri Taspen dengan produk SmartProtection Purna Bank Mantap. Produk ini akan memberikan perlindungan dan rasa aman kepada keluarga nasabah debitur pinjaman, dalam menghadapi risiko kehidupan yang dapat dialami nasabah sewaktu-waktu.

“Kerja sama ini adalah salah satu bentuk perwujudan komitmen kami untuk terus menyediakan perlindungan ke lebih banyak masyarakat Indonesia. Bersama Bank Mandiri Taspen, yang merupakan salah satu bank yang sangat penting dalam menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia, Allianz Life Indonesia akan senantiasa melindungi aset nasabah kredit pensiun yang dibiayai dari pinjaman bank, sehingga dapat memberikan perlindungan bagi nasabah beserta keluarga,” kata Bianto Surodjo, Business Director Allianz Life Indonesia.

SmartProtection Purna Bank Mantap adalah produk asuransi jiwa kredit kumpulan yang memberi perlindungan bagi tertanggung sebagai debitur, apabila terjadi risiko meninggal dunia karena sebab alami atau penyakit maupun kecelakaan. Perlindungan produk asuransi yang melengkapi pinjaman nasabah, akan memberikan rasa nyaman bagi nasabah untuk menjalani masa pembayaran kewajiban pinjamannya. SmartProtection Purna Bank Mantap tersedia dalam metode pembayaran premi tunggal yang mudah, sehingga keluarga nasabah akan terlindungi dengan manfaat asuransi senilai dengan jumlah sisa fasilitas kredit jika tertanggung mengalami risiko meninggal dunia.

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen Elmamber P. Sinaga menyebut kerja sama ini sebagai wujud nyata keterbukaan dan inovasi bisnis Bank Mandiri Taspen dalam meningkatkan kualitas layanan terhadap nasabah. Ia mengungkapkan bahwa kerja sama ini juga merupakan komitmen perseroan untuk memberikan perlindungan serta layanan terbaik bagi nasabah yang menyimpan dananya di Bank Mandiri Taspen.
“Melalui penandatanganan PKS ini harapannya risiko kredit akan diminimalisir karena jika ada debitur meninggal maka produk asuransi jiwa kredit dari Allianz akan membayar uang pertanggungan menurun sesuai dengan bulan pada saat tertanggung meninggal dunia karena sebab alami, penyakit, atau kecelakaan,” ungkapnya.

Elmamber berharap agar sinergitas antara Bank Mandiri Taspen dan Allianz Life Indonesia semakin mantap dan saling mendukung dalam perkembangan bisnis kedua perusahaan ke depannya. “Kami berharap kerja sama antara Bank Mandiri Taspen dan Allianz Life Indonesia di jalur asuransi bagi pengguna jasa bank ini memiliki ikatan yang kuat serta yang paling penting membawa manfaat bagi nasabah. Ini juga jadi kesempatan yang baik bagi kedua perusahaan untuk terus merintis kemitraan strategis yang berkesinambungan,” tandas Elmamber.(Red)

Continue Reading

Ekonomi

Tanda Tangani MOU Ketahanan Pangan, TNI AU – Kementan Sepakat Kembangkan Tanaman Sorgum

Published

on

By

Padang, Jurnaljakarta.com  – TNI AU dan Kementerian Pertanian (Mementan) sepakat mengembangkan tanaman Sorgum, sebagai komoditi bahan pangan yang akan dikembangakan kedua belah pihak. Kesepakatan tersebut tertuang dalam naskah kesepahaman bersama antara TNI AU dan Kementan, yang ditandantangani oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E. M.P.P., CSFA, dan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, di Lanud Sutan Sahrir, Padang, Selasa (29/11/2022).

Seusai penandatangan, dilanjutkan penanaman Sorgum secara simbolis oleh Kasau, Wamenhan dan para pejabat Forkompimda Sumatera Barat serta Padang.

Kasau mengatakan, penandatanganan ini dalam rangka menindaklanjuti program pemerintah dan arahan Presiden Joko Widodo, tentang ketahanan pangan nasional menuju kedaulatan pangan.

“Penanaman Sorgum di Lanud Sutan Syahrir hari ini sebagai pilot project. Selanjutnya akan ada Lanud-Lanud lain yang juga disiapkan lahannya untuk mendukung program ini,” ujar Kasau.

Kasau menegaskan, TNI AU berkomitmen mendukung program Kementan dalam rangka ketahanan pangan bangsa. Kasau juga berharap adanya bantuan dan pendampingan dari Kementan agar program ini dapat berlanjut hingga panen dan produksi.

“Jika tanaman Sorgum sukses, kita juga bisa mencoba tanaman Porang,” lanjut Kasau.

Kepada Pemda Padang khususnya dan Sumatera Barat umumnya, Kasau menghimbau perlu adanya SMK Petanian. TNI AU siap bekerja sama karena ada Yasarini yang dapat mewadahi.

Untuk mendukung program Ketahanan Pangan, TNI AU telah menyiapkan lahan kurang produktif di Lanud Sutan Syahrir seluas 12 Hektar untuk pengembangan tanaman Sorgum. Diharapkan program ini dapat membantu ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan prajurit dan keluarganya.

Turut hadir dalam acara ini, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putro, Aspotdirga Kasau, Pangkoopsud I, pejabat Kementan, Sekda Sumatera Barat, Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono, Kasrem 032/Wirabraja, Wadanlantamal II Padang, Pejabat Forkompimda Sumatera Barat dan beberapa Kadis jajaran Mabesau. (Red)

Continue Reading
Advertisement

Populer