|
find us on : 
Home > MELITER > Kasal: Hidrografi TNI AL Miliki Peran Penting Dalam Pemetaan Perairan Indonesia

Kasal: Hidrografi TNI AL Miliki Peran Penting Dalam Pemetaan Perairan Indonesia

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 18 Januari 2018 | 20:18:10
dibaca | 496 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Hidrografi Angkatan Laut memiliki peran penting karena pemetaan perairan yang akurat akan dapat melindungi batas-batas wilayah Indonesia. "Jadi Kepala Pusat Hidrosal mengemban amanah cukup berat."

Demikian dikatakan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., meresmikan Anjungan Utama Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal), bertempat di Mako Pushidrosal, Jl. Pantai Kuta V No.1, Ancol, Jakarta Utara, Kamis(18/01).

Dalam Sambutannya Kasal Mengatakan, Pushidrosal merupakan Kotama pembinaan TNI AL, yang berkedudukan langsung di bawah Kasal. Pushidrisal mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan Hidro Oseanografi (Hidros), yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran, baik untuk kepentingan TNI, maupun umum, dan menyiapkan data serta informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AL.

"Kontribusi Pushidrosal menyediakan data dan informasi Hidrografi dam Oseanografi dalam memberikan pelayanan keselamatan dan keamanan pelayaran, serta perlindungan lingkungan laut untuk kepentingan sipil maupun militer, telah menunjukan kiprahnya dari waktu ke waktu," jelasnya.

Selain itu juga, lanjut Kasal, Pushidrosal merupakan representative pemerintah Indonesia di dunia internasional pada bidang Hodrografi antara lain, International Hydrographic Organization (IHO), East Asia Hydrographic Commission (EAHC), dan North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC), serta aktiv menjadi anggota delegasi pemerintah pada diplomasi penyelesaian perbatasan dengan negara tetangga," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Hidrosal (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro mengatakan, hidrografi memiliki beberapa peran dalam perairan Indonesia. Salah satunya sebagai kunci perekonomian dan tombak pertahanan laut. "Dengan keluasan NKRI, hidrografi begitu penting," ujar Harjo.

Usai meresmikan Anjungan Utama Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal), Kasal juga memberikan penghargaan kepada para awak Media yang telah berkontribusi memberitakan TNI Angkatan Laut.

"Penghargaan diberikan, sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi dari pimpinan TNI AL dalam hal ini Kasal, atas segala kontribusi/bantuan publikasi dan kerja sama yang baik dari rekan-rekan media secara keseluruhan," ungkap Kadispenal, Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta.

Gig berharap, kerja sama antara TNI AL dengan media massa yang sudah terjalin dengan baik selama ini, agar tetap dipertahankan dan semakin bersinergi," pungkasnya. (Bgs/JJ)