|
find us on : 
Home > MELITER > Tim Wasrikkap Itjenau Periksa Lanud Suryadarma

Tim Wasrikkap Itjenau Periksa Lanud Suryadarma

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 10 Januari 2018 | 10:42:50
dibaca | 1495 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI T. Sembiring Meliala beserta seluruh pejabat Lanud Suryadarma menerima kedatangan tim Wasrikkap Itjenau di ruang rapat Mako Lanud Suryadarma. Selasa (9/1).

Tim Wasrikkap dalam pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan di Lanud Suryadarma ini diawali dengan Entry Briefing yang diikuti oleh seluruh pejabat Lanud Suryadarma dan perwira yang terkait dengan obyek pemeriksaan yang akan dilaksanakan oleh tim Itjenau.

Dalam sambutannya Danlanud Suryadarma menyampaikan bahwa ini merupakan suatu kehormatan bagi kami mendapatkan kunjungan tim Wasrikkap Itjenau di awal tahun 2018 ini.

"Kami berharap, semoga kegiatan ini dapat memberikan masukan yang konstruktif guna meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kami di Lanud Suryadarma pada masa yang akan datang." tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa tujuan kegiatan wasrikkap adalah untuk melakukan evaluasi secara periodik terhadap semua pelaksanaan program kerja yang menjadi tugas dan tanggung jawab satuan.

"Oleh karena itu Kepada pejabat dan staf terkait di Lanud Suryadarma, saya perintahkan untuk memberikan data dan informasi secara menyeluruh, sehingga permasalahan-permasalahan yang ditemukan tim dapat langsung diberikan rekomendasi sesuai dengan ketentuan. Dengan harapan agar segala permasalahan akan segera mendapatkan solusi dan koreksi yang Konstruktif, agar kinerja Lanud Suryadarma kedepan akan menjadi lebih baik" jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Irops Itjenau Marsma TNI Agoes Haryadi sebagai pengendali menyampaikan bahwa pada dasarnya Tim Wasrikkap Itjenau dalam melaksanakan kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan diharapkan dapat membantu dan mendeteksi lebih awal, atas kemungkinan adanya masalah, hambatan dan kesalahan/penyimpangan yang mungkin dilakukan oleh Obrik terhadap temuan tim eksternal audit baik dari Itjen TNI, Itjen Kemhan maupun BPK RI. Sehingga diharapkan hasil temuan wasrik nantinya dapat dijadikan sebagai umpan balik dalam penyusunan dan pelaksanaan program kerja Lanud Suryadarma di masa yang akan datang.

"Sejalan dengan tuntutan Reformasi Birokrasi fungsi Sistem Pengendalian Itern (SPI) dalam suatu organisasi merupakan standar dasar, dan tolak ukur keberhasilan pelaksanaan kegiatan pengawasan intern oleh setiap Komandan Lanud/Kasatker yaitu dengan terpenuhinya kriteria 2K, yaitu kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan semua ketentuan dan 3E, yakni sasaran-sasaran kegiatan yang ingin dicapai, telah dilaksanakan secara efektif, efisien, dan ekonomis." ujarnya.

"Apabila kriteria-kriteria tersebut dapat dipenuhi dan dilaksanakan dengan baik, benar, dan konsisten maka hal ini merupakan indikasi kegiatan Sistem Pengendalian Intern (SPI) di Lanud Suryadarma berjalan sesuai dengan tujuan sehingga sasaran optimalisasi tugas dapat tercapai dengan baik" jelasnya.

Sebelum melaksanakan pendalaman terhadap materi dari obyek pemeriksaan, tim Itjenau menerima pemaparan tentang laporan evaluasi Program kerja TA 2017 dan permasalahan yang menonjol yang disampaikan oleh komandan Lanud Suryadarma.

Kemudian direncanakan pelaksanaan Wasrikkap Itjenau yang diketuai oleh Kolonel Lek Musa Kaunang dan 7 orang Perwira Pemeriksa ini akan berlangsung hingga hari Jumat mendatang. (Bgs/JJ)