Connect with us

Pendidikan

500 Komcad Haneg Matra Udara Ikuti Latsarmil Di Pusdik Kopasgat

Published

on

Bandung, Jurnaljakarta.com – Sebanyak 500 Komponen Cadangan Pertahanan Negara (Komcad Haneg) Matra Udara Tahun 2022 mengikuti Pelatihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) di Pusat Pendidikan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) Lanud Sulaiman, Margahayu Bandung.

Latsarmil dibuka Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, ditandai penyematan tanda peserta latihan di lapangan upacara “Jingga” Kopasgat Bandung, Senin (30/5/2022).

Dalam sambutan tertulis Menteri Pertahanan RI yang di bacakan Dirjen Pothan mengatakan, Komcad merupakan subsistem pertahanan Negara yang harus dipersiapkan sejak dini. Melalui penyiapan awal, maka saat dibutuhkan, Komcad mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama pertahanan negara. Proses pembentukannya didasari pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan Negara Indonesia dengan memadukan kekuatan pertahanan militer dan nonmiliter.

Disampaikannya, salah satu strategi pertahanan Negara Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis adalah strategi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishamkamrata) yang melibatkan seluruh sumber daya nasional.

“Sistem ini melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional di seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam mengurangi ancaman,” kata Menhan RI.

Menhan RI juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada seluruh Komcad pertahanan Negara, sekaligus berharap, dapat mengikuti Latsarmil yang telah disiapkan

Komcad Matra Udara berasal dari warga negara Indonesia dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi yang beragam. Pada penerimaan tahun ini, terdapat sejumlah warga negara yang berprofesi sebagai pilot pesawat terbang, *tenaga kesehatan (perawat & terapist)* pegawai negeri sipil dan BUMN, diantaranya dari PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Perusahaan Industri Angkatan Darat (Pindad) dan berbagai profesi lainnya.

Selama tiga bulan, seluruh peserta Latsarmil Komcad Matra Udara berbagai provinsi di Indonesia ini, akan menjalani pelatihan berbagai materi pendidikan, yaitu bidang sikap dan perilaku, bidang pengetahuan dan keterampilan, serta bidang jasmani.

Hadir saat upacara pembukaan Aspotdirga Kasau Marsda TNI Bowo Budiarto, S.E., CHRMP, Dankopasgat Marsda TNI Eris Widodo Y., S.E., M.Tr.(Han), beserta para pejabat jajarannya, pejabat Kodiklat TNI, Sesko TNI, pejabat Kodam III Siliwangi, Polda Jawa Barat, Kasgartap III/Bandung dan pejabat Forkopimda Kota/kabupaten Bandung, serta para pejabat TNI-Polri setempat. (Red)

Pendidikan

Personel CGBT Bakamla akhiri diklat di Kodiklatal Surabaya

Published

on

By

Sidoarjo, Jurnaljakarta.com – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia resmi menutup Coast Guard Basic Training (CGBT) bagi 289 Personel Bakamla RI Tahun 2022 di Lapangan Candradimuka, Puslatdiksarmil, Surabaya. Senin (28/11/2022).

Setelah mengenyam pendidikan dan latihan selama tiga bulan, personel CGBT secara keseluruhan dinyatakan lulus.

Dalam amanatnya, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengatakan CGBT merupakan pendidikan dan latihan yang harus ditempuh kepada seluruh Personel Bakamla. Melalui CGBT ini, diharapkan personel Bakamla yang telah dibentuk dapat menjadi andalan bagi organisasi dalam mengemban tugas Bakamla ke depan.

Dikatakannya, momen pendidikan dan latihan ini bukan akhir dari proses pengembangan diri kalian. Justri ini merupakan momen awal bagi kalian semua untuk terus mengembangkan diri guna mencapai kapasitas optimal kalian sebagai personel Bakamla. Gali terus potensi kalian jangan membatasi diri dengan paradigma lama, namun mewujudkan dalam tindakan nyata untuk membuka semua kemungkinan serta potensi yang dapat kalian raih. “Ada cakrawala baru didepan kalian yang menunggu untuk dijelajahi, ” Ujar Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Selamat kepada personel Bakamla yang telah lulus dalam menjalankan pendidikan dan latihan. Kini kalian telah dilantik menjadi personel Bakamla yang berpangkat, oleh karena itu kalian semua dituntut untuk bertindak dan berpegang teguh kepada kode etik Bakamla yaitu Intelligence, Courage, Persistence (kecerdasan, keberanian, ketekunan). Hal ini juga harus disertai dengan perubahan pola pikir (mindset), pola sikap (attitude), dan pola tindak (action) yang mencerminkan sikap serta postur sebagai personel Bakamla. “Sehingga status kalian semua tidak hanya terlihat dari pangkat namun juga dari karakter serta tindakan keseharian,” kata Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Tak lupa, apresiasi tinggi juga diberikan kepada pihak-pihak yang turut terlibat dalam penyelenggaraan Latdiksarmil ini. Kegiatan diakhiri dengan atraksi dari personel CGBT Bakamla, seperti Tari Remo, kemudian atraksi kolone senjata serta penampilan Beladiri Personel Bakamla.

Suasana haru mulai terasa saat personel dipertemukan dengan keluarga dan orang tua terkasih yang telah menunggu kabar dan kesempatan untuk bertemu selama tiga bulan lamanya.

Para pejabat Bakamla tak luput untuk menghadiri kegiatan bersejarah ini, seperti Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla I Gusti Kompiang Aribawa, CHRMP, Karo Ren & Organisasi Bakamla Laksma Bakamla Phundi Rusnandi, Karo Umum Bakamla Laksma Amin Budi Cahyono, Kepala Kantor Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas serta Direktur Kebijakan Kamla Laksma Bakamla Heru Sriyanta, S.T.

Ketua DWP Bakamla Ny. Dian Aan Kurnia pun beserta sejumlah pengurus DWP Bakamla juga turut menghadiri. Tampak hadir pula Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Rachmad Jayadi, jajaran Pejabat Kodiklatal dan Puslatdiksarmil. (***)

Continue Reading

Pendidikan

Permainan Besar Siaga Kwarcab Gerakan Pamuka Jakarta Utara Jadi Wadah Asah Kemampuan Peserta

Published

on

By

Jurnaljakarta.com – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Utara menggelar Permainan Besar Siaga (PBS) Tahun 2022 di Lapangan Plaza Barat, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Sabtu (26/11). Diikuti ratusan peserta tingkat Pramuka Siaga atau Barung, kegiatan menjadi wadah dalam mengasah kemampuan (skill).

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menyebut Permainan Besar Siaga menjadi wadah mengasah kemampuan tingkat Pramuka Siaga yang merupakan siswa Sekolah Dasar (SD) dengan rentang usia tujuh sampai dengan sepuluh tahun.

Dengan diasahnya kemampuan itu, peserta dapat melatih diri dalam memecahkan suatu masalah (problem solving) sejak dini.

“Banyak sekali permainan yang berisi tentang edukasi, bekerjasama, bertenggangrasa, dan juga bagaimana peserta dapat memecahkan suatu permasalahan. Ini juga mengajarkan anak-anak kita tentang berpikir dari sudut keagamaan dan budi pekerti,” sebut Ali Maulana Hakim saat ditemui di Lobi Plaza Barat, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Sabtu (26/11).

Ali yang juga menjabat sebagai Pembina Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Utara berharap tumbuhnya karakter anak yang berkemampuan melalui kegiatan Permainan Besar Siaga tersebut. Dengan begitu maka peserta dapat menjadi teladan bagi teman lainnya baik di lingkungan rumah maupun sekolah.

“Pramuka adalah salah satu wadah pembinaan anak-anak supaya nantinya mereka berkarakter, yang bisa berkemampuan dan teladan bagi sesamanya. Untuk itu melalui kegiatan ini saya berhadap mereka secara individu mengenal arti bekerjasama dan memiliki kemampuan (skill) di luar pelajaran yang diterimanya di sekolah,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pembinaan Anggota Muda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Utara, Darpi menerangkan Permainan Besar Siaga Tahun 2022 diisi dengan Sembilan mata lomba yakni Tata Laksana Pakaian, Pengetahuan Umum, Pengetahuan Kepramukaan, Mental Spiritual, Patriotisme, Ketangkasan, Kemampuan Indera Manusia, Hastakarya, dan Seni Budaya.

Kegiatan diikuti 216 peserta yang merupakan utusan dari masing-masing Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Jakarta Utara.

“PBS ini merupakan kegiatan tahunan. Alhamdulllah semuanya baik dari jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara maupun orang tua peserta mendukung kegiatan ini,” tutup Darpi.

(sutarno)

Continue Reading

Pendidikan

Ketua PHDI Jawa Barat Sebagai Narasumber Orientasi Pendidikan Karakter Siswa Pasraman

Published

on

By

Bandung, Jurnaljakarta.com  – Ketua PHDI Provinsi Jawa Barat, Brigjen TNI (Purn) I Made Riawan, S.Psi, M.I.P sebagai Narasumber pada Orientasi Pendidikan Karakter Siswa Pasraman Tahun 2022 se-Jawa Barat.

Pembimas Hindu Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat mengadakan Kegiatan Orientasi Pendidikan Karakter Siswa Pasraman Tahun 2022 yang dibuka oleh Pembimbing Masyarakat Hindu, Ibu Ni Putu Suparini, SE, M.Pd.

Hal tersebut dikatakan Ketua PHDI Provinsi Jawa Barat, Brigjen TNI (Purn) I Made Riawan, S.Psi, M.I.P melalui keterangannya, Jum’at (25/11).

Orientasi Pendidikan Karakter Siswa Pasraman yang bertema “Melalui Orientasi Pendidikan Karakter Siswa Pasraman Kita Tingkatkan Potensi Dasar Dalam Diri Untuk Menjadi Individu Yang Berpikir, Berkata, Dan Berperilaku Yang Baik” dilaksanakan dua hari dari tanggal 25 s.d 26 November 2022.

Acara yang bertempat di Grand Paradise Hotel Lembang ini dihadiri Ketua PHDI Provinsi Jawa Barat, Bapak Brigjen TNI (Purn) I Made Riawan, S.Psi., M.I.P.

“Acara ini merupakan komitmen bersama agar seluruh Lembaga Hindu saling support dalam keseluruhan kegiatan di Provinsi Jawa Barat,” pungkas Ketua PHDI Provinsi Jawa Barat, Bapak Brigjen TNI (Purn) I Made Riawan, S.Psi., M.I.P. (Red).

Continue Reading
Advertisement

Populer