Connect with us

Nasional

Kasal Resmi Tutup Pameran Industri Kemaritiman Naval Expo 2022

Published

on

Jurnaljakarta.com — Pameran industri kemaritiman Naval Expo 2022 yang diselenggarakan pada 11-18 September 2022 di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara telah resmi ditutup oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono pada Minggu (18/9/2022) kemarin.

Berlangsung selama delapan hari, Naval Expo 2022 ini merupakan Pameran Industri Kemaritiman yang digelar TNI AL sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2022.

Baca Juga: Pushidrosal Gelar Upacara Peringatan HUT TNI AL ke-77, Kasal Sebut Laut Jadi Urat Nadi Kehidupan Bangsa Indonesia

Pameran ini diikuti oleh Komando Utama (Kotama) TNI AL dengan memamerkan teknologi alutsista, dari industri maritim nasional (48 indoor) dan (7 outdoor), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga swasta serta Jalasenastri.

Kegiatan ini digelar TNI AL sebagai salah satu wujud penghargaan kepada masyarakat dan Industri Maritim Nasional, karena kemajuan yang dicapai TNI AL dari berdirinya pada tanggal 10 September 1945 yang tidak lepas dari peran dan kontribusi Industri Maritim Nasional.

Sumber: Foto: dok.Pushidrosal

Selain itu, pameran yang digelar secara gratis ini menjadi ajang untuk pameran alutsista TNI AL agar diketahui oleh masyarakat serta menjadi tempat untuk pameran produk-produk kelautan dan kemaritiman, sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas dan pengguna.

Naval Expo ini juga sekaligus menjadi wadah wahana bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mempromosikan produk-produknya, termasuk di dalamnya adalah karya ibu-ibu Jalasenastri jajaran TNI Angkatan Laut dari seluruh penjuru nusantara.

Baca Juga: Minta Komandan Satuan Harus Hands On, Kasau: Tingkat Profesionalisme Awak Pesawat Jadi Tugas Kita Bersama

Pameran industri kemaritiman Naval Expo 2022 ini merupakan salah satu bagian dari peran aktif dan langkah nyata TNI Angkatan Laut dalam menyukseskan program pemerintah untuk Indonesia yaitu, Pulih Lebih Cepat Dan Bangkit Lebih Kuat.

Pohukam

Sinyal Didukung Ketua DPW PKB Jabar, M2 Mantap Maju Pilkada Kota Bekasi

Published

on

By

Bekasi, Jurnaljakarta.com  ––  Saat menghadiri Halal bihalal yang digelar DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Salah satu Bakal Calon Walikota Bekasi, Mochtar Mohamad sempat bertemu dan berfoto bersama dengan Syaiful Huda.

Babeh M2, sapaan akrabnya sempat berdiskusi dengan Gus Huda, sapaan akrab Syaiful Huda yang juga menjabat sebagai Ketua DPW PKB Jawa Barat.

“Kemarin sempat diskusi dengan Gus Huda terkait koalisi di 27 Kota/Kabupaten Jawa Barat. Saya laporkan PDI Perjuangan siap berkoalisi dengan PKB,” ucap Babeh M2 melalui pesan WhatsApp, Jum’at (03/05/24).

Dirinya yang juga Ketua Bapilu PDI Perjuangan Jawa Barat menyebut bahwa, fokus koalisi dengan PKB ada di 3 daerah, seperti Kabupaten Tasikmalaya, Kota Bekasi dan Kabupaten Sukabumi.

Namun Babeh M2 menjelaskan bahwa, untuk daerah Kota Bekasi, Gus Huda sudah menyetujui koalisi PDI Perjuangan dan PKB dalam perhelatan Pilkada 2024.

“Beliau sudah setuju koalisi PDI Perjuangan dan PKB di Kota Bekasi. Ini akan mengulang sejarah di Kota Bekasi, ketika PKB mengusung saya menjadi calon Wakil Walikota ditahun 2003 dan Calon Walikota Bekasi di tahun 2008,” tutup Babeh M2. (Red).

Continue Reading

Pohukam

Kolonel Pnb Alfian S.E Resmi Jabat Komandan Lanud Husein Sastranegara

Published

on

By

BANDUNG, JURNALJAKARTA.COM  — Jabatan Komandan Lanud Husein Sastranegara diserah terimakan dari Kolonel Pnb Ardi Syahri, S.T., M.M., M.A., kepada penggantinya Kolonel Pnb Alfian, S.E., dilaksanakan dalam upacara Sertijab yang dipimpin langsung oleh Panglima Koops Udara I Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin berlangsung di Apron Baseops Lanud Husein Sastranegara, Bandung. Jumat (3 Mei 2024)

Dengan demikian Kolonel Pnb Alfian, S.E., secara resmi menjabat sebagai Komandan Lanud HSN, sedangkan Kolonel Pnb Ardi Syahri yang alumni 1996 saat ini telah mendapat kepercayaan menduduki jabatan sebagai Kadispenau.

Serah terima jabatan Komandan Lanud Husein Sastranegara ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kasau nomor: Kep/9-PKS/IV/2024 tanggal 23 April 2024, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI Angkatan Udara yang ditandai dengan pengangkatan Sumpah Jabatan dan penandatangan Pakta Integritas dan Berita Acara dan selanjutnya penyerahan tongkat komando oleh Pangkoopsud I.

Panglima Koopsud I dalam sambutannya mengatakan bahwa Jabatan merupakan suatu penghargaan dan apresiasi dari pimpinan sekaligus amanah yang harus dilaksanakan sebaik- baiknya. Sumpah jabatan dan Pakta Integritas yang sudah diucapkan merupakan koridor dan rambu-rambu dalam menunaikan tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Lebih lanjut Panglima menegaskan bahwa pergantian jabatan ini juga mengandung makna kelanjutan dari proses dinamisasi organisasi untuk memelihara dan meningkatkan aktualisasi peran organisasi, sesuai tuntutan perkembangan jaman. “Perlu kita pahami bersama bahwa TNI Angkatan Udara sebagai kekuatan inti pertahanan udara, akan selalu dihadapkan pada berbagai tantangan tugas yang bersumber dari perkembangan teknologi kedirgantaraan yang sangat pesat, selain itu, kita juga memahami bahwa teknologi kedirgantaraan telah membuka jalan bagi penguasaan dan pemanfaatan dirgantara, baik untuk tujuan damai, maupun untuk kepentingan pertahanan negara,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Panglima menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Pnb Ardi Syahri, S.T., M.M.A atas kerja keras dan pengabdiannya selama menjalankan tugas, sehingga memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan dan perkembangan TNI Angkatan Udara. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Ny. Vieta Ardi Syahri yang selama ini telah mendampingi suami dengan penuh pengertian sehingga dapat sepenuhnya memusatkan perhatian pada tugas dan tanggung jawabnya.

Selanjutnya Panglima memberikan ucapan selamat kepada kepada Kolonel Pnb Alfian,S.E., sebagai Komandan Husein Sastranegara yang baru. Amanah ini merupakan kepercayaan dan kehormatan serta suatu tanggung jawab yang sangat besar, baik kepada organisasi TNI Angkatan Udara maupun kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. “Oleh karena itu, saya minta agar dalam melaksanakan tugas, Kolonel Pnb Alfian, S.E., mampu menegakkan aturan dan prosedur serta mencegah dan menindak tegas berbagai penyimpangan yang terjadi, sehingga diharapkan mampu membawa perubahan dan kemajuan TNI Angkatan Udara yang Ampuh, Adaktif, Modern, Profesional, Unggul, Humanis,” harap Alumni AAU 1996 ini kepada pejabat Danlanud yang baru.

Usai pelaksanaan sertijab Komandan Lanud Husein Sastranegara, di tempat yang sama Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsud I Ny. Erin Mohammad Nurdin memimpin Serah Terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 4 Lanud Husein Sastranegara dari pejabat lama Ny. Vieta Ardi kepada penggantinya Ny. Annisa Alfian sebagai istri Komandan yang baru dan sekaligus menjabat Ketua Yasarini Cabang Lanud Husein Sastranegara.

Turut hadir dalam acara Sertijab tersebut Pangdam III Siliwangi, Danseskoau, Dankopasgat, Wadan Koharmatau, Wakapolda Jawa Barat, Danlanud Halim Perdanakusuma, Danlanud Sulaiman, Komandan Wingdik800/Pasgat, para pejabat utama Makoopsud I, para pejabat Forkopimda Jawa Barat, Dandepohar 10, 40 dan 70 serta Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS anggota Lanud Husein Sastranegara.

Continue Reading

Pohukam

Pejabat Aspers Kaskoopsud I Alih Tugas

Published

on

By

JURNALJAKARTA.COM — Pejabat utama di lingkungan Makoopsud I Asisten Personel Kaskoopsud I mengalami alih tugas dan alih jabatan, yang diacarakan dalam serah terima jabatan yang dipimpin Panglima Koopsud I Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin, berlangsung di Lobi Makoopsud I, Jumat (3 Mei 2024).

Jabatan Asisten Personel Kaskoopsud I yang semula dijabat oleh Kolonel Pnb M.R.Y. Fahlefie, S.Sos., Psc., diserahkan kepada penggantinya Kolonel Pnb Sugeng Sugiharto, S.Sos. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdisdikbangum Disdikau, sedangkan Kolonel Pnb M.R.Y. Fahlevie selanjutnya menjabat sebagai Pamen Sops Mabesau dalam rangka persiapan pendidikan Lemhanas.

Serah terima jabatan Aspers Kaskoopsud I ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kasau nomor: Kep/8-PKS/III/2024 tanggal 28 Maret 2024 dan nomor Kep/9-PKS/IV/2023 tanggal 23 April 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI Angkatan Udara yang ditandai dengan penandatanganan Berita Acara dan disaksikan oleh Pangkoopsud I.

Panglima Koopsud I dalam sambutannya mengatakan bahwa alih tugas dan alih jabatan seperti ini adalah wajar dan biasa dalam organisasi, namun serah terima jabatan bukan terjadi begitu saja, karena penentuan dan penempatan suatu jabatan, memerlukan berbagai kriteria penilaian, sehingga output dari jabatan yang tengah dipromosikan, benar-benar mendapatkan figur personel yang mumpuni.

Panglima juga mengingatkan kembali tugas dan fungsi jabatan Aspers yaitu sebagai staf pembantu Kaskoopsud I yang bertugas merencanakan serta menyiapkan kebijakan dan kegiatan bidang pembinaan personel dan tenaga manusia dalam rangka penyelenggaraan pembinaan personel Koopsud I.

Turut hadir dalam acara Sertijab tersebut Kaskoopsud I Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han., Irkoopsud I Marsma TNI Arifaini Nur Dwiyanto, M.Han., pejabat utama Koopsud I serta perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Koops Udara I.

Continue Reading

Populer