|
find us on : 
Home > MEGAPOLITAN > Walikota Jakarta Timur Terima Kunjungan Kerja Anggota DRPD Tegal

Walikota Jakarta Timur Terima Kunjungan Kerja Anggota DRPD Tegal

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 13 Januari 2018 | 17:10:55
dibaca | 2602 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana menerima kunjungan kerja (Kunker) anggota DPRD Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah di Ruang Rapat Khusus Walikota Lantai 2 Blok A Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (12/1). Kunker DPRD Kota Tegal dibawah pimpinan Wakil Ketua DPRD Kota Tegal H. Anshori Faqih dengan jumlah rombongan sebanyak lima orang tersebut bertujuan studi banding membahas tentang pengembangan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), penanggulangan bencana dan pembangunan infrastruktur kota.

Turut mendampingi Walikota, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jakarta Timur Syofian Thahir, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Jakarta Timur Dewi Purnamasari, Kepala Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Jakarta Timur Syaukat Akmar, Kepala Suku Badan Kebangsaan dan Politik Jakarta Timur Hamid Masud, Kepala Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Yuliarto.

Walikota mengatakan, pihaknya menyambut baik atas Kunker DPRD Kota Tegal ini. Menurutnya, selain menjalin silaturahmi juga dapat berbagi informasi terkait kemajuan pembangunan kota antara dua wilayah.

"Jadi saya sangat menyambut baik ya, ini langkah yang positif selain menjalin silaturahmi bersama Anggota DPRD KotaTegal dengan ini kita bisa bertukar pengalaman dalam memajukan kota dalam mensejahterakan masyarakatnya," katanya.

Dihadapan rombongan DPRD Kota Tegal, Walikota memaparkan mengenai geografis dan demografis serta program unggulan yang telah diterapkan oleh Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur.

"Kita juga jelaskan sekilas tentang Kota Jakarta Timur. Jadi Pemkot Jakarta Timur dibagi ke dalam 10 Kecamatan, sedangkan Kelurahan sebanyak 65 Kelurahan dengan jumlah penduduk kurang lebih tiga juta penduduk dan berbagai par program unggulan yang telah berjalan dalam memajukan kotanya dan bahagia warganya," paparnya.

Dijelaskan Walikota, terkait dengan pembahasan kunjungan kerja terkait pengembangan potensi pendapatan asli daerah (PAD) serta penanggulangan bencana dan pembangunan infrastruktur kota.

Dirinya menuturkan, bahwa selama ini Kota Jakarta Timur terus menggalakan hasil penerimaan pajak daerah melalui wajib pajak yang terus bersinergi dengan pihak penegak hukum.

"Nah, mengenai pendapatan hasil daerah tentunya kita terus galakan. Alhamdulillah, dari lima kota di DKI Jakarta kita berada diperingkat pertama dengan realisasi penerimaan pajak daerah sebesar 113,80 persen dengan jumlah Rp 2,2 triliun," ujarnya.

Selain itu dirinya juga menjelaskan mengenai upaya Pemkot Jakarta Timur dalam menanggulangi dan menghadapi bencana alam sekaligus upaya menjaga kelestarian lingkungan.

"Terus kita siagakan. Terutama di seluruh Kelurahan dan Kecamatan dengan itu kita buat pos terpadu bencana, serta kita jadwalkan Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) tujuan untuk mengedukasi masyarakat agar terus menjalankan pola hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Tegal H. Anshori Faqih menyampaikan terima kasih telah diterima di Kota Jakarta Timur. Menurutnya, selain bersilaturahmi kunjungan ini dapat menyerap ilmu dari Jakarta Timur yang nantinya akan diterapkan di Kota Tegal.

"Kami sungguh terkesan dengan apa yang telah dipaparkan oleh Pak Wali beserta jajarannya. Banyak ilmu yang kita dapat disini baik potensi pendapatan asli daerah, upaya penanggulan bencana, infrastruktur pembangunan kota dan kelestarian lingkungan hidup. Ini sungguh akan kita jadikan acuan untuk Pemkot Tegal dalam memajukan kotanya," tandasnya. (Red/JJ)