|
find us on : 
Home > MELITER > Sukhoi 27/30 TNI, Perkuat Keamanan Wilayah Udara Diatas ALKI I dan Jawa

Sukhoi 27/30 TNI, Perkuat Keamanan Wilayah Udara Diatas ALKI I dan Jawa

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 23 Desember 2017 | 08:44:01
dibaca | 3070 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Sebanyak 5 pesawat tempur Sukhoi 27/30 MK2 TNI AU digelar di pangkalan aju Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta (22/12).

Pesawat tempur dari Skadron Udara 11 Wing 5 Lanud Hasanuddin Makassar ini digelar untuk melaksanakan combat air patrol atau patroli udara bersenjata guna memantau dan mengawasi wilayah udara Nasional, khususnya sepanjang ALKI 1, selat Sunda dan Jawa bagian Selatan yang merupakan tanggung jawab dari Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional l (Kosekhanudnas l).

Operasi yang dilaksanakan sepanjang tahun di seluruh wilayah Indonesia ini dilaksanakan untuk melakukan pencegahan terhadap kemungkinan adanya pelanggaran wilayah udara atau penerbangan-penerbangan tidak berijin yang memasuki wilayah udara teritorial dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI.

Unsur pesawat tempur sergap ini dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 11, Letkol Pnb Anton Pallaguna, S.E., M.M.O.A.S., sedangkan wilayah Kosekhanudnas l menjadi tanggung jawab Panglima Kosekhanudnas l, Marsekal Pertama TNI Kustono, S.Sos.

Tampak dalam gambar rangkaian kegiatan patroli udara bersenjata di pangkalan aju Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Bgs/JJ)